Bobobox Indonesia
Experience More For Less sleep better and be inspired

Inilah 5 Rekomendasi Serial Kartun Indonesia yang Kocak dan Harus Kamu Tonton!

Rekomendasi serial kartun Indonesia yang nggak kalah asyik dari anime Jepang!

Kartun adalah tayangan hiburan yang disukai banyak orang. Baik tua maupun muda, tayangan yang satu ini berhasil memikat dan menghibur berbagai kalangan. Beragam serial kartun ditayangkan di stasiun-stasiun televisi. Memang sih serial kartun Jepang dan Amerika Serikat bisa dibilang masih mendominasi layar kaca. Namun, negara kita juga punya beberapa serial kartun buatan Indonesia yang nggak kalah kece!

Mungkin sebagian dari kalian kenal dengan serial Nussa. Serial kartun bernuansa Islami ini mewarnai ranah hiburan keluarga Indonesia dan populer sejak tahun 2018. Sayangnya, dilansir dari Liputan6, penayangan serial Nussa harus berhenti di Januari 2021 karena terdampak pandemi. Namun, menurut CNN Indonesia, film animasi Nussa berhasil tayang perdana di gelaran Bucheon International Fantastic Film Festival. Karya besutan Visinema dan The Little Giantz ini nantinya akan diputar di bioskop-bioskop Indonesia. Selamat ya, Nussa!

rekomendasi serial kartun indonesia
Credit: Nussa Official via YouTube

Baca Juga: Ayo Nikmati Nostalgia Masa Kecil dengan 10 Kartun dan Anime Ini!


Nggak hanya Nussa, Indonesia juga punya beberapa kartun buatan anak negeri yang nggak kalah hebat. Dalam listicle ini, Bob akan kasih tahu kalian 5 rekomendasi serial kartun Indonesia yang seru, lucu, dan kocak! Ada yang sampai ditonton di luar negeri juga, lho! Penasaran apa saja rekomendasi serial kartun Indonesia dari Bob? Check these out!

1. Kiko

Rekomendasi serial kartun Indonesia yang pertama adalah Kiko. Serial yang satu ini sebetulnya dibuat untuk anak-anak, tapi semua usia juga tetap boleh nonton kok! Kiko bercerita tentang seekor ikan mas yang tinggal di danau bernama Asri Town. Kiko memiliki empat orang teman. Akibat polusi yang mencemari danau, Kiko dan teman-temannya berubah menjadi mutan dan bertubuh seperti manusia! Nah! Kalian jangan suka mengotori sungai dan danau, ya!

rekomendasi serial kartun indonesia
Sumber: Yuk Update

Dilansir dari MNC Animation, serial ini memiliki total 106 episode yang masing-masing berdurasi sekitar 11 menit. Musim ketiganya masih ditayangkan di televisi. Selain itu, ada juga episode-episode pre-season yang bisa ditonton. Tayangan prasekolah ini diproduksi pada tahun 2014 dan memiliki total 39 episode berdurasi masing-masing sekitar 7 menit.

rekomendasi serial kartun indonesia
Sumber: RCTI Plus

Rekomendasi serial kartun Indonesia yang satu ini, dilansir dari iNews, mendapatkan banyak penghargaan sejak tahun 2016-2018. Musim pertamanya sendiri dirilis di tahun 2016. Nggak hanya itu! Dilansir dari USS Feed, serial Kiko sudah ditonton di berbagai negara, termasuk Malaysia, Filipina, dan Thailand. Serial ini juga hadir di kanal Disney XD. Petualangan Kiko dan teman-temannya, serta kelucuan warga Asri Town bisa kamu saksikan di kanal tersebut!


