Bobobox Indonesia
Experience More For Less sleep better and be inspired

Coba 7 Resep Masker Rambut Alami Ini untuk Dapatkan Pesona Rambut ala Duta Sampo!

Pilihan resep masker rambut alami yang praktis dibuat sendiri di rumah!

Merawat rambut memang gampang-gampang susah. Untuk menjaga kesehatan rambut, kita sebetulnya memang nggak membutuhkan perawatan yang sangat rumit dengan produk-produk harga selangit. Namun, setiap orang memiliki kebutuhan yang berbeda untuk rambutnya. Salah produk atau treatment, rambut justru bisa kering, rusak, atau bahkan bercabang. Nggak mau sampai gitu dong tentunya!

resep masker rambut alami
Credit: Adam Wingers via Unsplash

Ada banyak produk perawatan rambut yang tersedia di pasaran. Dari sampo hingga serum dan masker, ada beragam produk yang kamu bisa coba sesuai jenis rambutmu. Selain itu, pilihan perawatan rambut yang tersedia di salon juga bisa menjadi pilihan untuk memanjakan mahkota kita. Sayangnya, beberapa perawatan ditawarkan dengan harga yang terlalu tingi. Selain itu, kamu mungkin enggan menggunakan produk-produk yang mengandung banyak zat kimia.


Baca Juga: Masih Takut untuk ke Salon? Potong Rambut di Rumah dengan 5 Cara Mudah Ini!


Boys and girls, Bob paham banget concern kalian soal masalah rambut. Nah! Bob punya 7 resep masker rambut alami yang kamu bisa buat sendiri di rumah. Selain praktis, pilihan resep masker rambut alami dari Bob juga menggunakan bahan-bahan natural. Cocok buat kamu yang nggak mau terekspos banyak zat kimia. Kamu juga bisa menghemat pengeluaranmu untuk perawatan rambut, lho! Yuk lihat apa saja pilihannya!

Resep Masker Rambut Alami untuk Rambut Kering

Minyak Kelapa dan Madu

Campuran minyak kelapa dan madu cocok banget dimanfaatkan sebagai masker untuk rambut kering. Dilansir dari Healthline, minyak kelapa berguna mengunci kelembapan pada rambut. Selain itu, minyak kelapa juga bisa mencegah kulit kepala kering dan ketombe. Sementara itu, masih dilansir dari Healthline, madu berfungsi melembutkan folikel rambut sehingga rambut kusam menjadi berkilau.

resep masker rambut alami
Credit: Tijana Drndarski via Unsplash

Cara membuat masker madu dan minyak kelapa gampang banget! Dilansir dari Liputan6, kamu hanya perlu mencampurkan 1 sendok teh madu dengan 1 sendok teh minyak kelapa. Pastikan kamu memilih minyak kelapa organik, ya! Hangatkan dan campurkan kedua bahan, kemudian oleskan ke seluruh rambut setelah suhunya dingin. Diamkan selama 40 menit sebelum kamu membilas rambut. Rambut soft and silky bukan lagi sebatas impian!


Baca Juga: Konsumsi Jenis Makanan Berikut Ini Agar Rambutmu Makin Sehat


Pisang

Siapa yang nggak kenal buah tropis yang satu ini? Selain cocok dijadikan banana split, pisang juga ternyata bermanfaat bagi rambut dan kulit, lho! Menurut Taste of Home, pisang mengandung vitamin A yang dapat mengembalikan kelembapan pada kulit. Selain itu, kandungan asam folat pada pisang bermanfaat mengondisikan dan melembapkan rambut, serta membuatnya berkilau. Sudah lezat, menyehatkan pula. Multifungsi, ya!

resep masker rambut alami
Credit: Eiliv-Sonas Aceron via Unsplash

Resep masker rambut alami dari pisang bisa kamu ikuti dengan mudah. Bahan yang kamu butuhkan pun hanya pisang dan minyak kelapa! Dilansir dari SehatQ, kamu perlu menghaluskan 1-2 buah pisang dan mencampurkannya dengan 1 sendok makan minyak kelapa. Ratakan masker pada rambut dan diamkan selama 10-15 menit. Setelah itu, bilas rambutmu dengan air hangat. Aroma pisang yang manis juga akan bikin rambutmu harum!

