Bobobox Indonesia
Experience More For Less sleep better and be inspired

Konsumsi 7 Ramuan Herbal Ini Untuk Hidup yang Lebih Sehat

Siap-siap nyetop mbok jamu ya pagi ini!

Siapa di sini yang suka minum jamu? Nah, ramuan herbal yang berasal dari Indonesia ini terdiri dari berbagai macam jenis! Untuk kamu yang sedang mencari alternatif lain atau ingin mencoba hidup lebih sehat, kamu bisa membuat macam-macam ramuan herbal ini di rumah. Jadi, kamu tidak perlu repot-repot merogoh kocek dalam-dalam untuk membeli berbagai macam ‘morning shots‘ dari tempat-tempat jus mahal di mal.

 

1. Ramuan Herbal Kunyit Asam

Foodism – Unsplash

Ramuan herbal yang satu ini merupakan salah satu jamu favorit Bob! Ramuan herbal ini terbuat dari campuran kunyit dan asam jawa. Kunyit dikenal atas sifatnya sebagai anti-inflamatori dan antioksidan. Manfaat-manfaat ini datang dari salah satu komponen zat aktif kunyit yang bernama curcumin. Curcumin ini merupakan sebuah polifenol yang merupakan sebuah antioksidan. Antioksidan ini berfungsi untuk membantu menurunkan demam, meredakan sakit sampai pegal-pegal.

Selain itu, asam jawa atau tamarind ini mengandung cukup banyak serat tidak larut. Hal ini membuat asam jawa bagus untuk pencernaan. Karena terdapat juga kandungan zat asam malat, asam tartar dan kalium, asam jawa ini bisa juga digunakan untuk membantumu jika sedang mengalami konstipasi, karena dia mempunyai sifat pencahar alami. Sama seperti kunyit, dia pun memiliki sifat sebagai antioksidan dan anti-inflamatori yang baik untuk daya tahan tubuhmu.

 

2. Ramuan Herbal Jahe

Louis Hansel – Unsplash

Jahe sudah dipercaya selama turun temurun untuk mengatasi berbagai macam masalah kesehatan. Rizoma serbaguna ini punya segudang manfaat. Mulai dari bumbu dapur sampai diramu menjadi ramuan herbal yang enak dan sehat untuk tubuh kita. Pertama-tama, jahe mengandung zat gingerol yang dipercaya bisa menghambat berbagai macam bakteri. Ini membuat jahe bagus untuk meningkatkan daya tahan tubuh kita.

Jahe pun dipercaya sebagai obat untuk meredakan gejala batuk dan pilek karena sifat antimikrobanya. Selain itu, ia pun kaya akan antioksidan dan anti-inflamatori. Ramuan herbal Jahe bagus untuk dikonsumsi bila kamu mengalami pegal-pegal setelah berolahraga, atau sebagai morning shot untuk memperkuat sistem imun kita.

Kamu bisa meramu Jahe dengan bahan-bahan lain atau diseduh dengan sendirinya. Tapi, salah satu cara menikmati minuman jahe yang paling enak adalah mencampurnya dengan lemon dan madu. Kamu bisa membuatnya dalam jumlah banyak dan dimasukkan ke dalam botol-botol kecil dan dikonsumsi tiap paginya. Konon, madu lemon jahe ini dapat membantumu menjaga kesehatan.

 

3. Ramuan Herbal Beras Kencur

Beras Kencur – Shutterstock

Minuman jamu beras kencur merupakan salah satu ramuan herbal yang mempunyai banyak penggemar. Selain rasanya tidak terlalu intens, beras kencur terasa segar dan enak ketika dicampur dengan kunyit asam. Ramuan herbal yang terbuat dari bubuk beras dan kencur ini merupakan kombinasi yang kaya akan vitamin B. Jamu beras kencur pun dikenal sebagai perannya dalam menambah nafsu makan. Jadi, untuk anak-anak yang susah makan atau kamu yang ingin menambah berat badan, meminum jamu beras kencur secara berkala akan sangat membantu.

Kencur pun diketahui mengandung sintase asam lemak yang bisa mendorong kolesterol dan trigliserida keluar dari tubuh. Itu mengapa, banyak yang mengkonsumsi jamu ini sebagai pendamping pengobatan kolesterol atau hanya sekedar mencegah saja. Beras kencur pun mengandung antioksidan dan dapat membantumu menambah stamina tubuh. Jadi, beras kencur cocok juga untuk diminum sebelum kalian berolahraga atau menjalani hari.

 

4. Ramuan Herbal Temulawak

Temulawak

Temulawak atau Curcuma xanthorriza merupakan saudara dekat kunyit dalam keluarga tanaman rimpang atau rhizoma yang mempunyai kulit kuning muda. Temulawak mengandung kurkuminoid sama seperti kunyit, tapi dengan kandungan pati yang lebih banyak. Selain itu, terdapat zat aktif seperti Germakron yang bersifat anti-inflamatori dan Tumeron sebagai antimikroba.

