Bobobox Indonesia
Experience More For Less sleep better and be inspired

10 Resep Makanan Khas Jawa Barat Enak yang Perlu Dicoba di Rumah

Bagi kamu yang ingin mencobanya di rumah!

Bobobox.co.id — Kuliner Indonesia memang tidak ada habisnya. Banyak daerah yang memiliki kuliner khas yang enak untuk disantap. Salah satunya bisa kamu temukan yakni makanan khas Jawa Barat.

Makanan khas Jawa Barat sendiri terkenal akan cita rasanya yang relatif pedas dan asam. Tidak hanya itu, makanan khas Jawa Barat biasanya didominasi oleh makanan berbahan dasar ikan dan mudah untuk dibuat di rumah.

Nah, jika kamu sedang bosan dengan menu makanan yang itu-itu saja selama di rumah, berikut ini merupakan 10 resep makanan khas Jawa Barat yang bisa kamu coba di rumah. Jadi, tidak akan bosan lagi nantinya!

Seblak

Makanan khas Jawa Barat pertama adalah seblak. Bisa dibilang, makanan satu ini merupakan makanan khas kekinian yang paling mudah ditemukan. Harganya pun tergolong murah meriah dan sesuai dengan kantong banyak orang.

Untuk membuat seblak, kamu memerlukan kerupuk, bakso, dan ceker  jika perlu untuk bahan utamanya. Sedangkan untuk bumbu, kamu bisa menggunakan bawang merah, bawang putih, kemiri, kencur, cabai rawit, gula, garam, dan telur.

Cara membuatnya pun terbilang mudah. Tumis bumbu yang sudah Bob sebutkan sebelumnya. Kemudian, tambahkan bahan utama untuk nantinya ditambah air kaldu sesuai dengan selera. Seblak pun siap disajikan.

via cookpad.com

Nasi Tutug Oncom

Nasi tutug oncom merupakan makanan khas Jawa Barat selanjutnya. Makanan ini bisa dengan mudah ditemukan di Tasikmalaya. Nasi tutug oncom biasanya akan sangat lezat untuk disantap saat nasinya masih panas.

Jika kamu tertarik untuk membuatnya, siapkanlah 2 kotak oncom, masing-masing 5 cabai merah keriting dan rawit, 6 siung bawang, 2 siung bawang putih, 2 centimeter kencur, setengah sendok teh terasi bakar, dan garam secukupnya.

Pertama-tama, panggang oncom beserta bumbu lainnya kecuali kencur hingga mengering. Setelah itu, haluskan bumbu dan campur dengan oncom. Terakhir, aduklah bumbu yang sudah jadi barusan dengan nasi hangat.

via warungdulukala.com

Karedok

Makanan khas Jawa Barat lainnya adalah karedok. Karedok sendiri seringkali dianggap sama dengan pecel. Padahal, karedok menggunakan sayuran mentah yang di mana pecel justru menggunakan sayuran yang sudah direbus.

Sayuran yang biasa ada di karedok antara lain kacang panjang, mentimun, kemangi, selada, terong lalap, tomat, toge, dan kol. Sedangkan untuk bumbu kacang, kamu bisa menggunakan kacang tanah, gula merah, bawah putih, kencur, garam, dan cabai rawit.

Langkah untuk memasak karedok sendiri dimulai dengan menghaluskan bahan bumbu kacang. Kemudian, campurkan dengan sayuran yang sudah dipotong dan aduk hingga rata. Karedok pun selesai dibuat.

via unileversolutions.com

Makanan Khas Jawa Barat Cireng

Dari sekian banyak makanan Khas Jawa Barat, cireng menjadi salah satu makanan yang tiap tahunnya memiliki variasi unik yang bermunculan. Hal ini demi menggaet pasar yang ingin menikmati cireng dalam varian berbeda.

Camilan murah ini sebenarnya mudah untuk dibuat. Bahan dasar yang dibutuhkan antara lain 250 gram tepung tapioka, 100 gram tepung terigu, 3 siung bawang putih yang dihaluskan, 1 sendok teh merica bubuk, dan 2 sendok teh garam

Campurkan terlebih dahulu tepung tapioka dan terigu. Tambahkan bahan lainnya untuk kemudian tuangkan air panas sedikit demi sedikit sambil adonannya diaduk. Setelah dibentuk, kamu tinggal menggoreng cireng tersebut.

makanan khas jawa barat cireng
via dream.co.id

Sate Maranggi

Jika liburan ke Purwakarta, tidak lengkap rasanya jika tidak mencicipi makanan khas Jawa Barat dari kabupaten ini. Makanan yang dimaksud adalah sate maranggi.

Nah, jika kamu ketagihan dengan cita rasa sate maranggi, kamu pun bisa mencoba membuatnya di rumah. Bahan dasarnya antara lain daging sapi, setengah sdt jintan, 1 sdm ketumbar bubuk, 2sdm gula merah, 2 sdm kecap manis, 1 sdt asam jawa, 4 siung bawang putih yang dihaluskan, 1/2 sdm garam, dan 1/2 sdt lada.

