Bobobox Indonesia
Experience More For Less sleep better and be inspired

10 Rekomendasi Minuman Hangat Tradisional yang Cocok Dinikmati Saat Musim Hujan

Tak hanya sekadar hangatkan tubuh!

Bobobox.co.id — Musim hujan yang mulai mendera di banyak kota di Indonesia. Dengan cuaca yang semakin dingin, menikmati rekomendasi minuman hangat adalah pilihan yang baik untuk menghangatkan tubuh.

Tak hanya baik sebagai penghangat tubuh, rekomendasi minuman hangat sangat dianjurkan untuk dikonsumsi karena berbagai alasan lainnya. Salah satunya adalah mampu mengatasi penyakit seperti flu, batuk, dan masuk angin.

Kira-kira minuman hangat mana saja yang masuk daftar rekomendasi Bob? Berikut adalah ulasan Bob mengenai 10 rekomendasi minuman hangat tradisional yang cocok dinikmati saat musim hujan.

Berikut adalah Rekomendasi Minuman Hangat

1. Wedang Jahe

Rekomendasi minuman hangat tradisional pertama adalah wedang jahe. Minuman satu ini terbilang salah satu minuman yang kerap jadi pilihan untuk menghangatkan tubuh saat cuaca yang tak begitu mendukung.

Kemudahan dalam pembuatannya pun merupakan alasan di balik banyak orang yang memilih untuk meminum wedang jahe. Pasalnya, kamu hanya tinggal menambahkan jahe dan gula merah dalam segelas air panas.

Dengan sensasi hangat yang ditawarkan, rekomendasi minuman hangat ini bakal langsung membuat tubuh merasa enakan. Alhasil, mengonsumsi wedang jahe pun disebut-sebut bisa menangkal flu dan batuk.

Wedang Jahe rekomendasi minuman hangat
Wedang Jahe via ranchmarket.co.id

2. Bajigur

Bagi orang yang tinggal di tanah Sunda, tentu tak asing dengan minuman satu ini. Minuman yang biasa disajikan di gerobak kaki lima ini merupakan minuman tradisional yang cocok untuk diminum saat cuaca dingin.

Rekomendasi minuman hangat tersebut adalah bajigur. Minuman ini sendiri menggunakan jahe dan gula merah sebagai bahan utamanya. Namun, minuman ini pun kerap dicampurkan dengan tambahan rempah lainnya.

Saat cuaca sedang dingin-dinginnya, bajigur dapat menghangatkan badan apalagi jika kamu sedang terkena flu. Selain itu, minuman hangat tradisional ini pun diyakini mampu mencegah obesitas dan juga kanker.

Bajigur rekomendasi minuman hangat
Bajigur via Shutterstock/Ign ardiyanto adi

3. Teh Talua

Dari penyajiannya, mungkin rekomendasi minuman hangat ini mengingatkanmu pada teh tarik asal Malaysia. Walaupun terlihat sama, namun minuman tersebut bukanlah teh tarik melainkan teh talua asal Padang.

Minuman tersebut dikenal sebagai minuman penghangat tubuh dan penambah tenaga. Tak mengherankan jika minuman hangat tersebut pun kerap dinikmati sebagai teman sarapan atau saat suhu mulai menurun.

Teh talua berbahan dasar campuran teh, susu, dan telur. Kerap disebut juga dengan nama teh telur, rekomendasi minuman hangat ini biasa dijumpai di restoran Padang dan kerap disajikan bersama jeruk nipis.

Teh talua rekomendasi minuman hangat
Teh talua via bisniswisata.co.id

Baca Juga: Perhatikan 10 Tips Liburan Saat Musim Hujan Agar Tetap Nyaman


4. Bandrek

Satu lagi rekomendasi minuman hangat tradisional asal Jawa Barat yakni bandrek. Sama seperti halnya bajigur, bandrek merupakan minuman yang bisa dengan mudah ditemukan di banyak pedagang kaki lima.

Banyak yang bilang bahwa bandrek merupakan wedang jahenya orang Sunda. Hal tersebut tak salah mengingat bahan utama dari rekomendasi minuman hangat ini sama seperti wedang jahe, jahe dan gula merah.

Namun, bandrek sendiri ada beberapa tambahan rempah. Tambahan rempat tersebut yang membuat sensasi dari minuman ini terbilang pedas dan hangat yang akhirnya baik untuk tingkatkan daya tahan tubuh.

Bandrek rekomendasi minuman hangat
Bandrek via Shutterstock/Ariyani Tedjo

5. Wedang Uwuh

Setelah dua rekomendasi minuman hangat datang dari Jawa Barat, rekomendasi berikutnya ini datang dari Yogyakarta. Adalah wedang uwuh yang memiliki penampilan yang terbilang mirip dengan bir pletok.

Warnanya yang agak kemerahan menjadikan keduanya terlihat mirip. Namun, perbedaannya adalah wedang uwuh disajikan tanpa disaring dan rempah-rempahnya ikut disajikan di dalam satu gelas minumannya.

Sensasi hangat bakal langsung terasa saat pertama kali menyeruput minuman hangat tradisional ini. Tak hanya menghangatkan tubuh, mengobati batuk dan masuk angin adalah manfaat lain dari wedang uwuh.

