Bobobox Indonesia
Experience More For Less sleep better and be inspired

5 Resep Makanan Singapura Ini Cocok untuk Kamu yang Kangen Negeri Merlion!

Resep makanan Singapura ini juga cocok buat latihan berkreasi di dapur!

Siapa sih yang nggak kenal dengan negara yang satu ini? Bertetangga dengan Kota Batam, Singapura adalah negara kecil-kecil cabe rawit. Negara ini hanya memiliki wilayah seluas 724 kilometer persegi, seperti dilansir dari data.gov.sg. Luasnya hanya berbeda 60 kilometer persegi dengan Jakarta yang memiliki luas wilayah 661 kilometer persegi, berdasarkan Encyclopedia Britannica. Meskipun demikian, negara kecil ini menjadi salah satu tujuan wisata internasional yang terkenal, lho, terutama di kawasan Asia Tenggara.

Nah, bicara soal wisata Singapura, tentunya ada banyak tempat yang wajib dikunjungi. Merlion sih sudah pasti jangan ditanya lagi! Untuk wisata keluarga, Sentosa Island bisa jadi pilihan destinasi yang pas. Selain itu, kawasan seperti Chinatown dan Orchard Road juga wajib dikunjungi para shopaholic. Namun, bukan hanya landmark dan wisata belanja saja yang dikangenin dari Singapura. Negara ini juga punya beragam sajian lezat yang menggugah selera. Wisata kuliner di Singapura dijamin akan bikin kamu senang dan kenyang pokoknya!

resep makanan singapura
Sumber: The Jakarta Post

Sayangnya, dalam situasi seperti ini, berlibur ke luar negeri mungkin bukan pilihan yang tepat. Rencana ini juga berisiko, terutama jika kamu berencana berlibur ke kota-kota yang ramai dikunjungi orang dari berbagai belahan dunia. Kamu mungkin sudah kangen ingin berfoto di depan Merlion atau menikmati kuliner seru di Singapura. Nah, untuk mengobati rasa kangenmu, Bob punya 5 resep makanan Singapura yang bisa dicoba. Selain menjadi pelipur rindu, resep-resep ini juga cocok untuk belajar berkreasi di dapur! Yuk intip kelima resepnya!

1. Laksa

resep makanan singapura
Credit: Kcdtsg (Wikimedia)

Resep makanan Singapura yang pertama adalah laksa. Pernah nonton film I Not Stupid Too? Di film komedi keluarga ini, ada adegan si nenek yang sedang makan laksa dengan nikmatnya. Duh! Sajian khas Peranakan yang satu ini memang menggoda selera banget! Laksa nggak hanya tersedia di Singapura, lho! Makanan ini bisa kamu temukan di beberapa negara tetangga Singapura seperti Malaysia, Indonesia, dan kawasan selatan Thailand. Bahkan, dilansir dari ABC, di Darwin, Australia diadakan festival laksa di tahun 2019, lho!

Hidangan yang satu ini terkenal dengan kuahnya yang lezat. Bahan utamanya adalah mi atau bihun. Biasanya, resep makanan Singapura yang satu ini menggunakan udang sebagai elemen proteinnya. Namun, beberapa resep menggunakan ayam atau ikan sebagai alternatif. Kuahnya pun bisa menggunakan bumbu kari atau asam jawa, tergantung varian laksa yang ingin dibuat.

Oh, ya! Berbeda daerah, berbeda pula varian laksanya! Untuk kamu yang ingin mencoba laksa khas Singapura, bisa mencoba laksa kari. Kuahnya menggunakan santan dan bumbu kari, sesuai namanya. Ingin yang lebih Indonesia? Coba deh buat laksa betawi. Sajian ini menggunakan ketupat sebagai pengganti mi. Kuahnya pun terbuat dari santan dan rempah-rempah Indonesia, serta ebi. Hmm… Jadi ngiler nih!

