Bobobox Indonesia
Experience More For Less sleep better and be inspired

Liburan ke Tanah Laskar Pelangi, Jangan Lewatkan 7 Rekomendasi Tempat Wisata Belitung Ini!

Pilihan rekomendasi tempat wisata Belitung yang nggak mainstream!

Siapa sih yang nggak kenal film Laskar Pelangi? Film drama yang dirilis di tahun 2008 ini merupakan adaptasi dari novel Laskar Pelangi milik Andrea Hirata. Kisah perjuangan para siswa SD Muhammadiyah Gantong dalam mengejar cita-cita mereka. Baik novel maupun filmnya sama-sama mencetak banyak rekor. Novelnya sendiri, dilansir dari Gramedia, telah diterbitkan dalam 25 versi bahasa asing di 130 negara. Sementara itu, dilansir dari Miles Films, filmnya meraih banyak penghargaan, termasuk di ajang Singapore International Film Festival 2009.

rekomendasi tempat wisata belitung
Sumber: nurhidayah1503.blogspot.com

Diperankan oleh Cut Mini, Ikranagara, dan Lukman Sardi, Laskar Pelangi berlatar di Belitung, seperti novelnya. Dalam film, kita bisa melihat berbagai tempat-tempat cantik dan memikat yang ada di Belitung. Pulau ini sendiri merupakan bagian dari Provinsi Bangka-Belitung dan terbagi menjadi dua kabupaten. Dilansir dari Liputan6, Belitung telah menjadi salah satu destinasi prioritas di Indonesia dan menawarkan flight internasional langsung. Wih!


Baca Juga: Nikmati Liburan Penuh Warna di 10 Tempat Wisata Warna-Warni Indonesia Berikut Ini!


Dengan makin berkembangnya pariwisata Belitung, pulau ini cocok kamu jadikan destinasi liburan berikutnya. Nah, Bob punya 7 rekomendasi tempat wisata Belitung yang keren dan mengesankan. Duh! Kalau sudah ke sini, dijamin kamu bakalan kangen dan ingin balik lagi! Apa saja rekomendasi tempat wisata Belitung pilihan Bob? Cek dari nomor satu, ya!

1. Pantai Tanjung Tinggi

Ke Belitung nggak ke pantai? Itu sih belum liburan namanya! Rekomendasi tempat wisata Belitung yang satu ini nggak boleh sampai terlewatkan. Pantai ini begitu cantik dengan hamparan pasir putih, batu-batu granit raksasa, dan air laut yang biru. Dilansir dari Kompas, pantai yang menjadi salah satu lokasi shooting Laskar Pelangi ini berjarak sekitar 45-60 menit dari Bandara H.A.S. Hanandjoeddin.

rekomendasi tempat wisata belitung
Credit: Pantainesia

Lingkungan di sekitar pantai masih asri dan alami. Ombaknya pun tidak begitu besar sehingga pantai ini cocok dijadikan destinasi wisata keluarga di Belitung. Apalagi, ada banyak warung dan penyewaan ban di sepanjang pantai. Masuk ke pantai pun tidak dikenakan biaya, hanya biaya parkir. Pastikan selalu berhati-hati saat kamu naik ke atas bebatuan granit di pantai ini, ya!


Baca Juga: 10 Tempat Wisata di Jakarta yang Ramah Anak, Cocok untuk Liburan Keluarga!


2. Pulau Lengkuas

Rekomendasi tempat wisata Belitung yang berikutnya adalah sebuah pulau kecil yang ikonik. Pulau kecil ini bisa dicapai menggunakan perahu mesin dari beberapa pantai, seperti Pantai Tanjung Kelayang dan Pantai Tanjung Tinggi. Dikelilingi batu-batu granit besar, ombak di sekitar pantai ini sangat tenang. Pantainya sendiri relatif dangkal dan karena terpapar cahaya matahari, airnya hangat! Pas banget buat yang ingin berenang santai.

rekomendasi tempat wisata belitung
Sumber: wonderin.id

Nggak hanya itu! Pulau Lengkuas juga punya landmark terkenal, yaitu sebuah mercusuar. Dilansir dari Super Adventure, mercusuar ini dibangun di tahun 1882 oleh pemerintah kolonial Belanda. Meskipun usianya sudah sangat tua, mercusuar ini masih berfungsi. Dengan tinggi 50 meter, kamu bisa menikmati pemandangan Pulau Lengkuas dan laut! Pokoknya, must visit deh!

