Bobobox Indonesia
Experience More For Less sleep better and be inspired

Siapin Tisu! 10 Film Korea Sedih Ini Bakalan Menguras Air Mata Kamu!

Bob sampe nangis nontonnya 😭

Pilihan hiburan dari Negeri Ginseng memang nggak ada habisnya! Ada beragam tayangan dan musik yang bisa kamu nikmati. Dari reality show menggelitik seperti Running Man hingga drama populer seperti Itaewon Class, kamu nggak akan kehabisan opsi deh! Genre film yang ditawarkan Korea Selatan pun sangat variatif. Platform-platform hiburan seperti Netflix tidak hanya menghadirkan film Korea sedih, tetapi juga genre seperti horor, crime, hingga komedi. Apalagi, akting dan penampilan para aktor dan aktrisnya keren banget. Duh! Makin ngefans deh!

film korea sedih
Sumber: ddela.tistory.com

Bicara soal film, akhir-akhir ini Bob lagi senang film Korea sedih nih! Biasanya sih, film-film tearjerker ini dikategorikan ke genre drama. Namun, ada juga kok film komedi atau genre lainnya yang tetap bikin kita mbrebes mili. Ada banyak hal yang bikin film ini sedih. Dari berakhirnya hubungan hingga kematian, film-film ini akan menusuk jiwa dan menyulap kamarmu jadi nunmul bada alias lautan air mata! Namun, di luar permainan emosi yang ditawarkan film-film tersebut, tetap ada pelajaran yang bisa kita ambil kok.

Nah, buat kalian yang butuh rekomendasi film tearjerker asal Korea Selatan, Bob sudah siapkan 10 pilihan. Eits! Jamkamman! Sebelum menonton, pastikan kamu sudah siap mental dan menyiapkan tisu, ya! Tanpa berlama-lama, inilah 10 rekomendasi film Korea sedih versi Bob!

1. My Annoying Brother (, 2016)

film korea sedih
Sumber: Electro Deal Pro

Fans berat EXO wajib nonton film yang satu ini! Film Korea sedih ini dibintangi oleh Jo Jung-suk dan Do Kyung-soo atau D.O. Dirilis pada tahun 2016, film drama keluarga ini bercerita tentang Doo-young (Kyung-soo), atlet Judo yang kehilangan penglihatannya. Kembalinya sang kakak, Doo-shik (Jung-suk) untuk merawatnya pada awalnya dianggap sebagai beban. Namun, pada akhirnya Doo-young mulai menerima kehadiran kakaknya. Sayangnya, sang kakak ternyata menderita kanker dan hanya memiliki sisa waktu yang singkat. Dilansir dari The Korea Rehald, My Annoying Brother berhasil menguasai box office lokal di minggu pertama rilisnya. Kedua protagonis pun menyumbangkan suaranya dalam lagu Don’t Worry yang berhasil masuk ke Gaon di minggu ke-48 tahun 2016.

2. Last Child (살아남은 아이, 2017)

film sedih korea
Sumber: barista7.tistory.com

Film besutan sutradara Shin Dong-seok ini menggambarkan luka akibat kehilangan seorang anak. Dirilis tahun 2017, Last Child dibintangi oleh Choi Moo-sung, Kim Yeo-jin, dan Sung Yu-bin. Sang-chul (Moo-sung) dan Mi-sook (Yeo-jin) kehilangan anaknya, Eun-chan yang tenggelam di sungai karena menyelamatkan temannya. Suatu hari, Sang-chul bertemu Ki-hyun (Yu-bin), anak yang diselamatkan oleh Eun-chan dan memutuskan untuk mengasuhnya. Meskipun awalnya dingin, pada akhirnya Mi-sook mulai menerima Ki-hyun. Namun, kebaikan pasangan tersebut ternyata memperkuat rasa bersalah Ki-hyun. Akhirnya, Ki-hyun pun membongkar rahasia di balik kematian Eun-chan. Dilansir dari Korean Film Council, Last Child memenangkan beberapa award, termasuk Korea Gold Award Festival dan Busan International Film Festival.

3. The Classic (클래식, 2003)

film korea sedih
Sumber: FilmPro

Seperti judulnya, film Korea sedih ini bisa dibilang salah satu film romance klasik Korea. Dirilis tahun 2003, The Classic dibintangi Son Ye-jin, Jo In-sung, dan Jo Seung-woo. Film ini menceritakan dua kisah cinta paralel yang dialami oleh ibu dan anak (Ye-jin). Di masa lalu, sang ibu, Joo-hee jatuh cinta dengan Joon-ha, teman sekolahnya. Namun, hubungan ini tidak direstui orang tua Joo-hee yang berencana menjodohkannya dengan orang lain. Situasi memburuk saat Joon-ha ikut berperang ke Vietnam. Sementara itu, di masa sekarang, sang anak, Ji-hye (Ye-jin) jatuh cinta dengan Sang-min (In-sung), tetapi terhalang oleh orang ketiga. Hmm… Kira-kira, siapa di antara ibu dan anak ini yang berhasil mewujudkan kisah cintanya?