Baca Juga: Siap Untuk Melewati Lorong Waktu? Yuk Bernostalgia dengan 7 Film dan Serial Ikonik Tahun 90-an Berikut Ini


2. J-Town

Ingin tayangan yang menggelitik? J-Town bisa jadi pilihan. Rekomendasi serial kartun Indonesia yang satu ini dirilis di tahun 2017 dan pernah ditayangkan di NET TV. Dilansir dari Zulu, J-Town mengisahkan sebuah keluarga yang pindah ke Jakarta untuk mengurus harta warisan satu-satunya, sebuah apartemen. Alih-alih apartemen mewah, keluarga ini justru harus mengurus sebuah rusun. Kepolosan sang kepala keluarga pun makin menghebohkan suasana J-Town.

rekomendasi serial kartun indonesia
Sumber: Zulu

Kartun komedi ini diproduksi oleh Kumata Animation Studio, sebuah studio animasi asal Bandung. Dilansir dari situs resmi Kumata, proses produksi J-Town membutuhkan waktu hampir satu tahun. Serial ini baru memiliki satu season yang terdiri atas 24 episode. Masing-masing episode berdurasi sekitar 22 menit. Kalau dilihat, style animasinya mengingatkan Bob dengan kartun seperti Family Guy dan The Simpsons.

rekomendasi serial kartun indonesia
Sumber: Kumata Animation Studio

Tingkah laku kocak para penghuni J-Town didukung oleh para pengisi suara di belakang karakter-karakter serial. Indra Bekti berperan sebagai Pak Jaya, seorang pria asal Madura yang menjadi pengurus J-Town. Indra Bekti beradu peran dengan para komedian ternama seperti Asri Welas, Imam Darto, dan Hesti Purwadinata. Duh! Dijamin kocak deh!


Baca Juga: Film Komedi 2000an yang Dijamin Membuat Kamu Tertawa Lepas


3. Adit Sopo Jarwo

Rekomendasi serial kartun Indonesia yang satu ini pun nggak kalah seru. Serial ini bercerita tentang kehidupan Adit dan teman-temannya di Jakarta. Sering kali, Adit dan teman-teman harus menghadapi Bang Jarwo yang tidak sabaran. Jarwo sendiri bekerja di warung Baba Chang dan dibantu oleh Sopo, “asistennya” yang agak “lelet”, tapi baik hati. Karakter-karakter lain seperti si gemas Adel, Pak Haji, dan Li Mei ikut mewarnai kehidupan Adit.

rekomendasi serial kartun indonesia
Sumber: PopMagz

Dilansir dari blog Film Animasi, serial ini pertama kali ditayangkan pada tanggal 27 Januari 2014. Serial garapan MD Animation ini disutradarai oleh Dana Riza dan dibuat oleh 60 orang animator. Adit Sopo Jarwo adalah rekomendasi serial kartun Indonesia yang nggak hanya kocak, tetapi juga relatable dengan kehidupan banyak orang. Berlatar area pemukiman padat di Jakarta, keseharian Adit dan warga kampung lainnya selaras dengan kehidupan kita sehari-hari.

rekomendasi serial kartun indonesia
Sumber: Koran Tempo

Adit Sopo Jarwo masih ditayangkan di televisi. Namun, ada yang lebih keren lagi! Dilansir dari CNN Indonesia, Adit Sopo Jarwo kini hadir di sebagai film layar lebar bertajuk Adit Sopo Jarwo: The Movie. Film ini disutradarai oleh Hanung Bramantyo dan proses pembuatannya memakan waktu sekitar 2 tahun. Sejak bulan April 2021, film Adit Sopo Jarwo sudah hadir di Disney+ Hotstar. Sudah pernah nonton filmnya?


