Bobobox Indonesia
Experience More For Less sleep better and be inspired

Rekomendasi Susu yang Aman Bagi Pengidap Diabetes

Hati-hati! Jangan sampai salah pilih.

Susu merupakan salah satu minuman alami yang kaya akan nutrisi dan manfaat. Kalsium, protein, asam lemak omega-3, serta vitamin D merupakan beberapa kandungan susu yang sangat berguna untuk menjaga kepadatan tulang, fungsi syaraf, juga kesehatan tubuh. Namun, ternyata tidak semua susu aman untuk dikonsumsi oleh para penderita diabetes, karena sebagian jenis susu mungkin saja mengandung gula juga lemak yang cukup tinggi. Jadi, jenis susu apakah yang cocok dan aman untuk para penderita diabetes? Langsung saja simak ulasan tentang rekomendasi susu diabetes berikut ini!


BACA JUGA: 5 Tanaman Obat Diabetes Yang Dapat Menurunkan Gula Darah!


rekomendasi susu diabetes

(Photo by @CatsComing from Pexels)

Tips Memilih Susu Diabetes

Memilih susu untuk penderita diabetes tidak boleh sembarangan. Pilihlah susu yang benar-benar aman dan tidak berpotensi memperburuk kondisi diabetesmu. Berikut ini adalah beberapa tips dalam memilih jenis susu yang baik bagi penderita diabetes.

1. Pilihlah Susu Rendah Gula

Rekomendasi susu diabetes yang satu ini merupakan jenis susu pertama yang paling cocok dan aman untuk dikonsumsi oleh para penderita diabetes. Sebab, para penderita diabetes tentunya harus memerhatikan serta membatasi asupan gula ke dalam tubuh.

Terlalu banyak mengonsumsi susu dengan kadar gula tinggi tentu saja akan membuat kondisi diabetes seseorang menjadi semakin parah. Sebab, susu dengan kandungan gula serta pemanis yang tinggi dapat menyebabkan lonjakan kadar gula darah dan juga resistensi insulin.

Tak hanya itu, susu dengan kandungan gula yang tinggi pun dipercaya dapat menyebabkan penumpukan lemak perut. Hal ini tentunya juga berpotensi membuat komplikasi diabetes semakin parah, bahkan memicu gangguan kesehatan tubuh lainnya.

2. Pilihlah Susu Rendah Lemak

Selain susu rendah gula, susu rendah lemak juga merupakan salah satu rekomendasi susu diabetes yang baik untuk tubuh. Sebab, diabetes biasanya akan membuat kolesterol baik dalam tubuhmu berkurang, dan kolesterol jahat dalam tubuh akan meningkat.

Apabila kondisi seperti itu dibiarkan, risiko para penderita diabetes mengalami serangan jantung atau stroke tentu akan meningkat. Oleh karena itu, pilihlah rekomendasi susu diabetes satu ini untuk meminimalisir risiko tersebut.


BACA JUGA: 10 Makanan Dan Minuman Yang Harus Dihindari Agar Tidak Terkena Penyakit Jantung


3. Pilihlah Susu Tinggi Protein

Pilihan rekomendasi susu diabetes selanjutnya adalah susu yang kaya akan kandungan protein. Sebab, protein yang terkandung dalam susu ternyata terbukti mampu membantu kadar gula darah tetap stabil, bahkan setelah makan.

4. Pilihlah Susu Tinggi Kalsium

Selain susu tinggi protein, susu dengan kandungan kalsium yang tinggi juga merupakan salah satu pilihan rekomendasi susu diabetes yang wajib diketahui. Rekomendasi susu diabetes yang satu ini sangat disarankan karena penderita diabetes umumnya memiliki struktur tulang yang lemah dan rawan patah. Belum lagi risiko terjatuh yang dapat membahayakan tulang, karena adanya gangguan syaraf-syaraf kaki seperti mati rasa pada para pengidap diabetes.

5. Pilihlah Susu Tinggi Vitamin D

Tak hanya kalsium, kandungan vitamin D pada susu juga sangat penting, loh. Sebab, vitamin D dapat membantu meningkatkan penyerapan kalsium dalam tubuh kita. Sehingga, kesehatan dan kepadatan tulang akan senantiasa terjaga, serta akan meminimalisir risiko patah tulang. Maka dari itu, susu kaya kandungan vitamin D merupakan salah satu pilihan rekomendasi susu diabetes yang baik untuk tubuh.


BACA JUGA: Makanan Yang Kaya Akan Kandungan Vitamin D


Pilihan Rekomendasi Susu Diabetes

Nah, agar tidak bingung dan salah pilih, ini dia beberapa rekomendasi susu diabetes yang bisa kamu coba.

rekomendasi susu diabetes

(Photo by @Pegah from Pexels)

1. Almond Milk Tanpa Pemanis

Almond milk merupakan salah satu rekomendasi susu diabetes yang menjadi favorit banyak orang. Selain rasanya yang lezat, rekomendasi susu diabetes satu ini juga cocok bagi kamu yang alergi laktosa atau vegetarian. Belum lagi kandungan kalsiumnya yang cukup tinggi! So, menambahkan almond milk tanpa pemanis ke dalam smoothie atau serealmu merupakan ide yang sangat bagus!

