Bobobox Indonesia
Experience More For Less sleep better and be inspired

Resep Awet Muda Selama #dirumahaja

Tetap awet muda di hari tua

Di tengah pandemi global akibat virus corona COVID-19, pemerintah pun mengimbau agar masyarakat tetap tinggal di rumah saja. Agar waktu kamu tidak terbuang sia-sia saat berada di rumah, kamu bisa melakukan beberapa resep awet muda supaya tetap sehat dan bahagia.

Dengan aktivitas kamu yang terbatas di dalam rumah saja, kamu tentu akan merasa sangat bosan dan kurang bergerak. Situasi ini bisa saja mengakibatkan penuaan yang berlangsung dengan cepat.

Maka dari itu, untuk menghambat proses penuaan, kamu bisa mencoba beberapa resep awet muda yang bisa kamu lakukan walau di rumah saja.

Tentunya kamu harus melakukan resep awet muda tersebut dengan senang hati dan penuh semangat agar hasilnya pun memberikan dampak positif pada tubuh kamu.

Hati yang senang dan tubuh yang bugar adalah faktor yang dapat membantu kamu tetap awet muda.

Nah biar tidak berlama-lama, yuk simak beberapa resep awet muda yang wajib kamu coba saat di rumah saja!

Minum Air Putih

@janasabeth

Salah satu resep awet muda adalah dengan banyak meminum air putih setiap harinya. Jika kamu tidak cukup minum air putih, maka kulit kamu akan lebih cepat menua.

Umumnya, kamu disarankan untuk minum sekitar delapan sampai sembilan gelas air per hari.

Kalau kamu memang sering banyak minum air putih, tidak masalah jika kamu meminum lebih dari sembilan gelas. Hanya saja, kamu dianjurkan untuk tidak minum lebih dari satu liter per jamnya.

Perlu diingat, kamu harus menghindari meminum minuman bersoda atau kemasan yang banyak mengandung gula karena hal itu tidak baik untuk kulit.

Konsumsi Buah dan Sayur

@danielcgold

Selain menghidrasi kulit dengan air putih, mengonsumsi buah dan sayur juga merupakan salah satu resep awet muda yang dapat menghambat penuaan.

Kandugan gizi dalam buah dan sayur sudah terbukti dapat diserap baik oleh tubuh dan menutrisi kulit kamu.

Buah dan sayur sendiri mengandung berbagai zat-zat penting yang bekerja untuk melawan inflamasi pada organ yang dapat menyebabkan penuaan.

Belajar

@heftiba

Bagi sebagian orang, belajar mungkin dianggap hal yang membosankan atau bahkan memusingkan.

Namun, proses belajar sendiri dapat membantu merangsang otak agar tetap aktif dan sel otak yang terus aktif dapat membantu mencegah penuaan. Maka dari itu, belajar juga bisa dianggap sebagai sebuah resep awet muda.

Belajar sendiri bisa kamu lakukan dalam berbagai bentuk. Kamu bisa mulai dengan membaca buku dengan genre kesukaan kamu atau mempelajari sesuatu yang baru, misal bahasa asing.

Menurut sebuah penelitian, orang yang menguasai lebih dari satu bahasa dapat terhindar dari risiko pikun di usia tua.

Selain itu, belajar bahasa juga akan meningkatkan kinerja otak kamu karena proses ini melibatkan baik otak kiri maupun otak kanan.

Selain membaca buku, kamu pun bisa belajar dengan menonton film atau video dan juga berdiskusi.

Karena kondisi sedang #dirumahsaja, kamu bisa memanfaatkan teknologi yang ada. Kamu bisa berdiskusi ringan dengan teman kamu via chat atau telepon.

Kamu juga bisa mengikuti seminar-seminar online dengan tema yang menarik perhatian kamu agar kamu tidak merasa bosan.

Permainan yang membutuhkan strategi dan konsentrasi tinggi pun bisa dianggap sebagai proses belajar.

Kamu tinggal pilih aktivitas belajar yang sesuai minat kamu agar kamu tetap senang dan mendapatkan efek awet muda.

Olahraga

@dane_aw

Resep awet muda selanjutnya yang wajib banget kamu coba adalah olahraga. Saat ruang gerak kamu hanya terbatas di dalam rumah saja, kamu mungkin lebih tergoda untuk banyak berdiam diri misal duduk atau rebahan.