Baca Juga: Inilah 7 Rekomendasi Film Netflix Agustus 2021 yang Siap Mengisi Harimu


4. Doyok Otoy Ali Oncom (D.O.A)

Suka dengan kartun slice of life, tapi ingin yang Indonesia banget? Rekomendasi serial kartun Indonesia yang satu ini harus masuk ke watch list kamu. Doyok Otoy Ali Oncom atau D.O.A adalah serial kartun Indonesia yang menceritakan persahabatan Doyok, Otoy, dan Ali Oncom. Dilansir dari Kaori Nusantara, kartun ini diadaptasi dari tiga komik strip yang populer pada tahun 70an di harian Pos Kota.

rekomendasi serial kartun indonesia
Credit: MD Animation via YouTube

Plotnya menceritakan kehidupan Doyok, Otoy, dan Ali Oncom di ibukota. Permasalahan sehari-hari digambarkan dengan kocak lewat penggambaran ketiga karakter utama, dan karakter-karakter lain yang Indonesia banget! Latar tempatnya pun realistis dan menyerupai kondisi area urban di Jakarta. Doyok Otoy Ali Oncom dibuat oleh MPic Animation Studios.

rekomendasi serial kartun indonesia
Credit: Hiburan Keluarga Terbaru via YouTube

Rekomendasi serial kartun Indonesia ini juga punya pencapaian yang membanggakan. Dilansir dari Popmagz, Doyok Otoy Ali Oncom berhasil menempati peringkat runner-up program dengan rating terbaik. Dan yang kerennya lagi, peringkat tersebut diraih melalui episode pertama kartun ini! Kartun dengan 29 episode ini dirilis pertama kali di tahun 2018. Pertama kali tayang di MNCTV, D.O.A sekarang bisa kamu tonton di RTV.


Baca Juga: Tertawa Terbahak-Bahak Hingga Nangis Cirambay. Ini Dia Film Komedi Romantis Terbaru 2021 yang Wajib Kamu Tonton!


5. Riko the Series

Dan rekomendasi serial kartun Indonesia terakhir pilihan Bob adalah Riko the Series. Serial bernafaskan religi ini sebetulnya diperuntukkan untuk anak-anak, tapi seperti halnya kartun-kartun di atas, siapa pun boleh nonton kok. Kartun ini bercerita tentang Riko, seorang anak berusia 8 tahun yang berteman dengan robot Q110. Dari kesehariannya, Riko bisa belajar tentang banyak hal. Tayangan ini cocok deh buat adik kamu atau si kecil!

rekomendasi serial kartun indonesia
Credit: Riko the Series via YouTube

Dilansir dari Suara, serial ini dikembangkan oleh Teuku Wisnu dan Arie Untung. Riko the Series katanya terinspirasi dari anak sulung Teuku Wisnu yang penasaran dan ingin tahu banyak hal. Pembuatan Riko the Series pun di-handle oleh Garis Sepuluh Corporation, dilansir dari Tribunnews. Setiap episodenya memuat hiburan dan pengetahuan berbasis Quranic Science. Jadi, sambil nonton, bisa sambil belajar ilmu pengetahuan dan agama juga!

rekomendasi serial kartun indonesia
Credit: Riko the Series via YouTube

Riko the Series bisa kamu tonton di YouTube. Setiap episodenya berdurasi sekitar 4-6 menit. Musim pertamanya dirilis dengan 26 episode. Sementara itu, season keduanya dirilis di pertengahan tahun 2020 dengan 19 episode. Serial ini juga diputar di beberapa stasiun televisi, termasuk RTV.

Yuk Maraton Rekomendasi Serial Kartun Indonesia di Bobobox!

Supaya kamu nggak bosan atau stres, coba staycation di Bobobox aja! Ya, hitung-hitung have a change of scenery! Kamu bisa maraton rekomendasi serial kartun Indonesia dari Bob sambil bersantai. Mau kerja juga bisa! Bobobox menyediakan koneksi internet yang reliable. Apalagi, interior pod bergaya futuristik yang luas juga akan bikin kamu nyaman. Betah deh pokoknya!

Liburan kamu makin antiribet dengan fasilitas seperti pantry, shared bathroom, communal space, musala, dan vending machine. Banyak spot seru buat nyantai dan foto-foto juga, lho! Jangan lupa download aplikasi Bobobox ke ponselmu, ya! Aplikasi gratis ini tersedia untuk platform iOS dan Android. Ada beragam promo menarik juga dari Bobobox yang sayang untuk dilewatkan!

You might also like