Bobobox Indonesia
Experience More For Less sleep better and be inspired

Review Indahnya Liburan Ke Pantai Baron Yang Seru

Yogyakarta ialah salah satu diantara banyak daerah negara Indonesia yang menjadi sebagai destinasi wisata populer dan paling diminati. Bukan hanya menawarkan pesona yang khas tradisional Jogja juga menawarkan kecantikan alami yang tidak boleh untuk dilewatkan ketika berkunjung ke sana. Dan salah satu kawasan yang cukup populer ialah gunung kidul dimana Anda dapat menemukan berbagai macam pantai air terjun gua bahkan sampai tebing sekaligus. Namun diantara banyak pilihan pantai terdapat destinasi wisata pantai Baron yang pada saat ini cukup ramai dikunjungi para wisatawan.

foto pantai baron

Tidak sama seperti pantai selain nama pantai Baron sendiri sama sekali tidak mengandung unsur Jawa, sebab awal mula penemuan dari pantai Baron tersebut ditemukan oleh bangsawan Belanda yang bernama Baron Skeber ketika ia mendaratkan kapalnya di pantai Baron tersebut.

Tak hanya itu saja Baron juga dikenal dengan sebutan “bule sakti” sebab pernah melakukan pertempuran dengan penembahan Senopati yang merupakan pendiri dari kerajaan Mataram. Sejak tahun 1930 pantai Baron ini menjadi salah satu markas Belanda dan itulah yang menjadi awal mula dari penamaan Baron bagi pantai tersebut.

Dengan adanya sejarah yang unik serta keindahan alam yang sangat eksotis pendidikan pantai Baron menjadi destinasi wisata yang patut untuk dicoba. Berikut ini adalah review indahnya liburan ke pantai Baron yang perlu diketahui.

Keindahan Alam Yang Tiada Duanya

Pantai Baron adalah teluk yang memiliki bentuk huruf “U”, yang mana pantai tersebut diapit dengan adanya perbukitan karang yang berwarna hijau. Walaupun pasir yang berada di pantai tidak putih bahkan cenderung cokelat, namun warna air laut sangat indah yakni biru kehijauan. Jika dilihat dari keseluruhannya pantai tersebut telah menawarkan pesona yang sangat asri yang dapat dinikmati keindahannya.

Bukan hanya itu, karakter ombaknya pun berbeda karena terdapat gugusan dari pantai lainnya. Di pantai Baron tersebut Anda pun juga dipergunakan untuk bermain air dan juga berenang sebab mbak nya pun cukup bersahabat, akan tetapi Anda pun sangat disarankan untuk berhati-hati serta tidak melampaui dari batas garis aman.

foto pantai baron

Terdapat Sungai Bawah Tanah

Terdapat satu fenomena alam yang cukup unik di kawasan pantai Baron yakni sungai bawah tanah. Dan ini, hal yang wajib di review indahnya liburan ke pantai Baron. Air yang ada di sungai rupanya bersatu dengan air laut pantai Baron. Walaupun bercampur rupanya air sungai pun tetap mempunyai rasa yang tawar. Dengan keunikan dari sungai bawah tanah tersebut Anda pun dapat berenang di sungai yang berada di bagian sisi barat pantai.

Selain itu sungai bawah tanah ini pun juga mempunyai mitos. Konon katanya pasangan yang berkunjung ke area sungai bawah tanah tersebut akan dipersatukan walaupun berasal dari golongan ataupun status yang berbeda. Tentunya Anda pun sangat tertarik untuk berkunjung ke pantai Baron bukan?

Goa Jomblang Yang Sangat Instagramable

Apabila Anda memiliki waktu yang lebih maka dapat mencoba berkunjung ke goa Jomblang yang jaraknya berkisar 1 jam dari pantai Baron. Biasanya para wisatawan akan berkunjung ke goa Jomblang tersebut ketika sudah puas di pantai Baron. Cuaca malam ini adalah salah satu tempat dengan spot foto dari cahaya matahari yang masuk ke gua, kebab cahaya yang masuk memantul ke seluruh sudut gua sehingga menghasilkan pemandangan yang sangat indah.

