Bobobox Indonesia
Experience More For Less sleep better and be inspired

Pesona Menawan di Atas Awan: Rute dan Harga Tiket Masuk Kebun Buah Mangunan Jogja

Rasakan pengalaman negeri di atas awan!

Selain terkenal akan wisata pantai dan kuliner legendarisnya, Yogyakarta juga memiliki bentang alam yang wajib kamu nikmati dari ketinggian. Salah satunya adalah wisata negeri di atas awan yang ditawarkan oleh Kebun Buah Mangunan.

Julukan negeri di atas awan tersebut tentu bukan sebutan asal saja. Kebun Buah Mangunan ini memang berlokasi di ketinggia kurang lebih 200 mdpl. Karenanya, dari tempat ini kamu bisa merasakan sensasi seolah berada di atas awan dengan pemandangan alam yang menyejukkan mata.

Tertarik untuk datang ke tempat ini? Simak dulu yuk informasi harga tiket Kebun Buah Mangunan beserta kegiatan dan rute menuju tempat tersebut!

Kebun Buah Mangunan

@kebun_buahmangunan via Instagram

Sebelum mengetahui harga tiket Kebun Buah Mangunan, kamu perlu tahu tempat apa Kebun Buah Manguan itu. Sesuai dengan namanya. Kebun Buah Mangunan merupakan tempat wisata berupa kebun buah yang sudah ada sejak tahun 2003 silam.

Kebun ini sendiri terdiri dari berbagai macam pohon. Beberapa di antaranya adalah pohon durian, mangga, manggis, belimbing, jeruk, rambutan, jambu biji, sirsak, jambu monyet, sawo kelengkeng, cempedak, duku dan jambu air.

Selain dipenuhi dengan pohon-pohon buah, tempat ini juga dihiasi oleh kehadiran pohon-pohon yang semakin menambah kesejukan tempat di ketinggian ini. Ada pohon jati, pinus, akasia, king grass dan pagar hidup.

Tempat ini berada di ketinggian 200 meter dari permukaan laut sehingga kamu akan disuguhi dengan pemandagan gunung-gunung berselimutkan gumpalan awal. Karenanya, tak heran tempat yang satu ini mendapat julukan negeri di atas awan.

Jika sedang beruntung kamu pun bisa melihat pemandangan Pantai Parantritis dari kejauhan. Selain itu, kamu juga bisa menyaksikan keindahan Sungai Oya dengan alirannya yang meliuk-liuk layaknya ular hijau raksasa kala kemarau. Sementara itu, saat musim hujan sungai tersebut akan menampakkan pemandangan aliran air yang berwarna kuning keruh.

Udaranya yang sejuk akan semakin menyempurnakan pesona tempat ini dan kamu dijamin tidak akan menyesal telah membayar harga tiket Kebun Buah Mangunan.

Menikmati Negeri di Atas Awan

@kebun_buahmangunan via Instagram

Sebelum berlanjut ke harga tiket Kebun Buah Mangunan, Bob juga akan memberikan informasi tentang daya tarik serta kegiatan apa saja yang bisa kamu lakukan saat berada di sana. Seperti yang Bob sebutkan sebelumnya, di tempat ini kamu dapat memuaskan diri menikmati pemandangan alam di atas ketinggian seperti pegunungan, sungai, hingga pantai.

Salah satu yang paling menarik perhatian adalah sensasi berlibur di negeri di atas awan. Pengalaman ini biasanya dapat kamu rasakan jika kamu datang saat subuh sebelum fajar karena saat itu kamu bisa menyaksikan gumpalan-gumpalan awal tebal dan kabut masih menyelimuti area di bawah kebun. Momen ini juga bisa kamu manfaatkan untuk menyaksikan matahari terbit lho!

Selain itu, orang-orang juga biasanya berbondong-bondong ke sini untuk menyaksikan keindahan  matahari terbenam yang sinarnya mengintip di sela-sela pegunungan. Kalau masih belum puas menikmati pesona Kebun Buah Mangunan, kamu bisa menlajutkan kegiatan kamu dengan berkemah.

Setelah puas memandangi keindahan alam di siang hari, momen berkemah ini sangat tepat untuk menyaksikan keindahan alam di malam hari. Keluar dari tenda kamu, kamu akan disuguhi dengan taburan bintang yang akan membuat kamu berdecak kagum. Tentunya hal tersebut sudah agak jarang bisa dilakukan di tengah kota karena banyaknya polusi cahaya yang memudarkan pemandangan ini.

Memetik Buah Hingga Bermain Air

@kebun_buahmangunan via Instagram

Jam berapapun kamu berkunjung, kamu tidak akan menyesal sudah mengeluarkan uang untuk membayar harga tiket Kebun Buah Mangunan. Sekalipun tidak datang di pagi atau sore hari, kamu tidak akan dibuat bosan saat berkunjung ke sini karena tentunya ada banyak kegiatan yang bisa kamu nikmati.

