Bobobox Indonesia
Experience More For Less sleep better and be inspired

Sulap Hunianmu Jadi Spa Resort dengan 7 Resep Essential Oil Berikut!

Pilihan resep essential oil yang bikin suasana rumahmu seperti di spa!

Mungkin banyak dari kita yang mulai merasa bosan dengan kondisi tempat tinggal atau kamar kita. Penempatan furnitur atau skema warna interior kamar lama-lama nggak lagi terasa cantik atau menarik. Kalau sudah begini, kita perlu mengambil langkah buat me-refresh hunian atau kamar kita agar tetap nyaman. Kalau ruang pribadi kita nyaman, ‘kan kita juga pasti akan betah. Pikiran juga bisa lebih fresh.

Ada banyak tweak kecil yang kamu bisa lakukan untuk menyulap kamar atau hunianmu menjadi “baru”. Kamu bisa mengganti sarung bantal, mengecat dinding dengan warna lain, atau memasang wallpaper. Kamu juga bisa mengubah posisi furnitur, mengganti barang lama dengan barang baru, atau bahkan me-refurbish furnitur tua. Nggak akan kehabisan ide deh kalau sudah bicara soal ini!

resep essential oil
Sumber: https://unsplash.com/photos/4xRP0Ajk9ys

Baca Juga: Sulap Rumahmu Menjadi Hotel Mewah dengan 5 Trik Ini!


Selain itu, penggunaan essential oil sebagai aromaterapi juga bisa memberikan suasana baru ke kamar atau hunianmu. Menurut Cleveland Clinic, penelitian-penelitian menunjukkan bahwa essential oil dapat memperbaiki pola tidur dan mood. Selain itu, minyak ini juga bisa mengurangi kecemasan, rasa nyeri, mual, hingga inflamasi. Bahkan, beberapa minyak juga dapat membunuh bakteri, jamur, dan virus.

Nah, buat menyulap kamar atau hunian kamu jadi spa resort, Bob punya 7 resep essential oil yang kamu bisa coba. Dengan mencampurkan beberapa minyak, kamu bisa mendapatkan aroma yang unik, serta manfaat yang lebih beragam. Cukup siapkan diffuser atau burner, dan voila! Penasaran apa saja resep essential oil pilihan Bob? Langsung baca dari nomor satu, ya!

1. Autumn Chai Blend

Siapa bilang aroma chai tea yang khas hanya bisa didapatkan dari minuman di Starbucks? Dengan resep essential oil ini, kamu bisa menghadirkan aroma tersebut ke hunianmu. Dilansir dari New Directions Australia, kamu membutuhkan essential oil kayu manis, cengkih, pala, kapulaga, dan sweet orange. Gunakan 1 ml untuk semua minyak, kecuali minyak kapulaga karena kamu hanya perlu menggunakan 0,5 ml saja.

resep essential oil
Sumber: https://unsplash.com/photos/0l3mh0iy_dc

Campuran ini bisa menghasilkan aroma unik ala chai tea kesukaanmu. Cocok deh untuk cuaca dingin! Minyak sweet orange sendiri, dilansir dari Way of Will, ternyata bisa mendorong kesehatan uterus pada wanita. Sementara itu, menurut Honest Docs, minyak cengkeh mengandung antioksidan yang tinggi dan zat-zat antibakteri, serta antivirus.


Baca Juga: 10 Rekomendasi Minuman Hangat Tradisional yang Cocok Dinikmati Saat Musim Hujan


2. Sweet Dreams Blend

Sering susah tidur? Duh! Insomnia memang menyebalkan, ya! Namun, resep essential oil yang satu ini mungkin bisa membantu. Menurut Beautynesia, kamu bisa mencampurkan 4 tetes minyak lavender, 3 tetes minyak ylang-ylang, dan 2 tetes minyak lemon. Nggak hanya memudahkan tidur, campuran minyak ini juga bisa bikin tidur kamu lebih tenang. Tentunya jangan lupa berdoa sebelum tidur, ya!

resep essential oil
Sumber: https://www.pexels.com/photo/close-up-photo-of-woman-in-white-silk-robe-sleeping-on-a-bed-3765109/

Minyak lavender sendiri, dilansir dari verywellmind, adalah salah satu essential oil paling versatile. Minyak ini bisa meredakan kecemasan dan menghentikan insomnia. Menurut Healthline, minyak ylang-ylang bisa menurunkan tekanan darah, mengatasi depresi, bahkan mengusir serangga. Tentunya tidur akan jauh lebih nyaman saat nggak diganggu nyamuk-nyamuk nakal, ya!

3. Home Refresh Blend

Udara di rumah atau kamar terasa pengap dan sumpek? Resep essential oil berikut mungkin bisa jadi solusi. Dilansir dari Female Daily, kamu bisa mencampurkan 3 tetes minyak lavender, 3 tetes minyak peppermint, dan 3 tetes minyak lemon. Aroma lemon dan peppermint yang menyegarkan, dipadukan aroma lavender yang lembut membuat udara di rumah lebih segar! Udara sumpek? Nggak lagi!

resep essential oil
Sumber: https://www.pexels.com/photo/photo-of-plants-on-the-table-1005058/

Manfaat minyak lavender sendiri bisa kamu ketahui di poin sebelumnya. Minyak lemon, dilansir dari Healthline, membantu mengurangi mual di pagi hari, menurunkan kecemasan, dan meredakan gejala pilek. Sementara itu, menurut WebMD, minyak peppermint juga bisa memberikan manfaat yang sama, yaitu meredakan gejala pilak dan batuk. Bisa meredakan sakit kepala juga, lho!


