Bobobox Indonesia
Experience More For Less sleep better and be inspired

Liburan Sambil Relaksasi di 7 Rekomendasi Onsen di Jepang Terbaik!

Rekomendasi onsen di Jepang ini cocok untuk memanjakan diri!

Kalau ngomongin soal wisata di Jepang, pastinya ada banyak hal yang bisa kita coba. Mau wisata kuliner? Bisa banget! Suka anime dan pop culture Jepang? Sudah pasti Akihabara dan Harajuku jadi surganya. Mau belanja? Ada banyak kawasan yang bisa kamu pilih. Yang populer dan ikonik sih memang kawasan Shibuya. Namun, kalau kamu memang all about that classy thing, Ometesando dan Ginza jadi destinasi yang cocok.

Jepang nggak hanya menawarkan wisata belanja dan kuliner saja kok. Soal kesehatan dan relaksasi, Jepang juga jawaranya. Kamu mungkin nggak asing dengan istilah onsen. Ya, istilah ini mengacu pada sumber mata air panas atau pemandian air panas alami. Pastinya menyenangkan ketika kita bisa berlibur sambil memanjakan diri. Apalagi, berendam air panas alami juga memberikan beragam manfaat buat tubuh.

rekomendasi onsen di jepang
Sumber: Zekkei Japan

Baca Juga: 7 Kolam Pemandian Air Panas Hits di Dekat Kota Bandung


Buat kamu yang ingin menikmati pengalaman berendam air panas, Bob punya rekomendasi onsen di Jepang. Kamu memang harus berkendara jauh dari Tokyo sih. Namun, perjalanan panjang kamu akan sepadan dengan relaksasi dan pengalaman yang nggak terlupakan. Ada 7 rekomendasi onsen di Jepang yang Bob hadirkan di artikel ini. Langsung baca dari nomor satu, ya!

1. Ganiba Onsen

014-1204 Kokuyurin Sendatsuzawa Tazawa Tazawako, Sebmoku-shi, Akita

Prefektur Akita punya beberapa ryokan (penginapan tradisional Jepang) yang menawarkan onsen terbaik. Dilansir dari Japan Guide, kumpulan onsen di prefektur ini dikenal dengan sebutan Nyuto Onsen. Salah satu rekomendasi onsen di Jepang dari Akita adalah Ganiba Onsen. Ganiba Onsen sendiri merupakan ryokan modern dengan kamar bergaya tradisional Jepang dan tempat tidur futon.

rekomendasi onsen di jepang
Sumber: Voyapon
rekomendasi onsen di jepang
Credit: Fumiaki Yoshimatsu via Wikimedia Commons

Ganiba Onsen adalah ryokan modern yang menawarkan pengalaman onsen yang mengesankan. Dilansir dari situs resminya, nama Ganiba diambil karena banyaknya kepiting yang hidup di sekitar sungai di dekat hotel. Ada dua kolam indoor dan dua kolam outdoor di Ganiba Onsen. Namun, Bob rekomendasikan kolam outdoor  Karanokoyu. Kolam batu ini dikelilingi oleh suasana hutan yang asri dan tenang. Bikin rileks!


Baca Juga: 10 Kolam Renang Paling Instagrammable Sedunia


2. Ryokan Kono-yu

6784, Manganji, Minamioguni-machi Aso-gun, Kumamoto

Dari Akita, kita ke Kumamoto. Di prefektur ini, ada kawasan onsen bernama Kurokawa Onsen. Nah, salah satu rekomendasi onsen di Jepang yang kamu harus coba di sini adalah Ryokan Kono-yu. Akomodasi ini menawarkan kolam-kolam pemandian air panas dan kamar-kamar bergaya tradisional Jepang dengan kolam pribadi. Namun, ada juga empat kolam air panas lainnya yang bisa kamu coba di sini.

rekomendasi onsen di jepang
Sumber: Booking.com
rekomendasi onsen di jepang
Sumber: Booking.com

Ada yang unik di Ryokan Kono-yu. Dilansir dari situs resminya, akomodasi ini punya tachiyu atau standing bath paling dalam di Jepang. Dengan kedalaman 1,62 meter, kamu hanya bisa menikmati air panas dengan berdiri di kolam. Namun, ada kayu besar yang bisa kamu jadikan pegangan kok. Ryokan Kono-yu juga punya kolam outdoor alami yang dikelilingi pepohonan. Ada juga kolam rendam kaki, serta private onsen tambahan khusus pengunjung hotel.

