Bobobox Indonesia
Experience More For Less sleep better and be inspired

Jangan Asal Buka! Ini Situasi yang Tepat Membuka Pintu Darurat Pesawat

Hayo, jangan asal buka pintu darurat pesawat. Ini situasi yang tepat saat membuka pintu darurat pesawat.

Untuk kamu yang senang melancong praktis sekaligus efisien, tentu akan memilih moda transportasi satu ini – pesawat. Hanya saja beberapa tahun lalu, sempat ada kejadian salah satu penumpang membuka paksa pintu darurat pesawat di salah satu maskapai lokal.

Selain menimbulkan kerugian yang tidak sedikit, belum lagi tidakan tersebut membahayakan setiap penumpang. Bahaya yang mengintai pun tidak tanggung-tanggung, mulai dari terhempas oleh udara, hingga denda yang jumlahnya begitu besar.

Lalu terlepas dari itu semua, sebenarnya kapan waktu yang tepat untuk membuka pintu darurat di pesawat? Bob kasih tahu nih situasi seperti apa seharusnya kamu membuka pintu darurat pesawat agar tidak salah paham, apalagi bikin iseng yang membahayakan seluruh penumpang pesawat.

Melansir Kompas.com, Alvin Lie sebagai Pengamat Penerbangan, tidak ada prosedur tertentu waktu yang tepat kapan pintu darurat pesawat dapat dibuka. Baik sebelum take-off, atau pesawat berada di posisi tertentu. Pintu darurat memang didesain untuk kondisi darurat, baik pesawat dalam posisi kecelakaan, kebakaran, dan masih banyak lagi.

Kondisi yang dimaksud pun dalam prosedur saat penumpang menilai harus segera keluar dari pesawat karena adanya ancaman keselamatan. Biasanya, awak kabin pun akan memberi aba-aba berupa “evacuate-evacuate”. Namun, hal tersebut kembali lagi dengan beberapa syarat.

Gambaran Pintu Darurat Pesawat Dengan Peluncur Untuk Evakuasi (wikimedia.org)

Pada saat kondisi pesawat sedang darurat, akses darurat yang lebih dulu dibuka adalah jendela yang berada di atas sayap, sehingga tidak keluar peluncur untuk akses turun penumpang.

Karena jika yang dibuka lebih dulu pintu darurat, maka akan muncul peluncur sebagai akses untuk penumpang. Maka tidak heran jika pintu satu ini begitu krusial jika dibuka di luar situasi darurat.

Lalu, kapan yang tepat untuk membuka pintu darurat pesawat?

Jawaban yang tepat adalah saat kondisi pesawat sedang genting dan berada dalam keadaan landing. Pasalnya, pintu darurat pesawat tidak mungkin bisa dibuka saat pesawat sedang berada di udara.

Begitu juga dengan jendela darurat. Jika dalam situasi tertebtu jendela pesawat dipaksa dirusak dan retak, justru akan terjadi dekompresi, karena adanya perbedaan tekanan udara.

Alvin pun mengungkapkan jika pintu darurat sebaiknya dibuka pada saat pesawat berada di darat atau terpaksa landing di laut.

Duduk di Dekat Pintu Darurat pun Ada Syaratnya, Ini Syaratnya

Salah satu postingan dari ap_airports (instagram.com/ap_airports)

Perlu diketahui juga jika tidak semua orang bisa duduk di kursi dekat pintu darurat, loh! Biasanya orang yang duduk di dekat pintu darurat akan diberikan instruksi khusus oleh awak kabin. Salah satunya, cara membuka pintu darurat pesawat jika terjadi situasi genting.

Hal ini pun disampaikan di akun instagram @ap_airports atau akun instagram milik PT Angkasa Pura I yang memberikan informasi terkait penerbangan dan bandara untuk para traveler yang sering bepergian menggunakan pesawat.

Walaupun sekilas kursi satu ini begitu luas dan nyaman karena ruang gerak terasa lebih lega. Sayangnya, tidak semua orang dapat duduk di kursi satu ini.

Setidaknya kamu harus memenuhi beberapa syarat seperti sehat fisik dan mental untuk membantu awak kabin saat situasi genting, mampu memahami instruksi khusus, berusia 15 tahun ke atas, tidak dalam keadaan hamil, dan kmau tidak bepergian dengan bayi.

Jadi, sekarang kamu sudah paham kan jika pintu darurat tidak bisa asal dibuka. Apalagi jika kamu duduk di sebelah pintu darurat. Kamu pun harus siap siaga saat pesawat di situasi genting, karena kamu harus siaga membantu awak kabin untuk ikut mengevakuasi penumpang yang berada di pesawat.

Semoga informasi ini bermanfaat, ya! Jangan lupa kunjungi website bobobox.co.id jika kamu butuh rekomendasi hotel kapsul yang nyaman di lokasi-lokasi strategis. Sekarang, Bobobox sudah hadir di Bandung dan Jakarta, lho!

You might also like