Bobobox Indonesia
Experience More For Less sleep better and be inspired

Ayo Berkreasi di Dapur dengan 10 Resep Makanan Kekinian Ini!

Selain super yummy, makanan kekinian ini dijamin fresh from your kitchen!

Wah, tidak terasa ya kita sudah memasuki pertengahan tahun 2020! Karena wabah virus Corona, orang-orang diimbau untuk diam di rumah dan menjaga jarak dari orang lain. Sebagian kantor pun menetapkan kebijakan WFH alias work from home. Untuk kamu yang masih WFH, tentunya ada sisi positif dan negatif yang dirasakan. Mungkin salah satu sisi positifnya adalah banyaknya waktu yang bisa diluangkan di rumah. Namun, terlalu lama di rumah juga lama-lama membosankan. Kalau kata Enzy Storia sih, “Aku mau maiiiinnn!”.

Supaya nggak bosan saat di rumah, ada beragam aktivitas yang bisa kamu coba. Sebagai contoh, kamu bisa berolahraga atau membuat kerajinan tangan. Kalau Bob sih, lebih suka berkreasi di dapur. Ya, siapa sih yang nggak suka jajanan? Sejak adanya PSBB dan imbauan stay at home, kita terpaksa tidak bisa menikmati wisata kuliner. Selain itu, sebagian besar kafe dan restoran pun terpaksa ditutup. Aduh! Padahal, Bob sudah bikin list makanan kekinian yang ingin dicoba, lho!

Daripada bete karena nggak bisa hunting jajanan, kita bisa lho membuat sendiri makanan kekinian di rumah. Berdasarkan informasi dari Kumparan, memasak di rumah bisa membangun kepercayaan diri dan meningkatkan kreativitas. Ada si kecil di rumah? Ajak saja memasak bersama. Dilansir dari Hello Sehat, memasak bersama anak memiliki banyak manfaat, lho! Selain menjadi media bonding  orang tua dan anak, aktivitas ini juga mengenalkan si kecil ke berbagai jenis makanan.

makanan kekinian
Credit: Jason Briscoe (Unsplash)

Nah, butuh ide resep untuk dicoba? Bob punya 10 pilihan makanan kekinian yang bisa kamu buat sendiri di rumah. Selain lezat, sajian-sajian ini juga tentunya fresh from your own kitchen. Penasaran apa saja pilihannya? Check these out!

1. Stik Kentang Keju

makanan kekinian
Credit: yzmalicious (Instagram)

Stik kentang keju menjadi makanan kekinian yang sempat hits di media sosial. Kalau mendengar namanya, kamu mungkin teringat dengan cheese stick. Namun, keduanya merupakan panganan yang berbeda. Sajian ini dibuat dari tepung maizena, kentang yang dikukus, dan keju parut sebagai bahan dasar adonan. Adonan dibumbui dan dibentuk memanjang, kemudian digoreng. Oh, ya! Dalam unggahannya, pengguna Instagram Isma Rendy menyarankan jika ingin membuat stik yang lebih renyah, adonan harus digoreng dua kali. Bob mau coba ah!

2. Takoyaki

makanan kekinian
Sumber: Adam Liaw

Duh! Siapa sih yang nggak kenal jajanan khas Jepang yang satu ini? Meskipun tidak lagi terbilang sebagai newcomer, Takoyaki masih cukup ngehits, lho. Jajanan ini bisa kamu temukan dengan mudah, terutama di mal. Makanan kekinian ini terbuat dari adonan tepung terigu, telur, kaldu, baking powder, dan susu cair. Pada proses pembuatannya, kamu harus dengan cekatan membalikkan separuh adonan yang sudah matang di cetakan. Setelah itu, kamu harus mengisi lagi setengah ruang kosong pada cetakan hingga adonan menjadi bulat. Terakhir, Takoyaki disajikan dengan mayones, saus tomat, dan taburan katsuobushi. Oishii desu!

