Bobobox Indonesia
Experience More For Less sleep better and be inspired

Pesona Pulau Sirandah yang Eksotis

Mari intip indahnya Pulau Sirandah yang eksotis dan mengagumkan!

Pulau Sirandah? Ya, kamu mungkin belum terlalu familiar dengan pulau eksotis satu ini. Pulau yang berlokasi di daerah Sumatra Barat ini digadang-gadang memiliki keindahan yang setara dengan Maldives atau Maladewa.

Pulau mungil ini merupakan pulau perawan yang tak berpenghuni. Para nelayan dulunya kerap menjadikan Pulau Sirandah sebagai tempat persinggahan bagi kapal-kapal mereka saat hendak berangkat mencari ikan di laut.

pesona pulau Sirandah

(Photo by: instagram.com/sumbar_rancak)

Kenapa dinamakan Pulau Sirandah? Menurut masyarakat setempat, kata Sirandah berasal dari Bahasa Minangkabau yang artinya “si rendah”. Ini disebabkan oleh daratan yang dimiliki Pulau Sirandah cenderung datar, landai, dan memiliki ketinggian paling rendah, jika dibandingkan dengan pulau-pulau sekitarnya.

Gimana? Makin penasaran, kan, dengan pulau indah nan eksotis satu ini? Yuk, langsung simak aja penjelasan Bob selanjutnya tentang Pulau Sirandah!

Lokasi Pulau Sirandah

pesona pulau Sirandah

(Photo by: instagram.com/sumbar_rancak)

Pulau yang menjadi salah satu destinasi wisata unggulan di Sumatra Barat ini lokasinya sekitar 60 kilometer dari Bandara Internasional Minangkabau, atau sekitar 2 jam dari Kota Padang.

Untuk mencapai Pulau Sirandah, kamu harus menyewa kapal atau speedboat. Kamu bisa menyebrang dari 3 titik penyebrangan yang berbeda, yaitu dari Muara Padang, dari Pantai Bungus, atau dari Pantai Sungai Pisang.

Jika kamu belum familiar dengan lokasi tempat wisata ini, atau bingung bagaimana cara pergi ke sana, ada baiknya jika kamu memesan paket wisata lewat penyelenggara tour terlebih dahulu, agar perjalananmu ke Pulau Sirandah lancar dan terencana dengan baik.

Terdapat beberapa paket tour Pulau Sirandah yang bisa kamu pilih, mulai dari paket one day tour, atau paket menginap. Harganya pun terbilang cukup terjangkau, yakni mulai dari 300 sampai 400 ribuan per orangnya.

Fasilitas Pulau Sirandah

pesona pulau Sirandah

(Photo by: instagram.com/sumbar_rancak)

Meski merupakan pulau tak berpenghuni dan belum banyak dikenal oleh para wisatawan, kamu nggak perlu khawatir, karena fasilitas di Pulau Sirandah terbilang cukup memadai, kok. Di pulau ini, terdapat banyak penginapan yang bisa kamu sewa, dengan tipe yang bisa disesuaikan dengan selera dan dompetmu.

Bagi kamu yang ingin menginap dengan low budget, di sini kamu bisa menyewa tenda dengan tarif 150 ribu rupiah per malam. Tendanya berkapasitas 3 orang, jadi kamu juga bisa share dengan teman-teman kamu.

Kalau kamu enggan tidur di tenda, kamu bisa menyewa kamar yang cukup murah meriah dengan tarif 600 ribu rupiah per malam. Cukup irit jika kamu ajak teman atau saudara, karena satu kamar bisa menampung sampai 6 orang. Tapi mungkin kamu harus sedikit sabar jika kegerahan, karena fasilitas penyejuk ruangan yang kamu dapat di kamar ini hanya kipas angin.

Nah, untuk kamu yang punya budget berlebih, kamu bisa memilih penginapan jenis cottage. Pilihannya ada 2, yaitu cottage warna-warni dengan tarif 1,2 juta rupiah, dan cottage kayu yang bertarif 1,5 juta rupiah per malamnya. Fasilitasnya sama, dan sudah menggunakan AC, hanya saja cottage kayu lebih dekat ke pantai, maka lebih mahal.

Selain fasilitas penginapan, di Pulau Sirandah juga terdapat beberapa fasilitas umum seperti restoran, kafe, kamar mandi umum, mushola, dan fasilitas lainnya.

Pesona Pulau Sirandah

pesona pulau Sirandah

(Photo by: instagram.com/sumbar_rancak)

Dalam perjalanan menuju Pulau Sirandah, kamu akan melewati beberapa tempat yang nggak kalah menarik, seperti Pulau Sutan, Pulau Pasumpahan dan Bukit SiBoko yang menyimpan legenda menarik.

