Bobobox Indonesia
Experience More For Less sleep better and be inspired

Sedang Rakit PC High-End untuk Gaming dan Editing? Simak Rekomendasi Prosesor untuk Editing Ini

Tinggal pilihan sesuai bujet!

Bobobox.co.id — Jika kamu sedang merakit PC high-end untuk editing dan gaming, kamu datang ke tempat yang tepat. Pasalnya, Bob akan membagikan rekomendasi prosesor untuk editing yang sesuai kamu butuhkan.

Memilih prosesor untuk editing ini bisa dibilang tricky. Pasalnya, kamu membutuhkan prosesor yang powerful dengan jumlah core dan thread mumpuni untuk memuluskan proses editing foto ataupun video.

Nah, berikut ini merupakan 10 rekomendasi prosesor untuk editing yang bisa Bob bagikan. Kesepuluh prosesornya Bob sesuaikan dengan bujet tertentu untuk memberikan memperluas pilihanmu, ya!

Ini Dia Rekomendasi Prosesor untuk Editing

1. AMD Ryzen 9 3950X

Harga: 12 jutaan

Rekomendasi prosesor untuk editing dan gaming pertama adalah AMD Ryzen 3950X. Kekuatan dari prosesor satu ini menawarkan spesifikasi yang bakal menunjang aktivitasmu sebagai editor atau desainer.

Hal tersebut bisa terlihat dari spesifikasi dengan 16 core dengan 32 thread. Kedunya menjadi elemen penting dalam membantumu untuk mempercepat proses editing maupun rendering.

Di samping itu, core clock speed prosesor AMD ini pun cukup mumpuni. Kamu bisa mendapatkan clock speed 3,5 GHz dalam mode normal dan bisa diboost hingga 4,7 Ghz jika kamu membutuhkannya.

rekomendasi prosesor untuk editing AMD Ryzen 9 3950X
AMD Ryzen 9 3950X via pcgamer.com/Future

2. AMD Ryzen 9 3900X

Harga: 8 jutaan

Rekomendasi prosesor untuk editing dan gaming berikutnya masih datang dari AMD. Kali ini, kamu bisa memilih AMD Ryzen 9 3900X sebagai pilihan alternatif selain seri Ryzen 9 sebelumnya.

Prosesor satu ini dilengkapi dengan 12 core dan 24 thread. Di samping itu, kamu akan mendapatkan single core speed 3,8 GHz pada mode normal dan 4,6 Ghz saat dioverclock.

AMD Ryzen 9 3900X akan cocok untuk dibawa pulang bagi yang tak mempunyai bujet lebih dari 10 juta. Hal tersebut mengingat harganya yang lebih murah dibanding rekomendasi sebelumnya.

rekomendasi prosesor untuk editing AMD Ryzen 9 3900X
AMD Ryzen 9 3900X

3. Intel Core i9-9900K

Harga: 6 jutaan

Jika dua rekomendasi sebelumnya berasal dari AMD, kali ini, Bob akan berikan rekomendasi prosesor untuk editing dan gaming dari Intel. Prosesor tersebut adalah Intel Core i9-9900K.

Bisa dibilang, salah satu seri proses generasi kesembilan Intel ini merupakan lawan head-to-head dari AMD Ryzen 3900X. Pasalnya, spesifikasi yang ditawarkan oleh keduanya hampir relatif mirip.

Base clock speed prosesor ini berada di angka 3,6 GHz dengan maksimal saat dioverclock mencapai 4,7 GHz. Performa secara keseluruh memang kalah dengan pesaingnya namun harganya pun dua juta di bawah.

rekomendasi prosesor untuk editing Intel 9th Gen Core i9-9900K
Intel 9th Gen Core i9-9900K via unsplash.com/@christianw

Baca Juga: Rekomendasi Laptop Murah Dengan Harga Terjangkau Yang Cocok Untuk Kerja Dan Gaming


4. Intel Core i7-9800X

Harga: 10 jutaan

Bagi kamu yang punya bujet lebih, rekomendasi prosesor untuk editing ini bisa jadi pilihan. Intel Core i7-9800X bisa menjadi pilihan prosesor utama saat kamu memutuskan rakit PC high-end.

Sebagai salah satu seri X atau Extreme Edition, proses editing sekaligus gaming akan begitu dimanjakan. Pasalnya, prosesor ini memiliki 8 core dan 16 thread dengan Turbo Boost Max Technology 3.0

Hal tersebut membuat Intel mengklaim bahwa kinerja dari prosesor ini akan lebih optimal dibanding seri biasa. Intel Core i7-9800X relatif lebih murah satu jutaan dibanding AMD Ryzen 9 3950X.

rekomendasi prosesor untuk editing Intel Core i7-9800X
Intel Core i7-9800X via proclockers.com

5. Intel Core i7-9700K

Harga: 5 jutaan

Hanya punya bujet 5 jutaan? Tak usah khawatir karena rekomendasi prosesor untuk editing ini bisa kamu dapat di harga tersebut. Soal performa, kamu akan mendapatkan performa ciamik di kelasnya.

Prosesor tersebut adalah Intel Core i7-9700K. Prosesor ini menawarkan 8 core dan 8 thread dengan kecepatan 3,6 GHz pada kondisi normal. Namun, kamu bisa overclock hingga 4,9 GHz.