3. Pulau Pasir

Ada yang unik dari rekomendasi tempat wisata Belitung yang satu ini. Dari namanya, kamu mungkin membayangkan pulau yang cantik seperti Pulau Lengkuas. Namun, pulau ini sebenarnya merupakan semacam gundukan pasir di tengah laut. Dilansir dari Belitung Info, pulau ini hanya “muncul” saat air laut sedang surut. Jadi, ketika laut pasang, pulau ini akan tenggelam. Orang-orang Belitung menyebut pulau ini sebagai Pulau Gusong.

rekomendasi tempat wisata belitung
Credit: Adi Sunaryo via Flickr

Keunikan rekomendasi tempat wisata Belitung yang ini nggak hanya sampai di situ. Pulau Pasir juga terkenal dengan biota lautnya yang cantik. Saat laut surut dan pulau muncul, kamu bisa melihat bintang-bintang laut yang “terdampar”. Bintang laut dari spesies Protoreaster nodosus akan menyambut kamu di pulau ini. Ingat ya! Boleh difoto, tapi jangan dibawa pulang!


Baca Juga: Sudahkah Dapat Asupan Vitamin Sea? Ini Dia 13 Pantai Instagrammable di Tanah Air


4. Batu Mentas

Belitung tidak hanya terkenal karena pantai-pantainya yang cantik. Rekomendasi tempat wisata Belitung yang ini akan mengajak kamu menelusuri hutan dan sungai yang asri. Batu Mentas menawarkan pesona hutan tropis yang dilewati sungai berbatu. Di sungai berair jernih ini, kamu bisa berenang, main air, atau bahkan tubing. Batu Mentas juga salah satu objek wisata Belitung yang bisa dibilang hidden gem. Namun, namanya sudah terkenal di telinga masyarakat Belitung.

rekomendasi tempat wisata belitung
Credit: Iqbal Himawan via Twitter

Ada lagi yang unik dari Batu Mentas. Selain menawarkan suasana alam yang menyejukkan, objek wisata ini juga menjadi lokasi penangkaran fauna. Dilansir dari Sumeks.co, Batu Mentas juga memiliki area penangkaran tarsius Belitung yang juga disebut sebagai pelilean. Selain itu, fauna lain seperti biawak juga bisa kita temui di kawasan ini. Jangan ganggu hewan yang ada, ya!

5. Vihara Dewi Kwan Im

Ingin berwisata sambil mengenal budaya? Rekomendasi tempat wisata Belitung berikut ini cocok disambangi. Vihara Dewi Kwan Im juga destinasi yang tepat untuk menikmati wisata religi. Dilansir dari situs Pemerintah Kabupaten Belitung Timur, vihara ini merupakan tempat ibadah terbesar dan tertua di Belitung. Usianya sudah mencapai 300 tahun! Wih! Lokasinya berjarak sekitar 1 jam dari Kota Manggar, ibukota Kabupaten Belitung Timur.

rekomendasi tempat wisata belitung
Credit: Yoga Chen via Pinterest

Untuk mencapai vihara ini, ada 86 anak tangga yang kamu harus tapaki. Vihara Dewi Kwan Im memiliki tiga tempat sembahyang. Di tempat sembahyang tertinggi, terdapat patung Dewi Kwan Im setinggi 12 meter. Vihara ini sering dikunjungi, terutama pada hari-hari besar umat Buddha. Saat berkunjung, pastikan tetap menjaga kebersihan dan ketenangan, ya!


