Bobobox Indonesia
Experience More For Less sleep better and be inspired

Ingin Membuat Pasangan Bahagia? Ini Dia 10 Resep Masakan Enak dan Mudah yang Bisa Kamu Coba!

Yuk, langsung masakin pasanganmu, biar makin sayang! ;)

Di masa seperti ini, tidak ada salahnya jika kamu belajar berbagai skill baru, salah satunya skill memasak. Selain bikin makin betah di rumah aja, 10 resep makanan enak dan mudah ini pasti bisa bikin pasanganmu tambah bahagia. Let’s cook!

1. Nasi Goreng Ikan Asin

resep makanan enak dan mudah

(Image by @thecoffeecrowdofficial via Instagram)

Resep makanan enak dan mudah ini pas banget untuk kamu sajikan sebagai sarapan di rumah biar pasanganmu bahagia. Kalau mau dijadikan makan siang atau makan malam juga masuk, kok! 😉

Bahan-bahan:

  • 4 ikan asin klotok (bisa juga diganti jambal roti, pari, atau sesuai selera masing-masing).
  • 400 gram nasi putih.
  • 2 butir telur, kocok lepas.
  • 2 siung bawang putih, haluskan.
  • 1 buah cabai merah besar, iris tipis.
  • 1 tangkai daun bawang, iris serong.
  • Garam dan penyedap rasa secukupnya.
  • 2 sdm saus tiram.

Cara memasak:

  • Bersihkan ikan asin, rendam sebentar dengan air, potong kecil-kecil, kemudian tumis sebentar, lalu sisihkan.
  • Goreng/oseng-oseng telur dengan sedikit minyak yang telah dipanaskan, sisihkan.
  • Tumis bawang putih dan cabai merah hingga harum.
  • Setelah itu, masukkan nasi, aduk rata dengan bumbu tumis, lalu masukkan telur, aduk rata.
  • Tambahkan garam, penyedap, dan saus tiram, aduk hingga merata.
  • Terakhir, masukkan ikan asin dan daun bawang, lalu aduk rata hingga daun bawang layu.
  • Sajikan resep makanan enak dan mudah ini selagi panas.

2. Sambal Goreng Ati Ampela

resep makanan enak dan mudah

(Image by @sr2u_official via Instagram)

Nah, kalau resep makanan enak dan mudah yang satu ini pasti sering kamu temui saat hari raya Lebaran. Tapi ternyata cukup mudah kok untuk kamu coba sehari-hari. Yuk, langsung masak resep makanan enak dan mudah satu ini, ya!

Bahan-bahan:

  • 10 pasang ati ampela.
  • 7 buah kentang ukuran kecil.
  • 1/2 bungkus bumbu racik ayam goreng.
  • 4 lembar daun salam.
  • 6 lembar daun jeruk.
  • Garam, gula, dan penyedap rasa secukupnya.

Bahan bumbu halus:

  • 4 siung bawang putih.
  • 10 siung bawang merah.
  • 15 cabai merah keriting (bisa dikurangi atau ditambah sesuai selera).
  • 1 buah tomat.

Cara memasak:

  • Kupas dan cuci bersih kentang, potong dadu, goreng hingga matang, sisihkan.
  • Cuci bersih ati ampela, lalu ungkep dengan bumbu racik ayam goreng, air secukupnya, 2 lembar daun salam, dan 3 lembar daun jeruk. Setelah matang, dinginkan, potong-potong, lalu goreng sebentar, sisihkan.
  • Tumis hingga matang dan harum semua bumbu halus, 2 lembar daun salam, serta 3 lembar daun jeruk.
  • Tambahkan gula, garam, dan penyedap rasa secukupnya. Kemudian masukkan kentang dan ati ampela, aduk rata. Koreksi rasa, lalu sajikan selagi hangat.

3. Bakso Mercon Pedas

resep makanan enak dan mudah

(Image by @dapuraje via Instagram)

Resep makanan enak dan mudah yang satu ini cocok banget buat kamu para pencinta bakso yang pedas. Meski murah meriah, tapi ini nikmat banget, lho.

