Bobobox Indonesia
Experience More For Less sleep better and be inspired

Hemat! Dengan Bujet 2 Juta-an, Kamu Bisa Road Trip Jakarta – Semarang – Jogja, Lo!

Untuk sekadar berakhir pekan atau liburan dengan sahabat, dijamin worth it deh!

Dilanda kebosanan karena di rumah saja saat pandemi COVID-19? Daripada stres, mending rencanakan liburan singkat bersama sahabat dulu saja, yuk! Kamu bisa coba merencanakan untuk road trip Jakarta – Semarang – Yogyakarta untuk pengalaman liburan yang seru dan mengasyikan.

Beberapa tempat wisata memang sudah dibuka secara bertahap di adaptasi kebiasaan baru ini. Namun, kamu harus tetap waspada jika ingin berlibur karena bahaya COVID-19 masih mengintai. Karenanya, road trip bisa menjadi pilihan liburan yang dianggap paling aman.

Berbeda dengan naik transportasi umum, road trip bisa meminimalisir untuk berinteraksi dengan banyak orang yang tak kamu ketahui riwayat kesehatannya. Tak hanya itu, kamu juga bisa menjaga kebersihan dan keamananmu dan teman seperjalanan selama road trip karena lebih mudah untuk saling mengingingatkan dan menjaga kebersihan saat di jalan.

Hemat! Dengan Bajet 2 Juta-an, Kamu Bisa Road Trip Jakarta – Semarang – Jogja, Lo!
Foto oleh Kevin Schmid dari Unsplash

Jika kamu dan sahabatmu sudah mantap ingin berlibur sejenak, Bob punya berbagai tips dan trik untuk bisa liburan singkat dan hemat. Hanya dengan 2 juta-an saja kamu bisa melepas penat dengan melakukan road trip Jakarta – Semarang – Jogja, lo. Simak tips dan triknya berikut ini, ya.

Bajet 2 juta-an saja untuk road trip Jakarta – Semarang – Jogja

Hanya dengan 2 juta-an saja? Memangnya bisa? Tentu bisa dong! Katakanlah kamu berlibur dengan dua orang sahabatmu selama 3 hari 2 malam dengan menggunakan mobil pribadi. Dijamin, bajet 2 juta-an per orang sudah bisa puas banget untuk menikmati liburan road trip Jakarta – Semarang – Jogja.

Kamu harus menyiapkan alokasi bajet utama, yaitu untuk bensin pulang-pergi dari Jakarta – Jogja, biaya Tol Trans-Jawa Jakarta – Semarang, penginapan, serta makan berat sebanyak sehari tiga kali.

Estimasi bensin yang dibutuhkan untuk menempuh perjalanan pulang-pergi road trip Jakarta – Jogja adalah Rp850.000. Sedangkan, untuk berjalan-jalan di sekitar Kota Semarang dan Jogja, kamu bisa menyiapkan tambahan bensin senilai Rp250.000 saja.

Hemat! Dengan Bajet 2 Juta-an, Kamu Bisa Road Trip Jakarta – Semarang – Jogja, Lo!
Foto oleh Luigi Manga dari Unsplash

Biaya tol Trans-Jawa yang diperlukan untuk pulang-pergi dari Jakarta ke Semarang adalah Rp680.000, jadi pastikan kamu sudah mengisi e-toll dengan jumlah tersebut, ya. Perjalanan ke Jogja akan dilanjutkan melalui jalanan biasa, sehingga tak ada biaya tol tambahan lagi.

Urusan penginapan, serahkan saja pada Bobobox. Kamu bisa menyewa kamar double dan single pod, dengan harga mulai dari 200 ribu-an saja, lo. Sedangkan bajet untuk makan, sebenarnya sangat bervariasi. Namun untuk liburan hemat, bisa dihitung maksimal Rp50.000 untuk sekali makan.

Perkiraan biaya di atas baru mencakup biaya utama saat perjalanan saja. Dengan total sekitar Rp4.300.000, kamu dan dua sahabatmu hanya perlu menyediakan Rp1.450.000 per orang.

Sedangkan ada juga aloaksi bajet lainnya, seperti untuk membeli snack, tiket wisata, dan kebutuhan tak terduga lain yang harus dibeli. Dengan menambahkan rincian tersebut, Rp2.000.000 per orang tentu akan sangat cukup. Dijamin, liburan road trip singkat ini akan worth it, deh!

Hemat! Dengan Bajet 2 Juta-an, Kamu Bisa Road Trip Jakarta – Semarang – Jogja, Lo!
Foto oleh Natalie Rhea Riggs dari Unsplash

Rencana perjalanan selama road trip Jakarta – Semarang – Jogja

Rencana perjalanan untuk liburan sangatlah dibutuhkan, terutama jika memutuskan untuk liburan singkat. Rencana liburan disusun supaya tidak ada waktu yang terbuang percuma, serta bisa puas mengunjungi berbagai destinasi wisata dengan waktu yang terbatas.

Kamu bisa memulai dari menyusun rencana perjalanan di hari pertama. Perjalanan dari Jakarta-Semarang sepanjang 445 kilometer bisa ditempuh melalui tol Trans-Jawa dalam waktu kurang lebih 5-6 jam. Usahakan untuk berangkat subuh atau pagi-pagi sekali supaya tak terkena macet ketika masih berada di Jakarta.