Agar otot-otot di tubuh kamu tidak kaku, kamu bisa melakukan olahraga ringan setiap hari selama di rumah.

Berdasarkan penelitian, perempuan yang kurang bergerak kemungkinan memiliki usia tubuh delapan tahun lebih tua dari usia sebenarnya.

Studi lainya juga mengungkapkan bahwa olahraga teratur dapat memperlambat gejala penuaan serta membantu meredakan stres yang merupakan salah satu faktor penuaan.

Lebih lanjut, keringat yang kamu keluarkan saat berolahrga akan memperkuat kekencangan kulit kamu lho.

Maka dari itu, ada baiknya kamu mengikuti resep awet muda ini agar tubuh kamu tetap sehat, bugar, dan tidak cepat menua.

Kamu bisa memilih jenis olahraga yang kamu inginkan misalnya yoga, aerobik, kardio, lompat tali, lari di tempat atau jogging dengan treadmill, dan masih banyak lagi pilihan olahraga lainnya.

Untuk waktunya, kamu bisa tentukan sendiri apakah di pagi, sore, atau malam hari.

Perawatan Kulit

@christinhumephoto

Salah satu resep awet muda yan paling ampuh untuk penampilan kamu adalan perawatan kulit. Merawat kulit tidak perlu jauh-jauh ke salon kecantikan, kamu cukup melakukannya di rumah saja.

Perawatan untuk kulit sendiri memang banyak ragamnya, tapi kamu hanya perlu melakukan perawatan sederhana saja.

Hal yang paling mendasar yang harus kamu lakukan untuk mengikuti resep awet muda ini adalah mencuci muka dengan sabun yang cocok di kulit kamu.

Tidak perlu sering-sering, cukup lakukan dua kali sehari saja, yaitu di pagi hari dan sebelum tidur.

Jika kamu tidak membersihkan muka sebelum tidur, regenerasi sel kulit yang terjadi saat kamu tidur akan terhambat dan pori-pori pun bisa tersumbat.

Setelahnya, kamu bisa mengaplikasikan rangkaian perawatan kecantikan lainnya seperti toner, serum, pelembab, sunscreen (di pagi hari walau tetap di dalam rumah), krim anti-aging, krim mata dan sebagainya.

Selanjutnya, kamu tidak boleh melupakan eksfoliasi yang bisa kamu lakukan maksimal dua kali seminggu atau satu kali saja seminggu kalau kulit kamu sangat sensitif.

Terlalu sering melakukan eksfoliasi juga tidak baik untuk kulit, malah akan merusak kulit dan mempercepat proses penuaan.

Tidur yang Cukup

@anniespratt

Tidur yang cukup dan berkualitas adalah salah satu resep awet muda yang juga dapat menyegarkan tubuh kamu.

Pada dasarnya, tubuh kamu memerlukan waktu untuk meregenerasi sel-sel kulit mati dan menggantinya dengan yang baru.

Saat sedang di rumah saja, kamu mungkin akan lupa waktu dan begadang semalaman, entah untuk menyelesaikan pekerjaan, maraton film, atau hal-hal lainnya.

Kurang tidur biasanya akan berdampak besar pada kulit kamu. Kamu akan terlihat lebih tua dalam semalam, kemudian dalam seminggu, kamu akan melihat tanda-tanda kerusakan pada kulit.

Jadi, jangan biasakan tidur telat dan begadang agar kamu selalu segar setiap harinya.

Bingung cari penginapan nyaman tapi harganya terjangkau? Yuk ke Bobobox, hotel kapsul berlogo koala yang sudah hadir di tiga kota besar di Indonesia yaitu Bandung, Jakarta, dan Semarang.

Banyak fitur-fitur menarik yang akan menemani kamu saat menginap di Bobobox. Beberapa di antaranya adalah QR code sebagai akses masuk kamar kamu, pengaturan cahaya lampu yang bisa kamu atur sesuai mood, dan Bluetooth speaker untuk mengalunkan lagu-lagu favorit kamu.

Yuk unduh aplikasinya dan dapatkan pengalaman menginap tak terlupakan bersama Bobobox!