Bobobox Indonesia
Experience More For Less sleep better and be inspired

Pulau Kenawa; Hidden Treasure di Liburan ke Alam Kali Ini

Bagi kamu yang sedang ingin liburan yang jauh dari hingar bingar perkotaan

Bobobox.co.id — ‘Libur telah tiba, libur telah tiba. Hore hore.’ Lirik dari lagu yang dipopulerkan oleh Tasya sewaktu kecilnya bisa jadi menggambarkan yang akan kamu hadapi saat ini. Dengan akhir tahun semakin tiba dan satu semester semakin dekat ke akhir, perasaan riang gembira untuk liburan semakin menggebu-gebu.

Tentunya dengan liburan yang semakin dekat, kamu harus merencanakan ke mana liburanmu kali ini. Salah satu tempat yang bisa kamu pilih sebagai pilihan liburan kali ini yaitu untuk liburan ke alam. Liburan ke alam ini tergolong mempunyai banyak manfaat bagi tubuh dan pikiranmu.

Beberapa di antaranya adalah meningkatkan mood, meningkatkan konsentrasi, menurunkan tingkat kesetresan, dan membuatmu lebih berpikir positif. Dengan beberapa manfaat yang disebutkan, liburan ke alam tentu akan cocok bagimu yang sedang merasakan jenuh baik dengan pekerjaan maupun kuliahmu.

Dari sekian banyak tempat untuk liburan ke alam, kamu pastinya akan dibuat bingung dengannya. Sehingga, wajar saja jika kamu membutuhkan rekomendasi liburan ke alam mana yang menjadi destinasi liburanmu. Nah, salah satu yang wajib kamu kunjungi untuk liburan ke alam ini adalah Pulang Kenawa di Nusa Tenggara Barat.

Penasaran seperti apa keindahan Pulau Kenawa di Sumbawa, Nusa Tenggara Barat ini? Juga alasan mengapa tempat liburan ke alam ini wajib kamu kunjungi di liburanmu kali ini? Yuk, simak ulasan singkat dari Bob berikut ini yang pastinya tidak boleh kamu lewatkan begitu saja.

Lokasi Pulau Kenawa

Pulau Kenawa sendiri merupakan salah satu pulau kecil yang terletak di Kabupaten Sumbawa Barat. Letak percisnya sendiri berada di utara Pelabuhan Poto Tano atau sebelah barat daya Pulau Saringi dan Pulau Panjang. Walaupun terbilang kecil, namun pulau tropik ini terkenal akan keindahan alamnya.

Bahkan, Pulau Kenawa memiliki julukan The Hidden Paradise berkat pesona alamnya yang masih jarang orang ketahui. Pulau yang termasuk pulau gugusan Gili Balu ini termasuk ke dalam pulau tidak berpenghuni. Dengan luas yang hanya 13,8 hektar, pulau ini benar-benar akan cocok untuk liburan ke alam kali ini karena jauh dari perkotaan.

lokasi liburan ke alam pulau kenawa
via id.wikipedia.org

Transportasi untuk Sampai ke Pulau Kenawa

Liburan ke alam apalagi jika pulau tersebut termasuk yang tidak berpenghuni tentu akan sangat menyenangkan khususnya yang menginginkan ketenangan. Untuk itulah, jika kamu memang ingin liburan ke Pulau Kenawa, kamu harus mengetahui transportasi apa saja yang bisa kamu gunakan untuk sampai ke sini.

Letaknya pulaunya yang memang cukup terpencil dari pulau besar lainnya membuatmu harus menempuh perjalanan dengan naik turun transportasi yang ada. Bagi kamu yang berada di luar Nusa Tenggara Barat, yang pertama harus kamu lakukan adalah memilih Lombok sebagai pemberhentian pertamamu dengan transportasi sesuai bujet yang kamu punya.

Setelah sampai di Lombok, lanjutkan perjalananmu hingga akhirnya sampai ke Pelabuhan Kayangan. Nah, dari sini, naiklah menggunakan kapal ferry untuk bisa sampai di Pelabuhan Poto Tano. Nikmatilah perjalanan selama 2 jam untuk sampai di Pelabuhan Poto Tano.

Terakhir, setelah sampai di Pelabuhan Poto Tano, ada kapal nelayan yang bisa kamu sewa untuk bisa sampai di Pulau Kenawa. Harganya pun bervariasi tergantung hasil tawar menawar dengan nelayan. Setelah kurang lebih 20 menit, kamu akan sampai untuk liburan ke alam di Pulau Kenawa.

via duniaindra.com

Perkiraan Biaya Liburan ke Alam di Pulau Kenawa

Mungkin bagian inilah yang kamu tunggu-tunggu. Seberapa besarkah biaya yang harus kamu keluarkan untuk liburan ke alam kali ini di Pulau Kenawa, Nusa Tenggara Barat. Yang pertama harus kamu ingat adalah karena Pulau Kenawa termasuk yang tidak berpenghuni. Sehingga, tidak heran jika tidak ada hotel atau penginapan di sini.