Bahan-bahan:

  • 20 butir bakso ayam/sapi.
  • 6 siung bawang merah.
  • 2 siung bawang putih.
  • 10 buah cabai merah besar.
  • 5 buah cabai rawit.
  • 3 butir kemiri.
  • 1/2 bulatan gula merah.
  • 2 lembar daun jeruk.
  • 3 cm lengkuas, geprek.
  • Garam, gula, dan penyedap rasa secukupnya.
  • Air.

Cara memasak:

  • Rebus semua cabai, bawang merah, dan bawang putih.
  • Haluskan kemiri beserta semua bahan yang telah direbus.
  • Setelah halus, tumis bumbu hingga matang, masukkan lengkuas dan daun jeruk.
  • Tambahkan air, masukkan bakso, aduk rata.
  • Masukkan gula merah, garam, gula, dan penyedap rasa, aduk rata. Masak hingga air menyusut dan bumbu meresap.
  • Sajikan langsung resep makanan enak dan mudah ini selagi hangat. Bisa juga sebagai teman nasi putih.

4. Mac n Cheese

resep makanan enak dan mudah

(Image by @the.luxury.foodie via Instagram)

Kalau resep makanan enak dan mudah satu ini pastinya pas banget kalau kamu lagi kepengen makan makanan western tapi yang simpel-simpel aja. Dijamin, resep makanan enak dan mudah ini bakal bikin dinner-mu dengan pasangan jadi terasa mewah.

Bahan-bahan:

  • 150 gram macaroni.
  • 2 lembar smoked beef, potong-potong.
  • 3 buah jamur kancing, iris tipis.
  • 2 sdm butter.
  • 2 sdm tepung terigu.
  • 80 gram keju cheddar parut.
  • 50 gram keju mozarella parut.
  • 300 ml susu cair full cream.
  • 1/2 siung bawang bombay, cincang.
  • 1 sdt parsley bubuk.
  • Garam, gula, dan lada secukupnya.

Cara membuat:

  • Rebus macaroni dalam air mendidih sampai matang (jangan lupa tambahkan garam pada air rebusan), tiriskan.
  • Panaskan butter dalam wajan, tumis bawang bombay sampai harum, masukkan smoked beef dan jamur, tumis.
  • Tambahkan tepung terigu, aduk rata, lalu masukkan susu cair sedikit demi sedikit sambil terus diaduk, kemudian tambahkan garam, gula, dan lada sambil terus diaduk hingga merata.
  • Masukkan semua keju, aduk rata, kemudian masukkan macaroni, aduk kembali hingga rata, matikan api.
  • Resep makanan enak dan mudah satu ini pun siap disajikan. Jangan lupa taburi parsley bubuk di atasnya.

5. Mie Goreng Kuah Nyemek

resep makanan enak dan mudah

(Image by @duniakulinersurabaya via Instagram)

Kalau pasanganmu bosan makan mie instan yang gitu-gitu aja, mungkin kamu bisa masakin resep makanan enak dan mudah yang satu ini. Happy trying!

Bahan-bahan:

  • 500 gram mie kuning basah, rendam air hangat sebentar, bilas, tiriskan.
  • 2 butir telur.
  • 5 butir bakso, iris-iris.
  • Udang secukupnya.
  • Kol, iris kasar.
  • Sawi hijau, iris kasar.
  • Tauge secukupnya.
  • Daun bawang dan seledri sesuai selera, iris.
  • 1 buah tomat merah, potong kasar.
  • Cabai rawit hijau secukupnya.
  • Garam, gula, dan lada secukupnya.
  • Kecap manis sesuai selera.
  • Kaldu ayam secukupnya.

Bahan bumbu halus:

  • 8 buah cabai merah keriting.
  • 8 siung bawang merah.
  • 4 siung bawang putih.
  • 4 butir kemiri sangrai.
  • 1 sdm udang kering atau ebi.

