rute sepeda paling unik

Menyusuri Laut ke Laut Hingga Gowes Diantara Gunung, Ini Dia 10 Rute Sepeda Paling Unik di Dunia!

Di banyak negara, sepeda ternyata memiliki rute khusus untuk para penikmatnya. Jika kamu masih baru dalam dunia sepeda, mungkin jalanan kota adalah rute yang biasa kamu jalani. Namun, jika kamu ingin mencoba sesuatu yang baru rute sepeda paling unik ini bisa masuk ke dalam wish list kamu. Penasaran seperti apa saja rute sepeda paling unik di berbagai negara tersebut? Simak terus di sini ya.

North Sea Cycle Route – Eropa

rute sepeda paling unik

Instagram/@ecfeurovelo

Rute sepeda paling unik yang satu ini dikenal juga dengan nama EuroVelo 12 (EV12). Jaraknya cukup jauh, yaitu 5,942 kilometer dengan mengelilingi garis pantai negara-negara yang berada di perbatasan Laut Utara.

Negara-negara yang termasuk dalam rute sepeda paling unik ini adalah Inggris, Skotlandia, Norwegia, Swedia, Denmark, Jerman, Belanda, dan Belgia. Pada tahun 2003, North Sea Cycle Route meraih penghargaan Guinness World Records sebagai jalur sepeda paling panjang di dunia.

The Friendship Highway – Cina

rute sepeda paling unik

Wandermonkey.com

Rute sepeda paling unik ini disebut friendship highway karena melewati perbatassan Cina-Nepal yang disebut dengan Sino-Nepal Friendship Bridge antara Zhangmu dan Kodari. Jalurnya berada sebagian besar di daerah barat China National Highway 318 (Shanghai-Zhangmu) yang berjarak sepanjang 5.000 meter.

Setelah itu, sisa dari rutenya akan berjalan menurun, yang disebut juga dengan rute downhill, sepanjang 1.750 meter. Selain itu, The Friendship Highway juga terhubung dengan Tibet dan Lhasa.

Danube Cycle Path – Eropa

rute sepeda paling unik

danube-cycle-path.com

Danube Cycle Path adalah rute sepeda paling unik yang menyusuri sungai Danube sepanjang 2.896 kilometer dan sungainya terbentang di lima negara yaitu Jerman, Austria, Slovakia, Hungaria, dan Romania. Banyak pesepeda yang lebih menyukai pemandangan dan jalur di Austria.

Hal ini dikarenakan pemandangannya yang indah mulai dari ujung Passau hingga Vienna. Sungai Danube juga merupakan perbatasan alami antara Jerman dan Austria. Karena kedua negara tersebut menandatangani perjanjian Schengen, tidak ada pengontrolan perbatasan di daerah tersebut.

Shimanami Kaido – Jepang

rute sepeda paling unik

shimanami-cycle.or.jp

Shinamami Kaido adalah nama untuk rute sepeda paling unik di Jepang di Jembatan Honshu-Shikoku yang menghubungkan Onomichi dan Imabari. Sepanjang rute sepeda paling unik di Jepang ini, kamu bisa menikmati pemandangan laut yang indah dari Setto Inland Sea.

Di samping pemandangannya yang indah, Shimanami Kaido menjadi rute sepeda favorit karena memiliki fasilitas untuk pesepeda yang lengkap. Salah satunya adalah garis biru yang dimulai dari stasiun JR Onomichi hingga JR Imabari. Dengan garis ini, pesepeda tidak perlu khawatir akan tersesat. Selain itu, terdapat juga pertokoan, penginapan, pompa ban, kursi, dan juga toilet di sepanjang rute.

Munda Biddi Trail – Australia

rute sepeda paling unik

Instagram/@mundabidditrailfoundation

Dalam bahasa Aborigin, Munda Biddi Trail berarti jalan menuju hutan. Rute sepeda paling unik ini akan membawa kamu menyusuri hutan selatan di Australia dengan pengalaman yang berbeda setiap harinya. Hutan kayu putih, semak belukar yang sudah hampir punah, dan flora serta fauna yang sangat beragam.

Rute sepanjang 1.000 kilometer ini bisa dinikmati oleh pesepeda dengan berbagai tingkat kemahiran. Meskipun begitu, medannya yang off-road lebih cocok dijajal dengan mountain bike. Selain itu, kamu juga tidak perlu takut akan kehadiran kendaraan bermotor.

Otago Central Rail – Selandia Baru

rute sepeda paling unik

otagocentraltrail.or.nz

Jika kamu ingin rute sepeda paling unik yang bersifat santai dan rekreasinoal, Otago Central Rail adalah tempatnya. Rute sepeda ini hanya berjarak sepanjang 152 kilometer yang menyusuri rel kereta lama Otago Central dari Middlemarch dan Clyde. Medannya adalah kerikil sehingga cocok untuk bersepeda santai. Daerahnya juga terpencil dan sulit untuk diakses menggunakan kendaraan lain sehingga menjadikan rute sepeda paling unik ini unik dan menarik.

