Bobobox Indonesia
Experience More For Less sleep better and be inspired

Keindahan yang Tersembunyi di Hutan Jogja: Review Cantiknya Kafe Jiwajawi yang Cocok untuk Piknik!

Piknik hingga menikmati seni di tempat tersembunyi

Mau nongkrong, ngopi atau bahkan piknik di tempat yang tersembunyi dan menyejukkan layaknya di tengah hutan? Yuk cobain ke Kafe JiwaJawi Jogja.

Sesekali kamu memang perlu menjauh dari kebisingan dan mengasingkan diri untuk menghilangkan kepeatan kamu. Jogja, sebagai salah satu surga wisata di Indonesia, memang menawarkan berbagai macam tempat menarik untuk dikunjungi. Sebagian sudah berdiri cukup lama dan dianggap legendaris, sebagian masih seumur jagung namun layak diperhitungkan.

Jenisnya pun beragam, mulai dari wisata pantai, hutan, kafe dan resto, kuliner legendaris, tradisonal, kekinian hingga campuran dari hal-hal tersebut. Nah, Kafe JiwaJawi Jogja ini termasuk ke dalam kategori baru karena mulai beroperasi sejak Februari 2019 lalu. JiwaJawi sendiri merupakan sebuah tempat makan dan ngopi dengan nuansa alam dan tradisional Jawa yang cukup kental.

Lalu, apa saja yang ditawarkan di Kafe JiwaJawi Jogja ini? Yuk simak informasniya berikut!

Keunikan Kafe JiwaJawi Jogja

@jiwajawijogja via Instagram

Kafe JiwaJawi Jogja berlokasi di Banyutemumpang, RT. 01, Desa Bangunjiwo, Kecamatan Kasihan, Kabupaten Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta. Tempatnya agak jauh dari keramaian namun mudah diakses. Cukup gunakan aplikasi Google Maps untuk sampai ke tempat ini. Tidak akan nyasar ko!

Hanya sekitar 45-60 menit perjalanan dari pusat kota, kamu akan disambut dengan gerbang unik dari Kafe JiwaJawi Jogja. Gerbang yang didominasi warna putih itu dihiasi dengan gambar tiga lingkaran spiral. Karena keunikannya tersebut, gerbang itu pun kerap kali dijadikan latar untuk berfoto oleh para pengunjung yang datang ke sana.

Karena terlihat ikonis, banyak pengunjung yang penasaran dengan simbol tersebut beserta maknanya. Dilansir dari akun Instagram JiwaJawi, simbol lingkaran spiral itu bernama “Lung” yang dalam falsafah Jawa berarti sulur atau pucuk tumbuhan.

Simbol tersebut memiliki makna “mulur-mungkret” atau perlambang pertumbuhan, kebaruan, kelembutan, keluwesan beradaptasi, dan gerak menggapai cahaya. Simbol terebut menjadi harapan bagi pemilik Kafe JiwaJawi agar tempat tersebut terus berkembang ke depannya.

Keunikan tersebut dibuat lebih indah dengan adanya jembatan kecil yang melintas di atas sebuah kolam. Jembatan tersebut akan kamu lewati sebelum melewati gerbang. Setelahnya, kamu akan dihadapkan dengan pemandangan taman, joglo kecil yang diperuntukkan untuk musala, dan bangunan joglo utama yang menjadi daya tarik lainnya Kafe JiwaJawi ini.

Keberadaan joglo tersebut membuat kamu merasa berada di pedesaan asri yang kental dengan nuansa Jawanya. Di dalam joglo tersebut, kamu akan menjumpai deretan meja dan kursi kayu yang disusun dengan rapi serta dekorasi khas Jawa. Bangunan yang didominasi kayu dengan motif ukiran khas Jawa tersebut bisa menjadi pilihan untuk acara santap makanan kamu.

Namun jangan khawatir, masih ada pilihan-pilihan lain yang bisa kamu coba. Ada area balkon, rumah kopi, gazebo, lesehan dan taman belakang. Untuk fasilitas lainnya, Kafe Jiwajawi Jogja memiliki musala, dua toilet, area parkir yang luas, dan kursi bayi.

Piknik Hingga Menikmati Seni

@jiwajawijogja via Instagram

Jika ingin merasakan piknik di tengah hutan, Kafe JiwaJawi Joga adalah pilihan yang tepat. Tempat yang satu ini memiliki area taman yang dikelilingi oleh pepohonan hijau. Nah, area taman tersebut bisa menjadi pilihan tempat untuk bersantap saat kamu berada di Kafe Jiwajawi Jogja.

Kamu bisa meminta karpet sebagai alas lesehan kepada pihak JiwaJawi. Piknik pun  sudah bisa dimulai apalagi jika kamu datang bersama keluarga, teman, atau rekan komunitas. Dengan dikelilingi pepohonan hijau yang teduh dan menyejukkan, kamu benar-benar seperti piknik di tengah hutan!

Jika cuaca tidak terlalu terik, kamu juga bisa makan di area balkon yang diisi dengan beberapa meja dan kursi kayu besar. Sensainya tentu berbeda apalagi kamu bisa melihat keindahan Kafe JiwaJawi dari atas. Makin seger!

