Bobobox Indonesia
Experience More For Less sleep better and be inspired

Pesona Kota Metropolitan Jakarta

Jakarta, kota metropolitan yang menjadi jantung perekonomian dan pemerintahan Indonesia. Deretan gedung pencakar langit dan ritme kehidupan yang dinamis nampaknya memang melekat pada kota ini. Beragam aktivitas seolah tak pernah berhenti sehingga kota ini kerap dijuluki sebagai “the city that never sleeps” layaknya kota New York. Selain sebagai rumah bagi hampir 10 juta warganya, Jakarta juga selalu berhasil menebar pesonanya lewat ragam wisata yang ditawarkan. Maka tak heran jika kota ini selalu ramai dikunjungi oleh wisatawan saat akhir pekan maupun libur panjang.

Sejarah kota Jakarta

Jakarta yang kita kenal seperti saat ini ternyata punya sejarah yang cukup panjang lho! Awalnya, kota ini bernama Sunda Kelapa dibawah kekuasaan Kerajaan Padjadjaran. Sunda Kelapa menjadi pelabuhan paling terkenal tempat singgahnya kapal-kapal dari berbagai negara seperti India, Tiongkok, dan Jepang.

Cikal bakal kota Jakarta sebenarnya mulai muncul saat Fatahillah datang dan merebut Sunda Kelapa pada tanggal 22 Juni 1527. Wilayah Sunda Kelapa kemudian berganti nama menjadi Jayakarta. Namun,sesaat setelah itu, Belanda datang dan mengambil alih semua wilayah Jayakarta. Nama kota ini kembali diganti menjadi Batavia yang mayoritas ditinggali oleh orang-orang Belanda. Sehingga jika kamu menyambangi kawasan Kota Tua, jangan heran jika suasana bangunannya sangat kental dengan nuansa Eropa ya. Barulah pada masa penjajahan Jepang, nama Batavia kembali diganti menjadi Jakarta seperti yang kita kenal saat ini.

Tempat wisata terkenal di Jakarta

1. Rekreasi ke Dunia Fantasi

Ecovention Building – Ecopark, Jalan Lodan Timur No 7 Taman Impian Jaya Ancol

Tiket masuk Rp. 200.000 – Rp. 300.000

 

Dunia Fantasi atau yang biasa disebut dengan Dufan merupakan tempat rekreasi terpopuler di Jakarta yang paling sering dikunjungi. Taman hiburan yang terletak di area Taman Impian Jaya Ancol ini menawarkan beragam wahana indoor maupun outdoor.  Mulai dari wahana yang cocok untuk semua umur seperti Rumah Miring, Poci-Poci, Turangga Rangga, dan Pontang-Pontang, sampai dengan wahana ekstrim yang menegangkan seperti Tornado, Halilintar dan Hysteria. Bagi kamu yang malas berpanas-panasan, kamu bisa menyambangi wahana indoor bertemakan Ice Age, Kontiki, wahana Hello Kitty Adventure dan Dufan Glow.

Selain sebagai pusat hiburan dengan berbagai wahana seru, Dufan juga merupakan kawasan edutainment fisikia terbesar di Indonesia yang memanjakan pengunjung dengan Fantasi Keliling Dunia, melalui wahana permainan berteknologi tinggi, yang terbagi dalam 9 (Sembilan) kawasan yaitu Indonesia, Jakarta, Asia, Eropa, Amerika, Yunani, Hikayat, Kalila dan Fantasy Lights.

2. Wisata Sejarah di Kawasan Kota Tua

Mangga Besar, Kec. Taman Sari

Tiket masuk gratis

 

Jika kamu sedang berada di Jakarta, sempatkanlah untuk mampir ke kawasan Kota Tua. Luasnya mencapai 334 hektar atau 1.3 kilometer persegi. Kota tua menawarkan pesona wisata yang kental dengan sejarahnya. Bagaimana tidak, Kota Tua merupakan kawasan yang dikuasai oleh Belanda. Sehingga tak heran jika kamu merasakan suasana Eropa yang kental saat berkunjung ke kawasan ini.

Mulai dari gedung-gedung lawas yang menjulang tinggi, kanal-kanal, dan beberapa museum yang bisa dikunjungi untuk menambah wawasan sejarahmu. Terdapat enam museum yang terletak di kawasan ini diantaranya adalah Museum Fatahillah, Museum Wayang, Museum Bank Indonesia, Museum Bank Mandiri, Museum Seni Rupa dan Keramik, dan Museum Bahari. Oiya ketika kamu berkunjung ke kawasan ini jangan lupa untuk berfoto cantik menggunakan sepedha onthel yang disewakan di wilayah ini ya! Dengan latar gedung-gedung tua, foto vintage kamu bakalan terlihat kece untuk di upload di Instagram!

3. Wisata keluarga ke Kebun Binatang Ragunan

Jl. Harsono RM No. 1, Ragunan, Kec. Ps. Minggu

Tiket masuk Rp. 4.000

 

Mengajak keluarga untuk berwisata sebenarnya tidak semudah yang dibayangkan. Terutama jika mengajak anak-anak. Tentu kamu ingin mendatangi tempat wisata yang tidak hanya menyuguhkan beragam hiburan, tetapi juga sebagai ajang edukasi untuk anak. Nah, jika kamu merasa kebingungan untuk memilih tempat wisata yang menghibur sekaligus mengedukasi, kebun binatang Ragunan adalah jawabannya.

