Bobobox Indonesia
Experience More For Less sleep better and be inspired

Hati-Hati! Ini Dia Red Flags dalam Hubungan Ini yang Tak Bisa Kamu Abaikan

Sebelum kenal lebih dekat, perhatikan red flags dalam hubungan kamu!

Hubungan yang sehat ternyata tidak gampang untuk diciptakan, tapi bukan berarti tidak mungkin kok! Ada beberapa hal yang perlu diperhatikan sebelum kamu bisa memulai hubungan dengan seseorang, tapi hal terpenting untuk diperhatikan salah satunya adalah red flags dalam hubungan yang akan kamu jalani sendiri. Semua orang masing-masing punya beberapa red flags-nya masing-masing, akan tetapi ada beberapa red flags dalam hubungan yang cukup umum dan akan kita bahas pada artikel ini.

 

Red Flags Dalam Hubungan yang Penting Untuk Diperhatikan!

Komunikasi yang Jelek

Couple Fights via Freepik

Red flags dalam hubungan pertama yang paling umum adalah komunikasi yang tidak lancar. Pasti kalian sering dengar pepatah “communication is key” kan? Nah, komunikasi sendiri menjadi salah satu hal yang paling sering terlupakan tapi ternyata punya dampak yang cukup besar pada suatu hubungan, baik itu hubungan personal maupun yang lainnya. Ketika komunikasi tersebut terganggu dan tidak lancar, miskomunikasi bisa terjadi dan malah akan menimbulkan masalah-masalah lain yang sebelumnya tidak ada.

Nah, ketika kalian sedang dekat dengan seseorang tapi komunikasinya kadang terhambat, hal tersebut bisa dijadikan tanda awal red flags dalam hubungan lho! Komunikasi yang sehat memang tidak bisa muncul secara tiba-tiba. Tapi ini bukan berarti semua komunikasi yang tidak lancar merupakan red flags dalam hubungan kok! Kalian bisa mengembangkannya sedikit demi sedikit dengan membuka diri kalian masing-masing untuk mau belajar berkomunikasi dengan lebih jelas dan jujur. Semangat yaaa!

 

Kurangnya Rasa Percaya Satu Sama Lain

Divorce Concept via Freepik

Siapa sangka kalau kurangnya rasa percaya terhadap satu sama lain merupakan salah satu red flags dalam suatu hubungan?

Kepercayaan merupakan dasar paling penting dalam mempertahankan suatu hubungan. Ketika kepercayaan tersebut tidak dibentuk dari awal, permasalahan dan miskomunikasi akan sering terjadi yang akan membuat hubungan tersebut jadi goyah. Karena tidak adanya rasa percaya satu sama lain, red flags dalam hubungan ini akan bikin kita malah jadi mudah curiga.

Meskipun begitu, kepercayan bisa kok dibangun bersama secara perlahan! Hal ini bisa dimulai dengan berkomunikasi secara jelas dan jujur. Kita juga harus paham kalau kehidupan kita pasti akan melibatkan orang lain di luar hubungan tersebut. Memang tidak mudah untuk membangun kepercayaan, terutama kalau hal itu terjadi karena berangkat dari trauma masa lalu. Untuk itu, jangan sungkan untuk selalu jujur terhadap pasangan tentang apa yang kita rasakan ya!

Merasa Insecure Terus Menerus

Couple Conflicts via Freepik

Kalau red flags dalam hubungan ini terkesan sepele tapi sebenarnya cukup krusial lho! Memang sih, menjadi insecure atau tidak percaya diri merupakan hal yang umum dan terkadang tidak dapat dihindari, tapi, ketika ketidakpercayaan diri tersebut diproyeksikan kepada hubungan kamu dan pasanganmu, bisa jadi bibit untuk masalah yang lebih besar!

Biasanya, red flags dalam hubungan ini bisa kamu deteksi dengan permintaan validasi terus menerus. Meskipun hal tersebut bisa berangkat dari respons akan trauma, tapi ketika hal tersebut mulai mengganggu seperti misalnya malah membuat kalian bertanya-tanya tentang hubungan kalian sendiri atau malah jadi cemburu berlebihan, hal ini perlu perhatian lebih.

