Bobobox Indonesia
Experience More For Less sleep better and be inspired

Pura Tirta Empul; Menilik Salah Satu Wisata Religi di Bali

Menyucikan diri di pemandian air suci Tirta Empul

Bobobox.co.id — Bila berbicara soal liburan, bisa jadi Bali menjadi salah satu destinasi wisata yang banyak orang pikirkan. Apalagi jika menyoal tempat wisata, Bali sendiri memang seperti tidak ada habisnya. Mulai dari air terjun, pantai, hingga situs budaya bisa kamu eksplorasi saat berada di Bali.

Salah satu situs budaya yang bisa menjadi destinasi pilihanmu saat wisata di Bali adalah Pura Tirta Empul. Pura Tirta Empul termasuk salah satu pura kuno yang masih kokok berdiri hingga saat ini. Diklaim sebagai salah satu yang terbesar dan tersibuk di Indonesia, Pura Tirta Empul ini konon dibangun sebagai bentuk dedikasi kepada Dewa Air Wisnu.

Sebagai salah satu pura terbesar, tidak heran jika setiap tahunnya banyak wisatawan yang singgah di situs budaya ini. Bahkan, beberapa public figure pernah datang ke Pura Tirta Empul. Salah satunya adalah Presiden Amerika Serikat periode 2009 -2017, Barack Obama.

Penasaran tentang informasi lebih lanjut soal tempat wisata Pura Tirta Empul? Simak ulasan singkat dari Bob berikut ini mengenai lokasi, aktivitas, hingga harga tiket masuk ke salah satu tempat wisata di Gianyar, Bali ini.

via pinterest.com

Lokasi Pura Tirta Empul

Pura Tirta Empul berlokasi di Jalan Tirta, Desa Manukaya, Kecamatan Tampaksiring, Kabupaten Gianyar, Bali. Letak tempat wisata Bali ini tidak jauh dari Istana Kepresidenan Tampaksiring. Jarak tempuh dari Istana Kepresidenan Tampaksiring menuju Pura Tirta Empul pun kurang lebih 600 meter saja.

Untuk bisa sampai ke Pura Tirta Empul, ada banyak rute yang bisa kamu pilih jika kamu memulai perjalananmu dari Bandara Internasional Ngurah Rai. Beberapa rute yang bisa kamu lalui di antaranya adalah sebagai berikut.

  • Rute pertama: Jalan By Pass Ngurah Rai – Jalan Prof. Ida Bagus Mantra – Jalan Pantai Saba – Jalan Padat Karya Saba – Jalan Raya Tojan – Jalan Kebon Iwa – Jalan Udayana – Jalan Raya Semebaung – Jalan Raya Wanayu – Jalan Raya Bedulu – Jalan Raya Tampaksiring – Jalan Raya Ir. Soekarno – Jalan Tirta
  • Rute kedua: Jalan By Pass Ngurah Rai – Jalan Prof. Ida Bagus Mantra – Jalan Raya Ketewel – Jalan Raya Sukawati – Jalan Raya Sakah – Jalan Raya Mas – Jalan Coi Rak Pudak – Jalan Tegas Kaginan – Jalan Raya Tampaksiring – Jalan Raya Ir. Soekarno – Jalan Tirta
  • Rute ketiga: Jalan By Pass Ngurah Rai – Jalan W.R Soepratman – Jalan Raya Batubulan – Jalan Raya Singapadu – Jalan Raya Mawang – Jalan Raya A.A Gede Rai – Jalan Pengosekan – Jalan Made Lebah – Jalan Cok Gede Rai – Jalan Gunung Sari – Jalan Raya Laplapan – Jalan Raya Pejeng Kawan – Jalan Raya Tampaksiring – Jalan Raya Ir. Soekarno – Jalan Tirta

Walaupun jaraknya yang relatif jauh dari Bandara Internasional Ngurah Rai, namun kamu tidak perlu khawatir karena wisata ke Pura Tirta Empul akan worth it. Ketiga rute tersebut bisa kamu tempuh dengan waktu kurang lebih 1 jam 35 menit dan tidak terlalu berbeda soal jarak tempuh yang berkisar di 55 kilometeran.

lokasi wisata pura

Daya Tarik Pura Tirta Empul

Saat kamu berkunjung ke tempat wisata, tentu salah satu hal yang menjadi pertimbanganmu adalah daya tarik tempat wisata tersebut. Tidak beda dengan Pura Tirta Empul. Tempat wisata ini memiliki daya tarik yaitu pemandian air suci yang sesuai dengan nama tempatnya sendiri; Tirta Empul yang memiliki arti mata air suci dalam Bahasa Bali.

