Bobobox Indonesia
Experience More For Less sleep better and be inspired

Jaga Keindahan dan Kesehatan Rambutmu dengan Rangkaian Perawatan Rambut Berikut Ini!

Jangan sampai terlewatkan!

Banyak orang beranggapan bahwa keramas atau mencuci rambut secara teratur sudah cukup untuk membuat rambut dan kulit kepala tetap sehat. Namun, layaknya kulit wajah yang harus selalu dijaga kesehatannya, rangkaian perawatan rambut sehat pun perlu kamu lakukan agar keindahan dan kesehatan rambut tetap terjaga.

Pasalnya, rambut juga memerlukan asupan nutrisi karena nutrisi dari sampo saja terkadang tidak cukup. Selain itu, hal ini juga dapat membantu kamu mengatasi berbagai masalah rambut seperti rambut rontok, lepek, kusut, bercabang, patah,  dan sebagainya.

Lalu appa saja rangkaian perawatan rambut sehat yang bisa kamu coba agar kilau rambut kamu tetap memesona? Simak ulasannya berikut ini!

Gunakan Minyak Rambut

@oiahi via Freepik

Salah satu rangkain perawatan rambut sehat adalah dengan menggunakan minyak rambut yang kamu mulai sebelum mencucui rambut. Minyak rambut ini sendiri digunakan untuk memijat kulit kepala sehingga akar rambut menjadi lebih kuat dan dapat meningkatkan sirkulasi darah pada kulit kepala kamu untuk merangsang pertumbuhan rambut.

Lakukan pijatan perlahan pada kulit kepala kamu setidaknya satu sampai dua jam sebelum keramas. Kamu juga bisa mengaplikasikannya sebelum tidur lalu membilas rambut keesokan harinya.

Ada beragam minyak yang bisa kamu pilih sesuai dengan kebutuhan rambut seperti minyak zaitun, minyak almon, atau minyak kelapa. Kamu bisa menambahkan sedikit minyak aromaterapi ke dalam minyak tersebut lalu menghangatkannya sebelum digunakan.


Baca Juga: Menyuburkan Rambut Hingga Menyembuhkan Luka, Ini Dia Manfaat Minyak Kemiri Bagi Tubuhmu!


Selain itu, kamu juga bisa menggunakan baby oil sebagai alternatif apalagi jika kamu memiliki masalah dengan ketombe. Fungsinya yang melembapkan dapat membantu mengangkat ketombe kamu. Kandungan mineral di dalamnya juga diyakini dapat  menyehatkan kulit kepala serta mengurangi rasa gatal akibatkulit kering, dehidrasi dan penumpukan produk yang tidak terbilas dengan sempurna.

Sampo Lalu Conditioner

@gpointstudio via Freepik

Lagkah selanjutnya dalam rangkaian perawatan rambut sehat adalah mencuci rambut dengan sampo lalu diikuti dengan penggunaan conditioner. Dalam hal ini, tentu kamu perlu memastikan bahwa sampo dan conditioner yang kamu pakai sesuai dengan jenis rambut kamu.

Selain itu, pastikan juga sampo kamu dapat mengangkat minyak dari kulit kepala kamu karena rambut kamu tentu akan sangat lepek setelah diberi minyak sebelumnya. Untuk melancarkan peredaran darah serta menghindari kekusutan sebaiknya sisir terlebih dahulu rambut kamu sebelum keramas dengan sisir bergigi jarang.

Basahi rambut dengan air hangat lalu pijatkan sampo pada kulit kepala untuk membantu menghilangkan kotoran yang menumpuk di sana. Setelah itu, bilaslah dengan air dingin.

Langkah selanjutnya adalah penggunaan conditioner yang kerap kali dilewatkan karena terkesan ribet dan memakan waktu. Asupan dari conditioner sendiri dinilai dapat membantu menjaga kilau dan kekuatan rambut. Selain itu, rambut juga akan terasa lebih lembut dan bervolume.

Saat menggunakan conditioner, pastikan produk tersebut tidak mengenai kulit kepala agar terhindar dari ketombe serta lepek. Oleskan saja produk tersebut dari bagian batang rambut tengah hingga ujung.

Hair Mask

via Freepik

Langkah selanjutnya dalam rangkaian perawatan rambut sehat adalah penggunaan hair mask berbahan alami seperti madu, lidah buaya dan semacamnya. Produk ini sendiri bisa kamu gunakan setiap satu sampai dua kali seminggu untuk memberikan nutrisi tambahan pada rambut apalagi jika kamu sering melakukan penataan dengan alat-alat seperti blow dry atau catok.

Jika rambut kamu termasuk kering, kamu bisa memasukkan deep conditioning mask ke dalam rangkaian perawatan rambut sehat kamu. Produk yang satu ini mengadung zat hidrasi yang dapat membantu melembutkan rambut kusut dan membuatnya menjadi halus.

Pengaplikasian hair mask sendiri dilakukan setelah keramas. Oleskan hair mask tersebut pada rambut dan ikuti instruksi yang tertera pada kemasan.


Baca Juga: Rambut Tipis? Ini Dia 10 Cara Terbaik Untuk Menebalkan Rambut Kamu!