Sering Menjelek-jelekan Mantan

Word of Mouth via Freepik

Nah lho, siapa yang belum tahu kalau seringkali jelek-jelekin mantan itu salah satu bentuk red flags dalam hubungan? Iya, bener banget! Ketika ketemu seseorang yang hobinya marah-marah dan ngejelekin mantan mulu, harus hati-hati nih, soalnya ini adalah indikasi red flags dalam hubungan yang kadang sering terlewatkan begitu saja tapi juga penting.

Memang, kalau yang namanya mantan kadang bikin pusing tujuh keliling, tapi cara seseorang menceritakan hal tersebut yang perlu diperhatikan demi bisa membedakan mana ciri-ciri red flags dalam hubungan dan mana yang merupakan respons natural. Red flags dalam hubungan ini perlu diperhatikan karena kebiasaan gosip-gosip negatif ini bisa jadi pengingat kalau bisa saja yang butuh lebih banyak belajar itu justru pasangan kita.

 

Tidak Terbuka

Couple Conflicts via Freepik

Kalau red flags dalam hubungan yang satu ini menjadi salah satu masalah akar dari red flags dalam hubungan yang barusan sudah dijelaskan. Tidak terbukanya satu sama lain dalam sebuah hubungan justru akan bikin hubungan itu sendiri semakin ruwet, dan bisa muncul masalah-masalah mulai dari kurangnya rasa percaya satu sama lain, insecurities yang tidak dikomunikasikan, dan lainnya.

Ketidak terbukaan ini menjadi red flags dalam hubungan yang sangat harus diperhatikan karena menjadi pengingat bahwa dalam hubungan kan, it takes two to tango! Tidak akan bisa kalau komunikasinya hanya berjalan satu arah. Namun, hal ini pun bisa dihindari dengan membuka diri untuk mau belajar kepada satu sama lain bersamaan, sehingga kepercayaannya juga akan mulai bisa dibangun sedikit demi sedikit!

 

Terlalu Overprotektif dan Mengontrol

Gender Violence via Freepik

Kalau pasangan mulai clingy yang berlebihan sampai-sampai selalu menanyakan keberadaan ataupun mulai melarang ini itu, besar tandanya perilaku ini menjadi salah satu red flags dalam hubungan yang cukup fatal. Masalahnya, meskipun terlibat di suatu hubungan, kita tetap seorang individu yang punya hak untuk melakukan hal sesuai kehendak, dan juga berhak terhadap privasi atau batasan tertentu.

Ketika batasan tertentu mulai dilewati begitu saja, misalnya mulai mengambil alih sosial media atau melarang untuk bertemu orang lain, red flags dalam hubungan ini menjadi cukup rumit untuk dihindari karena merupakan salah satu bentuk kekerasan dalam hubungan. Overprotektif dari hal-hal yang kecil pun lambat laun akan merembet ke hal-hal yang lebih besar. Terlambatnya mengidentifikasi red flags dalam hubungan ini bisa menjadi salah satu faktor alasan kenapa banyak korban kekerasan dalam hubungan yang sulit untuk bisa meninggalkan hubungan tersebut.

 

Berperilaku Kasar

Gender Violence via Freepik

Nah, red flags dalam hubungan yang terakhir adalah yang paling fatal dari semuanya. Ketika pasangan sudah mulai memperlakukanmu dengan kasar, baik yang awalnya hanya dilontarkan secara verbal, harus mulai hati-hati ya. Sama seperti red flags dalam hubungan yang sebelumnya, perilaku kekerasan ini bisa menjadi lebih buruk dan lebih parah.

Jika kamu mengalami atau kenal dengan orang yang juga mengalami kekerasan ini, jangan sungkan untuk bercerita ke orang terdekat yang kamu percayai atau melapor ya. Kamu tidak sendirian! Di bawah ini ada beberapa hotline yang bisa kamu hubungi:

  • Yayasan Pulih (021) 78842580
  • LBH Apik (021) 87797289
  • Komnas Perempuan (021) 3903963
  • SAFEnet (untuk kekerasan digital) 08119223375
  • Call Center KemenPPPA SAPA 129

 

Bosen? Staycation di Bobobox Aja!

bobobox kebayoran baru

Kalau kamu butuh tempat untuk istirahat lama tapi masih parno karena pandemi, staycation di Bobobox bisa jadi solusi nih! Dengan bluetooth speaker, LED lights dan juga pods yang higienis, kamu bisa rehat sejenak tanpa harus khawatir! Yuk download aplikasinya sekarang dan dapatkan promo menarik lainnya!

You might also like