Bobobox Indonesia
Experience More For Less sleep better and be inspired

Bingung Pilih Jurusan Kuliah Mana? Simak 10 Prospek Jurusan Kuliah Menjanjikan 2021 Ini

Banyak peluang menantimu!

Bobobox.co.id — Bagi kamu yang masih duduk di bangku SMA, memilih jurusan kuliah terbilang susah susah gampang. Pasalnya, banyaknya jurusan di tiap univesitas bisa membuatmu kebingungan.

Tak hanya bingung, kamu pun kerap merasa khawatir karena takut salah dalam memilih jurusan kuliah.  Namun, tak perlu khawatir. Pasalnya, Bob sendiri sudah merangkum prospek jurusan kuliah menjanjikan di tahun 2021.

Kira-kira jurusan kuliah apa saja yang dimaksud oleh Bob? Simak ulasan singkat Bob mengenai 10 prospek jurusan kuliah menjanjikan di tahun 2021 berikut ini.

Berikut adalah Prospek Jurusan Kuliah Menjanjikan

1. Teknik Informatika

Prosespek jurusan kuliah menjanjikan pertama adalah teknik informatika. Fakta ini tentu tidak mengherankan mengingat perkembangan teknologi informasi yang semakin berkembang khususnya di Indonesia.

Hal inilah yang menjadi jurusan teknik informatika layak untuk kamu pertimbangkan bagi yang belum menentukan jurusan mana yang kamu pilih. Peluang yang kini terbuka lebar pun mungkin bisa meyakinkanmu.

Untuk jenjang kariernya, ada beberapa pekerjaan yang kini dibutuhkan oleh banyak perusahaan. Beberapa di antaranya adalah web developer, computer programmer, dan juga software developer.

Teknik Informatika prospek jurusan kuliah
Teknik Informatika via pexels.com/@divinetechygirl

2. Bisnis Digital

Prospek jurusan kuliah menjanjikan berikutnya adalah bisnis digital. Sama seperti halnya jurusan kuliah sebelumnya, jurusan bisnis digital semakin populer berkat perkembangan industri digital yang sangat pesat.

Salah satunya adalah soal platform e-commerce yang biasa kamu gunakan. Kamu bisa bekerja menjadi analisis data dan analisis sistem di salah satu e-commerce terkemuka yang ada di Indonesia.

Bahkan, jika kamu mau, kamu justru bisa membuka lahan pekerjaan bagi orang lain. Pasalnya, kamu bisa mengaplikasikan ilmu yang kamu dapatkan dengan merintis bisnis onlinemu sendiri.

Bisnis Digital prospek jurusan kuliah
Bisnis Digital via pexels.com/@nappy

3. Ilmu Komunikasi

Jika kamu termasuk orang kreatif, ada baiknya jika kamu memilih ilmu komunikasi sebagai prospek jurusan kuliahmu nanti. Ada banyak ilmu menarik yang bisa diterapkan di industri berkembang seperti sekarang ini.

Selama kuliah, kamu akan mempelajari cara menyampaikan pesan secara efisien dan juga efektif. Tak hanya itu, pembelajaran mengenai pemanfaatan teknologi bakal kamu dapatkan di jurusan ini.

Untuk karier, ada berbagai pekerjaan yang bisa kamu lamar setelah lulus. Copywriter, jurnalis, penyiar, MC, dan staf kreatif adalah beberapa pekerjaan yang bisa menjadi pilihan bagi para alumni ilmu komunikasi.

Ilmu Komunikasi prospek jurusan kuliah
Ilmu Komunikasi via pexels.com/@nappy

Baca Juga: Merasa Tidak Nyaman Di Lingkungan Kerja? Berikut Tanda Kamu Harus Resign Sesegera Mungkin Dari Pekerjaan


4. Psikologi

Setiap perusahaan membutuhkan seorang HRD, Human Resource Development. Peran yang diemban oleh seorang HRD adalah mengelola sumber daya manusia di perusahaan agar dapat bekerja secara terstruktur.

Nah, untuk bisa bekerja sebagai HRD di sebuah perusahaan, jurusan psikologi adalah pilihannya. Selama kuliah, kamu akan mempelajari karakteristik seseorang yang nantinya diaplikasikan dalam pekerjaan.

Prospek jurusan kuliah ini termasuk salah satu jurusan yang diminati oleh banyak orang. Jenjang karier merupakan alasan lain yang mungkin bisa meyakinkanmu untuk mengambil jurusan psikologi selama kuliah.

Psikologi prospek jurusan kuliah
Psikologi via pexels.com/@olly

5. Desain Komunikasi Visual

Perkembang dunia digital yang begitu pesat membuat jurusan Desain Komunikasi Visual (DKV) termasuk jurusan kuliah dengan prospek menjanjikan. Kebutuhan akan desain untuk berbagai kebutuhan jadi alasannya.

Prospek jurusan kuliah ini akan memberikan ilmu mendalam soal bagaimana menyampaikan pesan lewat media. Pesan tersebut bisa beragam tujuan seperti memberi informasi, persuasi, hingga mempengaruhi pembaca.

Ada setidaknya lima prospek pekerjaan yang menanti jika kamu memilih DKV sebagai jurusan selama kuliah. Lima prospek tersebut adalah graphic designer, art director, video editor, illustrator, dan web designer.

