Bobobox Indonesia
Experience More For Less sleep better and be inspired

Ingin Uji Nyali di Kotamu? Inilah 5 Rumah Paling Angker di Indonesia!

Deretan rumah paling angker di Indonesia yang bikin bergidik!

Bicara soal rumah, tentunya kita punya gambaran hunian ideal masing-masing. Mungkin ada dari kalian yang lebih suka rumah di kawasan yang lebih tenang dengan lingkungan alam yang masih asri. Ada juga dari kalian yang lebih senang tinggal di pusat kota supaya mudah mengakses berbagai tempat. Ada yang suka rumah berdesain modern dan minimalis. Ada juga yang suka rumah bergaya klasik dengan ornamen yang rumit. Mungkin kamu butuh rumah dengan banyak ruangan dan kolam renang. Namun, ada juga yang sekadar ingin rumah kecil dengan taman. Apa pun itu, pastinya senang saat kita bisa mendapatkan hunian impian.

Sayangnya, nggak semua rumah bisa seperti itu. Beberapa rumah justru memiliki sejarah yang cukup kelam dan identik dengan hal mistis. Properti-properti ini jadi pindah-pindah pemilik karena penghuninya nggak kerasan tinggal di rumah. Bahkan, ada juga beberapa rumah yang sampai memakan korban! Selain itu, kisah horor yang beredar di masyarakat makin mempersuram image rumah di mata orang lain. Duh! Pastinya kita nggak mau dong tinggal di hunian seperti itu.

rumah paling angker di indonesia
Sumber: Suratkabar.id

Nah, di Indonesia, ada banyak rumah-rumah seram yang menarik perhatian para ghost hunter. Sebenarnya, rumah-rumah ini pun sempat menjadi hunian “normal”. Namun, kisah mistis atau tragedi yang pernah terjadi di rumah tersebut membuat tempat-tempat ini menjadi rumah paling angker di Indonesia. Banyak rumah yang akhirnya ditinggalkan, tetapi ada juga yang masih ditempati atau dikonversi sebagai tempat umum. Bob sudah kumpulkan 5 rumah paling angker di Indonesia. Kira-kira ada yang di kotamu, nggak? Yuk intip seperti apa sih rumah-rumah seram ini!

1. Rumah Tjong A Fie, Medan

rumah paling angker di indonesia
Sumber: Jurnal Asia

Berada di ibukota Sumatera Utara, Medan, Rumah Tjong A Fie adalah salah satu rumah paling angker di Indonesia. Namun, untuk kamu penyuka desain interior, pasti kamu akan suka berkunjung ke sini. Dilansir dari situs resminya, Rumah Tjong A Fie adalah bangunan cagar budaya dan museum yang dibangun pada tahun 1895. Istana dua lantai ini berdiri di atas lahan seluas 8.000 meter persegi. Selain itu, rumah ini memiliki 35 kamar dan didesain dalam kombinasi gaya Peranakan dan Art Deco. Menurut Travel Tempo, Tjong A Fie, pemilik rumah ini adalah seorang perantau asal Guangdong yang menjadi saudagar di Medan.

rumah paling angker di indonesia
Sumber: Dolanae

Di museum ini, kamu bisa menyaksikan kemewahan tempat tinggal Tjong A Fie. Rumah Tjong A Fie juga menyimpan banyak artefak atau benda-benda khas budaya Peranakan. Namun, bangunan ini ternyata angker, lho! Dilansir dari Traveloka, beberapa orang melaporkan pernah melihat arwah seorang pria yang berkeliaran di area rumah. Hmm… Apakah itu arwah Tjong A Fie? Who knows? Yang jelas, rumah ini sarat akan nilai historis dan layak kamu kunjungi saat ke Medan.

