Curug-Lawe-dan-curug-Benowo-Wisata-di-Ungaran-Semarang

Review Wisata Alam Curug Benowo

Pesona Semarang memang sulit untuk dicarikan tandingan. Dari wisata kota yang apik dan unik, wisata alam pun tak kalah asik. Kali ini, Bob akan memberi review satu spot travelling yang mantap untuk dieksplorasi kekayaan alamnya hanya di Semarang.

Curug Benowo

wisata alam

https://www.asliindonesia.net/curug-lawe-dan-curug-benowo/

Curug atau air terjun dalam Bahasa Jawa selalu menjadi destinasi travelling andalan para pecinta wisata alam. Bagaimana tidak, curug selalu menawarkan trekking menantang dengan kesegaran air yang jernih dan segar diakhir perjalanan.

Tawaran yang menggiurkan ini juga dimiliki oleh Curug Benowo. Curug yang terletak di Lereng Gunung Ungaran ini siap untuk menjadi tempat wisata alam bagi para pencari ketenangan di tengah kesibukan pekerjaan yang padat.

Lereng Gunung Ungaran

Di review kali ini, Bob akan memberikan info tentang akses menuju Curug Benowo. Dengan hanya menempuh waktu setengah jam atau sekitar 12 kilometer dari Alun-alun Ungaran, kamu sudah bisa memulai travellingmu di tempat wisata alam Curug Benowo.

Lokasi menuju Curug Benowo bisa dengan mudah diakses melalui Google Map, namun sulitnya kendaraan umum untuk mencapai wisata alam ini mungkin akan sedikit menghambat perjalananmu. Membawa kendaraan sendiri bisa menjadi solusi ideal untukmu yang ingin menikmati kesegaran alami air terjun ini.

Sesampainya di lokasi wisata alam Curug Benowo, kamu akan disambut dengan pepohonan yang asri dan udara yang segar. Namun, jangan harap pemandangan air terjun bisa langsung kamu nikmati.

Pertama yang harus kamu lakukan adalah membeli tiket masuk seharga Rp. 4000,00 dan biaya parkir sebesar Rp. 3000,00 untuk kendaraan bermotor dan Rp. 10.000,00 untuk roda empat. Cukup murah kan? Dari loket masuk, kamu akan memulai travellingmu menapaki jalan yang berbukit-bukit menuju wisata alam yang eksotis ini.

Menikmati Trekking ke Curug Benowo

wisata alam

https://www.asliindonesia.net/curug-lawe-dan-curug-benowo/

Saat kamu mulai memasuki area curug, kamu akan dihadapkan pada pilihan Curug Lawe atau Curug Benowo. Dipersimpangan jalan, kalian akan diminta untuk memilih dua jenis rute, satu menuju Curug Lawe dan satu menuju Curug Benowo.

Lokasi kedua curug ini memang berdekatan, bedanya akses menuju Curug Lawe jauh lebih mudah dan lebih dekat daripada ke Curug Benowo. Untuk kamu yang ingin travellingmu lebih menantang, tidak ada salahnya untuk mencoba menapaki jalan setapak menuju Curug Benowo.

Namun, kamu juga harus ekstra hati-hati karena untuk menuju wisata alam Curug Benowo dibutuhkan konsentrasi yang penuh. Jalan yang mendaki dan menurun serta batu-batu licin akan menemani travellingmu kali ini.Perjalanan akan memakan waktu sekitar satu hingga dua jam. Eits, tapi tidak usah panik dulu.

Disepanjang jalan, rasa lelahmu akan terbayar dengan pemandangan dan kesejukan wisata alam yang tidak akan kamu temukan di kota. Ditambah lagi ada jembatan kayu yang cantik yang akan menambah suasana romantis kalau kamu pergi dengan pasangan.

Sesampainya di wisata alam Curug Benowo, kamu akan disambut oleh air terjun yang sangat gagah setinggi kurang lebih 70 meter. Arusnya yang deras dengan volume air yang banyak membuat hempasan air di air terjun ini sangat menyegarkan.

Tapi hati-hati loh ya, tidak boleh berenang di bawah air terjun apalagi saat musim hujan. Karena dikhawatirkan akan banyak material yang ikut terbawa aliran air yang ikut jatuh dari atas curug.

Curug Lawe, Saudara Curug Benowo

wisata alam

https://myimage.id/curug-lawe-wisata-andalan-ungaran-2/

Kalau kamu sudah puas menikmati setiap senti Curug Benowo dan ingin mencari suasana baru, kamu bisa coba travelling ke wisata alam selanjutnya, Curug Lawe. Berarti harus kembali melewati jalan setapak yang terjal lagi dong? Tenang. Akses menuju Curug Lawe bisa ditempuh melalui Curug Benowo.

Pengembang pariwisata Curug Benowo sudah membuat jalan pintas di antara dua curug supaya wisatawan tidak perlu berjalan dua kali untuk menikmati curug-curug tersebut. Perjalanan menuju Curug Lawe dari Curug Benowo tidak sesulit perjalanan pertama.