Ragunan merupakan kebun binatang yang dibangun pertama kali di Indonesia pada tahun 1864. Kebun binatang ini dibangun diatas lahan seluas 140 hektar, memiliki lebih dari 2.000 ekor fauna dan 50.000 flora. Jika kamu merasa lelah berkeliling, banyak spot yang bisa kamu jadikan tempat istirahat yang sejuk di bawah pohon yang rindang.

Wisata Kuliner khas Jakarta

1. Kerak Telor

Jika kamu sering mengunjungi pekan raya Jakarta, pasti sudah tak asing dengan makanan yang satu ini. Meskipun sudah hampir punah, kerak telor merupakan makanan yang selalu hadir dalam acara-acara tertentu di Jakarta. Selain menjadi makanan musiman, kamu masih bisa menikmati kuliner berbahan ketan dengan campuran telor dan rempah-rempah ini di beberapa tempat diantaranya daerah Ancol, TMII, Ragunan, Kota Tua, Taman Menteng, dan tempat lainnya.

2. Ketoprak

Tak afdal rasanya datang ke ibu kota tanpa mencicipi lezatnya ketoprak. Meskipun kamu bisa menemukan ketoprak di berbagai daerah, tetapi makan ketoprak di ‘rumahnya’ menjadi sebuah kewajiban. Kamu bisa dengan mudah menemukan gerobak penjual ketoprak disetiap sudut kota. Biasanya ketoprak terdiri dari bihun, tahu, lontong, tauge, dan potongan telur rebus.

3. Gado-gado

Gado-gado atau yang biasa disebut dengan saladnya orang Indonesia, adalah makanan khas Betawi yang juga bisa dengan mudah ditemui di daerah lain. Satu piring gado-gado terdiri dari campuran sayuran rebus seperti kubis, kangkung, bayam, tauge, selada, kacang panjang, kentang, dan telur rebus yang disiram oleh kuah bumbu kacang.

Event Tahunan Seru di Jakarta

Setiap tahunnya, Jakarta menawarkan banyak event dan festival yang menarik untuk dikunjungi baik oleh warganya sendiri maupun wisatawan domestik dari berbagai daerah . Dari mulai festival music, film, teknologi, otomotif dan sebagainya. Beberapa festival tahunan terbesar yang digelar di Jakarta antara lain adalah Pekan Raya Jakarta, Java Jazz Festival, Jakarta Film Festival, Jakarta Culinary Food Feastival dan masih banyak lagi event seru yang wajib kamu kunjungi saat bertandang ke ibu kota.

Cara Menuju Jakarta

kota ini terletak di lokasi yang strategis sehingga banyak pilihan transportasi yang bisa ditempuh untuk menuju kota Jakarta

1. Bus

Selama perjalananmu menggunakan bus, kamu tak perlu khawatir tersesat, sebab Jakarta memiliki banyak terminal pemberhentian. Jika kamu ingin ke Jakarta Selatan, terminal bus yang bisa kamu pilih ada Terminal Pondok Pinang atau Terminal Lebak Bulus. Kalau di Jakarta Utara, ada Pool Kelapa Gading yang bisa menjadi tempat pemberhentian sementara.

Untuk tujuan Jakarta Timur, kamu bisa turun di Pulomas, Terminal Kampung Rambutan, atau Terminal Pulo Gebang. Kalau kamu ingin menuju ke Jakarta Barat, kamu bisa naik bus jurusan Grogol. Sedangkan untuk tujuan ke Jakarta Pusat, kamu bisa turun di Terminal Kampung Rambutan atau Terminal Lebak Bulus dan dilanjutkan dengan bus Transjakarta.

2. Kereta

Jakarta memiliki beberapa stasiun pemberhentian. Untuk kereta api jarak jauh, kamu bisa memilih stasiun Jatinegara, stasiun Gambir, stasiun Pasar Senen. Kamu tinggal hanya menyesuaikan titik pemberhentian dengan sesuai dengan kereta yang akan kamu naiki ya!

3. Pesawat

Untuk moda transportasi pesawat yang menuju kota Jakarta, terdapat dua bandara yang bisa menjadi tujuan akhir yaitu Bandar Udara Internasional Soekarno Hatta dan Bandar Udara Halim Perdanakusuma.

4. Kapal

Sedangkan, untuk wisatawan yang memilih menggunakan moda transportasi laut, untuk sampai di pulau Jawa kamu harus menyebrang ke Pelabuhan Merak atau Tanjung Priuk. Jika kamu berasal dari Sumatera, wisatawan harus menyebrang dari Pelabuhan Bakauheni ke Pelabuhan Merak. Sedangkan jika kamu berasal dari Sulawesi, kamu bisa naik kapal dari Pelabuhan Batulicin Makassar menuju ke Pelabuhan Tanjung Priuk.

Transportasi di Jakarta

Sistem transportasi yang tersedia di Jakarta juga sangat bervariasi. Bisa dibilang, Jakarta memiliki moda transportasi dalam kota yang paling lengkap dibandingkan dengan kota-kota lainnya di Indonesia. Mulai dari kereta listrik, bus kota, taksi, hingga angkutan umum dan transportasi berbasis online yang bisa kamu gunakan selama berada di ibu kota.

Nah, untuk teman- teman yang ingin menghabiskan waktunya di Jakarta tak perlu ragu lagi ya. Karena saat ini kamu sudah mengetahui cara untuk sampai menuju Jakarta dan menghabiskan waktu disana.

Jangan lupa yah, kalau menginap di bobobox Jakarta

 

You might also like

Leave A Reply

Your email address will not be published.