Bobobox Indonesia
Experience More For Less sleep better and be inspired

Seru dan Ngehits, 7 Rekomendasi Tempat Wisata Batam yang Ini Wajib Dikunjungi!

Rekomendasi tempat wisata Batam yang nggak kalah asyik buat disambangi!

Bertetangga dengan Singapura dan Malaysia, Batam adalah salah satu kota paling strategis di Indonesia. Kota ini memiliki peran yang penting dalam aspek perdagangan Indonesia. Di tahun 2000an, mungkin kamu ingat bahwa Batam menjadi pusat produk-produk elektronik yang dijual dengan harga murah. Pasalnya, dilansir dari Cekindo, Batam sejak tahun 2009 ditetapkan sebagai zona perdagangan bebas atau FTZ. Makanya, produk-produk yang masuk banyak yang tidak dikenai cukai.

rekomendasi tempat wisata batam
Sumber: Seindo Travel

Namun, Batam tidak hanya berfokus pada bisnis saja, lho. Dilansir dari dokumen Kota Batam Dalam Angka 2019, Batam berhasil memikat 1,8 juta turis mancanegara di tahun 2014-2018. Para wisatawan mancanegara ini tentu saja didominasi oleh warga Singapura. He he he. Maklum, tetanggaan. Jumlah wisatawan yang datang di tahun 2018 bahkan mengalami kenaikan hingga 30,28%. Keren!


Baca Juga: 6 Tempat Diving Di Bali Untuk Pemula Favorit Wisatawan Indonesia


Buat kamu yang ingin berlibur ke sini, Bob punya 7 rekomendasi tempat wisata Batam yang populer dan ngehits. Sebelum kamu nyeberang ke Singapura, nggak ada salahnya kamu meluangkan dua atau tiga hari berlibur di Batam. Pokoknya worth visiting deh! Ingin tahu apa saja rekomendasi tempat wisata Batam pilihan Bob? Check these out!

1. Eks-Kamp Vietnam Pulau Galang

Pulau Galang adalah salah satu pulau di wilayah pemerintahan Batam yang terkenal. Pasalnya, pulau ini tidak hanya menjadi rekomendasi tempat wisata Batam, tetapi juga menyimpan banyak sejarah. Dilansir dari UNHCR, Pulau Galang dipilih sebagai kamp bagi para pengungsi dari Vietnam di tahun 1979. Pada saat itu, Indonesia menampung dan membantu lebih dari 170.000 orang pengungsi dari negara yang mengalami konflik.

rekomendasi tempat wisata batam
Credit: Klaus Rachman Ng via TripAdvisor
rekomendasi tempat wisata batam
Credit: Klaus Rachman Ng via TripAdvisor

Kamp Vietnam menempati area seluas 16 kilometer persegi, dilansir dari Refugee Camps. Area ini dilengkapi berbagai fasilitas seperti rumah sakit, sekolah, pusat pengembangan remaja, gereja, hingga pemakaman. Kamp ini ditutup di tahun 1996. Kamu masih bisa melihat beberapa fasilitas kamps. Namun, sebagian berada dalam kondisi yang memprihatinkan. Ditambah lagi, cerita horor dari era pengungsian pun masih beredar.


Baca Juga: Menyelami Sejarah Pulau Galang Batam, Eks-Kamp Pengungsi dari Vietnam


2. Mega Wisata Ocarina Batam

Kalau berlibur bersama keluarga, rekomendasi tempat wisata Batam yang satu ini cocok disambangi. Kalau Jakarta punya Dufan dan Ancol, Batam punya Mega Wisata Ocarina Park. Dilansir dari Indonesia-Tourism, destinasi wisata ini dibuka pada tahun 2008 dan memiliki luas total 40 hektare. Berada di tepi pantai, tempat wisata ini bisa dibilang Santa Monica Pier-nya Batam. Nggak perlu jauh-jauh ke Amerika Serikat dong!

rekomendasi tempat wisata batam
Sumber: iluszi.blogspot.com
rekomendasi tempat wisata batam
Credit: Sutan Zed via TripAdvisor

Ada banyak restoran, fasilitas, dan wahana yang ditawarkan di Mega Wisata Ocarina Batam. Nah, salah satu ikon tempat wisata ini adalah ferris wheel-nya alias wahana bianglala. Dilansir dari Travel Kompas, wahana ini memiliki diameter 30 meter dengan 16 gondola. Kabarnya, wahana ini didatangkan langsung dari Shanghai, lho! Buat para penyuka tantangan, jangan lupa coba skyrunner yang akan bikin kamu serasa berlari di udara!

