Bobobox Indonesia
Experience More For Less sleep better and be inspired

Tetap Stylish di Cuaca Dingin dengan Referensi Gaya Jaket Kulit Pria Berikut!

Referensi gaya jaket kulit pria yang bikin kamu tetep cool di cuaca cold!

Musim hujan sudah dimulai dan cuaca mulai terasa dingin. Untuk menghadapi cuaca yang kurang bersahabat, tentunya kita perlu mempersiapkan pakaian yang tepat. Kamu mungkin mulai bongkar-bongkar lemari dan pilih jaket-jaket yang lebih tebal untuk dipakai. Karena cuaca juga sering kali susah diprediksi, jaket yang tahan air bisa jadi pilihan yang pas. Ya, siapa tahu mendadak hujan, ‘kan?

Namun, kamu mungkin jenuh dengan outfit yang itu lagi itu lagi. Musim hujan bikin susah buat pilih outfit yang lebih eye-catching? Nggak dong! Ada banyak pilihan outerwear yang kamu bisa coba buat step up your fashion game. Salah satu jenis outerwear yang kamu bisa coba adalah jaket kulit atau leather jacket. Pasti kamu sudah nggak asing sama item yang satu ini, ‘kan?

referensi gaya jaket kulit pria
Sumber: https://www.pexels.com/photo/woman-in-black-leather-jacket-sitting-on-brown-wooden-chair-5827899/

Baca Juga: Ingin Mendalami Dunia Fashion? Ini Dia Rekomendasi Youtuber Fashion Pria yang Harus Kamu Ikuti


Beberapa dari kamu mungkin belum punya atau jarang pakai jaket kulit. Bahannya yang tebal dan perawatannya yang gampang-gampang susah mungkin jadi concern kamu. Namun, jaket kulit bisa jadi pilihan outwear yang pas buat melengkapi repertoar outfit kamu. Sebelum Bob kasih beberapa referensi gaya jaket kulit pria, simak dulu yuk sejarah singkat fashion item yang satu ini!

Sejarah Jaket Kulit: Dulunya Pakaian Perang!

Sebelum masuk ke referensi gaya jaket kulit pria, Bob akan ceritakan sedikit sejarah jaket kulit. Dilansir dari Textile Value Chain, jaket kulit ada sejak tahun 1900an dan dipakai sebagai pakaian militer. Pada era Perang Dunia I, para pilot tempur Jerman mengenakan jaket kulit berwarna cokelat. Di era PD II, jaket ini dikenal dengan sebutan bomber. Karena bahannya tebal dan hangat, jaket ini cocok digunakan oleh para pilot, terutama saat menghadapi suhu dingin di ketinggian.

referensi gaya jaket kulit pria
Sumber: https://www.overland.com/buying-guides/bomber-jacket

Jaket ini juga dikenal sebagai flight jacket dan aviator jacket. Dilansir dari Michael Andrews, bomber jacket mengalami evolusi. Dengan teknologi baru, model US Army A-1 dirilis di tahun 1927 dan jadi cikal bakal bomber jacket yang ada sekarang. Meskipun bomber jacket sekarang dibuat dengan bahan yang lebih tipis, dulunya bomber jacket terbuat dari kulit. Baik jaket kulit maupun bomber jacket sekarang jadi salah satu staple item tren fesyen pria modern.


Baca Juga: Perhatian Para Pria! Hindari Kesalahan Pria dalam Berpakaian Berikut Ini Agar Kamu Tampil Good Looking


Akhirnya Terjun ke Dunia Fesyen

Awalnya dipakai sebagai baju perang, di tahun 1928 jaket kulit masuk dunia fashion. Dilansir dari Leather Skin Shop, ini semua berkat Irvin Schott. Beliau juga yang menjadi salah satu desainer jaket kulit yang ternama di dunia. Berbeda dengan desain jaket kulit lama yang memakai kancing, Schott justru menggunakan zipper. Dulu, jaket kulit pertamanya dijual dengan harga 5,5 dolar.

referensi gaya jaket kulit pria
Sumber: https://www.filmgarb.com/deans-leather-jacket/

Sekarang, jaket kulit sudah mejeng di berbagai acara fashion show. Karakter-karakter beberapa film juga terkenal karena jaket kulitnya. Di film Grease, misalnya, Danny Zuko (John Travolta) dan kawan-kawannya terkenal dengan moto jacket-nya. Di serial Supernatural, Dean Winchester (Jensen Ackles) juga punya leather jacket yang ikonik. Dari serial dan film, kamu bisa punya banyak referensi gaya jaket kulit pria buat dicoba deh!