2. Coconut Milk Tanpa Pemanis

Selain almond milk, kamu juga bisa memilih coconut milk tanpa pemanis sebagai salah satu rekomendasi susu diabetes yang patut dicoba. Jenis susu satu ini memiliki kandungan karbohidrat yang cukup rendah.

rekomendasi susu diabetes

(Photo by @TijanaDrndarski from Pexels)

Kamu bisa menambahkan susu ini ke dalam kopimu agar lebih creamy dan bercita rasa tropis yang unik. Namun, kamu harus waspada dengan kandungan lemak di dalamnya, ya! Jangan sampai mengonsumsinya secara berlebihan.

3. Soy Milk Tanpa Pemanis

Rekomendasi susu diabetes selanjutnya yang bisa kamu pilih adalah soy milk atau susu kedelai yang tidak mengandung pemanis tambahan. Susu ini sangat kaya akan protein yang baik untuk tubuh.

rekomendasi susu diabetes

(Photo by @TijanaDrndarski from Pexels)

4. Flax Seed Milk Tanpa Pemanis

Seperti almond milk, flax seed milk atau susu biji rami juga termasuk ke dalam daftar rekomendasi susu diabetes yang bisa kamu pilih. Sebab, kedua susu ini sama-sama memiliki kandungan karbohidrat yang cukup rendah. Dengan begitu, lonjakan drastis kadar gula dalam darah pun bisa terhindari.

Selain itu, flax seed milk juga mengandung banyak lemak omega-3 yang baik untuk kesehatan tubuh. So, gantilah susu sapimu dengan rekomendasi susu diabetes yang satu ini. Kamu bisa menambahkannya ke dalam smoothie pisangmu. Dijamin lezat!

5. Susu Unta

Mungkin tidak banyak dari kamu yang sudah pernah mencoba susu yang satu ini. Susu unta menjadi salah satu rekomendasi susu diabetes yang patut kamu coba karena kandungan nutrisi di dalamnya sangat baik untuk mengendalikan kadar gula dalam darah. Namun, pastikan susu unta yang kamu konsumsi telah melewati proses pasteurisasi, ya.

6. Grass-Fed Milk

Rekomendasi susu diabetes terakhir yang bisa kamu coba adalah grass-fed milk atau susu yang berasal dari sapi yang hanya diberi makan rumput alami. Selain lebih rendah lemak, grass-fed milk juga kaya akan asam alfa linoleat (sejenis asam lemak omega-3) yang baik untuk tubuh. Kamu bisa mendapatkan susu ber-label ‘grass-fed’ ini di supermarket atau pasar swalayan.

Jenis Susu yang Sebaiknya Diwaspadai oleh Penderita Diabetes

Selain beberapa rekomendasi susu diabetes di atas, ada pula jenis-jenis susu yang sebaiknya dihindari oleh para penderita diabetes.

rekomendasi susu diabetes

(Image by @SteveBuissinne from Pixabay)

1. Susu Cokelat atau Susu Berperisa

Susu cokelat atau susu berperisa lainnya merupakan salah satu jenis susu yang mengandung karbohidrat dan kadar gula yang tinggi, yakni 8 hingga 10 gram gula tambahan pada setiap porsinya. Tak heran jika rasanya cenderung amat manis.

2. Susu Full Cream

Susu full cream juga merupakan salah satu jenis susu yang sebaiknya dihindari jika kamu mengidap diabetes. Sebab, susu jenis ini memiliki kadar lemak serta karbohidrat yang cukup tinggi.

3. Susu Murni

Siapa sangka, susu murni ternyata memiliki kandungan kalori dan lemak yang cukup tinggi, loh. Oleh karena itu, alangkah baiknya jika para penderita diabetes lebih waspada dalam mengonsumsi jenis susu yang satu ini.

Jadi, pada dasarnya minum susu tidaklah dilarang bagi penderita diabetes. Hanya saja, baik kandungan, jenis susu, serta porsi per harinya harus lebih diperhatikan. Sebaiknya, konsultasikanlah dahulu hal tersebut dengan dokter atau para ahli.

Pasti happy staycation di Bobobox!

Bukan hanya kesehatan tubuh saja yang perlu dijaga, kesehatan jiwa dan hati pun perlu senantiasa dijaga agar hatimu tetap bahagia. Banyak cara yang bisa dilakukan untuk membuat hati tetap bahagia, salah satunya adalah dengan liburan dan staycation.

Bingung pilih hotel yang seru dan nyaman untuk staycation? Berarti ini saatnya kamu datang ke Bobobox! Hotel kapsul yang modern dan unik ini pasti bisa memberikan kamu pengalaman baru menginap di hotel. Pod-nya yang unik dan nyaman pun pasti bikin kamu betah berlama-lama staycation di Bobobox. Selain itu, di dalam pod-nya juga terdapat lampu LED yang bisa disesuaikan dengan suasana hati kamu.

Untuk memesan kamar, kamu nggak usah khawatir bakal ribet, tinggal download aja aplikasinya. QR code yang ada di aplikasinya juga berfungsi sebagai kunci kamar lho. Keren, kan? Tunggu apa lagi? Ayo menginap di Bobobox! Oh iya, kamu juga bisa melihat langsung pods Bobobox lewat virtual 360° tour lho!

You might also like