3. Pulau Ranoh

Nggak hanya wisata belanja, Batam juga bisa jadi tujuan tropical vacation yang nggak kalah eksotis. Rekomendasi tempat wisata Batam yang satu ini bisa dibilang cukup baru. Namun, keunikannya bikin tempat ini ngehits! Dilansir dari situs resmi developer-nya, Pulau Ranoh adalah kawasan resor yang menempati pulau seluas 43 hektare. Pulau ini juga berada di dekat area snorkeling. Pantai berpasir putih, ombak yang tenang, dan laut biru. Duh! Perfect summer vacation!

rekomendasi tempat wisata batam
Credit: Ikhsan Dfc via YouTube
rekomendasi tempat wisata batam
Sumber: Situs Resmi Ranoh Island

Untuk mencapai pulau ini, kamu harus menempuh perjalanan darat selama sekitar 60 menit dari pusat Batam. Setelah itu, perjalanan dilanjutkan dengan speed boat selama 15 menit. Namun, rasa bosan dan lelah kamu akan terbayar setibanya di Pulau Ranoh. Aktivitas seperti voli, sepak bola, atau berkano bisa dicoba di sini. Mau bersantai di hammock atau tenda juga bisa. Ditemani sajian mocktails dan cocktails yang segar, dijamin makin asyik!


Baca Juga: Butuh Vitamin Sea? Ini Dia 10 Pantai Dekat Bandung Ter-hits 2021!


4. Jembatan Barelang

Jembatan Barelang adalah rekomendasi tempat wisata Batam populer yang juga menjadi salah satu ikon kota ini. Sebetulnya, Jembatan Barelang adalah rangkaian enam jembatan yang menghubungkan daerah-daerah di Batam. Nama Barelang sendiri merupakan singkatan dari Batam, Rempang, dan Galang. Dilansir dari Suara Batam, pembangunan jembatan berlangsung dari tahun 1992 hingga 1998. Biaya pembangunannya mencapai 400 milyar rupiah!

rekomendasi tempat wisata batam
Sumber: Badan Pengusaha Batam
rekomendasi tempat wisata batam
Credit: toffeespin via Wikimedia Commons

Di antara keenam jembatan yang ada, jembatan pertama atau Jembatan Tengku Fisabilillah menjadi yang paling ikonik. Jembatan gantung ini, dilansir dari KSMTour memiliki panjang 642 meter dan tinggi 38 meter. Strukturnya pun tampak seperti Golden Gate Bridge di San Francisco. Terdapat taman yang kamu bisa kunjungi untuk menikmati pemandangan jembatan ini. Kalau mau, kamu bisa menjajaki keseluruhan jembatan ini. Ya, sambil jalan-jalan. He he he.

5. Pantai Nongsa

Buat penikmat senja, rekomendasi tempat wisata Batam yang berikutnya boleh nih dilirik. Pantai Nongsa adalah salah satu pantai cantik yang ada di Batam. Dilansir dari KSMTour, nama Nongsa diambil dari nama sebuah penguasa di Batam, Nong Isa yang hidup di awal abad ke-18. Ciri khas pantai ini adalah suasananya yang masih begitu asri, serta ombaknya yang tenang. Pas banget buat menenangkan diri dari ingar bingar pusat kota Batam.

rekomendasi tempat wisata batam
Credit: Abesagara.com
rekomendasi tempat wisata batam
Sumber: Itinku.com

Ada lagi yang unik dari rekomendasi tempat wisata Batam yang satu ini. Di kawasan Pantai Nongsa, terdapat pulau bernama Pulau Putri. Dilansir dari halamankepri.blogspot.com, pulau ini merupakan pulau terluar di Batam. Di pulau, kamu bisa melihat tugu lambang kesatuan Republik Indonesia. Dari pulau ini, kamu juga bisa melihat gedung-gedung pencakar langit yang menjulang di Singapura.