4. Kim Ji-young: Born 1982 (82년생 김지영, 2019)

film korea sedih
Sumber: Brunch

Film Korea sedih yang satu ini sarat akan berbagai isu sosial. Selain bikin kamu mbrebes mili, Kim Ji-young: Born 1982 akan mengajak kamu melihat gambaran fenomena sosial yang sebetulnya tidak asing. Film ini dibintangi oleh Jung Yu-mi dan Gong-yoo, serta diadaptasi dari novel dengan judul yang sama. Ji-young (Yu-mi) adalah seorang ibu yang awalnya memiliki karir, pasangan, dan kehidupan impian. Sayangnya, Ji-young menderita postpartum depression dan sering “berubah” menjadi ibu, nenek, atau kakaknya. Kondisi makin keruh dengan ibu mertuanya yang masih berpola pikir kuno, serta trauma di masa lalu Ji-young. Film ini menyentil isu-isu sosial seperti patriarki dan gender stereotype. Dilansir dari Korean Film Council, film ini pun menuai kontroversi dan sempat mendapatkan reaksi negatif dari para anti-feminis. Aduh!

5. Wedding Dress (웨딩드레스, 2010)

film korea sedih
Sumber: ravely.tistory.com

Sejauh ini, Wedding Dress jadi film Korea sedih yang paling menyayat hati buat Bob. Duh! Film-film bertema ibu tuh pasti menyentuh! Dirilis tahun 2010, film ini dibintangi Song Yoon-ah dan Kim Hyang-gi. Go-eun (Yoon-ah) adalah seorang single mother yang bekerja sebagai pembuat gaun pernikahan. Anak semata wayangnya, So-ra (Hyang-gi) adalah murid SD yang tidak punya banyak teman. Saat tahu bahwa ibunya menderita kanker, So-ra pun mulai menjadi sosok yang lebih dewasa dan berusaha merealisasikan mimpi ibunya. Berhasilkah So-ra melakukan semuanya? Di akhir film, So-ra dewasa akhirnya mengenakan gaun pernikahan yang dibuat ibunya. Ah! So sweet! Bob jadi kangen mama nih! Hiks!

6. May 18 (화려한 휴가, 2007)

film korea sedih
Sumber: Blog Naver

Film Korea sedih berikutnya berdasarkan kejadian nyata di Gwangju di tahun 1980 yang dikenal sebagai Gwangju Massacre. Dirilis tahun 2007, May 18 dibintangi Kim Sang-kyung, Lee Jun-ki, dan Lee Yo-won. Film ini melihat insiden Gwangju Massacre dari sudut pandang kakak-adik Min-woo (Sang-kyung) dan Jin-woo (Jun-ki). Kelompok militer bersenjata menyerang para warga di kota Gwangju. Marah karena temannya menjadi korban kekejaman kelompok tersebut, Jin-woo ikut berprotes bersama orang lain. Sayangnya, ia tertembak di depan kakaknya dan mati. Min-woo pun akhirnya ikut melawan kelompok militer bersama para warga Gwangju. Gambaran kesedihan yang dirasakan keluarga dan teman yang ditinggalkan dijamin bikin kamu ikut geram dan sakit hati!

7. Hello Ghost (헬로우 고스트, 2010)

film korea sedih
Sumber: IniKpop

Tertarik naik emotional rollercoaster? Film komedi yang satu ini harus kamu tonton. Komedi? Ya, betul! Komedi. Eits! Jangan dulu protes! Dirilis tahun 2010, Hello Ghost adalah film yang harus kamu coba tonton! Film ini dibintangi Cha Tae-hyun, Kang Ye-won, Go Chang-seok, dan Cheon Bo-geun. Bercerita tentang seseorang yang berniat bunuh diri tetapi gagal, Sang-man (Tae-hyun) justru diikuti oleh empat hantu. Merasa terganggu karena kehadiran mereka, Sang-man pun berencana membantu setiap hantu supaya mereka mau pergi. Namun, Sang-man justru menyadari identitas para hantu tersebut dan ini yang akan bikin kamu nangis bombai! Dilansir dari Koreanfilm, Hello Ghost menempati urutan kesembilan di daftar Best Selling Films tahun 2010.