Resep Masker Rambut Alami untuk Rambut Berminyak

Lemon dan Lidah Buaya

Risi dengan rambut yang sering berminyak dan lepek? Brace yourself! Masker yang satu ini bisa membantu menyelesaikan masalah rambutmu. Dilansir dari India.com, lemon dapat menangani rambut berminyak, serta membasmi ketombe. Sementara itu, menurut Fruit of the Earth, lidah buaya dapat mengangkat sebum dan minyak berlebih. Namun, lidah buaya tidak akan sampai merusak atau mengiritasi folikel rambut.

resep masker rambut alami
Credit: Elena Kloppenburg via Unsplash

Pembuatan masker lemon dan lidah buaya nggak ribet, kok! Menurut All Things Hair, kamu perlu menyiapkan sari lemon, gel lidah buaya, serta madu dan kuning telur. Campurkan semua bahan hingga merata, kemudian oleskan pada rambut. Diamkan masker selama sekitar 20 menit. Setelah itu, bilas rambut dengan air dingin hingga bersih. Nggak nyaman dengan bau amis kuning telur? Kamu bisa menggantinya dengan putih telur kok.


Baca Juga: Kamu Perlu Tahu 5 Cara Mengatasi Masalah Pada Rambut


Tomat

Resep masker rambut alami berikutnya menggunakan buah yang sering kamu temui di berbagai masakan, tomat. Buah ini nggak hanya memikat dengan rasanya yang asam dan menyegarkan. Menurut Girl Style, tomat juga bermanfaat merawat kulit kepala berminyak yang membantu menyeimbangkan kadar pH kulit kepala. Selain itu, tomat juga meredakan gatal pada kulit kepala, membasmi ketombe, dan mendorong pertumbuhan rambut.

resep masker rambut alami
Credit: Quin Engle via Unsplash

Dilansir dari Sociolla, untuk membuat masker rambut alami dari tomat, kamu hanya perlu menyiapkan 2 buah besar. Pilih tomat yang besar dan matang, ya! Lumatkan tomat hingga halus, kemudian ratakan pada kulit kepala dan rambut. Sambil dipijat-pijat supaya kamu rileks! Diamkan selama 10-20 menit, kemudian bilas rambut secara menyeluruh. Setelah beberapa kali perawatan, kamu bisa say goodbye to rambut berminyak dan lepek!

Resep Masker Rambut Alami untuk Rambut Rontok

Teh Hijau

Sore-sore minum teh hijau sambil bersantai, baca buku, atau mendengarkan lagu memang asyik! Namun, tahu nggak sih kalau teh hijau juga baik untuk rambutmu? Dilansir dari Health Shots, teh hijau kaya akan polifenol yang disebut sebagai epigallocatechin gallate atau ECGC. Zat ini membantu memperkuat akar rambut dan mendorong pertumbuhan rambut. Teh hijau juga membasmi bakteri dan jamur yang melembahkan akar-akar rambut!

resep masker rambut alami
Credit: Jia Ye via Unsplash

Resep masker rambut alami dari teh hijau nggak membutuhkan banyak bahan. Dilansir dari Merdeka, kamu hanya perlu menyiapkan 2 sendok makan teh hijau dan 1 kuning telur. Campurkan kedua bahan hingga merata, kemudian oleskan pada rambut dan kulit kepala. Tunggu selama 15-20 menit. Sambil ngeteh pun nggak masalah kok! Setelah itu, bilas rambut dengan air dingin hingga bersih. Bye, rambut rontok!