Baca Juga: Berlibur ke Singapura? Jelajah 5 Spot Wisata di Sentosa Island Ini dengan Gratis!


6. Hutan Wisata Mata Kucing

Berkunjung ke rekomendasi tempat wisata Batam yang satu ini, kamu bisa bersenang-senang sambil belajar. Hutan Wisata Mata Kucing adalah objek wisata alam yang juga memiliki kebun binatang mini. Dilansir dari Suara Batam, kawasan konservasi ini telah ada dibuka sejak tahun 90an dan memiliki luas 193 hektar. Mitosnya, area ini dulunya digunakan sebagai tempat pembuangan makhluk halus. Ih! Kok ngeri ya?

rekomendasi tempat wisata batam
Sumber: tempatwisata.pro
rekomendasi tempat wisata batam
Credit: windawijayanti.my.id

Terlepas dari mitosnya, rekomendasi tempat wisata Batam ini sayang untuk dilewatkan. Dilansir dari tempatwisata.pro, Hutan Wisata Mata Kucing memiliki koleksi reptil, primata, dan burung. Di sini juga terdapat kolam ikan yang luas dan menampung beragam spesies ikan. Bahkan, ada spesies ikan Arapaima gigas yang panjangnya mencapai 2 meter! Objek wisata ini juga dilengkapi tempat makan, kolam renang, dan sarana outbond, lho!

7. Taman Wisata Habibie 1000 Tangga

Dan rekomendasi tempat wisata Batam yang terakhir adalah Taman Wisata Habibie 1000 Tangga. Destinasi yang satu ini dikelola salah satunya untuk mengenang jasa-jasa Almarhum Pak Habibie. Dilansir dari Travel Detik, Pak Habibie pernah ditugaskan untuk mengembangkan Batam di tahun 70an. Vila dan fasilitasnya sempat terbengkalai. Namun, akhirnya warga setempat berinisiatif mengembangkannya menjadi kawasan taman wisata.

rekomendasi tempat wisata batam
Credit: Jessi Yesita via All About City – Batam
rekomendasi tempat wisata batam
Sumber: batambanget.com

Sebagai salah satu fasilitas tempat tinggal Pak Habibie, dibangun tangga yang terhubung dengan bukit dan pantai. Dilansir dari iNews, tangga ini disebut Tangga Seribu karena jumlah anak tangganya menuju Pantai Dangas yang berada di bawah bukit. Di taman wisata ini juga terdapat fasilitas seperti dek observasi. Dari dek tersebut, kamu bisa melihat pemandangan pantai hingga kawasan Singapura.


Baca Juga: Napak Tilas Perjalanan Cinta B.J. Habibie dan Ainun


Siap Main ke 7 Rekomendasi Tempat Wisata Batam dari Bob?

Dengan membaiknya kondisi secara perlahan, kamu sudah bisa mulai merancang liburanmu di Batam. Rekomendasi tempat wisata Batam dari Bob bisa kamu jadikan acuan. Persiapkan dana dan cari informasi transformasi untuk bepergian selama berlibur. Pastikan kamu juga nggak lupa mencari akomodasi yang nyaman. Dan yang jelas, jangan lupa mengikuti protokol kesehatan, menghindari kerumunan, dan rajin mencuci tangan!

promo bobobox

Belum bisa ke Batam? No problem! Liburan di dalam kota pun nggak masalah. Nah, kalau ingin staycation seru dengan dana terjangkau, coba Bobobox! Hotel kapsul yang satu ini hadir dengan pantry, communal space, shared bathroom, dan fasilitas lainnya untuk menunjang kebutuhanmu. Setiap pod juga dilengkapi teknologi yang terintegrasi dengan aplikasi seluler. No ribet deh! Jangan lupa download aplikasi Bobobox ke ponselmu. Dapatkan beragam promo menarik yang sayang untuk dilewatkan!

You might also like