8. Birthday (생일, 2019)

film korea sedih
Sumber: Brunch

Selain Last Child, ada lagi film Korea sedih yang menceritakan kesedihan karena kematian seorang anak. Dirilis tahun 2019, Birthday berfokus pada keluarga yang kehilangan anak sulungnya akibat tenggelamnya kapal feri Sewol. Tragedi tenggelamnya MV Sewol terjadi di tahun 2014 dan menewaskan 304 penumpang. Jung-il (Sol Kyung-gu) dan Soon-nam (Jeon Do-yeon) masih berduka akibat kematian anak sulungnya, Su-ho. Duka ini berdampak pada hubungan mereka yang renggang, serta perlakuan Soon-nam kepada anak bungsunya. Ye-sol. Setiap tahun, mereka merayakan hari ulang tahun Su-ho untuk mengenangnya. Demi Ye-sol, Jung-il dan Soon-nam pun harus bertahan dan memperjuangkan hubungannya.

9. Hearty Paws (마음이, 2006)

film korea sedih
Sumber: Blog Naver

Katanya, anjing adalah sahabat terbaik manusia. Hmm… Betul nggak, sih? Kamu bisa membuktikannya lewat film ini. Dirilis tahun 2006, Hearty Paws dibintangi Yoo Seung-ho dan Kim Hyang-gi. Film Korea sedih ini menceritakan Chan-yi (Seung-ho) dan So-yi (Hyang-gi), kakak adik yang ditinggalkan begitu saja oleh ibunya. Mereka memelihara seekor golden retriever bernama Maeumi. Karena sebuah inside, So-yi meninggal dan Chan-yi menyalahkan Maeumi. Namun, keduanya akhirnya kembali berteman dan pergi ke Seoul untuk mencari sang ibu. Dilansir dari YTN, sayangnya Dari, anjing yang memerankan Maeumi meninggal di tahun 2016. Uh, Bob ikut sedih jadinya.

10. A Werewolf Boy (늑대소년, 2012)

film korea sedih
Sumber: TheQoo

Dan… rekomendasi film Korea sedih terakhir dari Bob adalah A Werewolf Boy. Dirilis tahun 2012, film ini dibintangi Park Bo-young dan Song Joong-ki. Uniknya, film ini menggabungkan romansa dengan sentuhan fantasy. Kalau dilihat dari judulnya, kamu mungkin menduga akan ada werewolf di film ini, tapi sebenarnya tidak. Sun-yi (Park Bo-young) pindah ke pedesaan bersama ibu dan adiknya. Di rumah baru, mereka menemukan anak yang tak terurus. Sang ibu pun kasihan dan merawatnya, serta menamainya Chul-soo (Song Joong-ki). Meskipun awalnya merasa risi, Sun-yi menerima keberadaan Chul-soo dan mulai menyukainya. Namun, keberadaan Chul-soo terancam oleh orang-orang desa. Demi menyelamatkannya, Sun-yi terpaksa “membuang”-nya di hutan, tetapi berjanji akan kembali.

Itulah 10 rekomendasi film Korea sedih versi Bob. Kamu sudah pernah nonton yang mana? Atau, kamu mungkin tertarik untuk nonton rekomendasi dari Bob? Tonton dong! Jangan lupa sediakan tisu, ya, buat mengantisipasi nunmul bada atau lautan air mata. Oh, ya! Mau nonton di Bobobox juga boleh kok, biar Bob bisa ikutan maraton film!

Maraton Film di Bobobox Pasti Seru!

Pesta film Korea sambil staycation di Bobobox dijamin asyik! Selain kasur yang besar dan nyaman, setiap pod di Bobobox juga didesain dalam interior bergaya futuristik yang Insta-worthy. Teknologinya pun sudah terintegrasi dengan aplikasi ponsel. Jadi, kamu bisa mengakses pod, mengatur pencahayaan, sampai berinteraksi dengan staf lewat ponselmu. Praktis banget, ‘kan? Ada juga Bluetooth speaker di dalam pod supaya acara maraton film makin seru.

Setelah capek nangis nonton film Korea sedih, kamu mungkin ingin ngopi atau ngeteh sejenak. Di Bobobox, tersedia pantry kok. Kamu dan teman-teman bisa menggunakan fasilitas tersebut untuk bikin kopi atau teh dan ngemil. Fasilitas lain yang tersedia mencakup shared bathroom, communal space, dan musala. Ada juga vending machine di lobi supaya kamu nggak perlu repot-repot meninggalkan hotel. Oh, ya! Kamu juga bisa menemukan banyak spot cantik buat foto-foto di Bobobox! Daebak deh!

Nah, sebelum datang, pastikan kamu download aplikasi Bobobox terlebih dahulu, ya! Aplikasi ini bisa kamu unduh secara gratis dari App Store atau Google Play Store. Selain bisa memesan pod, kamu juga bisa dapat beragam promosi menarik, lho! Seru, ‘kan?

Oh iya, kamu juga bisa melihat langsung pods Bobobox lewat virtual 360° tour lho!

Jadi, langsung aja download aplikasi Bobobox dan ayo maraton film Korea bareng Bob!

You might also like