Sehingga, jika kamu ingin menginap kamu bisa menginap di penginapan yang ada di sekitaran Pelabuhan Kayangan. Rentang harga akomodasi penginapannya pun beragam mulai dari 200 ribu hingga 300 ribu per malamnya. Cocok bagi kamu yang senang liburan bujet.

Untuk transportasi, asumsikan bahwa kamu akan liburan dengan titik berangkat di Bandara Soekarno-Hatta. Tiket bolak balik Jakarta – Lombok adalah di kisaran 2 juta rupiah. Setelah sampai di Bandara Internasional Lombok Praya, lanjutkan perjalanan ke Pelabuhan Kayangan.

Untuk menuju Pelabuhan Kayangan, ada beberapa opsi yang bisa kamu pilih. Yang pertama adalah dengan menggunakan bus damri yang akan habis di kisaran 50 ribu. Sedangkan, opsi kedua adalah dengan menyewa sepeda motor yang dibanderol dengan harga sekitar 80 ribu per harinya.

Di Pelabuhan Kayangan, kamu harus naik kapal ferry untuk bisa sampai di Pelabuhan Poto Tano dan harus membayar 17 ribu untuk orang dewasa. Di pelabuhan ini, sewalah kapal nelayan. Tarifnya sendiri biasanya berada di kisaran 250 hingga 300 ribu per perahunya. Jadi, jika ada yang bisa berangkat bareng, bisa lebih murah lagi.

Dengan asumsi, kamu menginap selama 3 hari selama liburan ke alam di Pulau Kenawa di luar tempat wisata lainnya yang kamu kunjungi, maka total biaya yang harus kamu keluarkan adalah sebagai berikut:

  • Tiket pesawat PP: 2 juta
  • Menginap 2 malam: 500 ribu
  • Transportasi (secara keseluruhan): 200 ribu
  • Makan dan minum: 250 ribu
via pegipegi.com

Hal yang Kamu Dapat Selama di Pulau Kenawa

Kecantikan dan pesona alam yang jauh dari hingar bingar suara kendaraan menjadi salah satu keunggulan Pulau Kenawa. Apalagi, tempat ini tidak berpenghuni, akan semakin terasa ketenangan dalam menikmati keelokan dan kecantikan alam sekitarnya.

Beberapa kegiatan yang bisa kamu lakukan di sini cukup banyak. Berenang, menyelam, berjalan-jalan santai mengeksplorasi isi pulau menjadi beberapa yang seringkali dilakukan oleh para wisatawan yang datang. Jika kamu memutuskan menginap, pasanglah tenda dan nikmati sunrise dan sunset yang akan tampak menyenangkan sekali jika dilihat dengan mata kepalamu sendiri.

Kalau kamu sedang ingin duduk santai, ada gazebo di tepi pantai yang bisa kamu manfaatkan untuk menikmati deru ombak dan hamparan lautan yang membentang. Jangan lupa untuk mengabadikan momen liburan ke alam selama di Pulau Kenawa. Spot di bukit kecil menjadi spot foto favorit para wisatawan untuk berfoto selain latar belakang laut yang masih terjaga.

via pegipegi.com

Soal Inap Menginap? Bobobox Solusinya

Saat kamu memutuskan untuk liburan, kurang asyik jika kamu tidak memilih tempat menginap yang pas selama di tempat wisata. Banyak pertimbangan yang kamu pikirkan saat memilih tempat menginap. Mulai dari harga, fasilitas, dan kebersihan serta kenyamanan tempat menjadi beberapa yang dipertimbangkan.

Jika kamu merasa bingung dalam memilih tempat menginap yang pas, Bobobox menjadi solusinya! Harganya yang terjangkau, fasilitas dengan fitur canggih, dan kebersihan hotelnya yang terjaga setiap harinya menjadi paket komplet yang bisa kamu dapat selama menginap di Bobobox.

Untuk memesan pod sekaligus mendapatkan informasi mengenai promo-promo menarik dari Bobobox, cukup unduh secara gratis aplikasi Bobobox untuk platform iOS dan Android di sini. Jadi, tunggu apalagi? Yuk, pesan dan nikmati menginap yang nyaman di Bobobox!