Referensi Gaya Jaket Kulit Pria

Racer Jacket

Sebagai referensi pertama, kamu bisa coba racer jacket. Sesuai namanya, jaket ini dipakai untuk berkendara motor. Namun, nggak punya motor pun kamu tetap boleh banget pakai jaket ini. Jaket ini, dilansir dari AARP, tampil lebih sleek dan simpel, dengan potongan yang lebih fit ke tubuh. Selain itu, jaket ini juga punya zipper yang lurus dan kerah yang tegak.

referensi gaya jaket kulit pria
Sumber: https://thursdayboots.com/products/mens-racer-leather-jacket-black
referensi gaya jaket kulit pria
Sumber: https://www.leatherjacketshop.com.au/blogs/journal/5-ways-to-style-a-cafe-racer-jacket

Racer jacket terkadang juga disebut sebagai biker jacket. Dengan panjang yang lebih pendek (kira-kira sepinggang), jaket ini bisa jadi item OOTD keren untuk cuaca dingin. Kamu bisa mix-and-match jaket ini dengan kaus berwarna putih atau hitam dan skinny jeans. Untuk footwear, kamu bisa pilih sneakers untuk vibe yang lebih kasual. Kalau ingin sedikit lebih formal, kamu bisa pakai leather boots atau brogue.


Baca Juga: Yuk Upgrade Gaya Kamu dengan 7 Jenis Outer Pria yang Kece Ini!


referensi gaya jaket kulit pria
Sumber: https://rocr-167ea.kxcdn.com/motorcycle-jacket/best-cafe-racer-jackets/

Referensi gaya jaket kulit pria yang satu ini juga bisa dibawa serius, lho! Dilansir dari Leather Jacket Shop, kamu bisa memadukan racer jacket dengan kemeja dan dasi untuk tampilan formal. Ingin lebih preppy? Padukan dengan vest rajut! Pastikan fitting dan warna celanamu juga disesuaikan dengan pas, ya!

Moto Jacket

Referensi gaya jaket kulit pria yang satu ini adalah salah satu yang paling populer. Jaket ini identik dengan beberapa culture, termasuk punk dan rock and roll. Ingat band asal Bandung The Changcuters? Atau mungkin aesthetics beberapa member EXO di video Call Me Baby? Ya, moto jacket jadi pelengkap outfit mereka.

referensi gaya jaket kulit pria
Sumber: https://seoulbeats.com/2015/04/exos-call-baby-journey-teaser-mv/
referensi gaya jaket kulit pria
Sumber: https://64.media.tumblr.com/0843b094f8019660883fba34edb67af9/tumblr_pegslnUCYF1v4yaiz_1280.jpg

Buat kamu yang ingin jaket yang versatile, referensi gaya jaket kulit pria yang ini bisa jadi pilihan. Dilansir dari AARP, moto jacket umumnya punya panjang sepinggang. Jaket ini juga terkadang dilengkapi sabuk, dengan zipper yang menyamping dan kerah yang melebar sedada. Dengan fitting yang pas ke tubuh, moto jacket jadi terlihat keren dan gagah.

referensi gaya jaket kulit pria
Sumber: http://bikerjacket.info/mensbikerjacket

Soal mix and match, moto jacket mudah dipadu padankan. Dipasangkan dengan kaus putih atau hitam, skinny jeans, dan sneakersYouthful banget! Menurut Fashion Beans, moto jacket juga bisa jadi outer untuk kemeja Oxford dan dasi sebagai pengganti blazer. Ingin yang stylish dan edgy? Padukan moto jacket dengan sweater turtleneck. Kamu juga bisa mengikatkan kemeja flanel ke pinggang dan mengenakan beanie sebagai headwear!


Baca Juga: Biar Nggak Kalah Kece, Inilah 7 Rekomendasi Parfum Pria Terbaik Buat Kamu!