2. Rumah Pondok Indah, Jakarta Selatan

rumah paling angker di indonesia
Sumber: GridHot

Kalau rumah yang satu ini sih, jangan ditanya lagi! Berdiri di kawasan Pondok Indah, Jakarta Selatan, rumah ini sejak dulu dicap sebagai rumah paling angker di Indonesia. Konon, rumah mewah ini memiliki sejarah yang kelam. Dilansir dari Merdeka, di tahun 80an keluarga yang menempati rumah ini tewas dibantai oleh perampok. Rumah ini ditempati oleh 7 warga asing dan semuanya tewas dibunuh. Sempat disewakan dan dijual, rumah ini sering berganti penghuni. Bahkan, harganya pun sampai jatuh akibat tidak ada yang mau membeli properti ini.

rumah paling angker di indonesia
Sumber: Travel Detik

Mungkin cerita horor yang paling terkenal dari rumah paling angker di Indonesia ini adalah kisah tukang nasi goreng. Konon, dahulu sempat ada tukang nasi goreng yang masuk ke rumah ini, dan tidak pernah kembali. Namun, dilansir dari Travel Detik, cerita tersebut ternyata hoaks. Bahkan, para warga setempat sampai pernah mewawancarai para tukang nasi goreng yang biasa berjualan di sekitar. Rumah ini pun akhirnya dihancurkan pada tahun 2008. Meskipun demikian, legenda horornya tetap jadi salah satu kisah rumah angker yang paling terkenal.

3. Rumah Darmo, Surabaya

rumah paling angker di indonesia
Sumber: PegiPegi

Dari Jakarta, kita beralih ke Surabaya. Rumah paling angker di Indonesia ini nggak kalah heboh dengan Rumah Pondok Indah. Berlokasi di salah satu perumahan elit di Surabaya, Rumah Darmo identik dengan cerita mengenai pesugihan. Dilansir dari Kompasiana, konon pemilik rumah ini bisa membangun kekayaannya melalui pesugihan dan harus memberikan tumbal manusia. Pada akhirnya, sang pemilik ingin berhenti memberikan tumbal dan melarikan diri bersama keluarganya. Namun, mereka mengalami kecelakaan. Bahkan, pembantu yang bekerja di rumah itu pun tewas akibat seseorang.

rumah paling angker di indonesia
Sumber: Manusia Lembah

Rumah Darmo juga sering dijadikan lokasi uji nyali, bahkan sempat diliput di televisi. Dilansir dari 99.co, setiap kali diadakan uji nyali di Rumah Darmo, penantangnya selalu mengalami kesurupan. Bahkan, warga sekitar pun katanya sudah terbiasa dengan hal seperti ini. Cerita-cerita mengenai penampakan hantu pun melekat kuat dengan image rumah ini. Meskipun sisa-sisa kemegahan Rumah Darmo masih terlihat jelas, tetapi kondisi rumah yang rusak berat menambah kesan angker. Ditambah lagi, rerumputan liar di halaman rumah dibiarkan tumbuh tinggi. Makin ngeri, deh!

4. Rumah “Pengabdi Setan”, Bandung

rumah paling angker di indonesia
Sumber: Kincir

Tentunya kamu sudah nggak asing dengan Pengabdi Setan, dong? Ya, film garapan sutradara Joko Anwar ini bisa dibilang salah satu film horor terbaik Indonesia. Bahkan, film ini dirilis di 42 negara, termasuk Amerika Serikat, dilansir dari News Media. Kalau kamu pernah nonton filmnya, pasti kamu tahu rumah yang dijadikan latar tempat utama cerita. Ya, rumah ini berlokasi di Pangalengan Bandung. Seperti filmnya, rumah ini pun identik dengan berbagai hal berbau mistis. Menurut 99.co, rumah ini sempat ditempati oleh keluarga Belanda yang memiliki seorang pembantu. Sang pembantu sayangnya meninggal di rumah tersebut dan menghantui rumah ini.

rumah paling angker di indonesia
Sumber: Yukkuy.com

Meskipun demikian, rumah ini ternyata punya cerita lain, lho! Menurut KRJogja, rumah paling angker di Indonesia ini dimiliki oleh PTPN VIII Kertamanah dan difungsikan sebagai rumah dinas. Rumah ini pun sekarang sering dikunjungi oleh banyak orang, lho! Beberapa furnitur dari film Pengabdi Setan juga bisa kamu lihat di dalam rumah. Hamparan kebun teh juga mengelilingi rumah antik ini. Kalau kamu tertarik buat uji nyali, coba deh ke sini. Seenggaknya, kalau kamu nggak melihat penampakan, kamu bisa menikmati udara sejuk khas Pangalengan.

