@MARCA

Profil Volodymyr Zelensky, dari Komedian Jadi Presiden Negara Ukraina!

Negara Ukraina dan juga Rusia kini menjadi pembahasan hangat di berbagai berita di dunia karena konflik yang sedang terjadi. Pada 24 Februari 2022 lalu, Rusia berhasil menginvasi Ukraina menghujani beberapa daerah di Ukraina dengan bom seperti di kota-kota besar Kiev, Kharkiev, Odessa, Dnipro, dan Kramatorks. Setelah invasi tersebut Rusia kemudian  mengambil alih pembangkit listrik tenaga nuklir Chernobyl.

Konflik yang terjadi ini tentunya meramaikan dan menarik banyak perhatian dunia. Banyak masyarakat yang kemudian penasaran dan ingin mencari tahu penyebab terjadinya konflik ini juga bagaimana pemimpin negara Ukraina dan Rusia menanganinya. Presiden negara Rusia, Vladimir Putin, merupakan sosok pemimpin negara yang sudah banyak orang ketahui karena kepopulerannya. Tak heran karena Putin sudah lama berada di kursi pemerintahan selama puluhan tahun.

Lalu bagaimana dengan sosok presiden negara Ukraina? Banyak masayarakat dunia yang penasaran dengan profil, latar belakang, dan rekam jejak politiknya mengingat presiden Ukraina ini terbilang masih sangat muda. Apakah kamu adalah salah satu orang yang penasaran uga dengan prodil presiden Ukraina ini? Jika iya, yuk simak informasi mengenai profil dan awal kehidupan sang presiden negara Ukraina seperti berikut ini!

Siapa itu Zelensky?

Sang presiden negara Ukraina ini memiliki nama lengkap sosok Volodymyr Zelensky dan lahir pada 25 Januari 1978 di Kryvyy Rih, Ukraina. Zelensky ini ternyata bukanlah seorang politisi andal karena ia memiliki latar belakang karir Zelensky sebagai seorang seorang komedian sebelum terjun menjadi presiden negara tersebut.

Fakta ini menjadikan Zelensky sebagai  satu-satunya aktor dan komedian asal Ukraina yang terpilih sebagai presiden Ukraina pada 2019. Zelensky menang telak atas petahana Petro Poroshenko di putaran kedua pemilihan presiden 2019.

Awal Kehidupan dan Karir Presiden Negara Ukraina Sebagai Entertainer

Presiden Negara Ukraina

@bbc

Zelensky lahir di kota metropolitan industri Kryvyi Rih di Ukraina selatan dan kemudian pindah bersama keluarganya ke Erdenet, Mongolia, saat dia masih kecil. Ia dan keluaranya tinggal di Mongolia selama empat tahun sebelum kembali ke Kryvyi Rih, tempat Zelensky masuk sekolah. Ia memiliki latar belakang pendidikan di Institut Ekonomi Kryvyi Rih, kampus lokal Universitas Ekonomi Nasional Kiev, pada tahun 1995. Pada tahun 2000, Zelensky lulus dengan gelar sarjana hukum.

Dengan bekal gelar sarjana hukum, Zelensky memiliki lisensi untuk melakukan praktik hukum. Namun meskipun demikian, jalan karir Zelensky justru bergerak ke arah yang berbeda.

Saat ia menjadi mahasiswa ia menekuni dunia teater yang membuatn grup teaternya yang bernama Kvartal 95 tampil di final televisi KVN pada tahun 1997. KVN (Klub vesyólykh i nakhódchivykh) merupakan kompetisi komedi improvisasi populer yang disiarkan di seluruh Commonwealth of Independent States .

Baca Juga: Tidak Hanya George Orwell, Berikut Rekomendasi Novel Politik Terbaik Dari Penulis Lain yang Wajib Kamu Baca

Presiden Negara Ukraina: Mendirikan Studio

Setelah penampilannya dengan grup teaternya berjalan dengan baik, Zelensky dan Kvartal 95 menjadi bintang tetap di KVN. Hal ini kemudian membuat ia dan grup teaternya sering kali muncul di program tersebut hingga tahun 2003. Pada tahun 2003, Zelensky kemudian mencoba  mendirikan Studio Kvartal 95.

Studio ini merupakan sebuah perusahaan produksi yang akan menjadi salah satu studio hiburan paling sukses dan produktif di Ukraina. Ia kemudian menjabat sebagai direktur artistik Studio Kvartal 95 dari pendirian perusahaan hingga pada tahun 2011. Selain mendirikan studionya sendiri, Zelensky juga pernah menjabat sebagai produser umum saluran televisi di Ukraina seperti Inter TV.

Presiden Negara Ukraina

@BeritaSatu.com

Zelensky kemudian memutuskan untuk meninggalkan Inter TV pada 2012 dan melanjutkan karirnya bersama Kvartal 95. I kemudian menandatangani perjanjian produksi bersama dengan jaringan Ukraina 1+1 yang dimiliki oleh Igor Kolomoisky, salah satu orang terkaya di Ukraina.