Salah satunya adalah mempelajari lebih dalam tentang pohon-pohon buah yang ada di kebun ini. Kamu bisa bertanya kepada petugas tentang buah-buah tersebut dan mereka akan dengan senang hati membagi ilmunya.

Jika datang di musim buah, kamu juga akan berkesempatan untuk memetik dan mencicipi berbagai buah yang ada di sana. Mau dibawa pulang juga bisa. Kamu bisa membelinya dengan harga yang lebih murah dari harga pasar. Selain menyecap rasa manisnya buah, kamu pun bisa menjadikannya sebagai latar belakang foto kamu. Agar datang di saat yang tepat, kamu bisa memastikan terlebih dahulu kapan musim buah tersebut.

Selain diisi oleh pepohonan, Kebun Buah Mangunan juga memiliki koleksi hewan, yakni rusa timor. Rusa-rusa tersebut ditempakan di dalam sebuah kandang dengan pagar besi yang kuat. Meskipun terhalang pagar, kamu masih bisa melihat rusa-rusa lucu itu dari jarak aman.

Buat kamu yang hobi memancing, Kebun Buah Mangunan juga menyediakan kolam pemancingan yang cukup luas dan berisi aneka macam ikan seperti nila, patin dan bawal. Kamu bisa menggunakan alat pancing sendiri atau menyewanya di tempat. Setelah puas memancing, kamu bisa membawa hasil tangkapan kamu sebagai oleh-oleh untuk di rumah.

Kalau kamu membawa serta anak-anak, kamu tidak perlu khawatir mereka akan bosan. Di tempat ini, kamu juga akan menjumpai taman bermain hingga kolam renang. Ada ayunan, mangkuk berputar, dan monkey bar.

Untuk kolam renangnya, kolam tersebut benar-benar dikhususkan untuk anak-anak saja. Kolamnya dangkal dan tidak terlalu besar sehingga aman untuk anak-anak. Dengan airnya yang sejuk, cocok banget kalau kamu membawa mereka di siang hari untuk menikmati kolam ini.

Harga Tiket Kebun Buah Mangunan dan Fasilitas

@anggihmhr via Instagram

Harga Tiket Kebun Buah Mangunan cukup terjangkau, yakni Rp 5.000,00 saja untuk hari biasa dan Rp 6.000,00 untuk hari libur. Selain membayar harga tiket Kebun Buah Mangunan, kamu juga perlu menyiapkan uang untuk biaya parkir.

Sepeda motor dikenakan biaya sekitar Rp 3.000,00 sementara mobil Rp 5.000,00. Untuk yang ingin memancing, kamu juga akan dikenakan biaya sebesar Rp 10.000,00.

Selain harga tiket Kebun Buah Mangunan yang terjangkau, fasilitasnya pun cukup memadai. Tempat ini dilengkapi dengan tempat parkir yang luas, musala, toilet, penginapan, tempat makan, aula, gazebo, tempat kemah, tempat pemancingan, area bermain anak, jembatan goyang, flying fox, dan outbound.

Jika tertarik untuk berkunjung, kamu bisa mendatangi Kebun Buah Mangunan di Desa Mangunan, Kecamatan Dlingo, Kabupaten Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta. Jam operasionalnya dimulai dari pukul 05.00-17.30.

Tempat ini berjarak sekitar 15 km dari ibu kota Kabupaten Bantul dan 35 km dari Kota Yogyakarta. Jika berangkat dari Kota Yogyakarta, kamu kemungkinan membutuhkan waktu satu jam untuk mencapai kebun tersebut.

Rute yang bisa kamu ambil adalah dari Terminal Giwangan. Dari situ, kamu bisa mengarahkan kendaraan kamu menuju selatan melewati Jalan Imogiri Timur hingga sampai di pertigaan. Dari pertigaan tersebut, ambillah arah ke kiri hingga menjumpai pertigaan lainnya. Dari pertigaan kedua ini, belokkan sampai kamu menjumpai papan petunjuk menuju Kebun Buah Mangunan. Ikuti jalan tersebut dan kamu pun sampai di tujuan.

Kalau dari Kulon Progo, kamu bisa melewati Jembatan Progo menuju Jalan Sandakan lalu tembus ke Jalan Imogiri Timur. Dari situ, kamu bisa menggunakan rute yang sama.

Nikmati Wisata Sekitaran Malioboro

Setelah puas berwisata di negeri di atas awan, kamu melanjutkan agenda wisata kamu selama di Yogyakarta. Kalau tujuan kamu adalah kawasan Malioboro, paling cocok kamu pesan penginapan di Bobobox Pods Malioboro saja.

Lokasinya yang strategis memudahka kamu dalam menjangkau wisata-wisata hits di sekitaran Malioboro. Sebut saja wisata kawasan Jalan Malioboro, Taman Sari, Alun-Alun Kidul Yogyakarta, Warungboto, dan lain-lain. Tunggu apa lagi? Yuk segera unduh aplikasinya dan pesan kamar yang kamu mau!

 

You might also like