Bobobox Indonesia
Experience More For Less sleep better and be inspired

Aplikasikan Prinsip-Prinsip Ini dalam Hidupmu Agar Kamu Tidak Mudah Ditindas

Yuk, mulai terapkan prinsip-prinsip hidup penting ini!

Semua orang pasti tahu jika karakter, sifat, dan pemikiran setiap manusia tentunya berbeda satu sama lain. Hal inilah yang membuat setiap individu memiliki prinsip hidupnya masing-masing. Namun, tahukah kamu prinsip hidup penting apa saja yang perlu kamu terapkan dalam hidupmu agar tidak mudah ditindas oleh orang lain? Kalau belum, langsung saja simak penjelasannya di bawah ini, ya!

1. Prinsip Hidup Penting: Buang Jauh-Jauh Sifat Nggak Enakan

Agar tidak mudah ditindas orang lain, prinsip hidup penting pertama yang perlu kamu miliki adalah membuang jauh-jauh sifat ‘nggak enakan’ sama orang lain. Dengan memelihara sifat nggak enakan ini, kamu akan cenderung terlalu memikirkan perasaan orang lain dan menaruh kepentingan orang lain di atas kepentinganmu sendiri.

BACA JUGA: 5 Bahayanya Sifat Gak Enakan Bagi Kesehatan Mental Kamu

Niatmu mungkin baik, yakni nggak ingin bikin orang lain tersinggung atau sakit hati. Namun, jika kamu terjebak dengan sifat ini maka jangan heran jika nantinya orang-orang akan dengan mudah memanfaatkanmu dan bersikap seenaknya padamu.

2. Prinsip Hidup Penting: Berani Mengatakan Isi Hatimu dengan Jujur

Selain berani membuang sifat nggak enakan, prinsip hidup penting selanjutnya yang perlu kamu miliki adalah berani mengatakan isi hatimu dengan jujur. Sikap ini merupakan salah satu wujud dari mencintai dan menghargai diri sendiri.

Prinsip Hidup Penting

(Photo by @AndreaPiacquadio from Pexels)

Jika kamu terbiasa berani mengatakan isi hatimu dengan jujur tanpa berpura-pura baik-baik saja, tentu orang lain pun bisa lebih menghargaimu. Contohnya, jika kamu merasa tidak nyaman dengan sikap seseorang terhadapmu, katakanlah saja yang sebenarnya. Tapi ingat, harus dengan cara yang baik dan sopan agar tidak merusak hubunganmu dengan orang lain, ya.

3. Prinsip Hidup Penting: Tidak Perlu Takut Berbeda Pendapat

Selain berani mengutarakan isi hati, berani berbeda pendapat juga merupakan salah satu prinsip hidup penting yang perlu kamu terapkan. Misalnya, tidak perlulah kamu merasa takut jika memiliki pandangan hidup yang berbeda dengan orang lain, selama tidak melanggar norma dan nilai-nilai yang berlaku. Toh, yang menjalani hidupmu kan kamu sendiri.

4. Prinsip Hidup Penting: Tidak Perlu Selalu Merasa Bersalah

Pernahkah kamu berada di sebuah lingkungan toxic berisi orang-orang manipulatif yang membuatmu selalu merasa bersalah dan perlu meminta maaf bahkan saat kamu tidak bersalah sekalipun? Jika jawabannya adalah ‘ya’, maka kamu harus segera keluar dari lingkungan toxic tersebut, ya.

BACA JUGA: Hati-Hati! Kenali 5 Tanda Gaslighting Dalam Hubungan Kamu!

Selain itu, kamu juga wajib memiliki prinsip hidup penting yang satu ini yaitu tidak perlu selalu merasa bersalah dan meminta maaf pada setiap situasi yang memang bukan salahmu. Kamu dan semua orang berhak kok membela diri jika memang yakin tidak berbuat salah. So, jadilah tegas dan bijak, ya, agar orang lain tidak semena-mena padamu.

5. Prinsip Hidup Penting: Stop Jadi People Pleaser

Manusia diciptakan oleh Tuhan menjadi makhluk dengan karakter yang beragam dengan keunikannya masing-masing. Maka, merupakan hal yang mustahil untuk semua orang menyukai kita. Pasti ada saja yang tidak suka atau merasa kurang cocok denganmu, sehingga apa pun yang kamu lakukan pasti terlihat salah di mata mereka.

Nah, jika kamu cenderung terlalu memikirkan opini-opini orang lain dan berusaha menjadi apa yang mereka sukai atau berusaha menyenangkan mereka, maka bisa jadi kamu adalah seorang ‘people pleaser’. Padahal, sifat ini bisa membuatmu kurang dihargai, bahkan ditindas. Oleh karena itu, prinsip hidup penting yakni berhenti jadi people pleaser wajib banget untuk kamu aplikasikan di hidupmu.