Desain Komunikasi Visual prospek jurusan kuliah
Desain Komunikasi Visual via pexels.com/@pixabay

6. Desain Interior

Gaya minimalis tengah digandrungi oleh banyak orang khususnya generasi milenial. Tak mengagetkan jika orang-orang tersebut rela mempekerjakan seorang desain interior untuk merancang ruangan dalam rumah.

Nah, hal tersebut bisa jadi kesempatan menarik sebagai sebuah pekerjaan. Pekerjaan tersebut biasa merupakan proyeksi pekerjaan yang dimiliki oleh mahasiswa yang lulus dari jurusan desain interior.

Prospek jurusan kuliah ini akan memberikanmu ilmu mengenai tata cara pengaturan letak sebuah ruangan. Kamu nantinya tak hanya mempelajari dalam merancang interior tetapi juga cara memaksimalkan fungsi ruangan.

Desain Interior prospek jurusan kuliah
Desain Interior via pexels.com/@pixabay

Baca Juga: Bermimpi Menjadi Digital Nomad? Simak 10 Tips Memulai Menjadi Digital Nomad


7. Sastra Inggris

Mungkin kamu berpikir bahwa jurusan sastra tidak memiliki prospek kerja menjanjikan. Padahal, banyak pekerjaan yang mungkin bisa kamu dapatkan jika kamu memilih jurusan tersebut saat akan berkuliah.

Prospek jurusan kuliah ini bisa mencakup banyak hal. Misalkan saja, kamu bisa mulai bekerja sebagai penerjemah. Setelah lulus, kamu bisa memulai kariermu sebagai penerjemah tersumpah.

Di sisi lain, kamu pun bisa bekerja sebagai penulis atau editor. Jika kamu termasuk senang dengan penelitian, karier dosen dengan banyaknya mata kuliah ini di banyak universitas bisa jadi pilihan menarik.

Sastra Inggris prospek jurusan kuliah
Sastra Inggris via pexels.com/@suzyhazelwood

8. Kedokteran

Ilmu kedokteran merupakan prospek jurusan kuliah menjanjikan di masa depan lainnya yang bisa dipilih. Namun, jurusan kuliah satu ini terbilang menghabiskan biaya yang cukup besar selama kuliah.

Tak hanya itu, kamu pun wajib bersabar selama menjalani saat perkuliahan dan setelah lulus. Banyak tahapan yang wajib kamu lewati seperti program profesi dokter dengan waktu yang juga tak sebentar.

Masa pandemi ini pun mengingatkan bahwa jumlah dokter yang ada masih kurang dibanding jumlah seharusnya. Hal tersebut bisa jadi peluang yang menjanjikan untuk memilih jurusan ini sebagai pilihan.

Kedokteran prospek jurusan kuliah
Kedokteran via pexels.com/@gustavo-fring

9. Brodcasting

Prospek jurusan kuliah menjanjikan lainnya adalah broadcasting atau penyiaran. Untuk jurusan satu ini, mungkin kamu bakal berpikir bahwa prospek kerja untuk lulusan jurusan ini hanya pada dunia pertelevisian.

Padahal, masih banyak peluang kerja yang menjanjikan yang dimiliki oleh lulusan jurusan penyiaran. Penulis naskah, editor video, penyiar radio, dan produser program adalah beberapa di antaranya di luar pertelevisian.

Selama kuliah, kamu akan mempelajari bagaimana pra produksi, produksi, serta produksi sebuah cara. Di samping itu, kamu pun bisa belajar banyak mengenai editing video dan juga pencairan ide untuk naskah.

Brodcasting prospek jurusan kuliah
Brodcasting via pexels.com/@timmossholder

Baca Juga: Sulit Dapatkan Pekerjaan? Mungkin Kamu Harus Mempertimbangkan 10 Pekerjaan Yang Paling Dicari 2021 Oleh Perusahaan Berikut Ini


10. Teknik Mesin

Prospek jurusan kuliah menjanjikan terakhir adalah teknik mesin. Kamu pun seperti akan semakin tertarik jika kamu termasuk orang yang suka pelajaran-pelajaran menghitung di SMA seperti pelajaran matematika.

Prospek kerja dari justru ini terbilang menjanjikan. Selain banyak perusahaan yang membutuhkan tenaga dari lulusan jurusan ini, peluangnya diperkirakan akan terus bertambah hingga di masa mendatang.

Saat kuliah, kamu nantinya akan mempelajari aplikasi dari prinsip fisika untuk desain mesin dan manufaktur. Kamu pun akan mempelajari cara analisis suatu mesin dan pemeliharan sebuah mekanik yang sudah ada.

Teknik Mesin prospek jurusan kuliah
Teknik Mesin via pexels.com/@kateryna-babaieva-1423213

Hilangkan Penat Setelah Bekerja dengan Menginap di Bobobox

Penat berlebihan bisa membuat pekerjaanmu berantakan. Kamu tak bisa berpikir jernih atau mendapat ide cemerlang karenanya. Untuk hilangkan penat yang menghingap di pikiranmu, menginap saja di Bobobox.

Fasilitas mumpuni yang dimiliki hotel kapsul ini bakal menjamin kualitas beristirahat yang kamu dapatkan. Dengan begitu, tubuhmu terisi kembali dengan energi yang memungkinkan hilangnya penat yang kamu rasakan.

Untuk informasi dan pemesanan, unduh aplikasi Bobobox di sini.

You might also like