Cara memasak:

  • Tumis bumbu halus hingga harum dan matang. Lalu masukkan udang dan bakso, aduk-aduk. Setelah itu masukkan telur, orak-arik.
  • Tuang air kaldu, setelah mendidih masukkan kol, aduk dan masak hingga setengah layu, lalu masukkan mie, cabai rawit, sawi, tauge, dan tomat, lalu aduk rata.
  • Bumbui dengan garam, gula, merica, dan kecap manis, aduk rata. Ingat, jangan sampai kuah mengering.
  • Masak hingga semua matang, koreksi rasa, kemudian tambahkan daun bawang dan seledri, aduk hingga rata.
  • Kamu bisa sajikan resep makanan enak dan mudah satu ini dengan taburan bawang goreng supaya lebih nikmat.

6. Sup Jagung

resep makanan enak dan mudah

(Image by @tinakitchen.c via Instagram)

Kalau resep makanan enak dan mudah yang satu ini sih paling cocok dimakan saat cuaca dingin. Selain menghangatkan perut, makanan ini juga pasti akan bikin cintamu dan pasangan jadi makin hangat. 

Bahan-bahan:

  • 2 buah jagung, pipil, bagi dua menjadi 2 bagian. Blender kasar setengahnya, dan setengahnya lagi biarkan utuh.
  • 1 buah wortel, potong dadu kecil.
  • 200 gram daging cincang.
  • 3 siung bawang putih, cincang halus.
  • 3 sdm maizena, larutkan dengan air secukupnya.
  • 2 butir telur, kocok lepas.
  • Garam, gula, lada, dan kecap asin secukupnya.
  • 1 sdm minyak wijen.
  • Minyak goreng secukupnya.
  • Air secukupnya.

Cara memasak:

  • Tumis bawang putih hingga harum, masukkan daging cincang, tumis hingga berubah warna, lalu masukkan air secukupnya.
  • Setelah air mendidih, masukkan jagung dan wortel. Kemudian tambahkan minyak wijen, garam, gula, lada, dan kecap asin.
  • Setelah wortelnya hampir empuk, masukkan kocokan telur sedikit demi sedikit sambil diaduk memutar menggunakan garpu.
  • Kemudian masukkan larutan maizena sambil terus diaduk.
  • Jika sudah mendidih dan mengental kuahnya, matikan api. Sajikan resep makanan enak dan mudah ini selagi masih hangat.

7. Fried Chicken ala Rumahan

resep makanan enak dan mudah

(Image by @caribbeanpot via Instagram)

Nggak melulu harus beli di restoran ayam goreng cepat saji, kamu juga bisa masak sendiri fried chicken ala rumahan dengan resep makanan enak dan mudah yang satu ini.

Bahan-bahan:

  • 8 potong ayam.
  • 1/2 sendok makan garlic powder.
  • 2 sdt garam.
  • 1/2 sdt merica.

Bahan celupan:

  • 100 ml air es.
  • 2 sdm tepung sagu.
  • 1 sdm garlic powder.
  • 1/2 sdt garam.

Bahan pelapis:

  • 150 gram tepung terigu.
  • 150 gram tepung bumbu serbaguna.
  • 30 gram tepung sagu.
  • 1/2 sdt baking powder.
  • 1 sdt garam.
  • 1 sdt merica.

Cara memasak:

  • Lumuri ayam dengan campuran garlic powder, garam, dan merica, lalu masukkan ke dalam kulkas selama 30 menit.
  • Gulingkan ayam di bahan pelapis, lalu celupkan ke bahan celupan, kemudian masukkan kembali ayam ke bahan pelapis sambil dicubit-cubit agar tepungnya keriting.
  • Goreng (deep fry) dalam minyak panas hingga matang. Resep makanan enak dan mudah satu ini pas banget dimakan dengan nasi putih atau kentang goreng.

8. Sosis Mie Gulung

resep makanan enak dan mudah

(Image by @sogulmi_ via Instagram)

Meski makanan ini kedengaran sederhana, tapi mungkin resep makanan enak dan mudah yang satu ini bisa bikin kamu dan pasanganmu bernostalgia tentang jajanan masa SD. 😉

Bahan-bahan:

  • 3 bks indomie goreng.
  • 2 butir telur.
  • 6 buah sosis, potong menjadi dua bagian.

