Bobobox Indonesia
Experience More For Less sleep better and be inspired

Review Lengkap Destinasi Wisata Butterfly Park di Bali

Bosen dengan pantai? Di Bali kamu bisa kunjungi taman kupu-kupu yang cantik!

Review mengenai tempat wisata menarik kali ini adalah mengenai taman kupu-kupu yang terkenal di Bali. Butterfly Park ini menjadi salah satu rekomendasi tempat wisata yang bisa kamu kunjungi di Bali disamping pantainya yang indah. Kamu bisa ajak teman dan keluarga kamu berkunjung ke Butterfly Park untuk mengenal lebih dekat tentang kupu-kupu setelah membaca review ini.

Bob akan memberikan review mengenai sejarah di balik Butterfly Park, fasilitas, harga tiket masuk, dan jam operasional tempat wisata ini. Langsung saja Bob jelaskan review lengkap tempat wisata taman kupu-kupu di Bali ini! Semoga review dari Bob berikut ini bisa menjadi referensi pilihan tempat wisata di Bali yang menarik untuk kamu singgahi!

Review Taman Kupu-kupu; Sejarah Butterfly Park di Bali

review kupu-kupu
foto.tempo.co

Bob akan mulai review tempat wisata ini dari sejarah berdirinya taman kupu-kupu di Tabanan, Bali. Taman bunga di taman kupu-kupu Tabanan Bali ini pada awalnya didirikan dengan fungsi sebagai wadah sumber makanan kupu-kupu. Berbagai macam kupu-kupu dirawat di taman ini yang kemudian dikembangkan sebagai tempat budidaya dan tempat wisata yang dapat dikunjungi secara umum.

Saat kamu berkunjung ke sini kamu akan menemukan beberapa tempat penangkaran dan budidaya kupu-kupu. Butterfly Park memiliki lima jenis kandang yang digunakan berdasarkan fungsi selama proses penangkaran. Beberapa diantaranya adalah tempat atau kandang reproduksi kupu-kupu, kandang pemeliharan telur kupu-kupu, tempat pemeliharaan larva, kandang kepompong, dan yang terakhir adalah kandang kupu-kupu.

Peresmian Taman Kupu-kupu Tabanan Bali Butterfly Park

Proses pembangunan taman kupu-kupu di Tabanan, Bali, memakan waktu sekitar 3 tahun lamanya. Pada tanggal 17 Desember 1996, akhirnya Bali Butterfly Park pun diresmikan. Dalam peresmiannya, Butterfly Park ini kemudian dibuka sebagai salah satu objek wisata serta edukasi yang ada di kawasan Tabanan, Bali

Indonesia merupakan negara dengan luas hutan terluas urutan ke-9 di dunia berdasarkan data dari wikipedia pada tahun 2011 lalu. Tidak mengherankan jika Indonesia merupakan negara yang dikarunai sumber daya alam yang kaya. Kekayaan sumber daya alamnya pun disertai dengan keindahan beragam hayati terbesar kedua di dunia!

Beragamnya jenis kupu-kupu merupakan salah satu dari kekayaan hayati yang dimiliki oleh Indonesia. Kawasan hutan di Indonesia menjadi habitat hidup beragam jenis hewan, serangga, juga kupu-kupuyang indah dan berwarna-warni. Melalui tulisan ini Bob akan memberikan review mengenai jenis kupu-kupu apa saja yang bisa kamu temui di Butterfly Park, Bali ini.

Review Tempat Penangkaran Kupu-kupu di Bali Terbesar Se-Asia Tenggara

foto.tempo.co

Selain taman penangkaran dan budidaya kupu-kupu, ternyata Bali memiliki banyak penangkaran satwa langka dan dilindungi, lho! Beberapa tempat penangkaran satwa di Bali yang kerap kali menjadi destinasi wisata favorit dan terkenal adalah  penangkaran penyu di Tanjung Benoa dan penangkaran hiu di lepas Pantai Searangan Denpasar. Taman kupu-kupu yang saat ini sedang Bob review merupakan sebuah tempat wisata di Kabupaten Tabanan, Bali.

Taman yang didirikan dengan tujuan sebagai taman pelestarian dan penangkaran kupu-kupu ini diklaim tidak hanya sebagai taman kupu-kupu terbesar di Bali saja. Bali Butterfly Park juga merupakan taman kupu-kupu terbesar di Indonesia bahkan se-Asia Tenggara! Taman kupu-kupu Tabanan Bali ini tercatat memiliki jumlah koleksi kupu-kupu tidak kurang dari ribuan ekor jenis atau spesies serta ukuran.

