Bobobox Indonesia
Experience More For Less sleep better and be inspired

Ini Dia 7 Ritual Makan Paling Unik di Dunia yang Aneh dan Ekstrim!

Kira-kira gimana ya cara makannya?

Setiap budaya pasti memiliki tradisi masing-masing, seperti ritual makan paling unik di dunia berikut ini. Ritual tersebut dilakukan dengan berbagai macam cara. Ada yang bikin merinding dan ada juga yang lucu lho. Penasaran seperti apa ritual makan paling unik yang ada di seluruh dunia? Yuk kita cari tahu sama-sama.

Cooper’s Hill Cheese-Rolling Festival – Inggris

ritual makan paling unik
Photo by Edan Cohen on Unsplash

Di Inggris, tepatnya di desa Brockworth, ada sebuah ritual makan paling unik yang cukup berbahaya. Peserta harus mengejar keju berbentuk bundar dengan berat sekitar empat kilogram menuruni bukit curam sepanjang 180 meter.

Sesuai namanya, peserta yang berlomba menuruni bukit terlihat seperti sedang menggelinding. Peserta yang sampai terlebih dulu berhak memenangkan kejunya.

Alasan diadakannya ritual makan paling unik ini masih belum jelas. Akan tetapi, diperkirakan tradisi ini sudah ada sejak ratusan tahun lalu.

Tradisi ini sempat berhenti pada tahun 2010 atas dasar keselamatan. Namun, acara ini dilanjutkan kembali pada tahun 2011 atas keinginan penduduk Brockworth untuk melestarikan tradisi.

Haro Wine Festival – Spanyol, ritual makan paling unik

ritual makan paling unik
Photo by Rodrigo Abreu on Unsplash

Pada 29 Juni setiap tahunnya, penduduk Haro, Spanyol berkumpul di pusat kota. Mereka datang bukan untuk mengobrol melainkan untuk berperang. Menggunakan anggur merah.

Ritual makan paling unik ini dimulai dengan walikota Haro yang menunggangi kuda, naik ke tebing Bilibio, ke Hermitage of San Felices, untuk menancapkan sebuah bendera. Setelah itu, misa singkat diadakan sebelum semua orang saling serang menggunakan anggur yang dimasukkan ke dalam wadah seperti ember, cangkir, botol, kendi dan bahkan pistol air.

Meskipun sudah menjadi festival nasional dan daya tarik turis, ritual makan paling unik ini berakar sejak awal abad ke-13. Saat itu, terjadi sengketa tanah antara desa tetangga Miranda del Ebro dan penduduk Haro.

Pejabat kota Haro mulai membentangkan spanduk ungu pada hari Santo Petrus untuk menegaskan kembali wilayah mereka. Tak lama, ritual berubah menjadi pelemparan anggur dan tradisi ini pun lahir.

BACA JUGA: Wisata Ritual Ma’nene, Ritual Unik Mendandani Jenazah Di Tana Toraja

KFC Christmas – Jepang

ritual makan paling unik
Photo by Aleks Dorohovich on Unsplash

Di Indonesia, makan ayam goreng KFC mungkin adalah hal yang biasa dilakukan sehari-hari. Akan tetapi, orang Jepang memiliki ritual makan paling unik. Mereka berkumpul bersama keluarga dan menyantap KFC setiap Natal.

Ritual makan paling unik ini dimulai ketika Takeshi Okawara, manajer KFC pertama di Jepang, mendengar beberapa orang asing berbicara tentang bagaimana mereka merindukan makan kalkun saat Natal.

Okawara kemudian mengampanyekan ayam sebagai pengganti kalkun untuk Natal dengan nama Kurisumasu ni wa Kentakkii atau Kentucky for Christmas.

Sejak saat itu, KFC di Jepang selalu ramai di bulan Desember. Penjualan harian di beberapa restoran bisa 10 kali lipat dari biasanya.

La Tomatina – Spanyol, ritual makan paling unik

ritual makan paling unik
Photo by Josephine Baran on Unsplash

Setiap hari Rabu di akhir bulan Agustus, sekitar 20.000 orang berkumpul di Plaza del Pueblo, Valencia untuk berpartisipasi dalam ritual makan paling unik di Spanyol. Mereka menantikan sebuah truk yang mengangkut 145.000 kg tomat dan bersiap-siap untuk saling melempar tomat tersebut.

