Bobobox Indonesia
Experience More For Less sleep better and be inspired

9 Resep Masakan yang Bisa Kamu Buat di Rice Cooker

Mudah dan praktis, resep masakan ini wajib kamu coba di rumah!

Kamu anak kos yang nggak punya kompor? Atau mungkin kompormu di rumah sedang rusak? Tenang, resep masakan ini bisa kamu buat tanpa menggunakan kompor gas.

Kamu hanya perlu satu alat yang ternyata bisa digunakan untuk memasak berbagai resep masakan. Yap, rice cooker. Penasaran resep masakan apa saja yang bisa kamu buat dari alat penanak nasi ini? Yuk kita simak sama-sama.

Resep masakan telur

resep masakan
Photo by Maria Ionova on Unsplash

Resep masakan pertama yang bisa kamu coba buat di rice cooker adalah telur. Dari semua jenis masakan telur, telur rebus adalah yang paling mudah dibuat di rice cooker. Cukup wadah rice cooker dengan air, tunggu hingga mendidih, dan setelah itu masukan telur ke dalamnya. Tunggu beberapa menit dan telur rebus pun siap disantap.

Mi instan

resep masakan
Photo by Markus Winkler on Unsplash

Membuat mi instan akan terasa lebih instan saat kamu menggunakan rice cooker. Untuk membuat resep masakan yang satu ini, kamu hanya perlu mengisi wadah dengan air matang.

Setelah itu, nyalakan rice cooker hingga mendidih. Masukan mi instan lalu tunggu hingga teksturnya lunak. Tuang mi dan kuah rebusan ke dalam mangkuk. Mi instan pun siap kamu santap.

Tom yum

resep masakan
Photo by chuttersnap on Unsplash

Kalau kamu kira memasak tom yum hanya bisa dilakukan di atas kompor, kamu salah besar. Resep masakan yang satu ini bisa kamu buat bahkan di rice cooker.

Pertama, kamu perlu memanaskan air hingga mendidih. Setelah itu, masukan bumbu tom yum beserta bumbu tambahan ke dalamnya. Aduk hingga rata. Masukan sayuran, jamur, udang, dan lainnya. Semangkuk tom yum siap menemani soremu.

Makaroni keju

resep masakan
Photo by Ronaldo de Oliveira on Unsplash

Tidak perlu jauh-jauh ke kafe untuk mencicipi resep masakan yang satu ini. Kamu bisa membuatnya dengan mudah menggunakan rice cooker. Kamu hanya memerlukan makaroni, susu, tepung, mentega, dan keju.

Masukan susu, tepung, dan mentega lalu aduk hingga merata. Setelah itu masukan makaroni dan masak hingga mendidih. Jika makaroni sudah empuk, masukan keju hingga meleleh. Tambahkan garam secukupnya lalu aduk hingga merata. Resep masakan ini sangat mudah bukan?

Bolu kukus

resep masakan
Photo by Ayesha Firdaus on Unsplash

Ternyata, kamu juga bisa membuat kue lho dengan menggunakan rice cooker. Salah satunya adalah kue bolu. Cara membuat resep masakan ini cukup mudah.

Siapkan bahan-bahan yang dibutuhkan untuk membuat kue bolu seperti tepung terigu, telur, mentega, dan gula. Kamu juga bisa menambahkan topping sesuai selera seperti kismis atau kepingan coklat. Setelah adonan siap, masukkan ke dalam rice cooker dan tunggu hingga matang.

Pancake

resep masakan
Photo by Fa Barboza on Unsplash

Pancake, atau panekuk dalam bahasa Indonesia, berarti kue yang dibuat di atas pan/teflon dengan bentuknya yang khas bundar dan pipih.

Selain menggunakan teflon, kamu juga bisa menggunakan rice cooker untuk membuat resep masakan ini dan tetap menghasilkan bentuk yang sama. Untuk bisa matang kedua sisinya, kamu harus membuk tutup rice cooker dan membalikkan panekuknya.

Selain panekuk yang standar, ada juga panekuk khas Jepang atau Japanese fluffy pancake yang viral di internet. Tenang, kamu juga bisa menggunakan rice cooker untuk membuat resep masakan yang satu ini.