Trek cenderung lebih landai dan menuruni bukit. Setelah tiba di Curug Lawe, kamu akan merasakan perbedaan antara kedua curug tersebut. Curug Lawe memiliki tinggi yang lebih rendah dari Curug Benowo namun pesonanya tidak kalah dari Benowo. Untuk kamu yang ingin travellingnya lebih seru, boleh coba mengunjungi dua curug ini dalam satu hari.

Saat kembali pulang melalui trek yang baru dari Curug Lawe, matamu akan dimanjakan dengan jalan setapak yang lurus dengan sungai kecil yang jernih mengalir disampingnya. Mantap banget deh pokoknya, dijamin travelling ke wisata alam ini akan puas banget.

Napak Tilas Seorang Pangeran

Supaya travelling lebih berkesan, di review ini, Bob punya saran yang bisa dicoba. Setiap travelling ke tempat baru, kamu bisa membuka obrolan dengan masyarakat lokal dan mendengar cerita tentang destinasi travellingmu. Di wisata alam Curug Benowo banyak masyarakat lokal yang bisa diajak berbagi cerita tentang sejarah wisata alam tersebut.

Mereka turut bercerita mengenai asal muasal nama tempat wisata alam ini yang merupakan nama seorang pangeran dari Kerajaan Pajang. Konon katanya, Pangeran Benowo pernah menjadikan curug ini sebagai tempatnya bersemedi hingga Curug Benowo diabadikan dengan namanya.

Tips Travelling ke Curug Benowo

Bagi kamu yang belum pernah travelling ke Curug Benowo dan berencana untuk mengunjungi wisata alam ini dalam waktu dekat, Bob punya beberapa saran yang mungkin akan berguna sebelum kamu travelling kesini.

  • Bawa kendaraan sendiri. Karena transportasi umum untuk menuju Curug Benowo belum banyak tersedia.
  • Datang sebelum jam tiga sore. Meskipun tempat wisata alam Curug Benowo tutup jam lima sore, kamu sebaiknya datang paling lambat jam tiga sore mempertimbangkan waktu perjalanan menuju curug dan minimnya penerangan di saat gelap.
  • Gunakan alas kaki yang kuat dan nyaman. Ini penting sekali mengingat jalan yang cukup terjal yang menantang menuju wisata alam Curug Benowo, kamu harus memastikan alas kakimu kuat dan nyaman untuk dipakai trekking, Diperjalananmu nanti, kamu akan disuguhkan pemandangan unik, dimana alas kaki yang hanyut, rusak dan lepas sepanjang perjalanan banyak diikat di sebatang pohon. sebagai pengingat untuk menggunakan alas kaki yang kuat.
  • Bawa air minum sendiri. Terutama bagi kamu yang merencanakan travelling pada weekday karena penjual makanan dan minuman di tempat wisata alam ini jarang berjualan saat waktu-waktu tersebut.
  • Pilih jalur Curug Benowo terlebih dahulu sebelum Curug Lawe. Bagi kamu yang tidak mau rugi travelling ke satu curug saja, Bob sarankan untuk memilih jalur Curug Benowo sebelum Curug Lawe karena rute menuju Curug Benowo lebih sulit daripada Curug Lawe. Selama tenagamu masih kuat untuk mendaki, silahkan coba tips ini.

Untuk fasilitas di tempat wisata alam ini, kamu tidak perlu khawatir. Tempat wisata alam Curug Benowo sudah menyediakan fasilitas yang cukup lengkap seperti mushola, kamar mandi, warung makan, serta tempat parkir yang cukup luas.

Tips Staycation di Bobobox

wisata alam

Nah, kalau yang ini khusus buat kamu-kamu yang ingin mencoba sensasi menginap baru di penginapan unik dengan fasilitas super lengkap. Hanya di Bobobox, kamu bisa melakukan smart check-in melalui smartphonemu dan menikmati pods yang cukup luas untuk bersantai berdua.

Keamanan dan kenyamanan sudah pasti dalam genggaman. Jadi, setelah lelah travelling, boleh dong rehat sejenak di Bobobox. Jangan lupa cek promonya disini.

 

 

 

 

Bobobox

Bobobox

Sejak tahun 2018, Bobobox hadir menawarkan pengalaman yang berbeda bagi para traveler untuk menikmati perjalanan yang sempurna. Bobobox menghubungkan traveler, dari pod ke kota.

All Posts

Bobobox

Rasakan sensasi menginap di hotel kapsul Bobobox! Selain nyaman, hotel kapsul ini mengedepankan teknologi dan keamanan. Bobobox bisa menjadi salah satu cara terbaik untuk menikmati perjalanan dan beristirahat, dan cocok untuk perjalanan liburan atau bisnis.

Top Articles

Categories

Follow Us

Latest Articles