3. Kue Cubit Green Tea

makanan kekinian
Credit: Shandy Santika (Cookpad)

Kalian para pemilik sweet tooth siap-siap dimanjakan dengan kudapan yang satu ini. Kue cubit green tea adalah camilan yang sempat viral di tahun 2014-2015an. Menurut sebuah artikel di Kooliner, jajanan ini awalnya dijual di Jalan Cisangkuy, Bandung. Namun, karena pamornya makin meningkat, kue cubit green tea bisa ditemukan di berbagai kafe dan restoran. Makanan kekinian ini merupakan spin-off dari kue cubit biasa. Adonannya terbuat dari tepung terigu, telur, susu, baking powder, dan tentu saja, bubuk matcha!

4. Jjapaguri (Ram-Don)

makanan kekinian
Sumber: Cravingtons

Sudah pernah menonotn film Parasite? Kalau pernah, pasti kalian tidak asing dengan sajian yang satu ini. Ya, jjapaguri atau ram-don adalah hidangan yang dipopulerkan oleh film tersebut. Panganan berbahan dasar mi instan ini dinikmati oleh salah satu karakter di satu scene film. Namanya merupakan singkatan dari dua merek mi instan, Chapagetti dan Neoguri. Manis gurihnya Chapagetti berpadu dengan pedas asinnya Neoguri, memberikan sensasi rasa yang unik. Supaya fancy, lengkapi sajian ini dengan daging steak yang dipotong dadu dan sedikit bawang daun. Wah! Neomu massisseo!

5. Churros

makanan kekinian
Sumber: Cooking Classy

Nah! Makanan kekinian yang satu ini cocok banget dinikmati sambil nonton film atau bersantai. Dilansir dari Salt and Wind, churros merupakan camilan khas Spanyol. Namun, ada beberapa sumber yang mengatakan bahwa sajian ini merupakan turunan dari youtiao, makanan khas Tionghoa. Adonannya terbuat dari tepung terigu, mentega, garam, gula, dan air. Dengan bentuk stik dan tekstur yang renyah di luar, tetapi lembut di dalam, churros menjadi jajanan yang digemari banyak orang. Aduh! Apalagi saat disajikan dalam keadaan masih panas dan dicelup ke saus cokelat. Delicioso!

6. Jasuke

makanan kekinian
Sumber: Dikemas

Jajanan yang satu ini enak dinikmati saat cuaca lagi dingin. Jasuke merupakan singkatan dari jagung, susu, keju. Eits! Jangan sampai tertukar dengan Sasuke, temannya Naruto, ya! Sesuai namanya, sajian ini dibuat dari ketiga bahan tersebut. Karena tidak membutuhkan banyak bahan dan proses pembuatannya yang simpel, jasuke bisa kamu buat sendiri di rumah. Jagung manis direbus selama sekitar 20 menit, kemudian diaduk dengan margain. Setelah itu, tambahkan susu kental manis dan keju parut secukupnya. Jadi, deh! Rasanya yang manis, gurih, dan creamy  bikin kamu ketagihan!

7. Tahu Cabe Garam

makanan kekinian
Sumber: Woman Talk

Makanan kekinian yang satu ini sering kamu temui di berbagai kafe dan restoran. Biasanya, light meal ini jadi teman ngobrol yang seru dan sering dipasangkan dengan minuman soda, jus, atau bir. Cara membuatnya pun cukup mudah! Tahu putih dipotong kecil-kecil dan dicelupkan ke adonan pelapis. Nah, adonan ini yang bikin tahu terasa renyah di luar. Setelah itu, tahu digoreng, kemudian dicampurkan dengan bawang putih dan cabai rawit. Aduh! Membayangkannya saja bikin Bob jadi lapar, nih!

8. Nugget Pisang

makanan kekinian
Sumber: Cookpad

Kalau biasanya nugget punya rasa asin, nugget yang satu ini rasanya manis gurih. Kudapan yang satu ini adalah salah satu makanan kekinian yang seru untuk dibuat sendiri di rumah. Berbahan dasar pisang, camilan ini akan menjadi teman santai soremu sambil membaca buku atau bersantai. Adonan pisang dipotong-potong sesuai keinginan, kemudian dibalur telur dan tepung panir. Setelah itu, nugget digoreng hingga kuning kecokelatan. Supaya lebih seru, kamu bisa menambahkan taburan keju atau cokelat di atas nugget. Hmm… Yummy!