5. Rumah Abraham Fletterman, Semarang

rumah paling angker di indonesia
Sumber: Phinemo

Rumah paling angker di Indonesia terakhir pilihan Bob ada di Semarang. Dilansir dari Kopi dan Kamu, rumah ini sudah berdiri sejak tahun 1890. Pemiliknya adalah Abraham Fletterman, seorang arsitek asal Belanda. Salah satu ciri khas rumah ini adalah desainnya yang cantik dan unik. Kisah horor rumah ini berhubungan dengan penampakan wanita berrambut panjang dengan gaun putih, seperti dilansir dari IDN Times. Selain itu, sisi horor rumah ini makin diperkuat karena rumah ini digunakan sebagai tempat syuting film Beranak dalam Kubur.

rumah paling angker di indonesia
Credit: Listijanto via Pinterest

Di dalam Rumah Abraham Fletterman, kamu masih bisa menemukan banyak barang-barang tempo doeloe. Foto-foto dan lukisan antik yang masih terawat bisa kamu lihat di sini. Oh, ya! Rumah paling angker di Indonesia ini sepertinya mulai kehilangan sisi horornya. Pasalnya, dilansir dari Semarang Pos, rumah ini sudah direnovasi oleh Yayasan Mardi Waluyo dan Tim Cagar Budaya Semarang. Bahkan, menurut IniBaru.id, rumah ini menjadi salah satu venue pesta paling populer di Semarang, lho! Wih! Berminat buat mengadakan pesta di sini?

Itulah 5 rumah paling angker di Indonesia versi Bob. Ada rumah yang berada di kotamu, nggak? Atau mungkin di kotamu ada rumah angker lainnya? Boleh dong share ceritamu sama Bob! Untuk kamu yang berencana berlibur ke Medan, Jakarta, Bandung, dan Semarang, mungkin tertarik mengunjungi rumah-rumah itu. Namun, terlepas dari benar tidaknya berita yang beredar, kamu tetap harus bersikap sopan di mana pun kamu berada. Jangan bicara sembarangan atau merusak tempat, ya!

Liburan? Nginep di Bobobox!

Oh, ya! Soal berlibur, kamu tahu nggak kalau Bobobox sudah membuka cabang di 6 kota? Ya! Sekarang Bobobox bisa kamu temui di Bandung, Jakarta, Tangerang, Yogyakarta, Semarang, dan Surakarta! Untuk kamu yang berencana berlibur ke kota-kota tersebut, jangan lupa menginap di Bobobox, ya! Semua pod di Bobobox hadir dengan desain futuristik yang keren, serta teknologi yang terintegrasi dengan aplikasi ponsel. Selain itu, Bobobox juga dilengkapi beberapa fasilitas pendukung seperti communal space, shared bathroom, musala, dan pantry. Banyak spot cantik buat berfoto juga, lho!

Nah, sebelum datang, pastikan kamu sudah mengunduh aplikasi Bobobox, ya! Aplikasi ini tersedia secara gratis dari App Store dan Google Play Store. Ada banyak hal yang bisa kamu lakukan lewat aplikasi Bobobox. Selain mengatur teknologi di dalam pod, kamu juga bisa melakukan reservasi secara langsung hingga berinteraksi dengan para tamu dan staf! Ssst! Banyak promosi menarik juga, lho! Seru, ‘kan? Jadi, download sekarang aplikasi Bobobox, ya!

You might also like