Bobobox Indonesia
Experience More For Less sleep better and be inspired

Review Orchid Forest Cikole

Sebagai taman anggrek terbesar di Indonesia, Orchid Forest memiliki keunikannya tersendiri.

Komitmen Bandung untuk terus menambah destinasi wisata nya memang tidak setengah-setengah. Berbagai tempat wisata baru seakan terus bertumbuh di Kota Bandung dan sekitarnya. Salah satu destinasi baru andalan Bandung yang lagi hits banget adalah Orchid Forest di Cikole Lembang.

Nah, kali ini, Bob akan mereview lokasi hutan pinus yang dijadikan objek wisata Orchid Forest. Seseru apa sih menghabiskan waktu di Orchid Forest Lembang dan apa saja yang bisa dilakukan di taman anggrek terbesar di Indonesia ini?

Destinasi Orchid Forest Cikole

Orchid forest
https://www.trivindo.com/tempat-wisata/orchid-forest-cikole-lembang-bandung.html

Seperti yang sudah Bob bilang sebelumnya, Orchid Forest Lembang ini digadang-gadang menjadi taman anggrek terluas di Indonesia. Bahkan taman anggrek ini rencananya akan menjadi taman anggrek terluas di Asia bahkan dunia.

Bagaimana tidak, taman anggrek ini berada di atas lahan seluas 12 hektar! Kamu akan sangat puas untuk menelusuri setiap spot yang ada di Orchid Forest ini. atau jika terlalu luas, kamu bisa menumpang mobil golf yang akan berkeliling taman anggrek ini dengan gratis.

Pilihan yang bisa kamu ambil selanjutnya di taman anggrek ini adalah bersantai di berbagai spot nongkrong yang tersedia sambil menikmati lanskap hutan pinus yang bak di negeri dongeng.

Wisata di Ketinggian Bandung

Orchid Forest sendiri letaknya cukup jauh dari pusat Kota Bandung. Kamu harus menempuh jarak kurang lebih 20 kilometer dari Stasiun Bandung. Lokasi taman anggrek ini berada di Jalan Tangkuban Perahu KM 8, Kecamatan Lembang, Kabupaten Bandung Barat.

Untuk sampai ke taman anggrek ini, Bob sarankan kamu untuk membawa kendaraan sendiri baik sepeda motor atau mobil karena tidak ada angkutan umum langsung yang menuju lokasi taman anggrek ini.

Pilihan lain yang bisa kamu tempuh adalah menggunakan angkutan kota dari Stasiun Bandung menuju Lembang dan turun di perempatan Lembang Maribaya menuju ke Tangkuban Perahu. Namun kamu harus berjalan agak jauh sekitar tiga kilometer untuk mencapai taman anggrek ini. Lumayan jauh juga ya.

Orchird Forest Cikole memang terletak dekat dengan objek wisata Gunung Tangkuban Perahu. Sepanjang jalan menuju lokasi ini, kamu akan menikmati pemandangan hutan pinus disertai kabut-kabut tipis di sepanjang jalan. Rasanya seperti di dunia lain.

Bagi yang membawa kendaraan pribadi, kamu tidak perlu khawatir dengan fasilitas parkir karena taman anggrek ini telah menyediakan lahan parkir yang cukup luas untuk kendaraan-kendaraan besar seperti bus pariwisata.

Spot Foto Cantik yang Siap Menunggu

Orchid forest
http://www.irhamfaridh.com/2018/08/orchid-forest-cikole-wisata-alam-kekinian-bandung.html

Sesaat setelah membayar tiket sebesar Rp35.000 kamu akan dibuat kagum oleh pemandangan hutan pinus yang sangat megah. Untuk menikmati anggrek-anggrek di Orchid Forest, kamu hanya perlu untuk berkeliling taman anggrek ini baik dengan berjalan kaki atau dengan menumpang mobil golf.

Orchid Forest Cikole memang menjadi pusat tanaman anggrek terlengkap. Disini kamu akan menemukan lebih dari 150 spesies anggrek. Indonesia sendiri memang terkenal kaya akan koleksi-koleksi anggreknya.

Selain anggrek-anggrek asli Indonesia, taman anggrek yang satu ini juga mengimpor anggrek-anggrek terbaik yang berasal dari negara-negara di Amerika Selatan loh. Bahkan koleksi anggrek langkanya pun tidak kalah dengan di tempat lain. Anggrek hitam dan anggrek kantung semar yang terbilang cukup langka pun ada disini.

Bagi penggemar tanaman anggrek, mengunjungi Orchid Forest Cikole terasa seperti surga. Karena selain menikmati anggrek-anggrek di taman anggrek ini, kamu pun bisa membeli tanaman anggrek. Para kolektor bunga anggrek pun bisa mengkonsultasikan tanaman favorit mereka di Orchid Clinic, atau klinik anggrek.