Dengan adanya taman kupu-kupu ini, semua spesies atau jenis kupu-kupu kemudian ditangkarkan serta dikembangbiakkan. Tidak hanya kupu-kupu yang biasa kamu temukan sehari-hari di sekitar rumah, kamu juga bisa menyaksikan langsung beberapa jenis spesies kupu-kupu yang dilindungi. Disamping kupu-kupu, Bali Butterfly Park pun menjadi wadah konservasi bagi sejumlah spesies serangga lainnya yang cukup langka.

Review Koleksi Spesies Kupu-kupu di Bali Butterfly Park

Dilansir dari hasil data penelitian yang dilakukan pada tahun 2010, terdapat 15 spesies kupu-kupu di Bali Butterfly Park. Spesies kupu-kupu tersebut secara umum terbagi ke dalam 2 kelompok kategori kupu-kupu yaitu dari family papilionidae dan nymphalidae. Jenis kupu-kupu dari family papilionidae termasuk spesies kupu-kupu yang dilindungi karena nyaris punah dan termasuk langka.

Kupu-kupu yang sulit kamu temukan keberadaannya di alam bebas dari family papilioniade adalah spesies kupu-kupu ornithoptera priamus. Kupu-kupu jenis ornithoptera priamus adalah jenis kupu-kupu yang berasal dari negara Australia. Kupu-kupu ini ditemukan pertama kali oleh Linnaeus pada tahun 1758. Kupu-kupu jenis ornithoptera priamus memliki karakteristik sayapnya yang lebar dan memiliki panjang sekitar 18 hingga 22 cm.

Ciri-ciri umum lainnya dari jenis kupu-kupu ornithoptera priamus adalah sayapnya yang didominasi oleh warna hitam. Kupu-kupu ini pun memiliki beberapa corak berwarna hijau beberapa bagian sayapnya. Kupu-kupu jenis ornithoptera priamus betina memiliki coraknya tersendiri dengan dominasi sayap berwarna coklat. Kupu-kupu betina ini memiliki corak berupa bintik putih dengan ukuran tubuh betina yang biasanya lebih besar daripada kupu-kupu pejantan.

foto.tempo.co

Review Museum Kupu-kupu Bali Butterfly Park

Lalu berdasarkan review Bob, ada apa saja di taman kupu-kupu Bali ini? Selain kamu bisa melihat langsung koleksi kupu-kupu dan serangga lainnya di kandang penangkaran, kamu juga bisa kunjungi museum kupu-kupu. Taman kupu-kupu ini merupakan salah satu destinasi wisata edukasi yang cocok banget untuk kamu kunjungi bersama teman dan keluarga. Kapan lagi bisa liburan sambil  memperluas wawasan kamu!

Berdasarkan review Bob, museum taman kupu-kupu ini memiliki tema yang sangat unik dibandingkan museum pada umumnya. Museum kupu-kupu ini menawarkan konsep dan tema berbagai macam koleksi jenis kupu-kupu yang lengkap dan sangat cantik! Kamu bisa menemukan beragam jenis serta ukuran kupu-kupu. Salah satu kupu – kupu yang menjadi daya tarik museum ini adalah kupu-kupu barong dan kupu-kupu gajah yang merupakan salah satu jenis kupu-kupu langka pada saat ini.

Review Toko Suvenir Bali Butterfly Park

Tak hanya sekedar menikmati keindahan warna-warni kupu-kupu, kamu juga bisa berwisata belanja! Review selanjutnya mengenai taman kupu-kupu ini adalah keberadaan beberapa gerai suvenir. Gerai-gerai ini menjual beragam suvenir  dengan model bermacam-macam bentuk kupu-kupu juga serangga yang unik. Kamu bisa membawa pulang suvenir berupa gantungan kunci, pembatas buku, lukisan dari sayap kupu-kupu dan masih banyak suvenir cantik dan unik lainnya!

Review Harga Tiket Masuk Taman Kupu-kupu Tabanan Bali Butterfly Park

Review terakir yang akan Bob bagikan adalah jam operasional dan harga masuk ke Butterfly Park, Bali. Tempat wisata ini dibuka untuk umum setiap harinya mulai pada pukul 8 pagi hingga 5 sore waktu indonesia bagian tengah (WITA). Selanjutnya adalah review harga tiket masuk untuk orang dewasa dibanderol dengan harga 75 ribu rupiah.

Untuk anak-anak tikert dijual dengan harga 35 ribu rupiah saja. Sekian review lengkap dari Bob mengenai Butterfly Park di Bali, semoga review ini bermanfaat untuk kamu! Sudah siap berlibur? Ayo rencanakan liburan kamu bersama Bobobox dengan mengunduh aplikasi Bobobox di smartphone kamu!

You might also like

Leave A Reply

Your email address will not be published.