3. Takaragawa Onsen

1899 Fujiwara, Minakami, Tone District, Gunma

Di prefektur Gunma, ada rekomendasi onsen di Jepang yang juga jadi salah satu onsen tercantik. Namanya adalah Takaragawa Onsen. Dilansir dari situs resminya, resor ini berdiri sejak era Taisho (1910-1930an). Pada saat itu, orang-orang mulai berkunjung ke pemandian air panas untuk menyembuhkan beragam penyakit. Salah satu bangunan utama Takaragawa Onsen sendiri dibangun di tahun 1955. Pembangunan ini diikuti beberapa fasilitas tambahan.

rekomendasi onsen di jepang
Sumber: Thegate12
rekomendasi onsen di jepang
Credit: Live Less Ordinary

Ada empat kolam outdoor dengan view sungai dan satu kolam indoor “super” di Takaragawa Onsen. Kolam terbesarnya, Kodakara bath, merupakan salah satu kolam terbesar di Jepang dan bisa mengakomodasi 200 orang! Sementara itu, di super size bath indoor, terdapat batu besar yang menjadi salah satu focal point kolam. Air panas di Takaragawa Onsen dipercaya dapat menyembuhkan nyeri otot, rematik, hemoroid, dan artritis.


Baca Juga: Suka Sakit Leher dan Punggung? Yuk Cari Tahu Manfaat Terapi Chiropractic Bagi Kesehatan


4. Shinhotaka no Yu

506-1421 Okuhida Onsen-go, Takayama, Gifu

Ingin berendam di onsen, tapi yang gratis? Rekomendasi onsen di Jepang yang satu ini mungkin bisa kalian pertimbangkan. Berada di prefektur Gifu, Shinhotaka no Yu atau Shinhotaka Onsen berada tepat di samping sungai Gamata. Kolam pemandian ini dikelilingi oleh bebatuan besar. Dilansir dari Okuhida.or.jp, kolam ini biasanya ditutup saat air sungai naik. Terkadang, air dan pasir dari sungai pun terbawa masuk ke kolam.

rekomendasi onsen di jepang
Sumber: Nippon.com
rekomendasi onsen di jepang
Sumber: Japan Travel NAVITIME

Untuk berendam di Shinhotaka no Yu, sebenarnya kamu tidak dikenai biaya. Namun, ada baiknya kamu menyumbang sebesar 300 yen sebagai biaya kebersihan. Oh, ya! Kolam pemandian ini merupakan kolam pria dan wanita, dan beberapa pengunjung berenang tanpa busana. Namun, menurut Secret Japan, pengunjung wanita diperbolehkan mengenakan baju renang. Hanya saja, ya, kalau pengunjung lain nggak pakai baju sih, tetap saja bisa awkward, ya.

5. Shima Tamura

4180 Oazashima, Nakanojo-machi, Agatsuma-gun, Gunma

Rekomendasi onsen di Jepang yang satu ini wajib dikunjungi kalau kamu berlibur ke prefektur Gunma. Dilansir dari Visit Gunma, Shima Tamura adalah ryokan dan resor onsen yang berdiri sejak tahun 1563. Bangunannya pun masih mengusung gaya dari era Edo, dengan atap ijuk yang khas. Di ryokan ini, kamu bisa menempati kamar bergaya tradisional Jepang dengan lantai tatami dan futon, atau kamar modern.

rekomendasi onsen di jepang
Sumber: Visit Gunma
rekomendasi onsen di jepang
Sumber: Situs Resmi Shima Tamura

Dilansir dari situs resminya, ada enam kolam pemandian khas, serta satu kolam privat besar untuk pengunjung hotel. Kamu bisa menikmati suasana alami yang tenang di kolam taman Ouketsu. Ada juga kolam Iwane no Yu yang airnya bisa mempercantik kulit. Favorit Bob sih kolam semiterbuka Mori no Kodama yang menawarkan pemandangan Sungai Shima. Shima Tamura juga dilengkapi lounge, kolam rendam kaki, restoran, dan salon!


