Bobobox Indonesia
Experience More For Less sleep better and be inspired

Bermain Sambil Belajar Tentang Hewan di 5 Rekomendasi Kebun Binatang Indonesia Terbaik Ini!

Rekomendasi kebun binatang Indonesia yang cocok jadi destinasi wisata edukatif!

Saat merencanakan liburan, tentunya ada beragam destinasi yang kamu bisa jadikan pilihan. Kamu juga bisa membuat rencana liburan berdasarkan tema. Dari wisata kuliner hingga wisata religi, tempat-tempat tujuanmu akan bergantung pada tema yang diusung. Nah, salah satu jenis wisata yang cukup terkenal, terutama di kalangan keluarga adalah wisata edukatif. Dengan wisata ini, kita nggak hanya bisa bersenang-senang, tetapi juga memperdalam pengetahuan.

rekomendasi kebun binatang indonesia
Sumber: Merbabu

Ranah pariwisata yang satu ini sering kali identik dengan tempat-tempat seperti museum atau planetarium. Untuk pecinta hewan, kebun binatang adalah opsi yang tepat. Selain bisa melihat lebih dekat hewan kesayangan, kita juga bisa belajar mengenai spesies-spesies hewan lain. Atraksi seperti sirkus atau fasilitas pendukung seperti wahana permainan membuat kebun binatang jadi salah satu opsi populer di kalangan keluarga.


Baca Juga: Ingin Punya Binatang Peliharaan? Ini Dia 7 Tips Memelihara Binatang dengan Baik di Rumah


Dilansir dari Vice, kurang lebih ada 32 kebun binatang di Indonesia. Dengan keanekaragaman flora dan fauna di Indonesia, semoga ada lebih banyak kebun binatang yang dibangun ke depannya. Nah, Bob punya 5 rekomendasi kebun binatang Indonesia yang kamu bisa kunjungi untuk liburan bersama keluarga. Di rekomendasi kebun binatang Indonesia ini, kamu dan si kecil bisa belajar tentang hewan sambil bersenang-senang. Yuk lihat apa saja pilihannya!

1. Taman Safari Indonesia (Bogor, Jawa Barat)

Rekomendasi kebun binatang Indonesia yang satu ini sih, Bob yakin sudah pada tahu. Alih-alih sebatas kebun binatang, destinasi yang ini memang tepatnya disebut taman safari. Dilansir dari situs resminya, Taman Safari Bogor adalah satu dari tiga taman safari di Indonesia. Destinasi ini merupakan kebun binatang kelas dunia yang juga ditetapkan oleh Kementrian Kehutanan sebagai situs konservasi hewan.

rekomendasi kebun binatang indonesia
Credit: Growing with the Tans
rekomendasi kebun binatang indonesia
Sumber: Trivindo

Di Taman Safari Bogor, kamu bisa bersafari selama 45 menit menggunakan kendaraanmu sendiri. Beragam hewan seperti jerapah, panda merah, singa, pinguin, rusa, hingga beruang bisa kamu temui di sini. Oh, ya! Kamu juga bisa melihat Panpan alias panda di sini! Sepasang panda bernama Cai Tao dan Hu Chun, dilansir dari Reservasi.com, sudah menjadi penghuni gemas Istana Panda sejak tahun 2017. Yang betah, ya!

rekomendasi kebun binatang indonesia
Sumber: Wahana Bogor
rekomendasi kebun binatang indonesia
Sumber: Investor.id

Di rekomendasi kebun binatang Indonesia yang satu ini pun terdapat beragam fasilitas pendukung. Ada wahana-wahana seperti rollercoaster, rumah hantu, hingga kolam renang untuk melengkapi kunjunganmu. Atraksi hewan juga diadakan pada jam-jam tertentu. Kamu juga bisa menginap di Taman Safari Bogor dengan bermalam di pilihan akomodasi yang tersedia.


Baca Juga: Pacu Adrenalin Kamu di 7 Daftar Roller Coaster Tercepat di Dunia Ini!