Tak hanya bekerja di televisi, Zelensky juga pernah muncul sebagai bintang film di sejumlah film layar lebar. Beberapa judul film yang ia pernah bintangi diantaranya adalah Rzhevskiy Versus Napoleon (2012) dan film komedi romantis 8 First Date (2012) dan 8 First Date (2015). Menariknya ia pernah memainkan sitkom televisi Servant of the People dan dia berperan sebagai guru yang menjadi presiden.

Masa Menjabat Kepresidenan Negara Ukraina

Bagaimana kisah Zelensky bisa menjadi presiden negara Ukraina setelah menjadi seorang komedian? Pada tanggal 21 April Zelensky terpilih sebagai presiden Ukraina dengan 73 persen suara atau menang telak. Tak lama setelah itu pada 20 Mei 2019, Zelensky dilantik sebagai presiden. Dalam pidato pelantikannya ia menggunakan campuran bahasa Rusia dan Ukraina untuk menyerukan persatuan nasional dan untuk mengumumkan pembubaran Verkhovna Rada (Dewan Tertinggi).

Hanya dalam beberapa hari masa jabatannya, Zelensky harus menghadapi tantangan kebijakan luar negeri pertamanya saat Putin mengumumkan keputusannya untuk menawarkan paspor Rusia kepada warga Ukraina di daerah yang dikuasai separatis di timur Ukraina yang dilanda perang.

Perang hibrida yang didukung Rusia di sana memasuki tahun kelimanya, dan ratusan ribu orang Ukraina telah mengungsi akibat konflik tersebut. Menaggapi hal tersebut Zelensky mencemooh tawaran itu dan menanggapinya dengan posting Facebook yang memperpanjang kewarganegaraan Ukraina ke Rusia.

Presiden Negara Ukraina, Zelensky, Berhadapan dengan Konflik

Presiden Negara Ukraina

@The New York Times

Setelah menjabat menjadi presiden sejak 2019 lalu, pada tahun 2022 Zelensky dihadapkan dengan situasi perang antara Rusia. Volodymyr Zelensky mengungkapkan kekecewaannya terhadap Amerika Serikat dan Sekutu yang dinilai membiarkan negaranya sendirian menghadapi agresi militer yang dilancarkan Rusia pada 24 Februari 2022 lalu.

Baca Juga: 10 Variety Show Korea Paling Seru. Siap Bikin Kamu Ketagihan!

Cobain Pengalaman Seru Menginap di Bobobox!

Di saat yang penuh kesulitan dan tekanan ini, kamu perlu beristirahat dari segala kejenuhan. Tentunya ada berbagai cara sederhana yang bisa kamu lakukan seperti berjalan santai, memanjakan diri dengan perawatan tubuh, atau sekadar staycation. Di masa pandemi ini, mungkin agak sulit bagi kamu untuk berlibur. Karena itu, sekadar berstaycation sambil menenangkan diri namun tetap menghindari kerumunan bisa jadi altenatif buat kamu.

Dalam hal ini, sebaiknya kamu memilih hotel yang sudah terpercaya dan memiliki reputasi yang baik. Salah satu hotel aman yang bisa kamu pilih adalah Bobobox. Hotel kapsul yang satu ini telah menerapkan beberapa aturan yang wajib diikuti oleh semua orang yang berada di area Bobobox.

Lorong Pods bobobox bandung

Aturan tersebut meliputi pengecekan suhu tubuh oleh host serta kewajiban menggunakan masker untuk semua pihak, rajin mencuci tangan, menjaga jarak dengan tim Bob dan tamu lain, serta menggunakan hand sanitizer sebelum memasuki area pod. Kamu juga diharuskan untuk menggunakan siku kamu jika ingin menekan tombol lift atau membuka pintu. Selain itu, bawalah alat makan dan alat salat pribadi.

Untuk keperluan kesehatan, Bobobox juga menyediakan obat-obatan standar yang bisa kamu gunakan agar tubuh kamu tetap sehat dan fit. Mau coba pengalaman yang lebih seru lagi? Cobain layanan Bobobox bernama Bobocabin! Bobocabin adalah sebuah jalan keluar yang tepat dari hiruk pikuk dan keramaian kota.Yuk segera unduh aplikasi Bobobox di Play Store dan App Store, dijamin aman dan nyaman!

Bobobox

Bobobox

Sejak tahun 2018, Bobobox hadir menawarkan pengalaman yang berbeda bagi para traveler untuk menikmati perjalanan yang sempurna. Bobobox menghubungkan traveler, dari pod ke kota.

All Posts

Bobobox

Rasakan sensasi menginap di hotel kapsul Bobobox! Selain nyaman, hotel kapsul ini mengedepankan teknologi dan keamanan. Bobobox bisa menjadi salah satu cara terbaik untuk menikmati perjalanan dan beristirahat, dan cocok untuk perjalanan liburan atau bisnis.

Top Articles

Categories

Follow Us

Latest Articles