Temulawak dapat diracik menjadi ramuan herbal yang punya banyak manfaat. Zat aktif P-toluilmetillkarbinol dan seskuiterpen d-kamper pada temulawak bekerja untuk membantu meningkatkan produksi cairan empedu. Hal ini membantu pencernaan dan baik untuk meningkatkan metabolisme tubuh. Temulawak juga dipercaya bisa menghilangkan perut kembung. Selain itu, ada juga yang menyebutkan bahwa temulawak berperan seperti Ibuprofen yang bekerja untuk meredakan rasa sakit pada pasien osteoarthritis.

Temulawak juga bersifat antimikroba dan mengandung astrigent yang bisa membantu mengurangi produksi minyak pada kulit, terutama wajah. Jadi, tidak heran banyak yang menggunakan racikan temulawak sebagai masker untuk membantu meredakan jerawat.

Akan tetapi, konsumsi terdapat temulawak pun perlu diperhatikan. Meskipun mempunyai segudang manfaat, penggunaan temulawak secara berlebihan selama lebih dari 18 minggu malah akan memberikanmu efek samping. Efek samping itu seperti iritasi atau peradangan pada perut. Temulawak juga tidak direkomendasikan untuk penderita masalah hati dan empedu karena sifatnya yang membantu menambah produksi cairan empedu pada tubuh.

 

5. Ramuan Herbal Brotowali

Brotowali – Wahyuni HD

Ramuan herbal yang satu ini ternyata punya banyak penggemar meskipun rasanya pahit lho kakak-kakak! Daun brotowali ini mengandung zat flavonoid dan alkaloid di dalamnya. Kedua zat ini berperan sebagai pendamping obat untuk asam urat karena sifatnya yang dapat menghambat xanthine oxidase.

Brotowali pun mempunyai zat tinokrisposid yang dapat membantu mengatasi malaria. Selain itu, brotowali juga dapat meningkatkan penyerapan glukosa dalam otot dan merangsang sekresi dari sel beta. Hal ini menyebabkan brotowali baik untuk dikonsumsi orang-orang dengan penyakit diabetes, atau sebagai pencegah diabetes, namun tetap harus konsultasi terlebih dahulu dengan dokter. Brotowali tidak direkomendasikan untuk ibu-ibu hamil dan menyusui juga orang-orang yang mengidap penyakit autoimun.

 

6. Ramuan Herbal Pahitan

Jan Sedivy – Unsplash

Ramuan herbal yang satu ini terbuat dari daun sambiloto. Terkadang, banyak juga yang meraciknya dengan daun brotowali juga, atau ditambahkan lemon. Sesuai namanya, ramuan jamu ini merupakan ramuan dengan rasa yang terkenal pahit. Meskipun begitu, si minuman pahit ini ternyata mempunyai banyak manfaat. Daun sambiloto bersifat imunostimulan. Oleh karena itu, daun sambiloto dapa membantu meningkatkan daya tahan tubuh dan memperbaiki sistem imun kita. Selain itu, jamu pahitan ini bisa dicampur dengan ginseng yang akan membantu meredakan gejala batuk dan pilek.

 

7. Ramuan Herbal Galian Singet

Sarah Gualtieri – Unsplash

Last but not least, ramuan herbal ini terdiri dari racikan beberapa tumbuhan seperti kencur, jahe dan temu kunci. Temu kunci merupakan rimpang atau rizoma kecil yang mengandung Panduratin A sebagai zat anti-inflamatori. Selain itu, kandungan minyak astiri dalam temu kunci mempunyai sifat antibakterial yang bagus untuk pencernaan. Ramuan herbal Galian Singet ini berkhasiat untuk mencegah jerawat, menurunkan berat badan dan manfaat lainnya. Ramuan ini cocok untuk sebagai teman nutrisi untuk kalian yang sedang berolahraga.

 

Menjaga kesehatan dengan beristirahat secara teratur

bobobox

Kesehatan tubuh merupakan hal yang perlu menjadi perhatian penuh kita pada masa-masa seperti ini. Selain mengatur pola makan dan apa yang kita konsumsi, tubuhmu juga butuh perhatian lebih agar sehat. Cara untuk menjaga kesehatan ini bisa dimulai dari berolahraga secara teratur dan beristirahat dengan cukup. Jika kamu butuh staycation mendadak untuk beristirahat dari rutinitas sehari-hari, Bobobox adalah jawabannya! Yuk download aplikasinya sekarang dan nikmati staycation murah dan nyaman dengan pods yang super canggih!

You might also like