2. Bali Safari and Marine Park (Gianyar, Bali)

Rekomendasi kebun binatang Indonesia yang satu ini masih berada dalam naungan Taman Safari Indonesia. Kalau kamu berlibur ke Bali, nggak ada salahnya mampir ke Bali Safari and Marine Park. Dilansir dari situs resminya, kebun binatang ini memiliki sekitar seribu hewan dari 120 spesies. Di antara spesies-spesies ini, kamu bisa menemukan orang utan, jalak Bali, dan komodo. Nggak perlu jauh-jauh ke Pulau Komodo, nih!

rekomendasi kebun binatang indonesia
Sumber: Bali Safari and Marine Park
rekomendasi kebun binatang indonesia
Sumber: Be Free Tour

Seperti halnya di Taman Safari Bogor, Bali Safari and Marine Park menghadirkan beragam atraksi hewan. Namun, jangan khawatir karena hewan-hewan yang ditampilkan dirawat dengan baik. Ada lagi yang seru dari rekomendasi kebun binatang Indonesia ini. Dilansir dari Traveloka, kamu bisa menikmati sarapan atau makan malam ditemani singa! Bahkan, kamu juga bisa memberi makan hewan secara dekat dan langsung dari habitatnya!

rekomendasi kebun binatang indonesia
Sumber: Bali Safari and Marine Park
rekomendasi kebun binatang indonesia
Sumber: Metro Bali

Bali Safari dan Marine Park juga menawarkan safari malam, serta 4×4 safari yang kamu bisa nikmati dari mobil jip. Pertunjukan spektakuler yang menonjolkan budaya tradisional Bali juga nggak boleh terlupakan. Selain itu, kamu juga bisa bermalam di sini. Ada beberapa tipe akomodasi yang tersedia, dari kamar dengan balkon hingga bungalow untuk keluarga.


Baca Juga: Inilah 7 Tempat Wisata di Ubud Bali untuk Liburan Romantis Bersama Pasangan!


3. Taman Margasatwa dan Budaya Kinantan (Bukittinggi, Sumatera Barat)

Kebun binatang terbaik di Indonesia nggak hanya berada di Jawa dan Bali aja kok. Rekomendasi kebun binatang Indonesia yang berikutnya berada di Sumatra Barat. Taman Margasatwa dan Budaya Kinantan merupakan pilihan destinasi wisata edukatif yang menarik dan bersejarah. Pasalnya, dilansir dari Indonesia Kaya, kebun binatang ini merupakan salah satu kebun binatang tertua di Indonesia. Kebun ini dibangun sejak tahun 1900, lho!

rekomendasi kebun binatang indonesia
Credit: nengawal.blogspot.com
rekomendasi kebun binatang indonesia
Credit: Anita Zulmi via Wikimedia Commons

Mulanya, kebun ini dibangun sebagai taman bunga saja. Namun, di tahun 1929 kebun ini dikembangkan menjadi kebun binatang. Taman Margasatwa dan Budaya Kinantan melakukan pertukaran koleksi dengan Kebun Binatang Surabaya di tahun 1933. Walhasil, beberapa fauna khas Indonesia Timur pun bisa kamu temukan di destinasi wisata edukatif ini. Hewan seperti rusa dan harimau Sumatra bisa kamu lihat juga.

rekomendasi kebun binatang indonesia
Sumber: Situs Resmi Pemerintah Kota Bukittinggi
rekomendasi kebun binatang indonesia
Credit: IftekharA-Sep2016 via TripAdvisor

Sesuai namanya, Taman Margasatwa dan Budaya Kinantan nggak hanya memiliki koleksi hewan. Dilansir dari Native Indonesia, kebun binatang ini menampilkan kekayaan budaya Minang. Di sini, kamu bisa melihat rumah adat Minangkabau atau Rumah Gadang. Selain itu, di kebun binatang ini juga terdapat jembatan ikonik. Dikenal sebagai Jembatan Limpapeh, jembatan ini menghubungkan kebun binatang dengan Benteng Fort de Kock. Boleh nih sekalian mampir!


Baca Juga: Nikmati Sensasi Menembus Awan di 5 Mahakarya dalam Daftar Jembatan Tertinggi di Dunia Ini!


4. Batu Secret Zoo (Batu, Jawa Timur)

Kembali ke Pulau Jawa, rekomendasi kebun binatang Indonesia yang satu ini sayang dilewatkan. Berada di kawasan Batu yang sejuk, Batu Secret Zoo adalah pilihan objek wisata keluarga di Batu Malang. Dilansir dari Native Indonesia, kebun binatang ini memiliki luas 14 hektare dan merupakan bagian dari Jatim Park 2. Buat kamu yang berencana berkunjung ke Jatim Park 2, kebun binatang ini jangan dilewatkan, ya!

rekomendasi kebun binatang indonesia
Credit: Jfkjaya via Wikimedia Commons
rekomendasi kebun binatang indonesia
Credit: Jfkjaya via Wikimedia Commons

