Bobobox Indonesia
Experience More For Less sleep better and be inspired

Restoran Yogyakarta Ala Keraton yang Wajib kamu Coba!

Pilihan restoran Yogyakarta yang kaya akan rasa dan budaya keraton.

Restoran Yogyakarta memang ada banyak tapi pernah gak kamu mengunjungi restoran Yogyakarta yang berkonsep keraton? Restoran tersebut pada umumnya bernuansa Jawa dan menyuguhkan pilihan menu tradisional yang mewah seperti makanan bangsawan keraton. Rasanya seperti menjadi sultan dadakan sehari karena bisa mengalami pengalaman makan seperti bangsawan keraton Yogyakarta. 

Mungkin kamu saat ini membayangkan pengalaman menikmati santapan lezat sambil menyaksikan tarian tradisional dan diiringi musik tradisional jawa. Bob akan merekomendasikan kamu beberapa restoran Yogyakarta bergaya keraton seperti berikut ini.

Restoran Yogyakarta Ala Keraton; Omah Dhuwur

Restoran Yogyakarta
@kulinerijogja.blogspot.com

Alamat: Jl. Mondorakan No.252, Bodon, Prenggan, Kec. Kotagede, Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta 55172

Restoran Yogyakarta ala keraton yang pertama akan Bob bahas adalah restoran Omah Dhuwur. Dikenal sebagai tempat makannya para ningrat tempat makan ini memang mampu menunjukkan kelasnya. Saat pertama kali kamu memasuki restoran ini kamu akan menemukan ornamen etnik khas jawa yang megah. Uniknya, bangunan ini memilki kombinasi arstitektur bergaya Jawa sekaligus Belanda. Bangunan ini termasuk salah satu bangunan bersejarah, lho.

Jika diartikan dari bahasa Jawa, Omah Dhuwur memiliki makna rumah tinggi. Hal ini jelas karena area bangunannya cenderung lebih tinggi daripada permukaan tanah di sekitarnya. Bangunan ini terdiri dari 2 lantai. Di lantai pertama kamu akan di suguhkan oleh desain interior rumah joglo di masa kejayaan Kerajaan Mataram Islam sekitar tahun 1740 an yang keren banget! Naik ke lantai 2 kamu akan menemukan perbedaan desain interior yang cukup mencolok dibandingkan lantai 1.

Di lantai 2 desain interiornya cenderung bergaya kolonial Belanda di tahun 1900 an. Memasuki bangunan restoran Yogyakarta yang satu ini saja rasanya seperti berwisata lintas masa. Lalu bagaimana dengan makanannya? Tergambar dari desain bangunannya yang sebagian tradisional dan sebagian lainnya berbau Belanda, menu makanan yang disajikan di sini pun sebagian bercita rasa tradisional dan sebagian lainnya merupakan masakan Barat. Beberapa menu pilihan-pilihan favorit restoran Yogyakarta ini seperti ayam goreng serai, satai Kotagede dari daging sapi, dan juga sop buntut.

Restoran Abhayagiri

Restoran Yogyakarta
@wiratourjogja.com

Alamat: Sumberwatu Heritage Resort RT.02/RW.01, Sumberwatu, Sambirejo, Kec. Prambanan, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta 55571

Kuliner Yogyakarta yang nikmat pun disajikan dengan cantik di restoran Yogyakarta yang satu ini. Terletak di atas ketinggian, restoran ini memiliki udara yang sejuk dan memiliki pemandangan yang mengagumkan. Di setiap sudut tempat ini kamu akan menemukan beberapa ornamen dengan sentuhan budaya Jawa. Kamu bisa menikmati sajian lezat restoran Yogyakarta dengan latar belakang pemandangan Gunung Merapi, Candi Prambanan, juga Candi Sojiwan. Kamu bisa melihat beberapa pemandangan tersebut karena lokasi restoran Yogyakarta yang satu ini berada di ketinggian 196 meter di atas permukaan laut.

Bangunan ini berinterior khas Jawa dengan gaya pendopo dengan bahan dasar kayu dan dihiasi lampu gantung antik. Hidangan yang disajikan di sini didominasi oleh menu makanan khas Asia dan Barat seperti Abhayagiri Duck Speciale dan Pan Salmon panggang. Saat kamu menikmati sajian nikmat dengan pemandangan yang memukau kamu juga bisa  menyaksikan pertunjukan musik akustik juga tari-tarian seperti Jonggrang Sendratari dan Coke’an.

