Bobobox Indonesia
Experience More For Less sleep better and be inspired

Rencana Liburan Ke Luar Negri? Yuk Perpanjang Paspor di Mal Pelayanan Publik

Mudah, nyaman, dan aman

Kamu sudah punya rencana liburan ke luar negri? Kalau sudah, jangan sampai rencana liburan kamu gagal karena paspor kamu kadaluwarsa ya. Lakukan perpanjangan sesegera mungkin.

Perpanjangan paspor ini ternyata tidak hanya bisa dilakukan di Kantor Imigrasi saja lho. Kamu juga bisa memperpanjang paspor di Mal Pelayanan Publik. Penasaran kayak gimana? Simak terus di sini ya supaya rencana liburan kamu bisa terlaksana dengan baik.

Antisipasi rencana liburan kamu dari kegagalan di mal pelayanan publik

rencana liburan
@stormblast

Mal Pelayanan Publik memiliki konsep yang serupa dengan mal lain pada umumnya. Hanya saja, alih-alih toko, berbagai macam pelayanan publiklah yang ada di dalamnya.

Mal Pelayanan Publik (MPP), adalah sebuah tempat di mana berbagai macam pelayanan publik bisa diakses dalam satu gedung, baik itu pelayanan dari pemerintah pusat, daerah, ataupun swasta.

Mal Pelayanan Publik adalah generasi ketiga layanan terpadu yang ada di Indonesia. Sebelumnya sudah ada Pelayanan Terpadu Satu Atap (PTSA) yang merupakan generasi pertama dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (PTSP) yang merupakan generasi kedua.

Termasuk di dalam mal pelayanan publik adalah layanan perpanjangan paspor yang dikelola oleh Kantor Imigrasi. Pada dasarnya, proses memperpanjang paspor di MPP dan di Kantor Imigrasi sama saja. Yang membedakan hanyalah jumlah antrian dan kenyamanan bangunan. MPP adalah tempat mudah untuk menyelamatkan rencana liburan kamu.

5 Tips Mudah Cara Memperpanjang Paspor

Cara perpanjang paspor di MPP

  • Mengambil nomor antrian online melalui situs antrian imigrasi atau gunakan aplikasi Layanan Paspor Online.
  • Daftarkan akun kamu.
  • Lengkapi kolom pendaftaran dengan data diri kamu.
  • Pilih menu “antrian”.
  • Kamu akan disajikan tampilan peta lokasi kantor-kantor imigrasi.
  • Pilih lokasi yang sesuai dengan keinginan kamu.
  • Kemudian, pilih jenis permohonan, tanggal, dan waktu kedatangan.
  • Setelah, kamu akan mendapatkan barcode yang perlu kamu simpan dalam bentuk PDF atau screenshot.
  • Tunjukkan barcode pada petugas pelayanan saat waktu kedatangan.
  • Saat di mal pelayanan publik, kamu harus mengambil nomor antrian lagi karena yang mengurus di hari itu bukan hanya kamu.
  • Setelah nomor kamu dipanggil, kamu akan diminta untuk menyerahkan dokumen-dokumen yaitu KTP asli beserta fotokopiannya paspor lama asli beserta fotokopiannya.
  • Terakhir, kamu akan difoto dan diwawancara.
  • Setelah itu, kamu akan diberikan tanda ambil paspor untuk pengambilannya nanti, 7 hari untuk paspor biasa dan 14 hari untuk paspor elektronik.

Soal harga, paspor biasa akan dikenakan biaya sebesar Rp350.000, sedangkan paspor elektronik dikenakan biaya sebesar Rp650.000 (sudah termasuk gratis visa ke berbagai negara).

Selain memperpanjang paspor, di mal pelayanan publik kamu juga bisa memperpanjang sim dan mengurus dokumen-dokumen lain. Berikut adalah instansi lain yang bisa kamu temukan di mal pelayanan publik.

  1. PLN
  2. BPJS Kesehatan
  3. BPJS Ketenagakerjaan
  4. Jasa Raharja
  5. Disdukcapil
  6. Badan Pajak dan retribusi
  7. Kepolisian RI
  8. Badan Pertanahan Nasional
  9. Badan Koordinasi Penanaman Modal
  10. Ditjen Administrasi Hukum Umum
  11. Ditjen Bea dan Cukai
  12. Ditjen Pajak

Tips Lengkap Membuat Paspor Anti Ribet Dan Pasti Cepet

Terlambat perpanjang paspor? Ubah rencana liburan kamu

5 Destinasi Liburan Anti Mainstream Ini Bikin Liburan Kamu Di Bandung Nggak Ngebosenin!

Gimana, mudah banget kan prosesnya? Kamu nggak perlu khawatir rencana liburan kamu terganggu kalau begini. Tapi, kalau ternyata rencana liburan kamu ke luar negri gagal, kamu nggak perlu sedih. Ubah rencana liburan kamu menjadi sesuatu yang lebih simpel dan murah. Salah satunya yaitu staycation di Bobobox.

Di hotel kapsul yang satu ini, kamu bisa menginap dengan nyaman dan merasakan suasana yang modern dan futuristik. Kamu bisa memesan kamar melalui situs atau aplikasi Bobobox. Selain untuk pemesanan, aplikasi ini juga berfungsi sebagai kunci kamar dan pengatur lampu led.

Jadi, tunggu apa lagi? Ganti rencana liburan kamu dengan menginap di Bobobox!

You might also like

Leave A Reply

Your email address will not be published.