Bobobox Indonesia
Experience More For Less sleep better and be inspired

Belajar Memasak Resep Makanan Italia Chicken Piccata

Resep makanan Italia ini wajib kamu masukkan ke daftar menu masakan kamu!

Selama di rumah, salah satu kegiatan yang paling banyak dilakukan adalah memasak dan resep makanan Italia cukup sering hadir menghiasi dapur-dapur keluarga.

Berbicara soal resep makanan Italia, kamu pasti sudah tidak asing lagi dengan yang namanya pasta. Atau mungkin pizza. Bagaimana dengan lasagna? Resep makanan Italia tersebut adalah beberapa contoh yang mudah ditemukan di Indonesia.

Nah, jika kamu bosan dengan resep-resep tersebut, Bob punya satu resep makanan Italia yang bisa kamu buat di rumah. Namanya adalah chicken piccata. Seperti apa sih resep makanan Italia yang satu ini? Yuk kita simak sama-sama cara membuatnya.

Apa itu chicken piccata?

resep makanan italia
Photo by Noonch on Flickr

Sejauh ini variasi ayam apa saja yang sudah kamu coba? Ayam goreng tepung? Ayam goreng mentega? Ayam kremes? Nah, seperti makanan olahan ayam tersebut, piccata juga adalah metode yang digunakan untuk membuat makanan.

Piccata berasal dari bahasa Italia yang berarti ditumbuk rata. Jadi, tidak heran jika resep makanan Italia chicken piccata berbentuk tipis dan memiliki tekstur yang renyah. Soalnya, daging yang tipis akan kehilangan kadar air di dalamnya sehingga menghasilkan tekstur yang memanjakan mulut.

Tidak hanya daging yang tipis, piccata juga adalah cara pengolahan di mana dagingnya dibaluri tepung, ditumis, lalu kemudian disajikan dengan saus. Meskipun lebih populer dengan menggunakan daging ayam, ternyata pada awalnya resep makanan Italia ini menggunakan veal atau daging sapi muda.

Biasanya, daging sapi muda ini diambil dari sapi muda jantan yang tidak dikembangbiakkan. Daging sapi muda adalah dagng yang umum digunakan di resep makanan Italia, Prancis, maupun Mediterania kuno.

Karena daging sapi muda tidak memiliki lemak sebanyak daging sapi pada umumnya, pengolahannya harus sangat diperhatikan agar daging tidak menjadi keras. Selain itu, daging sapi muda juga memiliki harga yang lebih mahal jika dibandingkan dengan daging sapi pada umumnya.

Penggunaan ayam untuk resep makanan Italia ini sebenarnya lebih populer di Amerika Serikat. Hal ini bisa disebabkan oleh konsumsi daging ayam di Amerika Serikat yang cukup tinggi. Di sisi lain, banyaknya imigran yang masuk ke Amerika Serikat juga menimbulkan akulturasi resep makanan Italia dan Amerika.

Oleh karena itu, layaknya piza dan resep makanan Italia lain yang sudah diadaptasi atau di-Americanized, chicken piccata juga termasuk salah satunya.

Meskipun piccata adalah cara memasak khas resep makanan Italia dan Prancis, beberapa adaptasi resep selain ayam pun sudah bermunculan. Resep makanan Italia ini sudah dibuat versi vegannya dengan menggunakan campuran kacang alih-alih daging.

Resep makanan Italia yang satu ini cukup mudah untuk dibuat, bahkan di rumah sekalipun. Daripada berlama-lama, mending langsung aja kita lihat cara pembuatannya.

Cara membuat resep makanan Italia chicken piccata

Bahan-bahan

  • 2 dada ayam tanpa kulit dan tulang, potong dua seperti kupu-kupu
  • Garam dan merica
  • Tepung serbaguna
  • 6 sendok makan mentega tawar
  • 5 sendok makan minyak zaitun
  • 80 ml air perasan jeruk lemon
  • 120 ml kaldu ayam
  • 45 gram asinan capers, bilas
  • 10 gram daun peterseli, cincang

