@firmanfirdausjawahir27 via Instagram

Manjakan Diri Dengan Keindahan Pesona 5 Leuwi Segar di Garut

Wisata alam di kawasan Jawa Barat sangat berlimpah sehingga kamu akan dihadapkan dengan banyak pilihan jika ingin menjajal wisata tersebut. Jenisnya pun beragam mulai dari hutan, gunung, air terjun hingga sungai.

Untuk wisata alam sungai di kawasan Jawa Barat, khususnya di wilayah Garut, kamu juga akan sering mendengar wisata leuwi. Istilah leuwi ini mungkin terdengar asing bagi sebagian orang, terutama bagi mereka yang belum terlalu paham istilah-istilah bahasa Sunda.

Kata leuwi sendiri merujuk pada lubuk atau bagian terdalam sungai. Aliran di leuwi umumnya tenang sehingga bisa kamu gunakan untuk berenang bahkan menyelam. Suasananya sudah pasti menenangkan apalagi jika dipadukan dengan pepohonan hijau yang megnelilingi kawasan sungainya. Sudah dipastikan kamu bisa berpuas diri untuk melenyapkan rasa penat pada tubuh dan pikiran kamu.

Nah, jika kamu tertarik dengan wisata yang satu ini, kamu perlu tahu beberapa tempat wisata leuwi di Garut yang bisa kamu coba. Berikut ini adalah lima di antaranya!

Leuwi Dalem

Leuwi Dalem atau Leuwi Kanjeng Dalem merupakan wisata leuwi di Garut terbaru yang berlokasi di aliran Sungai Cisanggiri di perbatasan Kecamatan Cibalong dan Cisompet. Nama Kanjeng Dalem ini diambil dari seorang dalem yang konon katanya sempat memimpikan keberadaan leuwi tersebut.

Saat itu, Kanjeng Dalem tengah mencari sumber mata air untuk kehidupan masyarakat sekitar. Tanpa sengaja ia pun menjumpai sebuah leuwi yang sangat menakjubkan dan jauh dari pemukiman warga. Namun, dia merasa tidak asing dengan leuwi tersebut. Setelah cukup lama merenngkan hal tersebut, dia pun teringat bahwa ia pernah bermimpi berkunjung ke leuwi tersebut.

Karena itu, saat ia berkunjung ke tempat tersebut tidak ada kejadian aneh yang menyertainya. Ia seolah dituntun di sepanjang perjalanan menuju tempat tersebut. Kejadian tersebut kemudian menjadi buah bibir di kalangan masyarakat yang mendengarnya dari para prajurit dan hulubalang sehingga terciptalah nama Leuwi Dalem tersebut.

Wisata Leuwi Dalem ini sendiri menawarkan petualangan menyusuri aliran air jerni dengan menggunakan perahu karet sambil menikmati panorama di sekitarnya. Air jernih tersebut bersumber dari Sungai Cisanggiri yang melewati dua gunung batu. Kehadiran dua gunung batu tersebut tentu menjadi daya tarik tersendiri saat pengunjung bertandang ke Leuwi Dalem ini.

Selain menyusuri keindahan alam di sekitar leuwi tersebut, kamu juga bisa menikmati hasiln pertanian berupa sayuran dan buah-buaha di sekitar kawasan wisata leuwi di Garut tersebut. Sayur dan buah itu bisa kamu petik dan nikmati langsung di kebunnya lho!

Karena statusnya yang masih baru, wisata leuwi di Garut ini keberadaannya masih tersembunyi dan belum diketahui banyak wisatawan luar kota. Fasilitasnya pun masih minim dengan kondisi jalan yang belum begitu bagus. Untuk itu, pemerintah setempat pun berencana untuk membuat akses jalan baru serta jembatan sehingga wisata leuwi di Garut ini dapat menarik perhatian wisatawan luar kota hingga luar negeri.

Leuwi Tonjong

@iki_andria via Instagram

Wisata leuwi di Garut lainnya yang patut kamu coba adalah Leuwi Tonjong. Leuwi Tonjong ini merupakan leuwi atau lubuk dangkal yang terbentuk dari aliran air Sungai Cihurip. Kedua sisinya diapit oleh dua tebing batu berbalut lumut sehingga tampak seperti gugusan tebing karang di Phuket, Thailand.

