Bobobox Indonesia
Experience More For Less sleep better and be inspired

Bukan Cuma Cappadocia! Inilah 7 Rekomendasi Wisata Turki yang Nggak Kalah Keren!

Akhir-akhir ini, kamu mungkin sering melihat nama Cappadocia berseliweran di timeline atau homepage media sosialmu. Ya, berkat serial Layangan Putus, nama Cappadocia jadi melambung di jagat internet Indonesia. Dilansir dari Turkey Tourism, Cappadocia adalah sebuah kawasan di wilayah Anatolia yang terkenal dengan keunikan bentang alamnya. Lanskapnya yang berbukit membuatnya tampak seperti sebuah tempat di luar angkasa!

Cappadocia juga rumah bagi balon-balon udara. Kita bisa naik ke balon udara dan melihat pemandangan kawasan ini dari ketinggian. Keindahan tempat wisata di Turki ini memang bikin semua orang terpesona. Nggak heran ini jadi dream destination bagi banyak orang. Mbak Kinan, it’s not just your dream; it’s our dream too, Mbak! Bahkan, menurut Kompas, sebuah agen perjalanan sampai menawarkan paket wisata Cappadocia. Paket ini mencakup liburan selama sembilan hari bersama Mommy ASF, penulis Layangan Putus

rekomendasi wisata turki
Sumber: @timgarifov/Unsplash

Baca Juga: Mengenal Cappadocia, Negeri Indah di Tanah Turki


Namun, negara beribukota Ankara ini nggak hanya punya Cappadocia sebagai destinasi wisata populer. Ada lebih banyak rekomendasi wisata Turki yang nggak kalah keren dan mengagumkan untuk ditelusuri. Buat kamu penyuka sejarah, Turki juga menawarkan banyak tujuan-tujuan wisata historis dan edukatif. Apalagi, di Turki juga banyak pilihan kuliner yang lezat dan bikin nagih!

Nah, di artikel ini Bob mau kasih kalian 7 rekomendasi wisata Turki yang lain. Pilihan-pilihan destinasi ini bisa melengkapi liburan kamu di Turki bareng keluarga atau teman-teman. Yang pasti, tempat-tempat pilihan Bob nggak kalah hebat dan populer dari Cappadocia, kok! Apa saja rekomendasi tempat wisata Turki dari Bob? Cek dari nomor satu, ya!

1. Ölüdeniz

Ingin menikmati summer vacation di Turki? Rekomendasi wisata Turki yang satu ini layak kamu lirik. Ölüdeniz adalah sebuah desa wisata yang berada di Distrik Fethiye, Provinsi Mugla. Menurut dari Planetware, kata “ölüdeniz” berarti “laut mati” karena kadar garam di air lagunanya lebih tinggi. Ini artinya, seperti di Laut Mati, kamu bisa mengambang dengan mudah saat berenang di laguna ini. 

rekomendasi wisata turki
Sumber: @abrizgalov/Unsplash

Seperti yang Bob bilang, daya tarik utama Ölüdeniz adalah pantai dan lagunanya yang cantik. Lanskap kawasan ini dipercantik oleh hutan pinus dan pegunungan. Pokoknya keren banget deh! Di kawasan ini juga terdapat Ölüdeniz National Park yang kamu bisa kunjungi. Taman nasional tersebut juga punya area pantai dengan pemandangan Laut Mediterania dan pantai laguna. Buat kamu yang suka tantangan, kamu juga bisa mencoba paragliding di sini.