Batu Secret Zoo juga berfungsi sebagai pusat konservasi dan penyelamatan satwa dan fauna. Dilansir dari situs resminya, ada lebih dari 300 spesies hewan yang kamu bisa temukan di kebun binatang ini. Rekomendasi kebun binatang Indonesia ini juga punya beberapa satwa unik. Salah satunya adalah pgymy marmoset, spesies kera terkecil di dunia dengan tubuh sepanjang 15 sentimeter! Di sini juga ada giant otter, salah satu mamalia terbesar asal Amerika Selatan.

rekomendasi kebun binatang indonesia
Sumber: Jawa Timur Park Group
rekomendasi kebun binatang indonesia
Credit: @luvcuzu via Data Wisata

Batu Secret Zoo mengadakan beberapa kelas seperti kelas primata, kucing besar, atau reptil agar kamu bisa belajar lebih lanjut. Selain itu, ada juga Museum Satwa  di kebun binatang ini. Sebagai fasilitas penunjang, ada penyewaan e-bike yang kamu bisa pakai untuk menjelajahi kebun binatang. Ada juga fun house dan beragam wahana seru untuk kamu dan si kecil.


Baca Juga: Awas Tersesat, Ini Dia Labirin Coban Rondo, Wisata Baru Di Malang Yang Instagramable Banget


5. Taman Margasatwa Ragunan (Ragunan, Jakarta Selatan)

Rekomendasi kebun binatang Indonesia yang terakhir, dan jangan terlewatkan, adalah Taman Margasatwa Ragunan. Buat kamu yang tinggal di J-Town, menikmati alam dan mengenal hewan nggak mengharuskan kamu buat pergi ke luar kota! Dilansir dari situs resminya, kebun binatang ini didirikan pada tanggal 19 September 1864. Usianya lebih tua daripada Taman Margasatwa dan Budaya Kinatan. Wow!

rekomendasi kebun binatang indonesia
Sumber: medcom.id
rekomendasi kebun binatang indonesia
Sumber: PegiPegi

Ada yang unik lagi dari kebun binatang ini. Tahu nggak kamu kalau dulunya, kebun binatang ini berada di Cikini? Taman Margasatwa Ragunan berdiri di atas lahan seluas 10 hektare yang dihibahkan oleh salah satu penulis ternama Indonesia, Raden Saleh. Namun, di tahun 1964 lokasinya dipindahkan ke lahan seluas 30 hektare di Ragunan. Di tahun 2010, taman ini memiliki 2.200 ekor hewan dari 220 spesies.

rekomendasi kebun binatang indonesia
Sumber: Aktualitas.id
rekomendasi kebun binatang indonesia
Sumber: Taman Margasatwa Ragunan

Mamalia seperti harimau putih, monyet marmoset, jaguar, rusa, hingga anoa bisa kamu jumpai di rekomendasi kebun binatang Indonesia ini. Nggak hanya itu! Reptil seperti kura-kura, ular, hingga si Komo alias komodo pun ada. Koleksi burung dan ikan pun dirawat dengan baik di kebun binatang ini. Wahana seperti perahu angsa dan kereta keliling juga tersedia. Ada pula Taman Refleksi yang cocok untuk joging atau sekadar bersantai.


Baca Juga: Ingin Santai Sore? Yuk Main ke 7 Restoran Outdoor Jakarta Instagrammable Ini!


Apa Rekomendasi Kebun Binatang Indonesia yang Kamu Ingin Kunjungi?

Sebelum kamu siap menyambangi setiap rekomendasi kebun binatang Indonesia dari Bob, pastikan kamu mempersiapkan liburanmu dengan matang. Terutama dalam kondisi pandemi yang belum pulih sepenuhnya, kamu harus tetap mengikuti protokol kesehatan. Jangan lupa rajin mencuci tangan, menjaga jarak dengan orang lain, dan mengenakan masker.

Sebagai bagian dari persiapan, pilih juga akomodasi yang nyaman untuk liburan kamu. Nah, Bob punya rekomendasi hotel Jakarta yang keren: Bobobox! Nggak perlu keluar dana mahal untuk menikmati liburan berkualitas. Di Bobobox, kamu akan menikmati pengalaman menginap di hotel kapsul dengan teknologi yang terintegrasi dengan aplikasi seluler. Desain pod yang futuristik dan ruang yang luas dijamin bikin kamu betah.

Nggak hanya itu! Bobobox juga punya fasilitas pendukung seperti pantry, communal space, shared bathroom, dan musala. Di Jakarta, kamu bisa mencoba Bobobox di Tanah Abang, Juanda, Kebayoran Baru, Kota Tua, dan Pancoran. Jangan lupa download aplikasi Bobobox ke ponselmu sebelum menginap, ya! Dapatkan juga beragam promo menarik lewat aplikasi Bobobox!

You might also like