Daya tarik inilah yang menyebabkan pemandian air suci ini seringkali dipenuhi oleh wisatawan yang datang khusus wisatawan mancanegara yang sengaja datang untuk mandi di pemandian air suci ini. Bahkan, dulunya, sumber air ini masih diperbolehkan untuk diminum hingga adanya pelarangan pada Agustus 2017 karena terindikasi mengandung bakteri E Coli.

Tidak hanya pemandian air suci ini saja yang menjadi daya tarik tempat wisata ini, kamu pun bisa mengeksplorasi aktivitasmu selama di sini ke tiga bagian pura ini yaitu Nista Mandala atau Jaba Sisi (bagian terluar pura), Madya Mandala atau Jaba Tengah (bagian tengah), dan Utama Mandala atau Jeroan (bagian utama pura).

Di Jaba Sisi, kamu akan disuguhi dengan gapura yang bergaya arsitektur khas Bali. Maju sedikit ada paviliun besar yang bisa kamu manfaatkan untuk beristirahat sekaligus berfoto-foto. Ada juga para penjaja makanan yang bisa kamu beli sebelum menuju Jaba Tengah.

Di Jaba Tengah, di sinilah pemandian air suci berada. Selanjutnya, petualangan dilanjut ke bagian terakhir tempat wisata ini yaitu Jeroan atau Utama Mandala. Di sini, kamu bisa beristirahat sejenak atau pun jika kamu mau kamu bisa memberi makan ikan koi besar.

Terakhir, di belakang kolam tersebut, terdapat bangunan utama pura yang biasa digunakan oleh para penganut agama Hindu untuk melakukan ibadahnya. Jadi, cukup banyak bukan hal yang bisa kamu eksplorasi selama berada di tempat wisata Tirta Empul ini.

via emmasabitini.com

Tips Saat Mengunjungi Pura Tirta Empul

Seperti banyak di beberapa tempat wisata di Bali, saat berkunjung ke Pura Tirta Empul, kamu harus menaati beberapa aturan yang ada. Beberapa aturannya di antaranya mengikat rambut baik laki-laki maupun perempuan dan harus mengganti pakaian dengan kain yang sudah disediakan.

Bagi perempuan, kainnya sendiri diikatkan ke bagian leher sehingga menyerupai baju. Sedangkan bagi laki-laki, kain tersetbut digunakan di tubuh bagian bawah. Selain kedua aturan itu, bagi perempuan yang sedang datang bulan tidak diperbolehkan untuk masuk ke tempat wisata Pura Tirta Empul.

via kintamani.id

Harga Tiket Masuk Pura Tirta Empul

Untuk bisa merasakan sensasi mandi pemandian air suci dan mengeksplorasi banyak bagian di Pura Tirta Empul ini, kamu tidak perlu merogoh kocek dalam-dalam. Harga tiketnya sendiri dibanderol dengan harga 30 ribu untuk satu orang dewasa dan 25 ribu untuk anak-anak. Tambahannya sendiri untuk parkir motor 2 ribu dan mobil 5 ribu.

Fasilitas yang tersedia di sini pun sudah cukup memadai yaitu toilet, warung makan, kolam pemandian air suci, dan toko cendera mata untuk membeli oleh-oleh. Nah, jam operasional Pura Tirta Empul ini buka setiap hari mulai pukul 9 pagi hingga 5 sore. Jadi, jangan sampai salah waktu untuk bisa ke sini.

via individualbali.com

Menginap dengan Nyaman? Ya di Bobobox

Saat akan liburan, tentu kamu harus menyiapkan berbagai macam hal guna mendapatkan liburan yang asyik dan menyenangkan. Salah satunya tentu soal akomodasi penginapan di destinasi yang kamu pilih. Akomodasi penginapan ini tentu haruslah menunjang kualitas beristirahat yang mumpuni.

Salah satu akomodasi penginapan yang recommended adalah Bobobox. Hotel kapsul yang mengusung konsep futuristik ini dilengkapi dengan fasilitas-fasilitas keren yang siap memanjakanmu dan memberikan kualitas beristirahat yang mumpuni saat menginap di sini.

Soal harga, kamu tidak perlu khawatir karena harganya tergolong terjangkau. Untuk pemesanannya sendiri bisa dilakukan melalui aplikasi Bobobox yang bisa kamu unduh melalui link ini. Jadi, tungu apalagi? Yuk, menginap di Bobobox.