Menurut legenda, Bukit SiBoko merupakan kapal Si Boko yang dikutuk oleh ibunya, dan Pulau Pasumpahan adalah tempat ibunya mengutuk atau menyumpahi Si Boko. Wah, mirip cerita rakyat Malin Kundang, ya?

Sesampainya di Pulau Sirandah, kamu akan disambut dengan pemandangan pulau kecil tak berbukit, yang memiliki hutan di tengahnya. Birunya air laut yang jernih dan memesona akan langsung memanjakan matamu. Belum lagi segarnya riak ombak kecil dan pasir putih yang lembut dan bersih, di hamparan pantai yang cantik dan landai.

Di tepi laut sekitarnya, kamu bisa melihat ikan-ikan kecil berenang kesana-kemari. Jika sedang beruntung, kamu juga bisa melihat hiu-hiu mungil tropis yang kerap singgah di sekitar wilayah pulau ini.

Tak hanya siang hari, pemandangan saat malam hari pun tak kalah cantiknya. Dari Pulau Sirandah, kamu bisa memandangi cantiknya kelap-kelip lampu di Pelabuhan Teluk Bayur dan lampu-lampu dari kapal nelayan.

Ngapain aja, ya, di Pulau Sirandah?

pesona pulau Sirandah

(Photo by: instagram.com/sumbar_rancak)

Pulau Sirandah memiliki banyak potensi keindahan yang bisa kamu nikmati. Maka, jangan sampai kamu melewatkan waktu liburanmu di pulau ini, tanpa melakukan kegiatan-kegiatan seru seperti berenang di laut, snorkeling, atau mencoba main watersport yang tersedia di sana.

Ombak yang cenderung tenang dan air yang jernih pasti akan membuatmu betah berenang di sini. Selain itu, kamu juga bisa mencoba snorkeling atau diving di sini, karena potensi keindahan bawah laut Pulau Sirandah nggak bisa dipandang sebelah mata. Pesona terumbu karang dan biota laut yang beragam adalah salah satu daya tarik andalan pulau ini.

Untuk kamu yang doyan main watersport, kamu bisa mencoba beberapa wahana di sini, seperti jetski yang bisa kamu sewa dengan membayar 150 ribu rupiah per 30 menit. Selain jetski, kamu juga bisa mencoba olahraga air lainnya seperti banana boat dan donut boat dengan biaya sewa 30 ribuan saja per orangnya.

Atau buat kamu yang males main air, kamu bisa berkeliling pulau dan mencari spot-spot foto cantik untuk feeds kamu. Selain hunting foto, kamu juga bisa sekadar santai-santai di tepi pantai atau di hammock sambil minum air kelapa murni yang segar. Mantap banget, kan?

Jangan Lupa untuk Mengunjungi “Penyu Raksasa”

pesona pulau Sirandah

(Photo by: instagram.com/sumbar_rancak)

Selain meng-explore Pulau Sirandah, kamu juga bisa mengunjungi “penyu raksasa” yang ada di belakang pulau ini. Tenang, ini bukan penyu raksasa beneran, kok, melainkan sebuah pulau kecil yang terbentuk dari tumpukkan bebatuan.

Orang-orang menyebutnya Pulau Penyu atau “penyu raksasa” karena bentuknya yang menyerupai seekor penyu yang sedang berjalan ke daratan. Terlebih lagi, terdapat batu dengan lubang yang menyerupai bagian kepala penyu dan membuat “penyu raksasa” itu terlihat seolah sedang menganga.

Jalan yang harus kamu tempuh untuk sampai di Pulau Penyu ini cukup mudah. Kamu tidak perlu takut tersesat karena kamu tinggal mengikuti saja petunjuk jalan yang ada. Jalan tersebut adalah jalan yang menghubungkan bagian depan Pulau Sirandah dan bagian belakangnya, tempat di mana Pulau Penyu ini berada.

Bobobox! Pilihan tepat untuk liburan kamu.

Cari penginapan yang keren dengan harga terjangkau untuk liburan kamu? Bosan dengan hotel yang gitu-gitu aja? Berarti ini saatnya kamu datang ke Bobobox! Hotel kapsul yang modern dan unik ini pasti bisa memberikan kamu pengalaman baru menginap di hotel.

Pod-nya yang unik dan nyaman pasti bikin kamu betah berlama-lama nginap di Bobobox. Selain itu, di dalam pod-nya juga terdapat lampu LED yang bisa disesuaikan dengan suasana hati kamu.

Untuk memesan kamar, kamu nggak usah khawatir bakal ribet, tinggal download aja aplikasinya. QR code yang ada di aplikasinya juga berfungsi sebagai kunci kamar lho. Keren, kan? Tunggu apa lagi? Ayo menginap di Bobobox! Happy Holiday!

You might also like