Sinyal untuk pertarungan La Tomatina adalah tembakan meriam air dan setelah itu kekacauan pun dimulai. Tentunya membutuhkan waktu yang sangat lama untuk puluhan ribu orang saling melempar tomat. Meskipun tidak ada hadiah dari ritual makan paling unik ini, orang-orang menikatinya dan bersorak sorai.

La Tomatina pertama dimulai pada musim panas tahun 1944 atau 1945 selama perayaan keagamaan setempat. Kemungkinan itu adalah perayaan Corpus Christi, yang menampilkan parade Gigantes y Cabezudos, tokoh besar berkostum bubur kertas yang disertai oleh marching band.

Phuket Vegetarian Festival – Thailand

ritual makan paling unik
Photo by Anna Sushok on Unsplash

Phuket Vegetarian Festival adalah ritual makan paling unik tahunan yang diadakan pada bulan ke sembilan dalam penanggalan Imlek, biasanya pada bulan September atau Oktober.

Ritual makan paling unik ini merayakan kepercayaan komunitas Tionghoa bahwa dengan menghindari konsumsi daging, mereka bisa memperoleh kesehatan yang baik dan ketenangan pikiran.

Phuket adalah tempat pusat festival ini diselenggarakan karena lebih dari 30% penduduknya adalah keturunan Tionghoa. Di puncak acara, festival ini melibatkan aksi memotong lidah dan berjalan tanpa alas kaki di atas bara panas.

BACA JUGA: Jelajahi 10 Kota Terunik Di Dunia. Ada Yang Dijuluki Sebagai Surganya Penjahat!

Seething Sardine Festival – Inggris, ritual makan paling unik

ritual makan paling unik
Photo by Johen Redman on Unsplash

Ritual makan paling unik berikutnya datang dari Surbiton, Inggris. Pada bulan Mei, orang-orang berkumpul di Taman Claremont dan kemudian turun ke tepi Sungai Thames untuk menonton nelayan menangkap ikan sarden air tawar.

Dulu, Sungai Thames merupakan rumah bagi berbagai macam jenis ikan, termasuk sarden air tawar. Akan tetapi, ada masa di mana ikan sarden menghilang dari Sungai Thames. Barulah pada tahun 2005 ikan sarden kembali muncul.

Setelah penangkapan ikan dilakukan, ritual makan paling unik ini diikuti oleh prosesi makan-makan yang diiringi dengan musik dan pameran kesenian lain yang meriah.

Thorrablot – Islandia, ritual makan paling unik

ritual makan paling unik
Photo by hao qin on Unsplash

Thorrablot adalah pesta pertengahan musim dingin di Islandia yang diadakan kapan saja selama bulan orri, dimulai pada hari Jumat pertama setelah 19 Januari. Perayaan ini berakar pada budaya dan ritual Zaman Viking dan dihidupkan kembali baru-baru ini pada abad ke-19.

Pesta ini melibatkan salah satu ritual makan paling unik yang pernah ada. Perayaan Thorrablot dimulai dengan makan malam. Biasanya, perayaan ini dilengkapi dengan sajian makanan sehari-hari yang biasa dimakan orang Viking.

Makanan tersebut diantaranya adalah makanan yang diasap, diletakkan di mysa (produk susu asam), dan daging asin yang dikeringkan. Sekarang, Thorrablot sudah menjadi bagian penting dari budaya Islandia.

BACA JUGA: Ini Dia Fakta Unik Korea Utara Yang Harus Kamu Ketahui

Wah, seru juga ya membahas ritual makan paling unik di atas. Dari Jepang sampai Islandia, semuanya punya. Kalau ada kesempatan, Bob sih mau melihat langsung Cooper’s Hill Cheese-Rolling Festival di Inggris. Meskipun berbahaya kayaknya seru kalau ditonton. Gimana menurut kamu?

Bobobox, hotel kapsul paling unik untuk staycation-mu

Bobobox adalah hotel capsule Jakarta yang bisa bikin kamu bebas dari stres. Suasana tenang dan hening akan kamu dapatkan saat masuk ke pod-nya. Desainnya yang modern juga enak untuk dinikmati, apalagi buat kamu yang suka foto-foto.

Nggak percaya? Tenang. Supaya kamu punya gambaran yang lebih jelas soal pengalaman menginap yang lebih nyata, kamu bisa lho keliling-keliling di pods Bobobox lewat 360° virtual tour bareng Bob. Kamu bisa membuktikan sendiri sebelum dateng langsung ke tempatnya.

Jadi, tunggu apa lagi? Ayo menginap di Bobobox dan lupakan stres untuk sejenak.

You might also like