Bobobox Indonesia
Experience More For Less sleep better and be inspired

Capek, Kak? Rehat Sejenak dengan Menikmati 10 Wisata Air Terjun Virtual Tercantik Ini Yuk!

Jelajahi pesona alam Indonesia langsung dari gadget kamu!

Di masa pandemi COVID-19, wisata air terjun virtual menjadi solusi tersendiri untuk mengusir rasa bosan karena harus tetap berada di rumah dan menyegarkan pikiran kamu dengan pemandangan yang menyejukkan. Wisata, tur atau jalan-jalan virtual sendiri semakin marak dilakukan akibat imbas dari pandemi tersebut.

Istilah ini pun makin booming karena banyaknya minat dari masyarakat yang sudah sangat rindu untuk kembali melakukan travelling. Akibatnya, cukup banyak pelaku bisnis pariwisata yang berlomba-lomba mengadakan virtual tour atau jalan-jalan virtual lengkap dengan pemandu yang siap memberikan informasi tentang lokasi turnya.

Lokasinya pun beragam, mulai dari tempat wisata berbentuk museum hingga wisata alam. Pemandu tersebut ada yang memandu kamu langsung dari lokasi dan ada juga yang sama-sama tetap di rumah seperti kamu.

Jika pemandu sama-sama dari rumah, pemandu biasanya akan memberikan penjelasan melalui slide foto, Google Maps, Google Street View, dan YouTube. Sementara itu, jika pemandu langsung dari lokasi, kamu bisa melihat kondisi destinasi wisata secara lagsung lewat layar ponsel pintar, komputer, atau laptop kamu. Mereka biasanya sudah memperoleh izin dari pihak pengelola wisata, jadi kamu tidak usah khawatir.

Untuk biayanya, sebagian tidak dipungut biaya alias gratis sementara sebagian yang lain sudah menerapkan tarif tertentu atau meminta bayaran seikhlasnya saja. Jalan-jalan virtual berbayar tentu akan memberikan kualitas yang lebih baik dan kamu merasa seperti sedang jalan-jalan yang sesungguhnya.

Namun, tidak semua orang dapat menikmati jalan-jalan virtual yang diselenggarakan oleh para pelaku bisnis pariwisata. Nah, untuk menyiasatinya, kamu bisa kok melakukan wisata virtual dengan bermodalkan layanan Google Street View untuk menikmati foto-foto tempat yang ingin kamu kunjungi.

Kalau kamu sedang lelah dan butuh sesuatu yang menyegarkan, wisata air terjun virtual bisa menjadi pilihan kamu. Sebagai rekomendasi, yuk intip beberapa air terjun tercantik yang ada di Indonesia berikut ini!

Air Terjun Madakaripura

Salah satu air terjun tercantik yang bisa kamu masukkan dalam daftar wisata air terjun virtual kamu adalah air terjun Madakaripura. Air terjun satu ini terletak di Dusun Branggah, Desa Negororejo, Kecamatan Lumbang, Kabupaten Probolinggo, Jawa Timur.

Air terjun Madakaripura sendiri merupakan air terjun tertinggi ke dua di Indonesia dan bahkan tertinggi di pulau Jawa. Selain tinggi menjulang, bentuk tebingnya juga melingkar hingga berbentuk seperti lubang yang menganga. Tebing tersebut juga dipenuhi dengan tumbuhan hijau sehingga semakin menambah kesan sejuk dan menyegarkan.

Lihat juga di sini.

Air Terjun Coban Pelangi

@wawan8011

Masih di Jawa Timur, kamu juga bisa mencoba Coban Pelangi untuk wisata air terjuan virtual kamu. Air terjun ini terletak di kaki Gunung Semeru dan merupakan bagian dari Taman Nasional Bromo. Air terjun ini tepatnya berada di Desa Gubuk Klakah, Kecamatan Poncokusumo, Kabupaten Malang, Jawa Timur.

Kata pelangi disematkan pada nama air terjun tersebut karena Coban Pelangi kerap kali memunculkan berbagai warna yang mirip pelangi. Fenomena munculnya pelangi itu biasanya terjadi di siang hari dan disebabkan oleh sinar matahari yang membias di antara cipratan air terjun. Dengan tinggi mencapai 110 meter ditambah kawasan air terjun yang dikelilingi oleh pepohonan hijau menjadikan kawasan ini begitu sejuk dan memanjakan mata.

Lihat juga di sini.

Grojogan Sewu

@danarsibolang_

Bagi kamu yang cukup jauh dari kawasan Jawa Tengah dan belum bisa berlibur dengan bebas, wisata air terjun virtual adalah jawabannya. Kamu bisa memasukkan Grojogan Sewu ke dalam pilihan wisata kamu.

Grojogan Sewu sendiri terletak di Jalan Raya Tawagmangu, Beji, Kecamatan Tawangmangu, Kabupaten Karanganyar, Jawa Tengah. Dalam bahasa Jawa, grojogan berarti air terjun sementara sewu berarti seribu. Namun, bukan berarti air terjun ini berjumlah seribu. Jumlah seribu tersebut justru merujuk pada anak tangga yang ada di sana yang kabarnya mencapai sekitar 1.200 anak tangga.

Lihat di sini.