Jika sampai di Kota Semarang saat siang hari, tak ada salahnya untuk langsung makan siang dan mencoba berbagai kuliner menarik di Semarang. Ada beragam kuliner legendaris seperti Soto Ayam khas Semarang Pak Man atau Restoran Kampung Laut.

Hemat! Dengan Bajet 2 Juta-an, Kamu Bisa Road Trip Jakarta – Semarang – Jogja, Lo!
Foto oleh Caroline Adenan dari catatanoline.web.id

Setelah itu, kamu bebas untuk menghabiskan sisa hari dengan mengunjungi berbagai tempat wisata di Semarang. Destinasi wisata di Semarang terbilang sangat lengkap, dari destinasi wisata kota, laut, hingga gunung pun ada. Kamu bisa memilih destinasi mana yang paling menarik hati dan cocok untuk melepas penat.

Esoknya, kamu masih bisa berjalan-jalan singkat di Semarang, kemudian langsung menuju Jogja. Perjalanan dari Semarang ke Jogja sepanjang 133 kilometer bisa ditempuh dalam waktu 3 jam. Jogja juga memiliki destinasi wisata dan kuliner yang tak pernah membosankan.

Sama seperti Semarang, destinasi wisata di Jogja juga tergolong lengkap. Kamu bisa mengunjungi pantai-pantai indah di sepanjang wilayah Gunungkidul atau menikmati udara segar di daerah Kaliurang atau kaki Gunung Merapi. Puas berjalan-jalan, kamu sudah bisa pulang kembali ke Jakarta keesokan harinya dengan berkendara selama 8 jam.

Hemat! Dengan Bajet 2 Juta-an, Kamu Bisa Road Trip Jakarta – Semarang – Jogja, Lo!
Foto oleh Daniel Öberg dari Unsplash

Tips dan trik agar aman berkendara saat road trip saat adaptasi kebiasaan baru

Berkendara dengan mobil saat road trip Jakarta – Semarang – Jogja di situasi adaptasi kebiasaan baru ini tentu membutuhkan persiapan yang matang. Pertama, pastikan kendaraan dalam keadaan sehat dan prima untuk melakukan perjalanan jauh. Sebaiknya lakukan tune up oleh montir terpercaya agar kendaraanmu selalu baik-baik saja selama perjalanan.

Kamu juga harus memastikan kondisi badanmu dan sahabatmu dalam keadaan sehat ketika akan berangkat. Jangan memaksakan pergi jika dalam keadaan sakit karena akan sangat riskan di perjalanan dan justru memudahkan untuk penularan virus.

Saat memasuki tol Trans-Jawa, pastikan untuk selalu mengisi tangki bensin mobil dengan penuh, ya, karena tak semua rest area di jalur tol ini dilengkapi dengan pom bensin. Usahakan juga untuk tak selalu berhenti di rest area atau fasilitas umum, untuk meminimalisir beinteraksi dengan banyak orang.

Lebih baik jika semua bisa mengendarai mobil dan memiliki SIM, sehingga bisa menyetir bergantian selama perjalanan panjang dan meminimalisir kondisi badan yang terlalu lelah. Jangan lupa untuk tetap patuhi protokol kesehatan selama liburan seperti menjaga jarak, memakai masker, dan menjaga kebersihan.

Hemat! Dengan Bajet 2 Juta-an, Kamu Bisa Road Trip Jakarta – Semarang – Jogja, Lo!
Foto oleh Tim Mossholder dari Unsplash

Urusan menginap saat road trip, serahkan saja pada Bobobox!

Road trip Jakarta – Semarang – Jogja akan kurang rasanya jika kamu enggak mencoba menginap di Bobobox. Bobobox merupakan hotel kapsul yang mendepankan konsep teknologi modern dan desain futuristik di dalamnya. Bobobox sudah ada di Kota Semarang, tepatnya di Kota Lama, dan sebentar lagi akan buka di Malioboro, Jogja, lo!

Kamu enggak perlu khawatir dengan masa adaptasi kebiasaan baru, karena Bobobox adalah pelopor hotel yang menggunakan sistem contactless. Artinya, kamu bisa pesan kamar melalui website atau aplikasi hotel kapsul ini, melakukan pembayaran otomatis, dan mendapatkan QR code pada aplikasi Bobobox. QR code tersebut bisa digunakan sebagai akses untuk masuk ke dalam pod tanpa harus menggunakan kunci biasa.

Tak hanya itu, Bobobox juga menggunakan IoT untuk kemudahan mengakses berbagai fasilitas di dalam kamarmu. Mulai dari lampu LED yang warnanya bisa kamu atur sendiri sesuai dengan keinginan dan tersedianya jaringan wi-fi yang bisa diandalkan.

Podnya juga super nyaman, dengan kondisi kamar yang bersih dan rapi. Tim Bobobox selalu menjaga kebersihan dan keamanan para tamu dengan rutin melakukan pembersihan dan menyemprotkan disinfektan. Jadi, yakin nih enggak mau menginap di sini? Tunggu apa lagi, pesan kamar di Bobobox, yuk!

backpacker di bandung bobobox

You might also like