Bobobox Indonesia
Experience More For Less sleep better and be inspired

Jangan Langsung Kerja! Lakukan Ritual Pagi yang Baik Bagi Otak Ini Dulu Sebelum Mulai Beraktivitas

Yuk mulai kebiasaan baik di pagi hari

Pagi adalah waktu yang menentukan seperti apa harimu berjalan. Oleh karena itu, kamu memerlukan ritual pagi yang baik bagi otak. Memiliki rutinitas pagi yang baik dapat membuat harimu menjadi lebih produktif, terorganisir, dan kamu melakukan semua kegiatan dengan percaya diri.

Memulai ritual pagi yang baik bagi otak bukan soal melakukan lebih banyak hal di pagi hari. Sebaliknya, ini tentang membiarkan diri kamu memulai hari dengan percaya diri, damai, dan sikap positif. Yuk simak sama-sama ritual pagi yang baik bagi otak.

Minum air putih

ritual pagi yang baik bagi otak
Photo by Jana Sabeth on Unsplash

Enam puluh persen tubuhmu terdiri dari air, dan kamu kehilangan air selama beraktivitas melalui keringat, air kencing, dan bahkan bernapas. Oleh karena itu, kamu memerlukan asupan air setiap harinya untuk memenuhi kebutuhan tubuh.

Selain itu, minum air juga merupakan ritual pagi yang baik bagi otak. Air memiliki dampak terhadap kinerja mental dan dehidrasi ringan dapat memiliki efek buruk pada kemampuan kerja otak.

Minum air di pagi hari dapat membantu menangani masalah tersebut dan membantu kinerja mental menjadi lebih baik.

Dehidrasi juga memiliki efek negatif pada memori dan perhatian jangka pendek. Salah satu cara untuk mengatasinya adalah dengan melakukan ritual pagi yang baik bagi otak seperti minum air putih.

Merapikan kamar, ritual pagi yang baik bagi otak

ritual pagi yang baik bagi otak
Photo by CHUTTERSNAP on Unsplash

Setelah meneguk segelas air putih, sebaiknya kamu jangan dulu melakukan aktivitas lain. Apa lagi aktivitas berat. Kembali ke kamar lalu rapikan tempat tidurmu.

Otak memiliki kecenderungan untuk mencari kenyamanan dan melakukan hal paling mudah yang ada pada saat itu. Ini tentu bukan hal yang baik jika kamu ingin menjalani hari yang produktif.

Namun, otakmu juga mudah untuk diatur. Kamu hanya perlu membuat momentum dengan melakukan ritual pagi yang baik bagi otak ini.

Dengan melakukan hal yang terkesan “berat” bagi otak di pagi hari, kamu memberitahu otak bahwa kamu memegang kendali. Kamu juga memberikan sedikit dorongan dopamine dengan melakukan ritual pagi yang baik bagi otak ini.

BACA JUGA: Simak 10 Alasan Kamu Harus Mulai Bangun Pagi Dan Berbagai Manfaatnya

Latihan pernapasan

ritual pagi yang baik bagi otak
Photo by Katerina Jerabkova on Unsplash

Melatih pernapasan adalah ritual pagi yang baik bagi otak. Salah satu manfaatnya adalah untuk menangani pikiran cemas dan gugup.

Bernapas dalam-dalam bisa memperlambat detak jantungmu dan memungkinkan tubuh mengambil lebih banyak oksigen sehingga memberi sinyal ke otak untuk beristirahat.

Melakukan ritual pagi yang baik bagi otak ini juga mampu menyeimbangkan hormone kamu seperti menurunkan kadar kortisol dan meningkatkan aliran endorfin dalam tubuh.

Kamu bisa melakukannya selama beberapa menit. Cukup ambil napas selama empat detik penuh dan buang napas selama empat detik penuh. Lakukan ritual pagi yang baik bagi otak tersebut selama lima putaran. Fokus pada napasmu dan biarkan seluruh tubuhmu rileks.

Ritual pagi yang baik bagi otak ini bisa membantumu mengosongkan pikiran dan melepaskan rasa cemas yang akan dihadapi selama beraktivitas.

Berolahraga, ritual pagi yang baik bagi otak

ritual pagi yang baik bagi otak
Photo by Boxed Water Is Better on Unsplash

Kortisol adalah hormon yang membuat kamu tetap terjaga dan waspada. Ini sering disebut juga sebagai hormon stres. Biasanya, kortisol meningkat di pagi hari dan turun di malam hari.

Nah, agar sirkulasi hormon ini seimbang, berolahraga adalah ritual pagi yang baik bagi otak yang bisa kamu coba.