Baca Juga: Termasuk Hidden Gem, Ini Dia 7 Pantai Tersembunyi Di Jogja Yang Jarang Orang Tahu


2. Kota Tua Tlos

Ingin kembali ke masa lalu? Kamu harus main ke rekomendasi wisata Turki yang ini. Masih berada di Provinsi Mugla, ada reruntuhan kota tua yang dikenal dengan nama Tlos. Menurut Travel to Fethiye, Tlos adalah salah satu kota tertua yang konon sudah ada sejak tahun 2000 sebelum Masehi. Kota ini juga menjadi bagian dari kekaisaran Romawi, serta pusat episkopal di masa keemasan kekaisaran Byzantium.

rekomendasi wisata turki
Sumber: Essence Travel/TripAdvisor

Di kompleks reruntuhan kota Tlos ini, kamu bisa melihat makam Bellerophon di kaki bukit. Menurut legenda, Bellerophon adalah seorang pahlawan yang mengorbankan dirinya untuk membunuh monster Chimera. Selain itu, di kompleks ini juga ada sebuah amfiteater raksasa yang bisa menampung 20.000 penonton. Dari kawasan ini, kamu juga bisa melihat pemandangan sungai Esen. Di puncak bukit pun, kamu bisa menemukan sebuah benteng dari era Ottoman.

3. Hagia Sophia

Kalau lihat dari penampilannya, rekomendasi wisata Turki yang ini pasti sudah nggak asing. Berada di Istanbul, Hagia Sophia adalah simbol keberagaman agama di Turki. Menurut Muze Istanbul, pembangunan Hagia Sophia berlangsung pada tahun 523 Masehi. Ikon Istanbul ini juga pernah menjadi gereja Romawi Timur terbesar. Kubahnya yang besar dengan minaret-minaret yang menjulang membuat bangunan ini begitu ikonik. Setelah itu, gereja ini beralih fungsi menjadi masjid pada periode Ottoman.

turki
Sumber: @ibuzn/Unsplash

Uniknya, Hagia Sophia mengalami perubahan menjadi museum di tahun 1934. Sejak tahun 1985, Hagia Sophia juga terdaftar sebagai situs warisan dunia UNESCO. Namun, di tahun 2020 Mahkamah Agung Turki memutuskan untuk mengubah kembali Hagia Sophia sebagai masjid. Presiden Turki, Recep Tayyip Erdogan bahkan menghadiri peresmian kembali Hagia Sophia sebagai masjid. Gaya arsitekturnya yang indah membuat masjid ini nggak boleh terlewatkan dari kunjunganmu ke Istanbul!


Baca Juga: Siap-Siap Dibikin Takjub Oleh 7 Masjid Paling Unik Di Indonesia!


4. Pamukkale

Putih seputih kapas. Ya, inilah Pamukkale, kawasan unik yang berada di Provinsi Denizli. Menurut UNESCO, kawasan Pamukkale atau “Istana Kapas” terbentuk dari hutan mineral dan kolam-kolam air panas alami. Nggak heran kalau kawasan ini memiliki julukan istana kapas. Pasalnya, kolam-kolam air panas ini terbentuk dari batu apung yang berwarna putih bersih. Air-airnya pun tampak kebiruan saat terkena cahaya matahari. Cantik banget!

Sumber: Wallpaper Access

Di akhir abad kedua sebelum Masehi, kawasan ini menjadi kota spa Hierapolis. Di sekitar kawasan Pamukkale juga terdapat reruntuhan bangunan Greko-Roman seperti pemandian, nekropolis, dan amfiteater. Sampai sekarang, para pengunjung bisa menikmati air panas alami di kolam-kolam dangkal yang sudah disediakan. Menurut World Atlas, air yang ada di 17 kolam di sini memiliki suhu berkisar 35-100 derajat Celsius. Serasa rendam kaki di lautan awan, ya?

5. Masjid Biru

Turki punya banyak masjid yang cantik. Selain Hagia Sophia, rekomendasi wisata Turki berikut juga merupakan masjid yang nggak kalah menawan. Masjid Biru atau Masjid Sultan Ahmed adalah destinasi wisata religi yang sayang kalau sampai terlewatkan. Menurut situs resminya, masjid ini dibangun pada tahun 1609 hingga 161 pada masa pemerintahan Ahmed I. Masjid ini mendapatkan julukan Masjid Biru karena ubin-ubin birunya yang mendominasi interior masjid. 