2. Ice Kachang

resep makanan singapura
Sumber: Miss Tam Chiak

Seperti Jakarta, Singapura punya cuaca yang panas. Ya, bagaimana nggak. Lokasinya saja dikelilingi laut. Nah, untuk melawan panas, resep makanan Singapura yang satu ini bisa kamu coba. Ice kachang adalah sajian penutup menyegarkan yang terkenal di Malaysia dan Singapura. Penampilannya mirip bingsoo khas Korea, es campur, atau es Shanghai. Di Malaysia, hidangan yang satu ini juga dikenal dengan nama ABC atau ais batu campur.

Sesuai namanya, resep makanan Singapura yang segar ini membutuhkan es dan kacang merah. Untuk membuatnya, kamu perlu menyerut es hingga halus. Setelah itu, hasil serutan es dipadatkan, kemudian ditambahi susu kental manis, sirop, dan kacang merah. Sebagai topping tambahan, kamu bisa menggunakan potongan kacang panggang, jagung manis, atau agar-agar. Wih! Pasti cocok nih dinikmati saat cuaca sedang panas.

Seiring berjalannya waktu, ice kachang juga mengalami banyak perubahan. Ada beragam variasi baru yang bisa dicoba. Dilansir dari Miss Tam Chiak, sebuah kedai di Singapura menghadirkan menu Ice Kachang Milo Dinosaur. Seperti yang bisa ditebak, es serut yang sudah dipadatkan ditaburi banyak Milo. Camilan ini juga dilengkapi grass jelly dan attap seeds. Buat kalian penggemar cokelat, wajib coba ini! Sepintas mirip es kepal Milo, ya?

3. Chili Crab

resep makanan singapura
Credit: megawatts86 (Flicker)

Suka seafood dan masakan pedas? Resep makanan Singapura yang ini harus kamu coba. Negeri Merlion terkenal dengan chili crab-nya yang bisa bikin kamu ketagihan! Sesuai namanya, bahan utama hidangan ini adalah kepiting. Daging kepiting diolah dan dimasak menggunakan saus berbahan sambal, saus tomat, bubuk cabai, dan bumbu-bumbu lainnya. Meskipun judulnya chili crab, hidangan yang satu ini pedasnya nggak menyiksa kok. Jadi, buat kamu yang nggak kuat dengan makanan pedas, chili crab masih ramah di lidah.

Chili crab biasanya dihidangkan bersama mantau rebus atau goreng. Nah, mantau ini bisa digunakan sebagai pengganti sendok untuk mengambil kepiting. Saat disajikan dengan mantau goreng, perpaduan tekstur renyah dan halus akan melengkapi pengalaman makan chili crab. Ditambah saus dengan citarasa asam, manis, pedas, dan gurih, wih! Kalau kata orang Singapura sih, die die must try!

Di Singapura, sajian ini bisa kamu temukan di berbagai tempat, terutama di hawker center. Bahkan, dilansir dari Epoch Times, sebuah gerai seafood bernama Alliance Seafood di Newton Food Center sampai mendapatkan bintang Michelin, lho! Menu andalan di sana adalah barbekyu ikan pari dan, seperti bisa ditebak, chili crab! Ketika kondisi sudah jauh lebih aman dan kamu boleh bepergian ke Singapura, sempatkan waktu buat berkunjung ke sana, ya!

4. Nasi Hainan

resep makanan singapura
Sumber: Asian Inspirations

Sajian yang satu ini sebenarnya bisa kamu dapatkan di Indonesia, terutama di restoran Peranakan. Namun, kalau ingin membuatnya sendiri di rumah, resep makanan Singapura yang satu ini layak dicoba. Nasi Hainan sebenarnya berasal dari provinsi Hainan di selatan Tiongkok. Sajian ini kemudian dibawa oleh para imigran dari Hainan. Di Malaysia, nasi Hainan dikenal juga dengan nama nasi ayam. Sajian ini, seperti dikutip dari National Post, adalah salah satu hidangan nasional Singapura, lho!

