Bobobox Indonesia
Experience More For Less sleep better and be inspired

Resep Membuat Meatball Ala IKEA di Rumah

Kamu juga bisa bikin sendiri Swedish Meatball ala IKEA di rumah, lho!

Dalam masa pandemi Covid-19 yang tengah melanda dunia beberapa bulan terakhir ini, banyak orang yang mulai mencoba melakukan kegiatan-kegiatan baru di rumah. Salah satunya adalah mencoba memasak resep-resep masakan dari tempat makan atau restoran favorit mereka.

Beberapa restoran mulai membongar resep rahasia hidangan andalannya yang selama ini menjadi rahasia dapur. Salah satunya yang baru-baru ini membongkar resep rahasia makanan ikoniknya adalah IKEA.

resep Swedish Meatball ala IKEA di rumah

(Photo by: pexels.com)

Sejarah IKEA

Untuk kamu yang belum begitu familiar dengan perusahaan retail yang satu ini, Bob akan menjelaskan sedikit buat kamu. IKEA adalah perusahaan multinasional yang mendesain dan menjual furnitur siap-rakit seperti meja, lemari, tempat tidur, dan aksesori rumah lainnya.

IKEA didirikan di Swedia pada tahun 1943 oleh Ingvar Kamprad yang pada saat itu baru berusia 17 tahun. Saat ini, IKEA bisa disebut sebagai peritel furnitur terbesar di dunia.

Toko retail satu ini terkenal dengan berbagai furniturnya yang bergaya minimalis dan unik. Meskipun merupakan peritel furnitur terbesar di dunia, furnitur-furnitur yang dijual oleh IKEA cukup terjangkau harganya.

Jika kamu memiliki kesempatan untuk berkunjung ke IKEA, kamu tidak hanya akan disuguhkan dengan pemandangan furnitur-furnitur unik dan minimalis yang dijajakan di sini, namun kamu juga bisa mencicipi hidangan ala Swedia yang tersedia di kafetarianya.

resep Swedish Meatball ala IKEA di rumah

(Photo by: pinterest.com)

Menu makanan yang paling ikonik dari IKEA adalah Swedish Meatball-nya. Tidak heran, banyak orang yang sengaja datang ke IKEA bahkan bukan untuk membeli furnitur mereka, namun untuk mencoba hidangan khas Swedia satu ini.

Swedish Meatball IKEA terdiri dari bola-bola daging yang disajikan dengan saus khasnya yaitu gravy sauce, serta dilengkapi dengan mashed potato dan selai buah lingonberry.

Namun, di IKEA Indonesia, hidangan Swedish Meatball ini sudah disesuaikan dengan lidah dan budaya orang Indonesia, sehingga di Indonesia hidangan ini disajikan tanpa selai buah lingonberry.

Di Indonesia, daging yang digunakan untuk membuat Swedish Meatball ini pun adalah daging sapi, sehingga dipastikan halal, mengingat mayoritas penduduk Indonesia adalah pemeluk agama Islam.

Pada awalnya, founder IKEA Ingvar Kamprad memutuskan untuk menjual makanan di gerai furniturnya agar pembeli dapat berbelanja dengan nyaman ketika perut mereka sudah kenyang. Harga makanan yang dijual pun disesuaikan dengan harga produk furniturnya, sehingga keduanya sama-sama terjangkau.

Harga Swedish Meatball IKEA pun tentunya cukup terjangkau dan bervariasi, tergantung berapa banyak bola-bola daging yang kamu inginkan dalam setiap porsi.

 

resep Swedish Meatball ala IKEA di rumah

(Photo by: pinterest.com)

Untuk satu porsi Swedish Meatball dengan 10 buah bola-bola daging, kamu cukup membayar 40 ribu rupiah saja. Namun jika kamu ingin porsi lebih besar, kamu bisa membayar 60 ribu rupiah untuk mendapatkan 20 buah bola-bola daging dalam satu porsi Swedish Meatball IKEA.

IKEA membocorkan resep Swedish Meatball mereka yang ikonik

Secara mengejutkan, belum lama ini IKEA memutuskan untuk meluncurkan resep bola-bola daging atau Swedish Meatball-nya yang terkenal untuk mengobati kerinduan para pelanggannya terhadap hidangan ikonik mereka.

Ini dikarenakan sebagian gerai IKEA dan kafe-kafe mereka ditutup sementara selama masa pandemi Covid-19. Dengan dibocorkannya resep ini juga diharapkan akan membantu memberikan inspirasi di dapur.

Perusahaan asal Swedia ini membagikan resep Swedish Meatball-nya melalui brosur digital yang mirip seperti instruksi perakitan furnitur khas mereka. Cara membuat Swedish Meatball-nya pun terbilang mudah, dan bahan-bahan yang diperlukan untuk membuat hidangan ini juga tidak sulit untuk ditemukan.