Baca Juga: Wisata Religi Maha Vihara Mojopahit dan Patung Buddha Tidur yang Fenomenal


6. Replika SD Muhammadiyah Gantong

Berkunjung ke Belitung nggak lengkap tanpa destinasi wisata yang satu ini. Replika SD Muhammadiyah Gantong adalah salah satu rekomendasi tempat wisata Belitung yang cocok buat penyuka film. Ada yang unik dari tempat wisata yang ini. Dilansir dari PosBelitung, set sekolah dalam film ternyata dibangun di halaman sekolah yang masih aktif digunakan. Set tersebut dirobohkan dan replikanya dibangun di belakang Kantor Desa Selinsing.

rekomendasi tempat wisata belitung
Credit: Tiket.com via Twitter

Namun, kisahnya nggak berhenti sampai di sana. Karena satu dan lain hal, replika tersebut tidak lagi digunakan. Sekarang, replika yang bisa kamu kunjungi berada di kawasan Bukit Raya. Di replika ini, kamu bisa melihat kelas-kelas SD Muhammadiyah Gantong yang ikonik. Tidak jauh dari replika sekolah, ada juga Museum Kata Andrea Hirata. Bisa nih sambil main ke sana!

7. Danau Kaolin

Dan rekomendasi tempat wisata Belitung yang terakhir adalah Danau Kaolin. Berkunjung ke sini terasa seperti berada di tempat yang aneh dan menakjubkan. Danau ini tampak cantik dengan air berwarna biru terang. Sementara itu, tanah di sekitarnya berwarna putih bersih. Palet warna biru putih ini dipercantik dengan sentuhan hijau yang menyegarkan dari pepohonan dan tanaman-tanaman di sekitar area danau.

rekomendasi tempat wisata belitung
Credit: marisazania.blogspot.com

Meskipun demikian, sejarah terbentuknya danau ini cukup menyedihkan. Dilansir dari Kumparan, danau ini terbentuk dari bekas penggalian kaolin. Sumber daya ini dieksploitasi secara besar-besaran dan setelahnya menyisakan ceruk besar yang kemudian terisi air. Selain itu, menurut Kompas, pengunjung tidak diizinkan berenang di sini karena airnya yang beracun.


Baca Juga: Telaga Biru Cicerem: Danau Indah Sebening Kaca di Kuningan


Siap Menyambangi Rekomendasi Tempat Wisata Belitung di Atas?

Kondisi saat ini tentunya belum sepenuhnya kondusif untuk berlibur, terutama ke luar kota dan pulau. Namun, sambil menunggu, kamu bisa merencanakan liburanmu di Belitung dengan membuat list destinasi-destinasi untuk dikunjungi. Semoga 7 rekomendasi tempat wisata Belitung dari Bob bisa membantu. Jangan lupa persiapkan fisikmu sebelum berlibur agar kamu tetap fit. Pastikan kamu juga mengatur keuangan, transportasi, dan akomodasi sejak awal, ya!

Untuk yang belum bisa liburan ke luar kota, tenang aja! Kamu masih bisa staycation seru di Bobobox. Liburan bareng teman atau keluarga di Bobobox dijamin asyik! Pengalaman menginap di pod bergaya futuristik yang terintegrasi dengan teknologi canggih akan berkesan! Apalagi, setiap pod dilengkapi Bluetooth speaker dan ada koneksi WiFi yang reliable. Nonton Laskar Pelangi di Netflix dijamin lancar!

bobobox kota lama

Sebelum menginap, download dulu aplikasi Bobobox ke ponselmu. Aplikasi gratis ini tersedia untuk platform iOS dan Android. Ada beragam promo menarik yang kamu bisa dapatkan lewat aplikasi Bobobox. Selain itu, reservasi pod juga bisa dilakukan secara langsung lewat aplikasi ini. Yuk download aplikasinya sekarang dan rencanakan liburan kamu di Bobobox!

You might also like