Cara membuat

  • Bumbui dada ayam yang sudah dipotong dua dengan garam dan merica. Taburi dengan tepung. Setelah itu, tepuk-tepuk ayam untuk mengeluarkan sisa-sisa tepung.
  • Panaskan wajan berukuran besar menggunakan api sedang.
  • Lelehkan 2 sendok makan mentega bersamaan dengan 3 sendok makan minyak zaitun.
  • Ketika mentega dan minyak zaitun sudah mengeluarkan desisan, masukkan dada ayam ke dalam wajan lalu masak selama 3 menit.
  • Saat ayam sudah berwarna kecoklatan, balik ayam lalu masak sisi yang satunya selama 3 menit.
  • Angkat ayam yang sudah matang lalu pindahkan ke atas piring.
  • Lelehkan kembali 2 sendok makan mentega dan 2 sendok makan minyak zaitun di atas wajan. Masak dada ayam kedua dengan proses yang sama.
  • Untuk saus, masukkan air perasan jeruk lemon ke dalam wajan berserta kaldu ayam dan caper. Masak di atas wajan hingga mendidih. Keruk bagian kecoklatan yang ada di atas wajan sisa memasak ayam sebelumnya untuk tambahan rasa.
  • Tambahkan garam dan merica sesuai selera.
  • Masukkan ayam yang sudah dimasak sebelumnya ke dalam wajan.
  • Masak selama 5 menit dengan api kecil.
  • Setelah itu, sajikan ayam ke atas piring.
  • Sebelum menuangkan saus, masukkan sisa 2 sendok makan mentega ke dalam wajan berisi saus. Aduk hingga merata.
  • Terakhir, tuangkan saus ke atas ayam yang sudah ditaruh di atas piring.
  • Beri sentuhan terakhir dengan menambahkan daun peterseli sebagai penghias.

Saatnya mencoba resep makanan Italia chicken piccata di rumah

resep makanan italia
Photo by Raphael Nogueira on Unsplash

Gimana, gampang banget kan membuat resep makanan Italia yang satu ini? Chicken piccata bisa menjadi pilihan makanan untuk berbagai acara. Kamu mau masak untuk makan malam sendiri? Bisa. Mau membuat kagum sang kekasih dengan resep makanan Italia ini? Cocok. Untuk dimasak di acara kumpul keluarga juga bisa.

Rasa dari ayamnya yang gurih bertemu dengan saus lemon dan mentega yang creamy namun menyegarkan bisa menggugah selera siapa saja yang menyantapnya.

Biasanya, chicken piccata disajikan dengan pasta seperti spageti. Akan tetapi, jika kamu ingin menyajikannya dengan karbohidrat lain juga bisa. Bikin saja kentang goreng atau kentang tumbuk.

Dijamin pas banget deh. Nah, setelah membaca resep makanan Italia yang satu ini, jangan lupa untuk dibuat ya. Oh iya, kirim ke rumah Bob juga ya kalau bisa. Selamat mencoba!

Tetap bahagia dengan menginap di Bobobox

bobobox

Perut sudah kenyang menyantap resep makanan Italia chicken piccata. Kini saatnya kamu pergi liburan. Nggak perlu jauh-jauh ke Italia, di Indonesia juga banyak tempat liburan yang bisa kamu nikmati.

Yang namanya liburan tentunya belum lengkap tanpa tempat menginap. Nah, kalau kamu mencari tempat menginap yang terjangkau namun tetap nyaman, di mana lagi kalau bukan di Bobobox?

Bobobox adalah hotel kapsul yang cocok untuk traveller seperti kamu. Saat mencari tempat menginap, terkadang kamu pasti ingin kan tempat yang simpel, nggak banyak fasilitas yang aneh-aneh, namun nyaman dan terjangkau.

Di Bobobox, kamu bisa menemukan itu semua. Suasana tenang dan hening akan kamu dapatkan saat masuk ke pod-nya. Selain itu, desainnya yang modern juga enak untuk dinikmati.

Nggak cuma itu, teknologi yang digunakan juga canggih. Untuk memesan kamar, kamu bisa melakukannya melalui aplikasi Bobobox. Aplikasi ini, selain untuk memesan, juga berfungsi sebagai kunci kamar lho. Tinggal pindai saja QR code-nya.

Di kamarnya juga kamu akan menemukan lampu led yang bisa kamu atur sesuai dengan suasana hati kamu. Modenya pun ada banyak. Jadi, kamu bisa menyesuaikan lingkungan kamu supaya kamu bisa beristirahat dengan baik dan kembali beraktivitas dengan penuh semangat keesokan harinya.

Jadi, tunggu apa lagi? Liburan kali ini menginap saja di Bobobox. Bob tunggu kehadiran kamu ya!