Selain itu, berolahraga di pagi hari juga bisa meningkatkan energi dan mengurangi kelelahan. Saat kamu berolahraga, oksigen dan nutrisi mengalir ke jantung dan paru-paru. Ini meningkatkan sistem kardiovaskular, daya tahan, dan stamina kamu secara keseluruhan.

Dengan berolahraga lebih awal, kamu bisa merasa lebih berenergi dan fokus sepanjang hari. Soalnya, aktivitas fisik mampu meningkatkan fokus dan konsentrasi dan jika kamu kesulitan fokus di siang hari, ritual pagi yang baik bagi otak ini mungkin bisa menjadi solusinya.

Membaca/mendengarkan podcast

ritual pagi yang baik bagi otak
Photo by Joel Muniz on Unsplash

Sebelum memulai aktivitas, kamu membutuhkan sedikit boost untuk otak. Hal ini bisa kamu lakukan dengan membaca buku atau mendengarkan podcast. Pokoknya, apa pun yang bersifat positif dan memotivasi kamu untuk memulai hari dengan lebih baik.

Akan tetapi, kalau kamu melakukan ritual pagi yang baik bagi otak ini di telepon genggam, matikan seluruh notifikasi dan jangan terjebak scrolling di sosial media. Soalnya, hal tersebut justru malah membuat kamu tidak produktif saat menjalani hari.

BACA JUGA: Suka Nonton Video Life Hacks? Simak Deretan Life Hacks Terunik Dan Nyeleneh Tapi Berguna Berikut Ini

Sarapan, ritual pagi yang baik bagi otak

ritual pagi yang baik bagi otak
Photo by Brooke Lark on Unsplash

Setelah melakukan ritual pagi yang baik bagi otak yang bersifat fisik, jangan lupa untuk mengisi perutmu ya. Selain menambah tenaga, sarapan bisa membuat kamu lebih waspada dan fokus dengan meningkatkan kadar gula otak dalam otak.

Makanan seperti sereal gandum utuh, kopi, susu, telur, atau roti panggang, semuanya memiliki peran dalam meningkatkan kekuatan otak. Oleh karena itu, sarapan yang sehat justru bisa membuat kamu lebih baik.

Sarapan juga bisa meningkatkan kadar serotonin dalam darah, yang bertanggung jawab untuk menyeimbangkan suasana hati, nafsu makan, dan tidur. Jadi, melakukan ritual pagi yang baik bagi otak ini juga bisa bikin kamu bahagia lho.

Mengganti pakaian

ritual pagi yang baik bagi otak
Photo by Helena Lopes on Unsplash

Semua ritual pagi yang baik bagi otak sudah kamu lakukan. Sekarang, saatnya kamu beraktivitas. Kalau biasanya kamu pergi ka kantor, sudah pasti kamu akan berganti pakaian. Namun, kalau kondisinya sering work from home seperti sekarang, lebih baik kamu mengganti pakaian.

Jangan gunakan piyama atau baju tidur sambil bekerja di depan laptop. Alih-alih, ganti pakaianmu ke sesuatu yang nyaman namun tetap memberikan kesan “bekerja” pada dirimu. Dengan demikian, otak jadi lebih siap untuk beraktivitas.

BACA JUGA: Agar Tubuh Semakin Sehat, Yuk Lakukan 10 Ritual Pagi Sehat Dari Bob Ini!

Bobobox, hotel kapsul yang anti mainstream

10 Rekomendasi Masker Cantik Merek Lokal

Bobobox adalah hotel capsule Jakarta yang menggunakan teknologi terkini. Hampir semua aktivitas menginap kamu terintegrasi melalui aplikasi seperti untuk memesan kamar, sebagai kunci kamar berbasi QR code, pengatur lampu, dan lain-lain.

Selain itu, Bobobox juga adalah hotel kapsul yang bisa bikin kamu bebas dari stres. Suasana tenang dan hening akan kamu dapatkan saat masuk ke pod-nya. Desainnya yang modern juga enak untuk dinikmati, apalagi buat kamu yang suka foto-foto.

Nggak percaya? Tenang. Supaya kamu punya gambaran yang lebih jelas soal pengalaman menginap yang lebih nyata, kamu bisa lho keliling-keliling di pods Bobobox lewat 360° virtual tour bareng Bob. Kamu bisa membuktikan sendiri sebelum dateng langsung ke tempatnya.

Jadi, tunggu apa lagi? Ayo menginap di Bobobox dan lupakan stres untuk sejenak.

You might also like