Wedang uwuh rekomendasi minuman hangat
Wedang uwuh via shutterstock/Daniel Dop

6. Angsle

Tak jauh dari Yogyakarta, rekomendasi minuman hangat lainnya datang dari Malang. Minuman hangat yang dimaksud adalah angsle yang biasanya menjadi minuman hangat sebagai teman abadi dari ronde.

Bahan utama dalam pembuatan angsle sendiri adalah santan, gula, dan beras ketan. Dalam satu porsi angsle, isian yang ditambahkan relatif beragam mulai dari roti tawar, mutiara, kelapa, kacang hijau, dan kolang-kaling.

Nah, campuran tersebut membuat rasa yang dihasilkan untuk minuman ini adalah manis dengan kuah yang hangat. Tak heran jika manfaat dari angsle adalah untuk mencegah dan mengobati batuk dan masuk angin.

Angsle rekomendasi minuman hangat
Angsle via shutterstock/Ariyani Tedjo

Baca Juga: 10 Manfaat Teh Tawar Panas Untuk Kesehatan Yang Wajib Diketahui


7. Sarabba

Jika tanah Sunda memiliki bajigur, Makassar memiliki sarabba. Rekomendasi minuman hangat ini memang menggunakan bahan-bahan dasar yang mirip dengan bajigur namun dengan tambahan rempah yang lebih kaya.

Bahkan, beberapa pedagang menambahkan hingga sembilan macam rempah. Alhasil, aroma dan sensasi hangat yang diberikan oleh minuman khas Makassar tersebut pun bakal terasa lebih strong dan nikmat.

Terkadang, sarabba disajikan dengan telur mentah. Dengan temannya seperti aneka gorengan, momen menghangatkan tubuh pun bakal semakin nikmat apalagi minuman ini berkhasiat untuk menambah stamina tubuh.

Sarabba rekomendasi minuman hangat
Sarabba via shutterstock/Ariyani Tedjo

8. Sekoteng

Sekoteng merupakan rekomendasi minuman hangat tradisional lainnya. Minuman khas Jawa tengah ini biasanya dihidangkan dalam keadaan masih panas dengan berbagai isian yang menarik mata.

Isian seperti kacang hijau, potongan roti, dan kacangan tanah membuat sensasi yang sulit untuk dijelaskan. Sensasi dengan berbagai tekstur seperti renyah, lembut, serta kenyal bakal terasa saat ada di dalam mulut.

Para penikmat sekoteng biasa menyantap sekoteng sebagai minuman penghangat tubuh. Namun, manfaat sekoteng tak hanya itu saja karena baik untuk mengurangi pusing dan mencegah gejala mual serta muntah.

Sekoteng rekomendasi minuman hangat
Sekoteng via shutterstock/Ariyani Tedjo

9. Wedang Ronde

Seperti yang disinggung sebelumnya, wedang ronde merupakan minuman tradisional yang bisa ditemukan bersamaan dengan angsle. Tak pelak wedang ronde bisa jadi pilihan sebagai penghangat tubuh di samping angsle.

Rekomendasi minuman hangat ini biasanya terdiri dari wedang jahe yang diberi isian ronde. Adanya jahe dan tambahan seperti kacang dan bola-bola ketan membuat perpaduan rasa pedas dan manis bakal terasa.

Saat diseruput saat masih panas, minuman ini pun bakal membuat badan dan tenggorokan menjadi hangat. Hal tersebut membuat rekomendasi minuman ini bakal cocok dinikmati saat cuaca dingin akibat hujan.

Ronde rekomendasi minuman hangat
Ronde via shutterstock/rosdaniar

Baca Juga: Kedinginan Saat Hujan Turun? Ini Dia 7 Resep Minuman Hangat Yang Cocok Diminum Saat Musim Hujan


10. STMJ

Rekomendasi minuman hangat terakhir yang recommended untuk dinikmati saat hujan adalah STMJ. STMJ, atau susu, telur, madu, dan jahe, adalah minuman yang cukup mudah ditemukan di berbagai angkringan.

Tambahan jahe membuat minuman ini seketika menghangatkan tenggorokan dan perut ketika diseruput. Dengan tambahan susu menjadikan rekomendasi minuman hangat ini pun bisa membuat perut akan terisi.

Dengan begitu, tak pelak STMJ pun merupakan piliha tepat saat kamu sedang berkendara saat hujan dan di malam hari. Setelah mengonsumsi STMJ, perut keroncongan menjadi terisi dan dapat menepis hawa dingin.

STMJ rekomendasi minuman hangat
STMJ via instagram/@stmjcaknorman

Menginap selama Liburan di Musim Hujan? Cobalah Datang ke Bobobox

Sedang ingin liburan ke Bandung di musim hujan seperti sekarang ini? Tak perlu khawatir. Pasalnya, Bobobox siap memberikan hal yang kamu butuhkan selama liburan di musim hujan.

Fasilitasnya yang menawarkan kenyamanan untuk beristirahat serta harga yang terjangkau merupakan dua keunggulan yang pas di momen liburanmu di Bandung kali ini.

Untuk pemesanan podnya, tinggal unduh aplikasi Bobobox di sini dan kamu sudah bisa memesan pod yang kamu inginkan kapan pun dan di mana pun kamu mau.

You might also like