Tak jauh dari sana, kamu akan mendapati area makan terbuka dengan beberapa meja dan kursi dari batu. Di tempat ini, kamu juga bisa merasakan sensasi bersantap di tengah rindangnya hutan.

@jiwajawijogja via Instagram

Jika ingin sentuhan yang lebih modern, kamu bisa mampir ke rumah kopi. Bangunan dengan arsitektur ala Eropa ini memiliki dapur, pantry, dan tempat makan indoor.

Selain menikmati makanan pesanan kamu, di dalamnya kamu juga bisa mengagumi sejumlah lukisan berbagai ukuran hasil karya anggota keluarga pemilik JiwaJawi yang dipajang di sana. Lukisan-lukisan tersebut bukanlah hiasan belaka melainkan menjadi sarana untuk menikmati dan mengapresiasi karya seni.

Selain menikmati santapan serta keindahan alam dan lukisan, kamu juga bisa mengabadikan momen kamu selama berada di Kafe JiwaJawi Jogja. Manfaatkan luasnya tempat serta setting-setting di sana untuk mengisi feed Instagram kamu.

Karena konsepnya yang unik serta tempatnya cukup luas (sekitar 1.000 meter persegi), kamu juga bisa menyewa sebagian atau seluruh lokasi untuk kepentingan acara-acara tertentu. Sebut saja sesi pemotretan foto pre-wedding, acara pernikahan, gathering, pengambilan video clip, dan lain-lain.

Menu Makanan dan Minuman

@jiwajawijogja via Instagram

Menu makanan yang disajikan di Kafe JiwaJawi Joga adalah menu-menu makanan Nusantara dengan bahan daging ayam, sapi, dan ikan serta menu vegetarian. Menu-menunya cukup beragam, mulai dari makanan ringan, berat, hingga penutup. Siap-siap lidah kamu bergoyang.

Untuk menu makanan ringan, ada pilihan bakwan jagung, pempek, tahu gejrot, tahu walik, kentang goreng, tempe mendoan, salad ulam raja, dan siomay. Sementara itu, untuk makanan berat kamu bisa memesan menu iga, satai ayam, satai jamur, sup tahu, ayam goreng, pecak ikan asap, sup tuna, nasi campur vegan, ayam suwir, tuna woku, asem-asem iga, soto betawi, dan nasi berkat.

Selain itu, ada juga menu tambahan seperti nasi putih, nasi merah, megono, sambal (matah, bawang, dan kecap), acar kuning, kerupuk udang, tumis bunga papaya, sayur asem, emping, dan sayur sepsial. Lalu untuk menu penutup, ada pilihan ongol-ongol ubi, bongko roti, rondo royal, kue labu, rujak serut, es cincau, pisang goreng, dan colenak. Harganya dimulai dari Rp 5.000,00 hingga Rp 75.000,00.

Menu minumannya tak kalah banyak dan menarik untuk dicoba. Untuk pecinta kopi, ada berbagai menu yang bisa kamu pilih mulai dari kopi hitam hingga kopi Vietnam. Selain itu, Kafe JiwaJawi juga menyediakan teh, coklat, jamu, wedang, jus, kelapa muda dan masih banyak lagi. Harganya mulai dari Rp 10.000,00 hingga 40.000.00.

Salah satu yang menjadi favorit di sana adalah Kelambir Latte yang merupakan perpaduan antara espresso, santan kelapa, dan gula aren. Patut kamu coba nih. Selain itu ada juga menu minuman yang cukup recommended yaitu Kawista. Kawista ini merupakan campuran dari sirup, soda, jeruk, dan batang serai. Unik dan  dan menyegarkan. Jika tertarik untuk berkunjung, kamu bisa datang mulai pukul 11.00-18.00.

Bobobox Pods Malioboro

Kalau belum puas menikmati tempat-tempat di Jogja, kamu bisa kembali ke wilayah kota dan menjelajahi kawasan Malioboro. Mungkin terkesan membosankan, tapi kurang lengkap rasanya jika kamu ke Jogja tanpa singgah di kawasan tersebut.

Untuk masalah penginapan, kamu ke Bobobox saja! Lokasinya berada di Jalan Malioboro No. 39 Sosromenduran, Gedong Tengen, Kota Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta. Tempat yang mengusung konsep hotel kapsul ini menawarkan akomodasi yang nyaman namun terjangkau.

Selain itu, kamu juga akan ditemani dengan fasilitas-fasilitas berbasis teknologi yang semakin mempermudah kamu selama menginap di sana. Salah satunya adalah fitur QR code yang kamu dapatkan setelah melakukan booking di website resmi atau aplikasi Bobobox.

Dengan kode tersebut, kamu tidak perlu repot meminta kunci ke resepsionis. Kamu juga tidak perlu ribet membawa-bawa kunci kamu. Cukup pindai QR code ponsel kamu dan tinggal masuk saja ke kamar pilihan kamu. Kalau ada yang mudah, buat apa susah-susah!

You might also like