Untuk bumbunya, campurkan hingga rata. Kemudian, masukkan daging yang telah dipotong kecil-kecil ke dalam bumbu untuk didiamkan minimal sejam. Tusuk sate yang sudah dimarinasi untuk dibakar hingga matang.

via cookpad.com

Surabi

Dinginnya Bandung di pagi hari akan terasa nikmat jika ditemani secangkir kopi dan surabi hangat. Surabi ini termasuk salah satu makanan khas Jawa Barat yang mudah dibuat lho.

Bahan yang harus kamu siapkan antara lain 100 gram tepung beras, 150 gram tepung terigu, 1 sdm garam, 100 gram oncom, 500 ml santan untuk bahan dasar. Sedangkan toppingnya, kamu bisa sesuaikan dengan selera.

Campurkan tepung beras, tepung terigu, dan garam hingga rata. Tambahkan sedikit santan sambil diaduk. Banting adonannya dan diamkan selama 1 jam. Tuangkan adonan ke dalam cetakan, tambah topping, dan angkat saat matang.

via infobdg.com

Peuyeum

Dari sekian banyak oleh-oleh makanan khas Jawa Barat, peuyeum menjadi salah satu oleh-oleh yang sering dibawa saat liburan. Makanan satu ini merupakan makanan dari hasil olahan fermentasi dari singkong.

Bagi kamu yang penasaran untuk membuatnya di rumah, bahan dan cara pembuatannya pun relatif mudah. Untuk bahannya, kamu cukup siapkan 1 kilogram singkong yang kulitnya sudah dibuang dan dicuci bersih serta 1 butir ragi tape.

Kukus terlebih dahulu singkong hingga matang. Tiriskan dan taburi ragi jika sudah benar-benar dingin. Masukkan dalam wadah dan tutup rapat wadah tersebut selama 3 hingga 5 hari. Jika sudah jadi, tape pun siap dikonsumsi.

via kompas.com

Tahu Gejrot

Cirebon pun tidak mau kalah dalam menawarkan makanan khas Jawa Barat. Kota ini sendiri memiliki makanan khas berupa potongan tahu yang ditemani dengan kuah bumbu cabe yang siap menggoyang lidah.

Bahan untuk membuatnya pun bisa dengan mudah ditemukan di pasar tradisional. Kamu hanya perlu membeli tahu pong, gula merah, 1 sdt garam, asam jawa, 1 1/2 sdm kecap manis, 400 ml air, 6 siung bawang merah, 2 siung bawang putih, dan cabe rawit hijau.

Pertama, didihkan campuran gula, air, kecap, asam jawa, dan garam hingga terlihat agak mengental. Saring larutan tersebut untuk kemudian campurkan dengan bahan ulek dan aduk hingga rata. Potong tahu pong dan siram dengan kuah yang sudah dibuat.

via masakapahariini.com

Dodol

Selain domba, Garut sendiri terkenal akan makanan khas Jawa Barat yang banyak dijajakan di kota ini. Makanan khas Jawa Barat yang Bob maksud adalah dodol.

Nah, bagi kamu yang ingin mencoba membuatnya di rumah, pastikanlah bahwa bahan-bahan seperti 350 gula putih, pasta aneka rasa, santan, 500 gram ketan putih, 200 krim susu, dan 250 gula merah.

Masak santan bersama air, gula, krim susu, ketan putih, dan gula merah. Kemudian, aduk hingga rata dan matang. Setelah itu, pisahkan adonan untuk menjadikannya berwarna-warni seperti gambar di bawah ini saat penggulungannya.

via wikimedia.org

Comro dan Misro

Makanan khas Jawa Barat terakhir di daftar Bob adalah comro dan misro. Kedua makanan ini memiliki bahan dasar yang sama yakni singkong yang diparut untuk kemudian dibentuk melonjong.

Perbedaannya hanya pada isiannya di mana comro berupa oncom dan misro berupa gula merah. Kamu bisa membuatnya di rumah dengan sangat mudah dengan beberapa bahan di atas ditambah 100 gram kelapa parut, ketumbar, garam, dan merica.

Campur singkong, kelapa parut, ketumbar, garam, dan merica. Setelah itu, bentuk adonan tersebut secara melonjong. Isi adonan tadi dengan isiannya baik itu oncom dan gula merah yang sudah diolah sedemikian rupa.

via pergikuliner.com

Menginap selama di Bandung? Langsung saja Datang ke Bobobox

Liburan ke Bandung memang menyenangkan dan akan semakin afdal jika kamu menginap sehari di kota kembang ini. Dari banyaknya penginapan di Bandung, cobalah untuk menginap di penginapan yang Bob rekomendasikan ini.

Hotel kapsul berfitur canggih ini menawarkan pengalaman menginap yang berbeda dibandingkan penginapan pada umumnya. Pasalnya, selama di Bobobox, kamu akan dimanjakan dengan fasilitas seperti pod yang luas, internet yang super cepat dan suasana yang nyaman!

Bagaimana? Tertarik untuk mencoba? Jika iya, unduh aplikasi Bobobox terlebih dahulu di sini untuk informasi lebih lanjut soal pemesanannya.

You might also like