Curug Cimahi

@fahmi.ellanwar_

Beralih ke Jawa Barat, tentunya banyak pilihan wisata air terjun virtual yang bisa kamu lakukan, salah satu yang tercantik dan cukup terkenal adalah Curug Cimahi. Air terjun tertinggi di wilayah Bandung ini beralamat di Jalan Kolonel Matsuri No. 325, Kertawangi, Kecamatan Cisarua, Kabupaten Bandung Barat, Jawa Barat.

Selain suasana yang sejuk dan menyegarkan mata, pihak Perhutani selaku pengelola menghadirkan atraksi sinar laser. Karenanya, di malam hari air terjun akan terpapar sinar berwarna merah, kuning, hijau, biru, jingga hingga ungu.

Lihat juga di sini.

Curug Citambur

@sigotik91

Selain Curug Cimahi, kamu juga bisa memasukkan Curug Citambur ke dalam daftar wisata air terjun virtual kamu. Curug yang satu ini berlokasi di Desa Karangjaya, Kecamatan Pasirkuda, Kaupaten Cianjur, Jawa Barat.

Air terjun setinggi sekitar 100 meter ini diapit oleh dua sisi tebing yang diselimuti hamparan rerumputan hijau yang menyejukkan mata. Debit airnya yang cukup tinggi membuat suasana di sana sangat sejuk dan menyegarkan.

Lihat juga di sini.

Curug Cikanteh

@cahyopriyopurnomo

Masih di Jawa Barat, kamu bisa beralih ke daerah Sukabumi untuk melanjutkan wisata air terjun virtual kamu ke Curug Cikanteh. Curug ini tepatnya berlokasi di Dusun Cikanteh, Desa Ciwaru, Kecamatan Ciemas, Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat. Curug yang berada dalam kawasan Geopark Ciletuh ini menawarkan pemandangan air terjun dalam tiga tingakatan dalam satu tempat.

Lihat juga di sini.

Air Terjun Tegenungan

@deskraf.id

Setelah puas dengan pulau Jawa, kamu bisa mengalihkan wisata air terjun virtual kamu ke luar pulau tersebut. Salah satunya ke air terjun Tegenungan yang berlokasi di Jalan Ir. Sutami, Kemenuh, Kecamatan Sukawati, Kabupaten Gianyar, Bali.

Air terjun ini merupakan salah satu tempat wisata favorit di Gianyar. Dari ketinggian, pemandangan air terjun ini tampak begitu cantik dan eksotis. Dengan tinggi sekitar 15 meter, dari kejauhan pun kamu sudah bisa mendengar gemuruh suara airnya.

Lihat juga di sini.

Air Terjun Banyumala

@pesonaid_travel

Selanjutnya, Bali juga memiliki air terjun Banyumala yang layak masuk wisata air terjun virtual kamu. Lokasinya berada di Wanagiri, Sukasada, Kabupaten Buleleng, Bali.

Air terjun yang satu ini tampak terbagi menjadi tiga air terjun. Namun sebenarnya, hanya ada satu air terjun yang terpisahkan oleh tanaman menjalar yang ada pada dinding air terjun. Hanya saja, air terjun ke tiga memiliki ukuran lebih kecil di antara yang lainnya.

Lihat juga di sini.

Air Terjun Benang Kelambu

@_miapuspita_

Kamu bisa melanjutkan wisata air terjun virtual kamu ke air terjun Benang Kelambu yang ada di Desa Aik Berik, Batukliang Utara, Lombok Tengah, Nusa Tenggara Barat. Nama Benang Kelambu sendiri didapatkan karena penampakannya yang seperti untaian benang kelambu.

Air yang turun berbentuk melebar sehingga menyerupai sebuah tirai. Suaranya pun tidak bergemuruh seperti kebanyakan air terjun lainnya.

Air Terjun Kiti-Kiti

@jelajahudara

Jika ingin wisata yang lebih eksotis, kamu bisa melanjutkan wisata air terjun virtual kamu ke air terjun Kiti-Kiti yang berada di Papua Barat. Air terjun dalam Kawasan Konservasi Taman Pesisir Teluk Nusalasi ini tepatnya berada di Kecamatan Fakfak, Kabupaten Fakfak, Papua Barat.

Yang unik dari air terjun ini adalah airnya tidak mengalir ke sungai melainkan langsung ke laut yang ada di Teluk Nusalasi. Karenanya, saat berkunjungi ke sini kamu tak hanya bermain air tapi bisa sekalian berenang di laut. .

Bobobox Alun-Alun

Sambil menunggu keadaan menjadi normal kembali, kamu bisa sepuasnya melakukan wisata air terjun virtual di saat kamu merasa lelah. Kamu juga bisa rehat sejenak dari aktivitas kamu dengan melakukan staycation di hotel. Kalau kamu cari yang nyaman namun terjangkau, menginap saja di Bobobox.

Akomodasi dengan konsep hotel kapsul ini sudah hadir di empat kota besar Indonesia yakni Bandung, Jakarta, Semarang dan Yogyakarta. Semuanya hadir di lokasi yang strategis hingga mudah dijangkau dan menawarkan fasilitas-fasilitas berbasis teknologi.

Yuk unduh aplikasinya dan pesan kamar yang kamu inginkan. Jangan sampai ketinggalan promo-promo menariknya ya!

You might also like