Cara memasak:

  • Kocok telur dengan semua bumbu indomie, sisihkan.
  • Rebus semua mie sampai matang, masukkan ke dalam kocokan telur, aduk rata, lalu diamkan sampai telur meresap pada mie.
  • Gulungkan mie ke semua sosis, langsung goreng dengan minyak panas di api kecil. Sajikan dengan saus sambal. Mudah banget bukan membuat resep makanan enak dan mudah yang satu ini?

9. Cah Brokoli Tahu

resep makanan enak dan mudah

(Image by @dithanovie via Instagram)

Bahagiain pasangan juga bisa dengan masakin makanan sehat, lho, seperti resep makanan enak dan mudah yang satu ini.

Bahan-bahan:

  • 1 buah brokoli ukuran besar.
  • 2 buah tahu sutra, potong-potong.
  • 1 tangkai daun bawang, iris.
  • 2 siung bawang putih, cincang halus.
  • 2 sdm kecap asin.
  • 1 sdt minyak wijen.
  • 1 sdm saus tiram.
  • 1 sdt kecap manis.
  • Garam, gula, lada secukupnya.
  • 1 sdt maizena, larutkan dengan sedikit air.
  • Air secukupnya.

Cara memasak:

  • Potong brokoli per kuntumnya, cuci bersih, lalu siram dengan air panas, tiriskan.
  • Tumis bawang putih hingga harum, masukkan brokoli, tambahkan semua bumbu ke dalamnya, aduk rata, tuangkan air, biarkan hingga mendidih.
  • Masukkan tahu sutra dan daun bawang, aduk perlahan hingga rata (jangan sampai tahu hancur), koreksi rasa, lalu masukkan larutan maizena, kemudian aduk hingga rata dan mengental.
  • Resep makanan enak dan mudah serta sehat ini pun siap disajikan untuk pasanganmu tersayang.

10. Salad Buah

resep makanan enak dan mudah

(Image by @foodnotestories via Instagram)

Untuk makanan penutupnya, pasti cocok banget kalau ditutup dengan yang manis dan segar seperti resep makanan enak dan mudah satu ini. Dijamin, pasangamu akan suka banget dan jadi semanis salad buah ini. 😀

Bahan-bahan:

  • 1/2 buah melon.
  • 1 buah apel.
  • 1 buah pir.
  • 100 gram stroberi.
  • 2 buah kiwi.
  • 200 gram anggur.
  • 200 gram keju cheddar parut.

Bahan saus:

  • 4 sachets susu kental manis.
  • 160 gram plain yoghurt.
  • 160 gram mayonnaise.

Cara membuat:

  • Potong-potong semua buah, pisahkan dari bijinya.
  • Untuk melon dan apel, rendam dulu sebentar dengan air hangat dan garam, lalu bilas dengan air matang biasa.
  • Campurkan semua buah, simpan dalam wadah.
  • Campur semua bahan saus, siramkan pada buah, lalu tambahkan topping keju di atasnya.
  • Simpan di lemari es, sajikan resep makanan enak dan mudah satu ini saat dingin agar lebih nikmat.

Pasti happy staycation di Bobobox!

Habis masakin buat pasangan, enaknya santai-santai dan istirahat, dong. Bosan santai-santai di rumah aja? Mau ke hotel, tapi gitu-gitu aja? Berarti ini saatnya kamu datang ke Bobobox! Hotel kapsul yang modern dan unik ini pasti bisa memberikan kamu pengalaman baru menginap di hotel.

Pod-nya yang unik dan nyaman pasti bikin kamu betah berlama-lama staycation di Bobobox. Selain itu, di dalam pod-nya juga terdapat lampu LED yang bisa disesuaikan dengan suasana hati kamu.

Untuk memesan kamar, kamu nggak usah khawatir bakal ribet, tinggal download aja aplikasinya. QR code yang ada di aplikasinya juga berfungsi sebagai kunci kamar lho. Keren, kan? Tunggu apa lagi? Ayo menginap di Bobobox! Happy staycation!

Oh iya, kamu juga bisa melihat langsung pods Bobobox lewat virtual 360° tour lho!

hotel kapsul untuk keluarga

You might also like