Bobobox Indonesia
Experience More For Less sleep better and be inspired

10 Rekomendasi Film Jepang Terbaik Sepanjang Masa. Wajib Ditonton Salah Satunya!

Kualitasnya tak perlu diragukan lagi!

Bobobox.co.id — Jepang merupakan salah satu negara di Asia yang cukup aktif dalam memproduksi film setiap tahunnya. Dari film yang sudah dirilis, tentu ada film yang dikategorikan sebagai film terbaik.

Film Jepang terbaik tersebut pastinya memiliki kualitas yang menjanjikan baik dari sisi sinematografi dan alur cerita. Tak mengherankan juga jika film-film ini sukses secara finansial sekaligus pujian dari kritikus.

Nah, berikut ini merupakan 10 rekomendasi film Jepang terbaik sepanjang masa versi Bob. Wajib kamu tontoh salah satunya, ya!

Your Name (2016)

Sutradara: Makoto Shinkai

Rating IMDB: 8,4/10

Rekomendasi film Jepang terbaik pertama sepanjang masa versi Bob adalah Kimi No Nawa atau lebih dikenal dengan judul Your Name. Film ini sendiri termasuk satu dari tiga film animasi yang ada di daftar ini.

Tak hanya meraih kesuksesan di negeri sakura, Jepang, film ini pun ngehits di kancah internasional. Film yang dirilis tahun 2016 ini selain sukses secara finansial tetapi juga mendapat pengakuan dari kritikus film.


Baca Juga: Membawamu Ke Dalam Nostalgia Dan Dunia Penuh Fantasi, Ini Dia Film-Film Animasi Terbaik Sepanjang Masa Versi Bob!


Film jepang hits rekomendasi ini mengisahkan tentang bertukarnya jiwa antara Mitsuha Miyamizu dan Taki Tachibana. Kira-kira hal apa sajakah yang akan terjadi kepada keduanya, ya? Tonton saja langsung!

rekomendasi film Jepang terbaik your name
Your name/Toho via japantimes.co.jp

One Cut of the Dead (2018)

Sutradara: Shinichirou Ueda

Rating IMDB: 7,7/10

Hanya bermodal tiga juta Yen, Shinichirou Ueda menyulap One Cut of the Dead menjadi salah satu film yang sukses di pasaran. Tak hanya di Jepang, film ini bahkan sukses membuat perfilman internasional takjub.

Rekomendasi film Jepang terbaik ini menyuguhkan plot yang akan sulit kamu temukan di film lainnya. Walaupun awal filmnya membuatmu bingung, bersabarlah karena nantinya kamu akan dibuat tertawa terbahak-bahak.

Bergenre komedi, film Jepang rekomendasi ini sendiri mengisahkan tentang kru film yang berusaha membuat sebuah television show. Dengan teknik ala-ala one cut, kekacauan justru banyak terjadi, lho!

One Cut of the Dead/Enbu Seminar via hollywoodreporter.com

Battle Royale (2000)

Sutradara: Kinji Fukasaku

Rating IMDB: 7,6/10

Rekomendasi film Jepang terbaik sepanjang masa berikutnya adalah Battle Royale. Film Jepang action school ini sangatlah tidak dianjurkan bagi kamu yang takut dengan darah ataupun genre gore.

Pasalnya, film Jepang action rekomendasi ini dipenuhi oleh scene dengan pertumpahan darah di mana-mana. Aksi saling bunuh tiap karakternya siap memberikan bekas ingatan yang rasanya bisa membuat sulit tidur.

Battle Royale sendiri menceritakan tentang penculikan paksa para remaja. Para remaja ini harus bisa bertahan hidup selama tiga hari untuk menyelesaikan misi agar bisa kembali pulang. Kira-kira siapa yang menang, ya?

Battle Royale/Toei Company via nofspodcast.com

Shoplifters (2018)

Sutradara: Hirokazu Koreeda

Rating IMDB: 7,9/10

Di artikel sutradara terbaik di dunia, Bob memasukkan nama Hirokazu Kore-eda sebagai salah satu di antaranya. Tak mengherankan juga jika karya filmmaker asal Tokyo ini masuk ke dalam rekomendasi Bob kali ini.

Satu di antara tiga film yang masuk ke rekomendasi film Jepang terbaik sepanjang masa adalah Shoplifters. Film ini masih sama seperti film-film Kore-eda sebelumnya yang penuh dengan momen mengenyuh hati.

Lewat Sholifters, film Jepang terbaik ini menyorot tentang kehidupan dari tiga generasi yang terpinggirkan. Walaupun mengalami kesulitan secara finansial, kehidupan yang disajikan begitu menghangatkan hati.

Shoplifters/GAGA Pictures via pradt.co

Spirited Away (2001)

Sutradara: Hayao Miyazaki

Rating IMDB: 8,6/10

Bagi para pencinta film animasi Jepang, nama Hayao Miyazaki tentu sudah tak asing di telinga. Pasalnya, pria kelahiran Tokyo, 5 Januari 1941 adalah salah sutradara terkenal lewat film animasi di Studio Ghibli.

Spirited Away adalah salah satu mahakarya terbaik yang ia ciptakan. Film animasi terbaik sepanjang masa ini akan semakin menyemarakkan daftar Bob kali ini dengan kisah haru dan penuh nilai moral.