Proses pembuatannya gampang-gampang susah. Daging ayam direbus dengan suhu tertentu hingga ayam matang dan tercipta kaldu. Nah, kaldu yang dihasilkan kemudian dibuang lemaknya. Namun, sebagian lemak tersebut, serta bahan-bahan seperti daun pandan, jahe, dan bawang putih digunakan untuk memasak nasi. Makanya, nasi pada sajian ini memiliki rasa yang khas. Buat kamu yang ingin melatih keterampilan memasak, resep makanan Singapura yang satu ini layak dicoba.

Kalau kamu perhatikan, tekstur ayam tampak berkilau. Nah, ini karena setelah direbus, ayam dicelupkan ke air es hingga memiliki lapisan licin seperti jeli. Oh, ya! Nasi Hainan juga biasanya disajikan dengan saus cabai dan bawang putih giling dan kecap. Hmm… Sedap! Dilansir dari The Culture Trip, nasi Hainan masuk ke daftar 50 makanan terbaik di dunia versi CNN tahun 2011! Wah, so shiok!

5. Fried Carrot Cake

resep makanan singapura
Sumber: Miss Tam Chiak

Resep makanan Singapura terakhir ynag bisa kamu coba adalah fried carrot cake. Jajanan ini cocok dinikmati kapan saja. Namun, uniknya sajian ini tidak mengandung wortel, terlepas dari namanya. Bahan utama fried carrot cake adalah lobak dan tepung beras. Adonan kue lobak dipotong dadu dan dimasak dengan telur, lobak yang sudah diawetkan, dan bumbu lain. Setelah itu, fried carrot cake disajikan dengan bawang daun.

Sajian ini punya dua versi. Dilansir dari Recipes are Simple, dua versi yang terkenal adalah versi “hitam” dan “putih”. Versi “hitam” menggunakan kecap manis sehingga rasanya pun cenderung manis. Sementara itu, versi “putih” tidak menggunakan kecap manis dan rasanya lebih gurih. Apa pun versinya, sajian ini bisa mengobati kangenmu dengan Singapura untuk sesaat.

Itulah 5 resep makanan Singapura yang bisa kamu coba untuk membayar rindu dengan Negeri Merlion. Meskipun saat ini kamu mungkin belum boleh berlibur, setidaknya sajian-sajian khas Singapura bisa menemanimu dari tempat tinggal. Tertarik untuk mencobanya? Kalau kalian suka dengan resep-resep lain, kasih tahu Bob, ya! Nah, soal berlibur, kamu sebenarnya masih bisa menikmati staycation di dalam kota, lho. Walaupun di dalam kota, tapi pengalaman berliburmu bisa sama serunya dengan liburan di luar negeri, kok! Apalagi dengan pilihan akomodasi yang unik dan menarik. Dijamin kamu akan happy deh!

Akomodasi Unik dan Terjangkau? Bobobox Aja!

Liburan seru nggak harus mengeluaran biaya besar, kok! Di Bobobox, kamu bisa menikmati staycation dengan teman-teman atau keluarga, tanpa merogoh kocek dalam-dalam! Hotel kapsul ini menghadirkan pod tidur bergaya futuristik dengan space yang luas. Teknologi yang diusung pun sudah terintegrasi dengan aplikasi seluler. Lewat aplikasi ini, kamu bisa mengatur pencahayaan, mengakses pod, hingga mengunci pintu. Kamu juga bisa mengobrol dengan tamu dan staf, lho!

Nggak hanya itu! Setiap pod di Bobobox dilengkapi tempat tidur yang nyaman dan Bluetooth speaker. Kamu bisa bersantai sambil nonton drama Korea atau dengar musik kesayanganmu! Bobobox juga punya beberapa fasilitas umum seperti shared bathroom, pantry, communal space, dan musala. Perlu membeli minuman? Ke lobi saja karena ada vending machine yang menjual beragam minuman menyegarkan. Pokoknya, nggak ribet deh!

Oh, ya! Lewat aplikasi Bobobox, kamu dapat melakukan reservasi secara langsung. Mau earth pod atau sky pod, pilih sesuai keinginanmu! Metode pembayaran yang beragam pun akan memudahkan proses transaksi. Jadi, ayo rencanakan staycation-mu di Bobobox dan download aplikasinya sekarang, ya!

You might also like