Sumber: @adliwahid/Unsplash

Seperti halnya Hagia Sophia, masjid ini punya kubah dan minaret yang cantik. Ada lima kubah utama, enam minaret, dan delapan kubah kecil. Menurut Wikipedia, masjid ini sudah menjadi situs warisan dunia UNESCO sejak tahun 1985. Berkapasitas 10.000 orang, siapa pun boleh berkunjung ke masjid ini. Namun, pastikan kamu tetap tertib dan tidak berisik, serta mengenakan pakaian yang tertutup, ya. Masjid ini juga berada dekat dari kawasan Hagia Sophia, lho!


Baca Juga: Tak Hanya Benda, Berikut Warisan Budaya Tak Benda Yang Menarik Untuk Kamu Ketahui


6. Istana Topkapi

Rekomendasi wisata Turki yang ini juga jangan terlewatkan saat kamu berada di Istanbul. Berada tak jauh dari Hagia Sophia, Istana Topkapi adalah saksi sejarah Turki di era kekasiaran Ottoman. Menurut Muze Istanbul, istana ini dibangun pada tahun 1453. Istana ini memiliki banyak paviliun cantik, taman, dapur, serta harem dengan 300 kamar. Ada sekitar 30 sultan yang pernah menjadikan istana bergaya Eropa, Ottoman, dan Islam ini tempat tinggal mereka.  

rekomendasi wisata turki
Sumber: Mimary

Menurut Britannica, Istana Topkapi juga memiliki perpustakaan yang menyimpan koleksi buku dan manuskrip tua. Di tahun 1924, istana ini beralih fungsi menjadi museum dan beberapa bangunannya mendapatkan renovasi. Dalam setahun, Istana Topkapi menerima lebih dari tiga juta pengunjung. Kalau kamu berlibur ke Istanbul, jangan lewatkan kunjungan ke museum ini, ya!

7. Grand Bazaar

Para shopaholic sepertinya akan senang dengan rekomendasi wisata Turki yang satu ini. Berada di Istanbul, Grand Bazaar adalah destinasi belanja yang nggak boleh terlupakan! Menurut Lonely Planet, pasar ini pada awalnya merupakan sebuah gudang di tahun 1461. Namun, Grand Bazaar kemudian bermetamorfosis menjadi pasar besar yang meliputi banyak gang, toko, gudang, hingga karavan. Menurut Wikipedia, di area seluas 30.700 meter persegi ini, ada 61 jalan dan lebih dari 4.000 toko. Awas kesasar, lho!

Sumber: @ethanjameson/Unsplash

Grand Bazaar juga dianggap sebagai salah satu pasar terbesar dan mal tertua di dunia. Di sini, kamu bisa menemukan bermacam-macam barang. Dari lampu antik, permadani, hingga makanan, semua ada di sini. Kafe-kafe dan restoran-restoran pun menjamur di sini, menyajikan beragam sajian Turki yang lezat. Setiap harinya, ada 250-450 ribu pengunjung yang datang dan berbelanja di sini. Kira-kira, kamu mau belanja apa kalau ke sini?

Belum Bisa ke Rekomendasi Wisata Turki Pilihan Bob? No Worries!

Itulah 7 rekomendasi tempat wisata populer di Turki pilihan Bob. Semoga rekomendasi dari Bob bisa masuk ke list kamu, ya! Namun, soal liburan seru sebetulnya kamu nggak perlu jauh-jauh ke luar negeri. Kamu masih bisa staycation asyik dengan teman atau keluarga di Bobobox. Dengan pod yang luas dan nyaman, serta interior bergaya futuristik, pengalaman liburan di hotel kapsul akan terasa unik! Apalagi, di setiap pod sudah ada Bluetooth speaker dan adjustable lighting. Nggak akan mati gaya!

Kamu juga bisa download aplikasi Bobobox sebelum menginap. Lewat aplikasi ini, kamu bisa memesan pod secara langsung dan mendapatkan beragam promo seru. Aplikasi ini tersedia untuk platform Android dan iOS secara gratis. Metode pembayaran yang variatif dan fitur seru juga sudah disematkan ke aplikasi ini. Jadi, yuk liburan di Bobobox! Bob tunggu lho!

You might also like