Film ini menceritakan tentang petualangan Chihiro, seorang gadis yang berusaha menyelematkan kedua orang tuanya yang berubah menjadi babi. Ia pun harus bekerja di sebuah permandian sebagai konsekuensinya.

Spirited Away/Toho via timeout.com

Baca Juga: Ini Dia Sutradara-Sutradara Film Terbaik di Dunia yang Karyanya Selalu Ditunggu-tunggu


My Neighbor Totoro (2000)

Sutradara: Hayao Miyazaki

Rating IMDB: 8,2/10

Satu lagi karya Hayao Miyazaki yang masuk ke daftar rekomendasi film Jepang terbaik versi Bob. Kali ini, kamu bakal menyaksikan petualangan Satsuka dan Mei yang berteman dengan para makhluk kasat mata.

My Neighbor Totoro siap memberikan suguhan petualangan dengan imajinasi tingkat tinggi. Pada zamannya, animasi yang ditawarkan oleh film dari Studio Gibli ini termasuk salah satu yang terbaik, lho!

Petualangan tersebut terasa begitu menyenangkan siap menyajikan suguhan yang ringan dengan bumbu komedi yang bakal membuatmu tertawa. My Neighbor Totoro ini rasanya akan cocok ditonton di kala senggang.

My Neighbor Totoro/Toho via uzone.id

Nobody Knows (2004)

Sutradara: Hirokazu Koreeda

Rating IMDB: 8,1/10

Setelah sudah ada Shoplifters, Hirokazu Kore-eda ‘menyumbangkan’ film lainnya di daftar rekomendasi ini. Nobody Knows yang dirilis pada tahun 2004 adalah rekomendasi film Jepang terbaik berikutnya.

Film drama Jepang ini sendiri diangkat dari kisah nyata penelantaran anak di Sugamo, Tokyo tahun 1988. Pada zamannya, kisah tersebut termasuk salah satu kisah menggemparkan di Jepang.

Berbicara soal filmnya, film drama Jepang ini menampilkan banyak pesan moral. Penggambaran mengenai ketidakpedulian dan kesenjangan di perkotaan Jepang ditampilkan begitu ciamik.

Nobody Knows/IFC Films via imdb.com

Still Walking (2008)

Sutradara: Hirokazu Koreeda

Rating IMDB: 8,2/10

Rekomendasi film Jepang terbaik lainnya ini masih dari sutradara Hirokazu Kore-eda. Kali ini, film yang dimasukkan Bob ke dalam daftar film terbaik Jepang ini adalah Still Walking yang dirilis pada tahun 2008.

Masih dengan tema konflik keluarga, penggambaran dari Kore-eda mengalir begitu indah. Setiap permasalahan dan keinginan dari tiap karakter berhasil digali untuk menunjukkan tiap karakterisasi karakter.

Situasi konflik yang ditampilkan berjalan sangat natural. Ditambah dengan chemistry dari tiap karakternya, film ini mampu menarik perhatian lebih dengan segudang permasalahan yang berusaha diceritakan.

Still Walking/IFC Films via npr.org

My Tomorrow, Your Yesterday (2016)

Sutradara: Takahiro Miki

Rating IMDB: 7,5/10

My Tomorrow, Your Yesterday adalah rekomendasi film terbaik Jepang sekaligus film Jepang rekomendasi romantis. Film yang dirilis tahun 2016 ini sendiri tak seperti film komedi romantis pada umumnya.

Pasalnya, perjalanan waktu merupakan tajuk utama yang menjadi inti dari film ini. Kedua karakter utama dalam film menjalani waktu yang berbeda namun akan bertemu setiap lima tahun sekali.

Film Jepang komedi romantis ini akan menyuguhkan berbagai scene yang begitu menarik perhatianmu. Namun, di sisi lain, bersiaplah untuk menyeka air matamu dengan scene lain yang begitu menyedihkan.

My Tomorrow Your Yesterday/Toho via scifijapan.com

Death Note (2006)

Sutradara: Shusuke Kaneko

Rating IMDB: 7,7/10

Rekomendasi film Jepang terbaik sepanjang masa terakhir versi Bob adalah Death Note. Film ini adalah adaptasi langsung dari manga dengan judul yang sama ditulis oleh Tsugumi Ohba dan diilustrasikan oleh Takeshi Obata.

Film Jepang live action ini mampu memberikan sensasi yang hampir serupa dengan yang ada di manganya. Tak heran jika remake dari film ini tak berhasil mengalahkan kualitas yang ditunjukkan film ini.

Death Note mengisahkan tentang catatan dari neraka yang jatuh ke bumi dan ditemukan oleh manusia. Pemilik dari buku tersebut akan ditemani oleh dewa kematian sekaligus membuat perjanjian dengannya.

Death Note/Warner Bros via timeout.com

Menginap sambil Nonton Rekomendasi Film Jepang Terbaik? Ya di Bobobox

Jika kamu sedang ingin menonton rekomendasi film Jepang terbaik yang Bob rekomendasikan tanpa ada gangguan, Bobobox menjadi tempat yang bisa menjamin hal tersebut.

Ditambah dengan lampu led yang bisa diubah sesuka hati dan pengeras suara Bluetooth, pengalaman menonton di hotel kapsul ini akan semakin ciamik.

Informasi lebih lanjut soal pemesanan, kamu bisa mendapatkannya melalui aplikasi Bobobox yang bisa diunduh di sini.

You might also like