Fasilitas Super Lengkap Orchid Forest

Dengan ketinggian 1500 mdpl otomatis suhu udara di taman anggrek ini cukup dingin untuk masyarakat negara tropis seperti di Indonesia. Belum lagi lokasi taman ini yang memang berada di tengah hutan pinus yang akan membuat suasana menjadi jauh lebih sejuk.

Pengelola Orchid Forest sendiri sudah melengkapi taman anggrek yang dibuka sejak tahun 2017 ini dengan berbagai fasilitas ciamik yang akan membuatmu lupa dengan dinginnya hutan pinus Orchid Forest.

Taman anggrek yang berkonsep ekowisata ini juga sudah dilengkapi berbagai fasilitas untuk memanjakan pengunjung, Salah satunya adalah spot-spot foto yang spektakuler. Di taman anggrek yang seluas 12 hektar ini, Bob jamin kamu tidak akan kehabisan tempat untuk foto karena spot foto disini banyak sekali.

Salah satu spot foto yang paling digandrungi adalah sky bridge atau jembatan gantung sepanjang 50 meter. Jembatan gantung ini dipersiapkan untuk wisatawan yang ingin menikmati taman anggrek ini dari ketinggian.

Untuk berjalan di atas jembatan gantung ini, kamu memang harus mengeluarkan biaya tambahan sekitar Rp15.000. harga tersebut sangat pas dengan pesona taman anggrek yang akan kamu nikmati dari atas jembatan gantung ini.

Café dan Tempat Camping

orchid forest
https://www.kompasiana.com/meilianaaa/5cdcf25e3ba7f73738303333/kekayaan-alam-di-orchid-forest-cikole

Berjalan mengelilingi Orchid Forest apakah tidak capek? Tenang saja, kalau kamu merasa lelah setelah berkeliling taman anggrek ini, kamu bisa menikmati pojok-pojok kuliner yang tersedia di Orchid Forest. Kamu juga bisa ngopi-ngopi cantik di coffee shop sambil menikmati sejuknya hutan pinus.

Disekitar taman anggrek ini pun tersedia tempat untukmu duduk-duduk sambil bercengkerama dengan teman dan keluarga maupun sambil menikmati waktu sendiri. Sudah ada tenda-tenda khusus yang dilengkapi bean bag warna-warni untukmu beristirahat sejenak.

Di Orchid Forest pun, kamu bisa menginap loh. Fasilitas di taman anggrek ini menyediakan tempat berkemah yang oke. Cukup membayar Rp450.000 untuk empat orang, kamu sudah bisa mendapatkan fasilitas kemping yang cukup lengkap.

Kalau tidak punya tenda, tidak usah khawatir. Camping ground di taman anggrek ini sudah menyediakan tenda, lengkap dengan kayu bakar untuk api unggun, jagung, serta paket sarapan pagi. Komplit kan?

Tips Berwisata ke Orchid Forest Cikole

Sebelum menjelajah taman anggrek terluas di Indonesia ini, ada beberapa hal yang harus kamu perhatikan. Pertama, berhubung sulitnya untuk menuju tempat ini dengan menggunakan kendaraan umum, Bob sarankan untuk menggunakan kendaraan pribadi atau menyewa kendaraan.

Kedua, karena letak taman anggrek berada di ketinggian 1500 mdpl, membawa jaket adalah wajib hukumnya supaya kamu bisa menikmati taman ini dengan maksimal tanpa terdistraksi oleh rasa dingin yang menusuk kulit. Jangan lupa bawa obat nyamuk juga ya.

Waktu terbaik untuk mengunjungi taman ini adalah saat sore menjelang malam. Orchid Forest memang sudah buka sejak pukul 9 pagi dan akan tutup pada saat jam 7 malam. Nah, Bob sarankan kamu untuk mengunjungi taman ini sesaat sebelum jam tutup karena suasana sore dan malam hari di taman anggrek ini sangat cantik.

Di setiap sudut taman anggrek ini akan dihiasi lampu-lampu yang akan menambah kecantikan Orchid Forest. Sayang banget kalau kamu melewatkan pemandangan malam hari di hutan pinus Orchid Forest Cikole.

Berlibur ke Bandung? Menginap di Bobobox Saja

orchid forest

Bagi para traveller sejati yng penasaran untuk mengunjungi Orchid Forest Cikole dan bingung menginap dimana, kamu bisa menjadikan Bobobox sebagai pilihan tempatmu menginap. Kenapa sih harus menginap di Bobobox?

Bobobox adalah hotel kapsul pertama di Indonesia yang sudah terintegrasi IoT. Meskipun berkonsep hotel kapsul, pods Bobobox cukup untuk berdua loh. Keamanan Bobobox pun sudah tidak diragukan lagi dimana kamu bisa mengakses podsmu hanya melalui aplikasi di telepon pintarmu.

Kini, Bobobox sudah memiliki empat lokasi di Bandung. Kamu tinggal memilih lokasi mana yang paling cocok untukmu yang berdekatan dengan destinasi wisatamu di kota ini. Selamat berlibur di Bandung dan jangan lupa terus cek promo Bobobox disini.

 

You might also like