Baca Juga: 10 Manfaat Teh Hijau untuk Kesehatanmu Sehari-Hari


Resep Masker Rambut Alami untuk Rambut Keriting

Alpukat dan Susu

Suka guacamole? Bahan dasarnya, yaitu alpukat ternyata bermanfaat untuk rambut keriting. Kalau kamu memiliki rambut keriting dan sering susah menatanya, masker alpukat bisa jadi pilihan yang pas! Dilansir dari Naturally Curly, alpukat merupakan humektan ampuh yang dapat menarik kelembapan. Buah ini juga mengandung vitamin B kompleks, zat besi, fosfor, kalsium, dan asam askorbat.

resep masker rambut alami
Credit: Conscious Design via Unsplash

Dilansir dari Stylo.id, untuk membuat masker rambut alami ini, siapkan 1/2 buah alpukat dan 3 sendok teh susu. Haluskan alpukat dan campurkan dengan susu, kemudian ratakan pasta masker pada rambut. Fokuskan aplikasi pada ujung, dan diamkan selama sekitar 30 menit. Setelah itu, bersihkan rambut dengan sampo dan kondisioner. Dengan masker ini, rambut jadi lebih mudah diatur dan teksturnya menjadi lebih bagus!

Resep Masker Rambut Alami untuk Rambut Berwarna

Madu dan Pure Labu

Rambut terasa kering dan kasar setelah diwarnai? Resep masker rambut alami yang satu ini bisa jadi solusinya. Dilansir dari Viviscal, labu kaya akan antioksidan yang bisa melindungi rambut dari polusi udara dan cahaya ultraviolet. Selain itu, labu juga mengandung banyak vitamin A yang dapat mengelola produksi sebum pada kulit kepala. Sementara itu, seperti yang Bob sebutkan sebelumnya, madu dapat melembapkan dan melembutkan rambut.

resep masker rambut alami
Credit: Priscilla Du Preez via Unsplash

Dilansir dari Belle Bar Organic, kamu harus menyiapkan 1-2 sendok makan madu, 240 ml pure labu, dan 120 ml yogurt. Kamu bisa menggunakan pure labu yang dijual di toko swayalan atau menghaluskan sendiri labu. Campurkan semua bahan dan ratakan pada rambut yang basah. Tutupi rambut dengan cap dan tunggu selama 15 menit. Setelah itu, bilas rambut dan bersihkan dengan sampo dan kondisioner.


Baca Juga: Ikuti 7 Tips Terbaik Merawat Rambut Berwarna Ini agar Tetap Lembut dan Sehat!


Gimana? Mudah ‘kan pilihan resep masker rambut alami dari Bob? Dengan perawatan secara berkala, rambut kamu akan sehat, bersih, dan cantik ala duta sampo! Selain itu, pastikan kamu juga mengikuti tips-tips perawatan rambut lainnya sesuai jenis rambutmu. Jangan lupa dukung nutrisi rambutmu dari dalam dengan mengonsumsi makanan sehat, serta mengendalikan tingkat stres kamu!

Nah, supaya nggak stres, coba deh staycation seru di Bobobox! Dengan pod berdesain futuristik dan teknologi yang terintegrasi dengan aplikasi seluler, liburanmu akan makin berkesan! Apalagi ada beragam fasilitas seperti pantry, shared bathroom, musala, dan communal space yang akan melengkapi kebutuhanmu. Banyak spot cantik dan Insta-worthy juga buat foto-foto, lho!

Sebelum menginap, kamu bisa download dulu aplikasi Bobobox ke ponselmu. Melakukan reservasi, mengakses dan mengatur pencahayaan pod, dan mendapatkan ragam promo menarik bisa dilakukan lewat aplikasi ini! Aplikasi Bobobox bisa kamu unduh secara gratis, baik untuk platform iOS maupun Android! Yuk download sekarang!

You might also like