Bakpao

resep masakan
Photo by Ke Vin on Unsplash

Untuk membuat resep masakan yang satu ini, kamu harus menggunakan wadah kukusan yang tersedia. Namun sebelumnya, siapkan dulu adonan bakpaonya. Kerahkan otot-otomu karena kamu harus menguleni adonan bakpao sebelum siap.

Jika adonannya sudah siap, kamu harus memanaskan air terlebih dulu di rice cooker. Setelah mendidih, masukkan adonan bakpao yang telah dilapisi kertas di bagian bawahnya lalu tunggu hingga matang. Bakpao pun siap untuk dinikmati bersama teman atau keluarga.

Mashed potato

resep masakan
Photo by Hai Nguyen on Unsplash

Kentang adalah makanan yang bisa dikreasikan menjadi resep masakan yang beragam. Yang paling populer adalah kentang goreng namun sulit untuk membuat kentang goreng yang renyah dengan rice cooker. Varian lain yang bisa kamu coba adalah mashed potato atau kentang tumbuk.

Cara membuatnya cukup mudah. Kamu hanya perlu merebus kentangnya di dalam rice cooker. Setelah kentang matang, hancurkan menggunakan garpu atau sendok.

Campur susu atau krim untuk membuatnya semakin gurih. Jangan lupa tambahkan garam dan merica juga ya. Kalau kamu mau lebih enak lagi, kamu bisa menambahkan irisan daging asap, keju, dan brokoli ke dalamnya.

Resep masakan nasi

resep masakan
Photo by Toa Heftiba on Unsplash

Resep masakan terakhir yang bisa kamu buat menggunakan rice cooker adalah nasi. Tentu saja karena alat ini dibuat khusus untuk memasak nasi.

Akan tetapi, kamu tak bisa hanya memasak nasi putih lho. Varian nasi seperti nasi liwet, nasi kuning, atau nasi lemak juga bisa kamu buat di alat serbaguna ini. Kamu hanya perlu melihat resepnya dan memasaknya sesuai langkah-langkah yang diberikan.

Yang perlu kamu ketahui sebelum membuat resep masakan di rice cooker

Cara kerja rice cooker adalah dengan mengubah listrik menjadi panas. Saat memasak nasi, panasnya akan tinggi dan perlahan-lahan stabil dalam beberapa waktu saat nasi sudah matang.

Oleh karena itu, salah satu kendala yang akan kamu temukan saat membuat resep masakan di rice cooker adalah menjaga temperaturnya. Di rice cooker model lama, kamu hanya akan menemukan dua mode yaitu cook (memasak) dan warm (menghangatkan). Jika kamu menggunakan rice cooker jenis ini kamu harus menyiapkan ekstra kesabaran.

Soalnya, kamu tidak akan bisa langsung mengubah modenya kembali menjadi cook saat rice cooker kamu berpikir bahwa makanannya sudah matang. Yang harus kamu lakukan adalah mengeluarkan wadahnya, mencabut listriknya dan menghubungkannya kembali. Barulah kamu bisa melanjutkan membuat resep masakan kamu hingga matang.

Karena teknologi sudah semakin canggih, kini rice cooker tidak lagi memiliki dua mode. Justru rice cooker zaman sekarang sudah dilengkapi mode untuk membuat resep masakan lain seperti yang sudah disebutkan di atas tadi. Kamu tinggal pencet tombolnya sesuai resep masakan yang ingin kamu buat. Selamat mencoba!

Tetap bahagia dengan staycation di Bobobox

Bobobox adalah hotel kapsul yang bisa bikin kamu bebas dari stres. Suasana tenang dan hening akan kamu dapatkan saat masuk ke pod-nya. Selain itu, desainnya yang modern juga enak untuk dinikmati. Kamu akan merasa seperti berada di film-film masa depan.

Tak hanya itu, teknologi yang digunakan juga canggih. Untuk memesan kamar, kamu bisa melakukannya melalui aplikasi Bobobox. Aplikasi ini, selain untuk memesan, juga berfungsi sebagai kunci kamar lho. Tinggal pindai saja QR code-nya. Mudah kan?

Di kamarnya juga kamu akan menemukan lampu led yang bisa kamu atur sesuai dengan suasana hati kamu. Modenya pun ada banyak. Mau untuk tidur? Ada. Mau untuk meditasi? Bisa banget. Pokoknya pas banget untuk melepas stres.

Jadi, tunggu apa lagi? Ayo menginap di Bobobox dan lupakan stres untuk sejenak!

You might also like