Bale Raos Kraton

Restoran Yogyakarta
@baleraos.co.id

Address: Jl. Magangan Kulon No.1, Panembahan, Kecamatan Kraton, Kota Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta 55131

Setelah seharian mengunjungi tempat tempat wisata di Yogyakarta ini waktu yang tepat untuk kamu mengisi perut di salah satu restoran Yogyakarta yang menyajikan hidangan khusus kegemaran raja raja zaman dulu yaitu kegemaran Sri Sultan HB VIII sampai dengan Sri Sultan HB X. Sejarah awal mula berdirinya restoran Yogyakarta Bale Raos adalah atas gagasan dari GKR Hemas (istri Sri Sultan HB X) yang bertujuan untuk melestarikan kebudayaan kraton khususnya di bidang kuliner.

Nah buat kamu yang memang ingin merasakan seperti apa sih hidangan yang biasa disantap para raja Yogyakarta kamu bisa kunjungi restoran Yogyakarta ini. Dilansir dari website resmi Bale Raos Keraton, restoran Yogyakarta ini memiliki visi dan misinya tersendiri loh. Visinya adalah untuk menjadi restoran spesifik juga menjadi tempat tujuan utama bagi para wisatawan untuk menikmati dan mengenal kekayaan kuliner Kraton Yogyakarta maupun masakan tradisional sekitarnya.

Untuk memenuhi visi tersebut restoran Yogyakarta ini turut serta dalam melestarikan kekayaan budaya khususnya dalam hal keanekaragaman hidangan khas Kraton Yogyakarta maupun makanan tradisional di Yogyakarta. Dengan begitu restoran Yogyakarta ini mampu mengangkat citra makanan tradisional dimata masyarakat nasional maupun international. Keren banget!

Bangunan Bale Raos berbentuk seperti sebuah joglo dengan konsep semi-terbuka. Beberapa menu yang disediakan di sini yang juga merupakan kesukaan para sultan adalah bebek suwar-suwir, gudeg manggar set, bestik lidah, bestik Djawa, kambing panggang, dan semur piyik. Penasaran ingin coba makanan para bangsawan Yogyakarta? Yuk ke sana!

Gadri Resto

@krjogja.com

Alamat: Jl. Rotowijayan No.5, Kadipaten, Kecamatan Kraton, Kota Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta 55132

Suguhan wisata istimewa ala Yogyakarta bukan hanya sekedar tempat wisata candinya yang megah tapi juga tempat kulinernya yang uenak tenan! Restoran Yogyakarta bernama Gadri Resto ini dikelola oleh istri adik Sultan Hamengkubuwono X. Kamu akan menemukan banyak barang barang antik dan karya seni lainnya di restoran ini. Nuansa Jawa yang kental sangat terasa di tempat ini. Jika kamu beruntung, kamu bisa menyaksikan proses pembuatan batik di pojok sentra batik dalam restoran ini secara langsung.

Makanan andalan restoran Yogyakarta ini diantaranya adalah blawong, nasi dengan lauk ayam bacem, telur pindang, dan daging bumbu kecap. Beberapa makanan tersebut konon hanya disajikan di upacara sakral karena dipercaya dapat membawa keselamatan. Jangan lupa untuk mencicipi makanan kegemaran Sultan Hamengku Buwono VII, Soes Songgo Buwono yang berisi selada, roti soes, dan telur. Gadri Resto juga menawarkan paket khusus tamu VIP sehingga kamu bisa menikmati sejumlah hidangan favorit sultan sambil menyaksikan pertunjukan budaya seperti tarian dan lainnya.

Gimana keren keren kan restoran Yoyakarta berkonsep keraton ini? Indonesia memang kaya akan budaya dan cita rasa kulinernya yang unik. Ketika budaya dan kuliner digabung menjadi satu maka akan menghasilkan satu kombinasi seni yang mampu memberikan kamu pengalaman tak terlupakan. Setelah kamu selesai mengunjungi beberapa tempat wisata juga restoran Yogyakarta dan perutmu kenyang mungkin ini saatnya untuk kamu beristirahat.

bobobox

Kalau urusan tempat istirahat yang nyaman Bob percayakan kamu untuk menginap di Bobobox yang sama halnya dengan restoran Yogyakarta ala keraton akan memberikan kamu pengalaman unik yang tak terlupakan. Kamu bisa unduh aplikasi Bobobox di App Store dan Play Store untuk book pod yang kamu mau dan mendapatkan informasi lengkap mengenai fasilitas dan promo menark yang bisa kamu dapatkan. Melalui aplikasi ini kamu bisa pilih pod mana yang kamu inginkan sampai dengan melakukan proses pemesanan. Semoga informasi ini membantu kamu ya!

You might also like
Comments
Loading...