Para wisatawan yang ingin menuju ke gua Jomblang harus melewati jalur yang cukup ekstrim, di mana Anda pun akan ditarik ke bawah dengan memakai tali. Namun Anda tidak perlu cemas dikarenakan peralatan yang digunakan telah teruji keamanannya.

Untk  bisa melihat keindahan dari goa Jomblang maka para pengunjung pun akan dikenai biaya yang cukup tinggi yakni sekitar rp450.000 per orang. Lokasi dari goa Jomblang sendiri memang cukup terpencil sehingga sangat diperlukan adanya peta untuk memudahkan perjalanan Anda.

Bukit Karang Nyaman Untuk Berkemah

foto pantai baron

Review indahnya liburan ke pantai Baron selanjutnya ialah bukit karang. Adanya Bukit karang yang mengapit pantai tersebut nyatanya bukan hanya sebagai pemanis mata saja. Sebab Bukit karang tersebut bisa digunakan untuk mendirikan kemah serta bermalam bersama dengan rombongan. Terlebih lagi dengan suasana malam yang sangat menakjubkan terlebih lagi dengan pemandangan langit yang berbintang pastinya akan membuat pikiran Anda lebih segar. Namun sangat disarankan untuk lebih berhati-hati dengan adanya karang yang ada di sana sehingga tidak terluka.

Berkunjung Ke Baron Techno Park

Bukan hanya wisata alamnya saja rupanya pantai Baron pun memiliki lokasi teknologi yang canggih yakni Baron techno park. Lokasi tersebut merupakan pembangkit listrik dan juga tenaga alam yang berada di tebing sisi bagian barat. Di dalam mercusuar pun ada aneka macam peralatan seperti panel surya dan juga jam matahari.

Untuk dapat mencapai Baron technopark maka Anda dapat menggunakan jalur pertigaan yang menanjak di dekat pos retribusi pantai dan Anda pun hanya cukup mengikuti jalur tersebut sehingga sampai ke lokasi tersebut.

Mercusuar Tanjung Baron Yang Menakjubkan

Bukit karang yang berada di sebelah timur pantai Anda pun dapat melihat menara putih dengan tinggi 40 meter yang merupakan mercusuar Tanjung Baron. Mercusuar tersebut telah dibangun sejak tahun 2014 yang juga memiliki fungsi menjadi pemandu kapal serta dioperasikan oleh dirjen perhubungan laut. W laupun mercusuar tersebut masih aktif digunakan dalam dunia pelayaran namun kenyataannya mercusuar tersebut tetap dibuka bagi umum.

Hanya dengan membayar tiket yang sangat murah Anda pun dapat menaiki mercusuar tersebut. Mercusuar Tanjung Baron memiliki 9 ruangan yang saling terhubung dengan tangga spiral yang sangat sempit dan juga curam. Agar dapat menghindari bahaya maka Anda pun sangat disarankan untuk melepas alas kaki dikarenakan tangga yang sangat licin. Ketika Anda sudah mencapai ke puncak mercusuar maka Anda akan disuguhi dengan panorama senja yang sangat indah.

Hidangan Kuliner Laut Yang Lezat

Terdapat destinasi yang tidak dapat dilewatkan ketika berkunjung ke pantai yaitu berkunjung ke beberapa tempat makan yang ada di pesisir pantai yang menawarkan kuliner seafood dimulai dari kepiting, ikan, bahkan sampai udang. Anda bisa menyesuaikan menu yang Anda inginkan sebab terdapat menu lain seperti ikan tongkol, kemudian ikan bawal putih dan lain sebagainya.

Itulah beberapa hal menarik mengenai review indahnya liburan ke pantai Baron. Anda pun dapat menyaksikan aliran sungai yang berupa arah serta membelah pasir pantai secara horizontal, dimana peristiwa ini hanya akan terjadi selama lima tahun sekali saja yang tepatnya setiap tanggal 1 Syura.

Nah, itulah sekilas info yang banyak diberikan kepada Anda mengenai penjelasan tentang keindahan dari pantai Baron serta kegiatan yang bisa Anda lakukan. Dengan adanya urusan di atas sangat diharapkan mampu berguna dan membantu Anda semua.

You might also like
Comments
Loading...