Hair Tonic

@vectorman2017 via Freepik

Langkah dalam rangkaian perawatan rambut sehat berikutnya adalah pengaplikasian hair tonic pada kulit kepala kamu. Hair tonic sendiri umumnya digunakan setelah keramas dengan kondisi rambut setengah kering.

Manfaatnya tentu beragam dan kamu perlu memilih sesuai dengan kebutuhan rambut kamu. Beberapa di antaranya adalah:

  • Menguatkan akar rambut
  • Mengurangi rambut rontok dan patah
  • Menyuburkan dan merangsang pertumbuhan rambut
  • Menyehatkan kulit kepala
  • Memberikan nutrisi pada rambut setelah keramas
  • Membersihkan rambut dan kulit kepala sehingga terhindar dari ketombe
  • Membuat rambut lebih wangi
  • Menghindari rambut bercabang

Conditioner Tanpa Bilas

@maksymiv_yura via Freepik

Conditioner tanpa bilas atau leave-in conditioner bisa kamu gunakan saat kamu selesai keramas atau jika kamu tidak memiliki waktu untuk melakukan hal tersebut. Sesuai dengan namanya, produk ini dapat digunakan tanpa perlu dibilas.

Langkah rangkaian perawatan rambut sehat ini sendiri sangat cocok bagi pemilik rambut kering, keriting atau orang-orang yang sering melakukan penataan rambut dengan berbagai produk dan alat styling. Sama halnya dengan conditioner biasa, leave-in conditioner ini juga diaplikasikan mulai dari bagian tengah hingga ujung rambut saja.

Vitamin atau Serum Rambut

via Freepik

Rangkaian perawatan rambut sehat berikutnya yang tidak boleh terlewatkan adalah penggunaan vitamin atau serum rambut. Vitamin rambut biasanya digunakan untuk melembapkan, memperindah serta melembutkan rambut. Vitamin rambut sendiri lebih cocok digunakan untuk rambut normal atau jarang menggunakan produk kimia dan alat styling.

Sementara itu, serum rambut umumnya digunakan bagi mereka yang kerap melakukan proses styling pada rambut. Karena itu, produk ini cocok untuk mereka yang berambut kusam, bercabang dan rusak karena proses styling. Kandungan nutrisi pada serum rambut juga biasanya lebih lengkap dari vitamin.

Kedua produk tersebut bisa kamu gunakan setelah keramas dalam keadaan rambut hampir kering. Selain itu, produk tersebut sebaiknya jangan dioleskan ke kulit kepala, cukup pada ujung rambut saja.

Semprotan Pelindung Panas

@maksymiv_yura via Freepik

Selanjutnya, kamu bisa memasukkan semprotan pelindung panas atau heat protectant spray ke dalam rangkaian perawatan rambut sehat kamu, terutama bila kamu sering menggunakan hair dryer, alat catok atau pengeriting rambut. Produk ini sendiri digunakan untuk melindungi rambut kamu dari paparan suhu panas yang berlebihan.

Gunakanlah produk semprotan pelindung panas ini sebelum kamu melakukan styling. Dengan begitu, rambut akan terlindungi dan kerusakan rambut akibat panas tersebut dapat diminimalisir.


Baca Juga: Ingin Mewarnai Rambut Sendiri Tapi Takut Gagal? Ikuti 10 Tips Mewarnai Rambut Sendiri Berikut Ini!


Pastikan rambut kamu dalam keadaan bersih sebelum menggunakan produk ini. Dengan kata lain, sebaiknya kamu sudah keramas dan memakai conditioner sebelum rambut kamu diberi semprotan. Penyemprotanya sendiri dilakukan setelah rambut dalam keadaan setengah kering. Setelah itu, biarkan rambut kering secara alami. Penggunaan alat styling pada rambut yang masih lembap apalagi basah akan membuat rambut kamu terpanggang.

Sebagai sentuhan terakhir, kamu bisa menggunakan hair spray bila perlu untuk menjaga tatanan rambut tetap rapi sepanjang hari. Keseluruhan rangkaian perawatan rambut sehat ini tentunya dapat meningkatkan penampilan rambut kamu serta tetap menjaga kesehatan dan keindahannya. Untuk itu, lakukanlah dengan rutin.

Selain dengan rangkaian perawatan rambut tersebut, kamu juga perlu memperhatikan asupan makanan serta tingkat stres kamu. Konsumsilah makanan yang dapat menyehatkan rambut dan lakukanlah hal-hal yang bisa membuat kamu menghilangkan penat kamu.

Salah satunya adalah dengan berlibur dan memanjakan diri kamu agar kamu tetap merasa bahagia. Masalah akomodasi, serahkan saja pada Bobobox!

Hotel kapsul yang satu ini menawarkan akomodasi yang nyaman, harga terjangkau serta fasilitas-fasilitas menarik dan canggih yang membuat kamu merasa aman dan betah berlama-lama di Bobobox. Unduh dulu yuk aplikasinya agar kamu tidak ketinggalan informasi terbaru serta promo dan giveaway menariknya!

You might also like