6. Prinsip Hidup Penting: Tegas dan Bijak

Prinsip hidup penting yang satu ini tentunya akan membuat orang-orang di sekitarmu lebih hormat dan segan padamu. Dengan memiliki sikap tegas dan bijak, mereka yang berniat menindasmu pasti akan langsung mundur teratur. Oleh karena itu, tegaslah saat melangkah, namun bijaklah dalam mengambil keputusan.

7. Prinsip Hidup Penting: Percaya Pada Diri Sendiri

Membangun kepercayaan diri mungkin bukanlah hal yang mudah bagi sebagian orang. Padahal, satu-satunya orang yang sangat tahu kemampuan dan nilai diri yang kamu miliki adalah dirimu sendiri.

Prinsip Hidup Penting

(Photo by @AndreaPiacquadio from Pexels)

Dengan mengetahui value yang ada pada dirimu, tentu kepercayaan dirimu akan meningkat dan kamu akan lebih menghargai dirimu serta tidak takut untuk menghadapi apapun. Dengan menerapkan prinsip hidup penting yang satu ini dalam hidupmu, bukan hanya kamu, orang lain pun nantinya akan melihat value yang ada pada dirimu dan lebih menghormati kamu.

8. Prinsip Hidup Penting: Tidak Bergantung Pada Orang Lain

Selain menjadi percaya diri, tidak bergantung pada orang lain pun menjadi salah satu prinsip hidup penting yang perlu kamu tanamkan pada dirimu. Meskipun benar adanya manusia memang makhluk yang saling membutuhkan satu sama lain, namun bukan berarti kamu harus bergantung pada orang lain setiap saat.

Jika kamu terus-terusan bergantung dan mengandalkan orang lain dalam segala hal, maka ini hanya akan membuatmu sulit berkembang. Untuk itu, berusahalah untuk melakukan hal-hal yang mampu kerjakan sendirian tanpa meminta bantuan orang lain. Hal tersebut pasti akan melatihmu menjadi pribadi yang lebih mandiri.

9. Prinsip Hidup Penting: Stop Memikirkan Komentar Orang-Orang

Dalam hidup, ada hal-hal yang bisa dan tidak bisa kita kontrol. Contohnya omongan dan komentar orang lain terhadap dirimu, merupakan hal yang tidak bisa kamu kontrol. Namun, sikap dan pemikiranmu akan hal tersebut, merupakan hal yang bisa kamu kontrol.

Kamu tentunya dapat memilih, menjadi orang overthinking dan tidak bahagia karena komentar-komentar orang lain yang tidak sepenuhnya benar, atau menjadi orang bahagia dan terus maju dalam hidupmu dengan cara berhenti memikirkan komentar orang-orang.

Prinsip Hidup Penting

(Photo by @Monstera from Pexels)

Ingat, yang paling tahu tentang kamu tentunya adalah dirimu sendiri. Maka tidak perlu terlalu memusingkan perkataan dan komentar orang lain di luar sana. Terapkanlah prinsip hidup penting satu ini, maka hatimu akan lebih ringan dan bahagia dalam menjalani hidup.

10. Prinsip Hidup Penting: Sayangi Dirimu!

Prinsip hidup penting terakhir yang perlu kamu aplikasikan agar tidak mudah ditindas orang lain adalah dengan menyayangi dirimu sendiri. Ya! Jika bukan kamu, siapa lagi? Jangan biarkan orang lain membuatmu down, sedih, atau merasa tidak berharga!

BACA JUGA: Katakan 10 Kalimat Penyemangat Ini Setiap Hari Agar Lebih Sayang Dengan Diri Sendiri

Wujud menyayangi diri sendiri juga banyak macamnya, loh. Mulai dari menjaga kesehatan, menjaga penampilan, mengembangkan skill, terus belajar dan memperluas wawasan, hingga melakukan hobby-hobby yang disukai.

Ceriakan Harimu Bersama Bobobox!

Menjadi individu berprinsip sangatlah penting, dan menjadi bahagia adalah keharusan. Yuk, bikin hari-harimu lebih bahagia dengan menginap di Bobobox! Hotel kapsul yang modern dan unik ini pasti bisa memberikan kamu pengalaman baru menginap di hotel. Pod-nya yang unik dan nyaman pasti bikin kamu betah berlama-lama staycation di Bobobox. Selain itu, di dalam pod-nya juga terdapat lampu LED yang bisa disesuaikan dengan suasana hati kamu.

Untuk memesan kamar, kamu nggak usah khawatir bakal ribet, tinggal download aja aplikasinya. QR code yang ada di aplikasinya juga berfungsi sebagai kunci kamar lho. Keren, kan? Tunggu apa lagi? Ayo menginap di Bobobox! Oh iya, kamu juga bisa melihat langsung pods Bobobox lewat virtual 360° tour lho!

bobobox luas

You might also like