9. Tteokbokki

makanan kekinian
Credit: Popo le Chien (Wikimedia)

Kalian penggemar K-Pop atau drama Korea pasti nggak asing dengan street food yang satu ini. Jajanan berbahan dasar kue beras yang diberi saus gochujang ini memang menggiurkan! Kenyalnya kue beras berpadu dengan manis pedasnya saus gochujang. Bikin kamu ingin pesan lagi dan lagi! Proses pembuatannya pun cukup mudah. Selain itu, tteok atau kue beras pun bisa kamu dapatkan dari berbagai supermarket besar. Makanan kekinian ini cocok untuk dinikmati saat kumpul bersama teman sambil maraton drama Korea. Oh, ya! Dilansir dari Koreaboo, tteokbokki ternyata menjadi jajanan kesukaan Solar MAMAMOO dan Jeongyeon TWICE, lho!

10. Telur Gulung

makanan kekinian
Sumber: Piknik Dong

Ingin bernostalgia zaman sekolah? Coba deh bikin jajanan yang satu ini. Meskipun bukan tergolong sajian baru, pamornya tetap nggak kalah, lho! Bahan-bahan yang dibutuhkan pun hanya sedikit. Kamu hanya perlu mempersiapkan tusuk sate dan kecepatan tangan untuk menggulung telur yang digoreng. Biasanya, telur goreng dihidangkan dalam plastik yang sudah ditambahi saus cabai. Telur gulung lebih enak dinikmati saat masih panas. Perpaduan rasa gurih dari telur, pedasnya saus, dan tekstur luar telur yang renyah sangat menggoda selera!

Itulah 10 makanan kekinian yang bisa kamu coba buat sendiri di rumah. Daripada gabut dan malah mager, manfaatkan waktumu di rumah dengan berkreasi. Selain mengasyikkan, kamu juga bisa memanjakan lidah dengan beragam hidangan lezat. Perut juga kenyang deh! Semoga wabah COVID-19 ini bisa segera berakhir, ya. Jadi, kamu bisa kembali berwisata kuliner dan hunting jajanan-jajanan hits yang unik!

Sambil stay at home, kamu juga bisa mulai membuat rencana liburan dari sekarang, lho. Ya, kamu mungkin memang belum punya tanggal pasti. Namun, nggak ada salahnya membuat gambaran liburan impianmu, seperti memilih destinasi wisata dan menentukan transportasi. Eh, jangan lupa mencari akomodasi yang berkualitas, ya! Kalau kamu belum punya pilihan akomodasi berkualitas dan terjangkau, Bob punya jawabannya.

Bobobox Aja!

Bobobox adalah hotel kapsul dengan desain pod futuristik dan unik. Setiap pod dilengkapi tempat tidur yang nyaman, serta teknologi yang sudah terintegrasi dengan aplikasi seluler. Di era digital seperti sekarang, apa-apa bisa dilakukan lewat ponsel. Nah, di Bobobox, kamu bisa mengakses pod, mengatur pencahayaan, sampai mengunci pintu lewat perangkatmu. Praktis banget! Nggak perlu repot-repot bawa room card lagi deh!

Untuk menunjang kebutuhanmu, Bobobox punya beberapa fasilitas umum seperti pantry, shared bathroom, communal space, dan musala. Ada juga vending machine di lobi untuk kamu yang ingin membeli minum. Eh, Bobobox juga punya banyak spot yang Insta-worthy, lho! Lumayan ‘kan buat mengisi feed Instagram kamu saat berlibur. Soal kebersihan, jangan khawatir! Bobobox menerapkan protokol keselamatan dan kebersihan yang ketat, dan setiap pod dibersihkan secara detail.

Untuk memesan pod, kamu bisa menggunakan aplikasi Bobobox. Aplikasi ini tersedia secara gratis untuk platform iOS dan Android. Lewat aplikasi ini, kamu juga bisa mendapatkan beragam promo menarik. Jadi, ayo unduh aplikasi Bobobox ke ponselmu sekarang dan rencanakan liburan seru di Bobobox!