Bobobox Indonesia
Experience More For Less sleep better and be inspired

Ini Dia Pilihan Metode Pengobatan Untuk Perempuan yang Memiliki PCOS

Gaya hidup sehat adalah salah satu kuncinya

Polycystic ovary syndrome (PCOS) atau sindrom ovarium polikistik adalah gangguan kesuburan yang rentan dialami wanita di usia produktif. Kondisi berupa ketidakseimbangan hormon yang disebabkan oleh tingginya kadar hormon pria (androgen). Akibatnya, penderita PCOS kerap kali mengalami:

  • Masalah pada siklus menstruasi (haid tidak teratur, terlalu lama atau justru tidak sama sekali)
  • Pertumbuhan rambut berlebih di wajah dan tubuh (hirsutisme) seperti lengan, perut dan dada
  • Kebotakan
  • Jerawat parah
  • Pendarahan berat saat menstruasi
  • Sakit kepala
  • Perubahan mood
  • Kenaikan berat badan secara drastis
  • Kemunculan kantung-kantung kista (benjolan kecil berisi cairan) di sekitar sel telur (ovarium)
  • Warna kulit menggelap (lipatan leher, selangkangan dan bawah payudara)

Baca Juga: Beda Lokasi Sakit Beda Penanganan! Ini Dia Jenis-Jenis Sakit Perut

PCOS ini menjadi salah satu penyebab paling umum dari infertilitas pada wanita. Hal ini juga bisa meningkatkan risiko masalah kesehatan lainnya seperti sleep apnea, depresi, kanker endometrium, diabetes, dan jantung. Penyebab pasti dari PCOS sendiri belum diketahui secara pasti. Namun, beberapa faktor seperti regulasi hormon, resistansi insulin, inflamasi tingkat rendah, genetika atau bawaan diyakini terkait dengan tingginya produksi hormon androgen.

Insulin merupakan hormon yang diproduksi pancreas untuk mengontrol bagaimana tubuh mengolah glukosa (gula) dan menggunakannya sebagai energi. Sementara itu, resistansi insulin adalah kondisi saat tubuh tidak dapat memproses insulin dengan benar sehingga menyebabkan tingginya kadar gula dalam darah.

Untuk membantu mengelola gejala serta menurunkan kemungkinan masalah-masalah kesehatan tersebut, pengobatan PCOS tentu diperlukan. Pengobatan PCOS tersebut akan disesuaikan dengan gejala, riwayat kesehatan dan masalah kesehatan lainnya, serta keinginan untuk hamil atau tidak. Berikut ini adalah pengobatan PCOS yang paling umum direkomendasikan oleh dokter.

Perubahan Gaya Hidup

Sebagian besar penderita PCOS mengalami obesistas atau kelebihan berat badan. Karena itu, perubahan gaya hidup menjadi salah satu bentuk pengobatan PCOS yang direkomendasikan. Dokter kemungkinan akan menganjurkan program penurunan berat bedan melalui diet rendah kalori. Makanan tinggi serat seperti sayur dan buah lebih diutamakan dan konsumsi makanan dengan kandungan gula dan pati sebaiknya dibatasi. Dengan begitu, kadar gula darah dan insulin bisa tetap stabil.

Dikutip dari WebMD, penurunan berat badan 5-10 persen saja sudah bisa membantu meredakan beberapa gejala PCOS dan membuat menstruasi lebih teratur. Pengobatan PCOS satu ini juga dapat meningkatkan efektivitas obat-obatan yang disarankan dokter serta membantu masalah infertilitas. Selain dengan memperhatikan asupan makanan, perubahan gaya hidup ini juga perlu dibarengi dengan dengan olahraga teratur yang juga membantu dalam menurunkan kadar gula darah.

Baca Juga: Minuman Sehat Kekinian Ini Nggak Cuma Enak, Tapi Juga Mendukung Gaya Hidup Sehat

Pil KB

Konsumsi pil KB bisa menjadi salah satu bentuk pengobatan PCOS bagi pengidap yang tidak memiliki rencana untuk hamil. Dokter biasanya akan menganjurkan penggunaan pil KB yang berisi kombinasi estrogen dan progestin. Kombinasi keduanya dapat membantu menurunkan produksi hormon androgen dan mengatur keseimbangan estrogen di dalam tubuh.

Regulasi hormon yang baik dapat menurunkan risiko kanker endometrium, mengatasi pendarahan hebat saat haid, serta menghambat pertumbuhan rambut berlebih dan jerawat. Selain pil KB, pasien juga memiliki pilihan untuk menggunakan koyo KB, cincin vagina, suntikan, atau IUD (KB spiral) yang juga mengandung kombinasi hormon estrogen dan progestin.

Pil Progestin

Pilihan pengobatan PCOS lainnya adalah konsumsi pil progestin. Pil satu ini bisa menjadi pilihan bagi kamu yang ingin mencoba untuk hamil. Pil ini sendiri bisa dikonsumsi selama 10-14 hari setiap satu hingga dua bulan sekali. Penggunaan pil ini akan membantu membuat haid lebih tertaur dan melindungi kamu dari risiko kanker endometrium.