Apa kamu tertarik untuk mencoba membuat sendiri Swedish Meatball ala IKEA di rumah? Yuk, kita intip bahan-bahan apa saja yang diperlukan dan bagaimana cara membuat Swedish Meatball ala IKEA.

resep Swedish Meatball ala IKEA di rumah

(Photo by: pinterest.com)

Bahan-bahan:

Meatball:

  • 500 gram daging sapi cincang
  • 250 gram daging ayam cincang (opsional)
  • 1 buah bawang bombay ukuran besar yang telah dicincang
  • 1 siung bawang putih yang telah dicincang halus
  • 100 gram breadcrumbs atau tepung roti
  • 1 butir telur ayam
  • 5 sdm susu cair full cream
  • Garam dan lada secukupnya

Saus krim:

  • Minyak secukupnya
  • 40 gram butter
  • 40 gram tepung serbaguna
  • 150 ml kaldu sayur
  • 150 ml kaldu sapi
  • 150 ml double cream kental atau heavy cream
  • 2 sdt kecap asin
  • 1 sdt mustard dijon

Mashed potato:

  • 500 gram kentang
  • 200 ml susu cair full cream
  • 2 sdm mentega
  • ½ sdt lada hitam atau lada putih bubuk
  • Garam secukupnya

Cara membuat:

Meatball:

  1. Campurkan daging sapi dan daging ayam (jika kamu pakai daging ayam) sampai tercampur rata. Tambahkan bawang bombay dan bawang putih yang telah dicincang, tepung roti, dan telur, lalu aduk rata.
  2. Tambahkan susu dan bumbui dengan garam dan lada sesuai selera.
  3. Ambil sedikit adonan meatball, kemudian bentuk menjadi bola-bola. Tips agar adonan meatball tidak lengket di tanganmu saat membentuknya, kamu bisa mengoleskan sedikit minyak goreng ke kedua telapak tanganmu sebelum mulai membentuk adonan.
  4. Jika semua adonan meatball telah selesai dibentuk, letakkan dalam piring, tutup, kemudian simpan di dalam lemari es selama 2 jam. Ini bertujuan agar adonan meatball menjadi lebih lekat dan tidak mudah hancur ketika dimasak.
  5. Panaskan wajan dan beri minyak secukupnya. Jika minyak sudah panas, masukkan adonan meatball yang telah didiamkan selama 2 jam, lalu masak hingga matang dan berwarna coklat keemasan atau golden brown.
  6. Jika adonan meatball tersebut sudah matang, pindahkan ke dalam wadah anti panas untuk dipanggang dalam oven. Panggang meatball dalam oven dengan suhu 180 derajat celcius selama 30 menit.

Saus krim:

  1. Lelehkan butter dalam wajan, kemudian tambahkan tepung serbaguna ke dalamnya sambil diaduk-aduk selama 2 menit hingga rata.
  2. Tambahkan kaldu sayur dan kaldu sapi sambil terus diaduk.
  3. Kemudian masukkan heavy cream, kecap asin dan dijon mustard ke dalam campuran kaldu tersebut.
  4. Panaskan dan didihkan sampai saus mengental. Jangan lupa untuk sambil terus diaduk.

Mashed potato:

  1. Kukus kentang hingga matang, kemudian haluskan.
  2. Rebus susu cair full cream bersama mentega dan lada hitam. Masak sampai susu menjadi panas (jangan sampai mendidih) sambil terus diaduk.
  3. Campurkan susu panas dengan kentang yang sudah dihaluskan, tambahkan garam secukupnya, aduk hingga tercampur rata dan halus.
  4. Sebaiknya tuangkan tuangkan larutan susu sedikit demi sedikit hingga kentang cukup kental dan padat. Ini dilakukan agar mashed potato tidak terlalu encer atau keras, mengingat kadar air kentang yang tidak selalu sama.

Jika semua bahan sudah matang, kamu tinggal meletakkan meatballs dan mashed potato di piring, kemudian siram dengan saus krim yang lezat. Kamu juga bisa menambahkan sayuran yang kamu suka sebagai pelengkap, seperti wortel, buncis, brokoli, atau kacang polong.

resep Swedish Meatball ala IKEA di rumah

(Photo by: pinterest.com)

Sajikan hidangan selagi hangat. Swedish Meatball ala IKEA pun telah siap untuk disantap. Bon Appetit!

Pasti happy staycation di Bobobox!

Habis makan lezat? Enaknya santai-santai dan istirahat, dong. Bosan santai-santai di rumah aja? Mau ke hotel, tapi gitu-gitu aja? Berarti ini saatnya kamu datang ke Bobobox! Hotel kapsul yang modern dan unik ini pasti bisa memberikan kamu pengalaman baru menginap di hotel.

Pod-nya yang unik dan nyaman pasti bikin kamu betah berlama-lama staycation di Bobobox. Selain itu, di dalam pod-nya juga terdapat lampu LED yang bisa disesuaikan dengan suasana hati kamu.

Untuk memesan kamar, kamu nggak usah khawatir bakal ribet, tinggal download aja aplikasinya. QR code yang ada di aplikasinya juga berfungsi sebagai kunci kamar lho. Keren, kan? Tunggu apa lagi? Ayo menginap di Bobobox! Happy staycation!

backpacker di bandung bobobox