Baca Juga: Surga Pecinta Makanan Jepang, Ini Dia 10 Restoran Jepang Paling Otentik di Bandung!


6. Sekizenkan Ryokan

4236, Shima-go, Nakanojo-machi, Agatsuma-gun, Gunma

Masih dari prefektur Gunma, Sekizenkan Ryokan jadi rekomendasi onsen di Jepang yang nggak kalah hebat. Dilansir dari Japan Travel, resor ini sudah ada sejak tahun 1691 di era Genroku. Ada tiga bangunan di kompleks resor ini, yang masing-masing menawarkan akomodasi yang mengesankan. Buat para fans film-film Ghibli, ada yang unik dari akomodasi ini. Bangunan utama Sekizenkan Ryokan menjadi salah satu model bathhouse Yubaba di film Spirited Away!

rekomendasi onsen di jepang
Sumber: Jalan.net
rekomendasi onsen di jepang
Sumber: CREA

Ada tiga area pemandian di Sekizenkan Ryokan. Pemandian Genroku no Yu berada di bangunan utama resor. Dilansir dari situs resminya, pemandian bergaya Romanesque ini dibangun di tahun 1930an pada era Taisho. Jepang rasa Eropa deh! Buat yang ingin menikmati suasana alami, pemandian Mori no Yu nggak boleh terlewatkan. Kolam outdoor ini berdinding bebatuan dan dikelilingi oleh hutan yang asri.

7. Kakurean Hidaji

687 Okuhida Onsen-go Fukuji, Takayama, Gifu

Ingin menikmati honeymoon dengan pasangan di Jepang? Rekomendasi onsen di Jepang yang terakhir dari Bob bisa jadi destinasi yang pas. Dilansir dari Luxury Escapes, Kakurean Hidaji adalah ryokan yang hanya bisa dikunjungi oleh orang dewasa. Selain itu, hanya tersedia 12 kamar di penginapan ini. Kunjungan kamu dan pasangan ke sini tentunya akan terasa lebih spesial dan eksklusif, dong!

rekomendasi onsen di jepang
Credit: Kakurean Hidaji via TripAdvisor
rekomendasi onsen di jepang
Credit: Kakurean Hidaji via TripAdvisor

Menurut situs resminya, semua kamar yang ada di Kakurean Hidaji bergaya tradisional Jepang dengan lantai tatami. Setiap kamar juga dilengkapi private pool dan bathtub dari kayu siprus! Meskipun private pool-nya terbuka, privasi tamu terjaga banget. Ada juga dua kolam outdoor yang menawarkan view sungai dan hutan. Selain itu, kamu juga bisa menyantap sajian khas lokal yang dibuat dari bahan-bahan musiman. Bakalan jadi honeymoon tak terlupakan deh!

Mana Rekomendasi Onsen di Jepang Pilihan Kamu?

Sudah kebayang ingin berkunjung ke onsen yang mana? Sambil nabung atau mempersiapkan liburanmu, nggak ada salahnya ‘kan riset tempat terlebih dahulu. Kalau belum bisa ke Jepang, nggak apa-apa. Kamu masih bisa liburan di Indonesia dan staycation di Bobobox. Ya, sambil maraton anime atau dorama Jepang kesukaanmu.

Dengan pod yang luas dan bergaya futuristik, nginep di Bobobox nggak akan membosankan! Apalagi, tersedia jaringan internet yang bisa diandalkan. Mau streaming dorama atau anime dari Netflix? Bisa banget! Bobobox juga punya fasilitas seperti pantry, communal space, shared bathroom, musala, dan vending machine. Jadi, kebutuhan kamu selama menginap tetap bisa ditunjang.

Sebelum menginap, download dulu aplikasi Bobobox ke ponselmu. Aplikasi gratis ini tersedia untuk pengguna Android dan iPhone/iPad. Kamu juga bisa melakukan reservasi secara langsung dan mendapatkan berbagai promo seru. Yuk download sekarang!

You might also like