Baca Juga: 7 Tanaman Dengan Manfaat Aromaterapis yang Bisa Ditanam Sendiri di Rumah


4. Invigorating Blend

Bob paham kadang ada hari-hari kita ngerasa lesu dan nggak bertenaga. Namun, dengan resep essential oil berikut ini, kamu bisa merasa lebih fresh dan berenergi! Dilansir dari The Essential Odyssey, blend ini terdiri atas minyak jahe dan minyak lemongrass. Bahan yang dibutuhkan tidak banyak. Kamu juga hanya perlu menggunakan tiga tetes untuk setiap minyak.

resep essential oil
Sumber: https://unsplash.com/photos/SFCdN8Z9sBA

Jahe sendiri merupakan salah satu bumbu dapur yang banyak digunakan di berbagai sajian Indonesia. Menurut doTERRA, minyak jahe bisa menghilangkan rasa mual, terutama saat dalam perjalanan. Jahe juga bisa memberikan energi tambahan. Sementara itu dilansir dari Medical News Today, minyak lemongrass bisa meredakan gangguan pada perut, menghilangkan sakit kepala, dan mengurangi inflamasi.

5. Self-Assurance Blend

Namanya roda kehidupan, pasti selalu berputar. Kadang posisi kita di atas, kadang posisi kita di bawah. Saat kamu mulai merasa nggak pede, down, dan nggak bersemangat, resep essential oil yang satu ini boleh dicoba. Racikan ini, dilansir dari Loving Essential Oils membutuhkan minyak grapefruit dan minyak vetiver. Gunakan lima tetes untuk masing-masing minyak.

resep essential oil
Sumber: https://unsplash.com/photos/xpnRRH6z2NA

Minyak grapefruit, menurut Healthline, bermanfaat menyeimbangkan mood dan menekan nafsu makan. Jadi, penggunaannya cocok banget buat kamu yang ingin menjalani diet. Minyak ini juga bisa menurunkan tingkat stres. Sementara itu vetiver atau akar manis, dilansir dari WebMD, bisa meredakan stres dan bahkan trauma emosional. Dijamin mood kamu akan kembali membaik deh!


Baca Juga: Alami Stres Berat? Lakukan Tips Menurunkan Stres dari Bob Berikut Ini


6. Focus Blend

Susah fokus saat sedang bekerja atau belajar di rumah? Racikan essential oil berikut mungkin bisa membantu. Dilansir dari Redefined Mom, kamu membutuhkan minyak basil, rosemary, lemon, peppermint, grapefruit, dan lavender. Untuk minyak basil dan rosemary, cukup gunakan satu tetes. Sementara itu, gunakan dua tetes untuk minyak-minyak lainnya.

resep essential oil
Sumber: https://unsplash.com/photos/e5sTz361Jzg

Dilansir dari Netmeds, minyak basil sendiri sering kali digunakan pada kulit dan rambut. Selain membersihkan kulit, minyak ini juga bisa membasmi jerawat dan mengatasi ketombe. Sementara itu menurut Intrepid Mental Health, minyak rosemary membantu meredakan stres dan kecemasan, serta meningkatkan daya ingat. Cocok banget nih buat kamu yang lagi belajar atau menghafal materi.

7. Immune Booster Blend

Resep essential oil yang terakhir cocok banget buat kondisi seperti sekarang. Pandemi yang belum berakhir dan cuaca yang kurang bersahabat bisa jadi ancaman buat daya tahan tubuhmu. Dilansir dari Got Oil Supplies, kamu bisa menggunakan minyak rosemary, minyak kayu manis, minyak cengkih, dan minyak eukaliptus. Gunakan tiga tetes minyak rosemary dan satu tetes minyak eukaliptus. Untuk minyak kayu manis dan cengkih, gunakan masing-masing dua tetes.

resep essential oil
Sumber: https://www.pexels.com/photo/ceramic-mug-with-coffee-1405761/

Manfaat minyak rosemary dan cengkih sudah Bob sebutkan di atas. Kayu manis sendiri, dilansir dari Well and Good, kaya akan zat antibakteri dan bisa melancarkan sirkulasi darah. Minyak ini juga bisa meredakan pilek. Sementara itu menurut doTERRA, minyak eukaliptus biasanya digunakan untuk melemaskan otot yang tegang. Minyak ini juga bisa memberikan dorongan energi tambahan.

Punya Resep Essential Oil Favorit ala Kamu?

Kamu bisa share resep kesukaan kamu atau racikan kamu sendiri sama Bob. Dengan resep-resep di atas, semoga kamu bisa menghadirkan suasana baru ke hunian atau rumahmu, ya. Namun, gunakan essential oil secara tepat dan cari tahu risiko atau efek samping dari beberapa minyak, ya. Selain itu, yang jelas jangan lupa menjaga kebersihan dan kerapian tempat tinggalmu supaya tetap nyaman.

Kalau kamu perlu suasana baru tanpa harus keluar banyak dana, coba deh workcation di Bobobox. Dengan pod yang luas dan nyaman, serta berbagai fasilitas penunjang, liburan atau menginap di hotel kapsul bakalan terasa unik dan berbeda! Apalagi di setiap pod dilengkapi pencahayaan yang kamu bisa atur sesuai keinginan, serta Bluetooth speaker. Bakalan betah deh!

Download juga aplikasi Bobobox ke ponselmu. Aplikasi ini tersedia gratis untuk platform Android dan iOS. Kamu juga bisa memesan pod secara langsung lewat aplikasi Bobobox. No ribet deh! Beragam promo menarik juga tersedia untukmu dan tentunya sayang kalau sampai terlewatkan!

You might also like