Dengan spesifikasi tersebut, kebutuhan editing maupun gamingmu pun akan ditunjang dengan cukup baik. Jadi, tak usah ragu untuk memiliki prosesor generasi kesembilan Intel untuk jadi pilihan.

rekomendasi prosesor untuk editing Intel Core i7-9700K
Intel Core i7-9700K via rockpapershotgun.com

6. AMD Ryzen 7 3800X

Harga: 5 jutaan

Selain Intel i7-9700K, kamu bisa memilih AMD Ryzen 7 3800X jika kamu memiliki bujet 5 jutaan. Bahkan, seri Ryzen 7 ini dipercaya memberikan spesifikasi yang lebih powerful dibanding rivalnya.

Pasalnya, rekomendasi prosesor untuk editing ini memiliki jumlah thread dua kali lipat yakni 16 thread. Hal ini menjadikan proses editing dan rendering akan lebih nyaman pada prosesor satu ini.

Kenyamanan editing dan rendering biasanya sangat mengandalkan jumlah core dan thread. Jumlah threadnya yang dua kali lipat ini yang menjadikan kedua proses tersebut terasa lebih unggul.

rekomendasi prosesor untuk editing AMD Ryzen 7 3800X
AMD Ryzen 7 3800X via hexus.net

Baca Juga: Intip 5 Powerbank Terbaik Murah Di Bawah 500 Ribu Versi Bob Ini, Yuk!


7. AMD Ryzen 7 3700X

Harga: 4 jutaan

Jika dua rekomendasi sebelumnya untuk range 5 jutaan dirasa kurang, kamu bisa melirik prosesor satu ini. Harga di bawah keduanya namun memberikan performa tak kalah jauh jadi keunggulannya.

Bahkan, jumlah core dan threadnya terbilang mengungguli Intel i7-9700K. Walaupun secara performa keseluruhan tak bisa menyamai kompetitornya, prosesor ini terbilang rendah dalam konsumsi daya.

Sebagai senjata editing video, kamu akan dibekali dengan kecepatan clock pada mode normal sebesar 3,6 GHz. Namun, kamu bisa melakukan boosting yang akan mencapai kecepatan 4,4 GHz.

rekomendasi prosesor untuk editing AMD Ryzen 7 3700X
AMD Ryzen 7 3700X via unsplash.com/@ocollet

8. Intel Core i9-10900K

Harga: 7 jutaan

Rekomendasi prosesor untuk editing lainnya ini kembali ke kisaran harga 7 jutaan. Di samping yang sudah Bob sebutkan, kamu bisa memilih Intel Core i9-10900K sebagai komponen utama PCmu.

Aktivitas multitasking bakal ditunjang dengan mumpuni oleh prosesor generasi kesembilan Intel ini. Hal ini didasari oleh 10 core dan 20 thread yang menjadi salah satu spefikasi dari Intel i9-10900K.

Soal kecepatan, aktivitas editing maupun gaming akan dibekali kecepatan base clock mencapai 3,7 GHz. Dengan dukungan Turbo Boost, kamu bisa mendapatkan kecepatan 5,1 GHz.

rekomendasi prosesor untuk editing Intel Core i9 10900K
Intel Core i9 10900K via medcom.id

9. Intel Core i5-9600K

Harga: 3 jutaan

Intel Core i5-9600K menjadi rekomendasi prosesor untuk editing dan gaming lainnya. Satu dari dua rekomendasi terakhir ini ditujukan bagi kamu yang benar-benar terbatas soal bujet yakni pada kisaran 3 jutaan.

Dengan bujet 3 jutaan, kamu bakal mendapatkan prosesor dengan 6 core dan 6 thread. Dukungan keduanya akan cukup kuat untuk mengerjakan editing baik itu video maupun foto dengan cukup baik.

Walaupun begitu, kamu tentunya harus menunjang prosesor ini dengan dukungan RAM dan kartu grafis yang mumpuni. Dengan begitu, kamu bisa mendapatkan performa yang lebih baik lagi.

rekomendasi prosesor untuk editing Intel Core i5-9600K
Intel Core i5-9600K via rockpapershotgun.com

Baca Juga: Ingin Membeli Konsol Game Di 2021? Ini Dia Rekomendasi Konsol Game 2021 Versi Bob


10. AMD Ryzen 5 3600X

Harga: 3 jutaan

Rekomendasi prosesor untuk editing dan gaming terakhir dari Bob adalah AMD Ryzen 5 3600X. Kamu bisa mendapatkan thread dua kali lipat dibandingkan Intel Core i5-9600K.

Seperti yang disebutkan, prosesor ini dibekali dengan 6 core dan 12 thread. Selain itu, seri Ryzen 5 ini memberikan base clock speed sebesar 3,8 GHz dengan maksimal saat boost clock mencapai 4,4 GHz.

Harga yang ditawarkan sendiri akan head-to-head dengan Intel Core i5-9600K. Kamu tinggal pilih dari keduanya guna menunjang aktivitas seperti editing dan juga gaming dengan bujet terbatas.

rekomendasi prosesor untuk editing AMD Ryzen 5 3600X
AMD Ryzen 5 3600X via xda-developers.com

Butuh Tempat untuk Workcation? Mampir Aja Ke Bobobox

Workcation menjadi salah satu cara tepat untuk membuat pikiran fresh saat bekerja. Jika kamu menginginkan tempat untuk workcation, ada baiknya untuk mampir ke Bobobox.

Pasalnya, Bobobox adalah hotel kapsul dengan konsep kekinian yang cocok untuk workcationmu. Kamu bakal ditunjang dengan WiFi dengan kecepatan stabil yang membuat momen meeting tak akan terganggu.

Tertarik mencoba? Unduh aplikasi Bobobox terlebih dahulu di sini untuk melakukan pemesanan podnya!

You might also like