Selain tidak mencegah kehamilan, pil progestin juga tidak menurunkan produksi androgen. Karenanya, gejala seperti pertumbuhan rambut tidak bisa diatasi dengan obat ini.

Metformin

via news-medical.net

Dikenal sebagai obat diabetes, metformin juga bisa diresepkan untuk pengobatan PCOS. Seperti yang disebutkan sebelumnya, pengidap PCOS umumnya mengalami resistansi insulin dan berat badan berlebih. Keduanya dapat meningkatkan risiko terjadinya diabetes tipe 2.

Metformin sendiri bekerja untuk membantu menurunkan kadar insulin serta mengatasi resistansi insulin. Selain itu, penggunaan obat ini juga bisa membantu menurunkan berat badan (tentu dibarengi dengan gaya hidup sehat), meningkatkan ovulasi, mengatur siklus haid, mengurangi pertumbuhan rambut dan jerawat serta menurunkan risiko terkena diabetes.

Terapi Kesuburan

Terapi kesuburan bisa menjadi pengobatan PCOS untuk pengidap yang ingin memiliki keturunan. Selain obat metformin, dokter juga mungkin merespkan obat lainnya untuk meningkatkan ovulasi seperti clomiphene (obat antiestrogen), letrozole (obat untuk kanker payudara), dan gonadotropin (disuntikkan).

Pengobatan untuk Pertumbuhan Rambut Berlebih

via usada.org

Pengobatan PCOS biasanya difokuskan pada gejala yang kamu alami. Salah satunya adalah pertumbuhan rambut berlebih. Untuk mengatasi hal tersebut, dokter akan merekomendasikan pil KB, spironolactone, eflornithine dan elektrolisis.

Seperti yang Bob sebutkan sebelumnya, pil KB dapat membantu menghambat pertumbuhna rambut berlebih akibat hormon androgen. Sementara itu, spironolactone akan menghambat efek dari androgen pada kulit. Namun, obat satu ini memiliki efek samping berupa cacat lahir sehingga tidak dianjurkan bagi kamu yang berencana untuk hamil atau sedang berbadan dua. Karenanya, obat ini perlu dibarengi dengan kontrasepsi yang efektif.

Selanjutnya, eflornithine adalah obat berbentuk krim yang umum digunakan untuk memperlambat pertumbuhan rambut di wajah. Berbeda dengan obat-obat sebelumnya, elektrolisis merupakan metode untuk menghilangkan bulu dengan menusukkan jarum ke dalam folikel rambut. Jarum tersebut akan memncarkan arus listrik kecil untuk mematikan pertumbuhan bulu secara permanen. Terapi ini sendiri biasanya dilakukan hingga beberapa kali.

Operasi

Jika obat-obatan tidak berhasil, dokter akan menyarankan operasi sebagai opsi pengobatan PCOS. Operasi bernama laparoscopic ovarian drilling (LOD) ini akan membantu memicu ovulasi dengan mengangkat jaringan-jaringan yang memproduksi androgen berlebih. Dengan LOD, tubuh akan mendapatkan keseimbangan hormon dan fungsi ovarium pun kembali normal. Dengan begitu, kemungkinan untuk hamil pun bisa meningkat. Meski begitu, pengobatan PCOS ini tidak umum digunakan mengingat semakin pesatnya perkembangan obat-obatan baru saat ini.

Akupuntur

Dilansir dari Healthline, akupuntur juga bisa dipertimbangkan sebagai alternatif pengobatan PCOS. Metode satu ini diyakini dapat:

  • Membantu meningkatkan aliran darah ke ovarium
  • Mengurangi volume ovarium dan jumlah kista ovarium
  • Menurunkan kadar kortisol
  • Membantu penurunan berat badan
  • Meningkatkan sensitivitas terhadap insulin, menurunkan kadar gula darah serta kadar insulin

Baca Juga: Jangan Disepelekan! Ini Dia Jenis-Jenis Eating Disorder Yang Perlu Kamu Waspadai

Perbaiki Mood Bersama Bobobox!

Perubahan hormon tidak jarang membuat kamu mudah bad mood. Untuk memperbaiki suasana hati kamu yang buruk, yuk rehat sejenak dan manjakan diri. Tidak perlu mewah-mewah atau ribet, dengan staycation aja dijamin membuat tubuh dan pikiran lebih segar. Untuk akomodasi, serahkan pada Bobobox.

Meski mengusung konsep minimalis, kamu gak akan bosan kok menginap di Bobobox. Ada banyak fasilitas menarik untuk meningkatkan mood kamu. Desainnya yang futuristik cocok banget buat latar foto Instragammable. Selain itu, ada juga Wi-Fi kencang, moodlamp, Bluetooth speaker, pantry, musala, communal place, kamar mandi bersama yang super bersih, dan juga vending machine. Dengan adanya vending machine ini, kamu gak perlu repot-repot lari ke minimarket untuk sekadar beli minuman dan camilan.

Unduh dulu aplikasinya di Play Store atau App Store untuk reservasi. Kamu juga berkesempatan mendapat beragam promo menarik dari Bob lho.

You might also like