South Downs Way – Inggris

rute sepeda paling unik

cyclinguk.org

South Downs Way adalah rute sepeda paling unik yang memiliki jarak sepanjang 160 kilometer. Rute ini akan membawa kamu menyusuri rute lama South Downs yang dikelilingi tebing kapur. Perjalanan kamu akan dimulai dari Winchester City, kota lama tempat Raja Alfred dulu berkuasa, hingga Eastbourne. Sepanjang jalan, kamu akan melewati berbagai daerah khas South Downs way dan tentu saja kamu akan disajikan pemandangan menakjubkan sepanjang English Channel.

Rute sepeda paling unik Tunggangan Bromo – Indonesia

rute sepeda paling unik

Photo by Agto Nugroho on Unsplash

Bromo bukan hanya gunung yang bisa dinikmati dengan cara didaki saja. Bromo juga memiliki rute sepeda paling unik yang bernama Tunggangan. Rute ini akan membawa kamu melihat sisi lain kota Malang dengan keindahan alamnya yang luar biasa. Akan tetapi, semua itu tidak bisa dicapai dengan mudah. Soalnya, rute sepeda paling unik ini memiliki tingkat kesulitan yang cukup tinggi.

Great Divide Mountain Bike Route – Amerika Utara

rute sepeda paling unik

theknow.denverpost.com

Rute sepeda paling unik yang satu ini memiliki jarak sepanjang 4.962.9 kilometer. Medannya off-road dan kamu akan dibawa menyusuri Jasper, Alberta, Kanada dan Antelope Wells, New Mexico, dan Amerika Serikat. Rute ini dikembangkan oleh Adventure Cycling Association dan selesai pada tahun 1997.

Great Divide Mountain Bike Route merupakan salah satu rute yang cukup sulit untuk dilalui karena masalah logistik. Sumber makanan dan minuman di beberapa bagian rute hanya bisa ditemukan setiap 160 kilometer. Cuaca yang tidak dapat diprediksi dan hewan liar yang bisa ditemukan kapan saja juga membuat rute sepeda paling unik ini semakin menantang.

Carretera Austral – Cili

rute sepeda paling unik

weleaf.nl

Carretera Austral adalah rute sepeda paling unik sepanjgan 1.200 kilometer dari Puerto Mont to Villa O’Higgins. Sepanjang rute ini, kamu akan disuguhi pemandangan gunung, galasier, sungai, dan keindahan alam lainnya. Beberapa pemandangan yang tidak boleh dilewatkan saat bersepda di Carretera Austral ini adalah Taman Pumalin, glasier Ventisquero, Gunung Cerro Casillo, dan Gua Puerto Tranquillo.

Jajal rute sepeda paling unik impianmu

Bersepeda adalah olahraga yang mudah dilakukan di mana dan kapan saja. Apalagi di momen pandemi seperti ini. Semakin banyak orang yang keranjingan bersepeda. Nah, jika ada kesempatan bersepeda di luar negeri, mana yang jadi rute sepeda paling unik favoritmu?

Tetap bahagia dengan menginap di Bobobox

bobobox

Yang namanya bahagia bisa dicari dari hal-hal sederhana. Seperti staycation misalnya. Hanya dengan menginap di tempat dengan suasana berbeda bisa bikin kamu kembali segar.

Nah, kalau soal staycation, Bobobox tempatnya. Hotel kapsul yang satu ini bisa bikin kamu bebas dari stres. Suasana tenang dan hening akan kamu dapatkan saat masuk ke pod-nya. Selain itu, desainnya yang modern juga enak untuk dinikmati.

Nggak cuma itu, teknologi yang digunakan juga canggih. Untuk memesan kamar, kamu bisa melakukannya melalui aplikasi Bobobox. Aplikasi ini, selain untuk memesan, juga berfungsi sebagai kunci kamar lho. Tinggal pindai saja QR code-nya. Untuk memberikan gambaran pengalaman menginap yang lebih nyata, yuk, keliling-keliling di pods Bobobox lewat 360° virtual tour bareng Bob.

Jadi, tunggu apa lagi? Ayo menginap di Bobobox dan lupakan stres untuk sejenak!

Bobobox

Bobobox

Sejak tahun 2018, Bobobox hadir menawarkan pengalaman yang berbeda bagi para traveler untuk menikmati perjalanan yang sempurna. Bobobox menghubungkan traveler, dari pod ke kota.

All Posts

Bobobox

Rasakan sensasi menginap di hotel kapsul Bobobox! Selain nyaman, hotel kapsul ini mengedepankan teknologi dan keamanan. Bobobox bisa menjadi salah satu cara terbaik untuk menikmati perjalanan dan beristirahat, dan cocok untuk perjalanan liburan atau bisnis.

Top Articles

Categories

Follow Us

Latest Articles