Bobobox Indonesia
Experience More For Less sleep better and be inspired

Review Jakarta Creative Hub

Cari inspirasi dengan mengunjungi Jakarta Creative Hub.

Hidup di zaman dimana setiap orang dituntut untuk menjadi kreatif dan autentik memang tidak mudah. Ide menjadi barang yang mahal dan tidak setiap orang memiliki kapasitas untuk mengembangkan idenya karena berbagai keterbatasan. Namun, hadirnya Jakarta Creative Hub (JCH) cukup memfasilitasi warga Jakarta untuk mengembangkan kreatifitas-nya.

Kembangkan Kreatifitasmu di Jakarta Creative Hub

Jakarta Creative Hub
https://www.len-diary.com/jakarta-creative-hub/

Jakarta Creative Hub (JCH) memang dibangun untuk mewadahi dan mendorong produktifitas warga Jakarta. Berlokasi di Graha Niaga, Thamrin, Tanah abang, Jakarta, JCH sudah diresmikan cukup lama, yakni tiga tahun lalu tepatnya pada bulan Maret 2017 oleh Gubernur DKI Jakarta saat itu, Basuki Tjahaja Purnama.

Sejak diresmikan hingga kini, Jakarta Creative Hub sudah memiliki ratusan rekan kerja serta ribuan anggota yang merupakan warga Jakarta. Sebenarnya apa sih Jakarta Creative Hub dan ada apa saja di JCH ini?

Lebih Dari Sekadar Coworking Space

Siapapun yang beranggapan kalau Jakarta Creative Hub ini hanyalah sebuah coworking space, itu berarti mereka kurang main. JCH lebih dari sekadar coworking space. Jakarta Creative Hub memiliki beberapa fasilitas unggulan seperti ruang kelas, ruang meeting, makerspace, dan masih banyak lagi.

Intinya, selain tempat untuk bekerja, JCH akan memfasilitasi kreatifitasmu baik dengan berbagai acara seminar dan pelatihan, menyewakan tempat untuk usaha start-upmu, atau menginspirasimu dengan ide-ide baru.

Dari Bengkel Hingga Teater

Jakarta Creative Hub
https://ultimagz.com/lifestyle/jakarta-creative-hub-wadah-pengembangan-bisnis-kreatif-di-jakarta/

Jakarta Creative Hub memiliki beberapa fasilitas unggulan. Salah satu dari fasilitas-fasilitas tersebut adalah tiga ruang kelas yang dinamakan ruang kelas A, B, dan C. Ruang-ruang kelas ini biasanya digunakan untuk acara seminar, workshop, pelatihan, maupun pameran.

Selain ruang kelas, ada juga area makerplace atau bengkelnya JCH. Makerplace JCH dibagi menjadi tiga area yaitu area fashion, area lab digital, dan area perkayuan. Area-area di makerplace JCH ini memang sengaja disediakan untuk mengembangkan industri kreatif warga Jakarta.

Bagi kamu yang ber KTP Jakarta, kamu boleh loh mengunjungi makerplace ini dan melihat-lihat produk-produk prototype kreatif karya anak Jakarta. Beberapa dari produk tersebut juga bisa dibeli loh. Di area makerplace juga, kamu bisa melihat kesungguhan Pemprov Jakarta dalam memfasilitasi bengkel JCH ini dengan mesin-mesin canggih dan terbaru.

Nah, satu lagi yang keren banget dari Jakarta Creative Hub adalah co-office. Co-office JCH adalah tempatnya start-up baru untuk bekerja. Ada 12 “inkubator” atau kantor di dalam co-office JCH untuk para start-up baru ini bekerja.

Bagi kamu yang baru punya start-up­ dan ingin mencoba berkantor di Jakarta Creative Hub, ada syaratnya loh. Pertama, kamu haruslah warga DKI Jakarta. Kedua, start-upmu berumur minimal 6 bulan dan maksimal 3 tahun. Lalu, ketiga, kamu harus menyiapkan proposal yang berisi rencana kerja atau business plan.

Setelah seleksi yang cukup ketat oleh tim dari Jakarta Creative Hub, kamu akan dihubungi jika lolos dan bisa mulai berkantor di JCH selama satu tahun. Wih, seru ya. Fasilitas lain yang tidak kalah keren adalah teater, perpustakaan, juga cafenya dan karena JCH ini bertema kreatif maka sudah pasti lingkungan disini artsy banget dan instagrammable.

Fasilitas Super Lengkap Untuk Menunjang Kreativitasmu

Semua fasilitas yang terdapat di Jakarta Creative Hub mencakup lima jenis bidang usaha yaitu kriya, arsitektur, fashion, desain produk, dan desain komunikasi visual. Untuk kamu yang memiliki usaha start-up di bidang-bidang usaha tersebut, kamu bisa saja menyewa salah satu makerplace di JCH.