Bomber Jacket

Sudah punya jaket bomber? Oke. Gimana dengan bomber kulit? Kalau belum, referensi gaya jaket kulit pria yang ini bisa kamu coba. Jaket bomber hadir dengan beragam variasi. Kalau kamu ingin army-look, coba cari jaket bomber dengan berbagai patch berbau militer. Lengkapi penampilanmu dengan aksesori seperti kalung dan kacamata aviator. Ingin yang simpel? Jaket bomber kulit berwarna polos bisa jadi pilihan.

referensi gaya jaket kulit pria
Sumber: https://astrezo.com/products/leather-bomber-jacket-pilot
referensi gaya jaket kulit pria
Sumber: https://neighborhoodgoods.com/products/mens-leather-bomber-in-black

Jaket bomber biasanya identik dengan aesthetics yang sifatnya lebih kasual. Kamu bisa memadukannya dengan kaus, skinny jeans, dan boots atau sneakers. Jaket ini juga bisa dipakai sebagai outwear untuk ke kantor, dengan vibe yang jatuhnya agak nostalgic. Sebagai referensi gaya jaket kulit pria yang youthful, padukan jaket bomber dengan hoodie.

Shearling Jacket

Ingin bergaya ala New Yorker atau Drake? Jaket kulit dengan lapisan shearling jadi referensi gaya jaket kulit pria yang harus dicoba. Buat kamu yang belum tahu, shearling, dilansir dari Wikipedia, adalah kulit domba atau kambing yang dilapisi wol. Lapisan ini punya tekstur yang lembut, tebal, dan tentunya hangat. Cocok buat cuaca dingin!

referensi gaya jaket kulit pria
Sumber: https://pausemag.co.uk/2016/04/spotted-drake-in-schott-nyc-b-3-sheepskin-bomber-jacket/
referensi gaya jaket kulit pria
Sumber: https://cockpitusa.com/products/the-scout-sheepskin-jacket

Jaket ini biasanya jadi lapisan pelengkap leather coat atau bomber. Lapisan shearling yang tebal membangun kesan fancy dan elegan. Kamu bisa memadukannya dengan kaus polos, sweater turtleneck, atau sweater O-neck. Ingin lebih bling-bling? Padukan dengan kalung yang juga bling-bling dan kacamata hitam. Namun, perlu diingat kalau jaket ini tebal banget. Jadi, siap-siap gampang gerah, ya.


Baca Juga: Sudah Mulai Musim Hujan Nih, Ini Rekomendasi OOTD Musim Hujan


Blazer dan Coat

Referensi gaya jaket kulit pria terakhir dari Bob adalah leather blazer. Buat kamu yang ingin tampilan yang lebih formal, blazer kulit bisa jadi pilihan. Butuh inspirasi yang ikonik dan nostalgic? Coba ikuti aesthetics Brad Pitt di film Fight Club. Padukan blazer kulit warna cokelat dengan kemeja putih bermotif vibran. Kamu juga bisa memadukannya dengan kemeja dan dasi sebagai twist untuk work attire.

referensi gaya jaket kulit pria
Sumber: https://i-d.vice.com/en_uk/article/gyzm9m/how-the-flamboyant-fashion-in-fight-club-defied-the-status-quo
referensi gaya jaket kulit pria
Sumber: https://cockpitusa.com/collections/leather-jackets/products/vintage-leather-naval-officers-coat

Ingin tampil fashion forward dan membangun vibe Sherlock-ish? Coba pakai leather coat. Referensi gaya jaket kulit pria yang satu ini bisa membangun aura misterius, terutama kalau kamu padukan dengan topi deerstalker. Selain itu, leather coat juga pas banget untuk menampilkan vibe modern yang stylish, ala street fashion di Paris.

referensi gaya jaket kulit pria
Sumber: https://cockpitusa.com/collections/leather-jackets/products/type-m-69d-air-transport-coat

Ada beragam jenis coat yang kamu bisa pilih. Untuk tampilan yang relatif lebih simpel dan masih Sherlock-ey vibe, trench coat adalah solusinya. Ingin bikin statement lewat outfit kamu? Coba cari military coat dengan lapisan shearling di bagian lehernya. Kamu bisa menampilkan vibe militer, atau justru aura mafia Rusia!

Lengkapi Foto OOTD Kamu di Bobobox!

Di Bobobox, kamu ngga cuman bisa staycation dan bersantai. Ada banyak spot menarik di Bobobox yang pas banget buat foto-foto. Mau foto OOTD atau random keceriaan, di Bobobox bisa banget! Apalagi, pod di Bobobox dilengkapi pencahayaan yang kamu bisa atur sesuai keinginan. Koneksi WiFi dan Bluetooth speaker di pod juga bikin momen maraton serial atau film jadi makin seru!

Ayo download aplikasi Bobobox ke ponselmu sekarang. Aplikasi ini tersedia untuk platform Android dan iOS secara gratis! Kamu bisa melakukan reservasi secara langsung dan mendapatkan beragam promo seru. Yuk download sekarang!

You might also like