Namun, mesin-mesin yang ada di makerplace ini tidak untuk produksi masal ya. Fasilitas seperti 3D printing, laser cutting, woodworking, dan mesin-mesin lainnya hanya untuk produk contoh atau prototype saja. Hal ini bertujuan supaya tidak ada monopoli atas makerplace di JCH.

Siapa saja sih yang bisa menyewa makerplace di Jakarta Creative Hub ini? Tentu saja kamu yang merupakan warga DKI Jakarta dan dan sudah mengikuti workshop sebelumnya.

Yuk, Gabung ke Jakarta Creative Hub

Jakarta Creative Hub
https://www.whiteboardjournal.com/focus/ideas/jakartas-newest-hub-for-creativity/

Untuk kamu warga Jakarta yang masih bingung bagaimana sih caranya untuk bisa bergabung dengan Jakarta Creative Hub ini, Bob akan memberikan tipsnya nih. Kalau kamu mau beraktivitas di JCH, baik itu secara kelompok (komunitas) atau individu, kamu harus menjadi rekan kerja dari JCH terlebih dahulu.

Apa sih rekan kerja itu? Jakarta Creative Hub sendiri membagi definisi rekan kerja, yaitu rekan kerja institusi atau komunitas dan rekan kerja perorangan. Untuk menjadi rekan kerja, kamu harus mempunyai KTP Jakarta dulu ya.

Selain itu, untuk menjadi rekan kerja Jakarta Creative Hub, kamu harus menyerahkan proposal seperti yang sudah Bob jelaskan sebelumnya, nah setelah lolos, kamu akan menjadi rekan kerja JCH selama satu tahun.

Kalau kamu atau komunitasmu berhasil menjadi rekan kerja Jakarta Creative Hub, kamu diharapkan bisa berkontribusi kembali untuk JCH, Pemda DKI Jakarta dan masyarakat pada umumnya. Kontribusi ini tidak hanya dalam bentuk uang loh. Kamu bisa membuka workshop atau pelatihan secara gratis untuk umum.

Karena merupakan salah satu program milik Pemerintah Provinsi DKI Jakarta, Jakarta Creative Hub mendapatkan subsidi langsung dari pemprov DKI Jakarta. Meskipun bersubsidi, rekan kerja yang akan menggunakan co-office tetap membayar sewa dengan harga yang cukup murah.

Jakarta Creative Hub Untuk Semua

Apakah Jakarta Creative Hub hanya diperuntukkan bagi warga DKI Jakarta saja? Eits, jangan salah. Siapapun bisa menikmati JCH loh meskipun kamu tidak memiliki KTP Jakarta. Untuk warga luar Jakarta, kamu bisa menikmati pameran karya, perpustakaan, café, bekerja, atau meeting dengan pelaku industri kreatif lainnya.

Selain itu, berbagai macam pelatihan juga kerap kali diselenggarakan teman-teman dari industri kreatif di Jakarta Creative Hub, baik pelatihan hard skill seperti menjahit, seni kriya, membuat desain dari kayu, dan sebagainya hingga pelatihan softskill seperti pelatihan public speaking dan marketing.

Pokoknya JCH merupakan paket lengkap fasilitas yang akan mendukung kreatifitas dan produktifitasmu, terutama bagi warga Jakarta tentunya. Bagaimana, sudah mulai tertarik mengunjungi Jakarta Creative Hub?

Cari Penginapan Unik dan Kreatif? Cuma di Bobobox

Jakarta Creative Hub

Untuk kamu pencari inspirasi dari hal-hal kreatif, selain Jakarta Creative Hub, ada juga penginapan di Jakarta yang berkonsep unik dan kreatif, Bobobox. Bobobox merupakan hotel kapsul yang berkonsep futuristik yang akan membuatmu betah untuk stay selama mungkin.

Bobobox juga adalah hotel kapsul yang pertama dimana untuk mengakses podsnya hanya dibutuhkan sentuhan ringan pada layar ponselmu. Dengan demikian, keamanan Bobobox dijamin nomor satu karena kunci pods hanya bisa diakses melalui handphonemu.

Selain itu, di dalam pods Bobobox pun terdapat fitur untuk mengganti warna lampu yang kamu suka. Unik kan? Di Bobobox juga terdapat ruang bersama yang bisa kamu gunakan untuk bekerja atau hanya sekadar mengobrol dengan teman atau pasangan.

Seperti halnya Jakarta Creative Hub yang merupakan paket lengkap bagi industri kreatif, Bobobox juga adalah paket lengkap untuk kenyamanan dan keamanan maksimal saat menginap. Jangan lupa selalu cek info Bobobox disini ya.

 

 

You might also like