Selain berhiaskan dua tebing batu, kamu juga akan dimanjakan dengan pemandangan air terjun kecil yang mengalir di antara dua tebing tersebut. Karena airnya yang dangkal, kamu bisa leluasa berenang atau sekadar bermain air di sekitar Leuwi Tonjong ini. Warga setempat juga menyewakan rakit yang bisa kamu gunakan untuk mengarungi Sungai Cihurip.

Namun, karena wisata ini terbilang baru, fasilitasnya pun belum memadai. Selain itu, leuwi yang berlokasi di Desa Jayamukti, Kecamatan Cihurip, Kabupaten Garut ini juga terbilang sulit dijangkau. Minimnya petunjuk arah, jalan yang sempit dan curam serta minimnya transportasi yang bisa digunakan membuat kamu harus rajin-rajin bertanya pada warga setempat agar bisa mencapai lokasi leuwi tersebut.

Leuwi Jurig

@iraaditia via Instagram

Wisata leuwi di Garut selanjutnya yang tak kalah menakjubkan adalah Leuwi Jurig. Dari namanya mungkin kamu akan sedikit ngeri karena dalam bahasa Sunda istilah jurig merujuk pada hantu. Karena itu, leuwi yang satu ini juga mendapat julukan kolam setan.

Nama Jurig sendiri tersemat karena adanya rumor yang menyebutkan banyaknya kecelakaan yang terjadi di tempat tersebut. Beberapa contohnya adalah kecelakaan motor di jembatan di atas Leuwi Jurig serta kejadian tenggelam karena adanya pengunjung yang memaksakan berenang di kedalaman 10 meter.

Meskipun namanya menyeramkan, tempat wisata leuwi di Garut ini menyimpan pesona alam yang tidak boleh kamu lewatkan. Airnya sangat jernih, berwarna kebiruan dan diapit oleh batu-batu berbalut tanaman hijau. Karena itu, tempat ini kerap kali dianggap mirip dengan Grand Canyon yang ada di Pangandaran.

Kehadiran batu atau tebing tersebut juga kerap kali dijadikan sarana untuk kegiatan cliff jumping atau menaiki tebing lalu meloncat dari atas tebing tersebut dan menceburkan diri kamu ke dalam leuwi.

Selain itu, ada juga sebuah batu besar yang menjadi favorit pengunjung untuk berfoto ria. Kamu juga bisa melakukan kegiatan berenang di Leuwi Jurig ini yang airnya memiliki kedalaman mulai dari satu hingga 10 meter. Jika ingin berenang, sebaiknya jangan memaksakan untuk berenang di area yang dalam untuk menghindari terjadinya hal yang tidak diinginkan.

Meski belum dikelola secara maksimal, Leuwi yang berlokasi di Kampung Rupit, Desa Bojong, Kecamatan Bungbulang ini sudah dilengkapi dengan musala dan kamar mandi sederhana serta tempat parkir.

Leuwi Jubleg

@jangahmad_s via Instagram

Selanjutnya, ada Leuwi Jubleg yang berlokasi di Kampung Cikupa, Desa Cihikeu, Kecamatan Bungbulang, Kabupaten Garut. Yang menarik dari wisata leuwi di Garut ini adalah adanya air terjun kecil yang jatuh ke dalam kolam kecil di bawahnya. Selain itu, kolam tersebut juga dikelilingi oleh bebatuan besar dan rapat sehingga pemandangan Leuwi Jubleg ini dianggap mirip dengan bentuk jubleg yang dalam bahasa Sunda berarti tempat menumbuk padi.

Ketinggian air terjun itu sendiri diperkirakan mencapai lima meter sementara kedalaman kolamnya kira-kira dua sampai tiga meter. Jika kamu ingin berenang, sebaiknya hindari bagian dekat air terjun karena airnya terlalu dalam. Sebagai gantinya, berenanglah di bagian pinggir.

Leuwi Korsi

@rahmatkurniawan17 via Instagram

Wisata leuwi di Garut selanjutnya adalah wisata Leuwi Korsi yang tepatnya berlokasi di Desa Bojong, Kecamatan Bungbulang, Kabupaten Garut. Ada banyak daya tarik yang ditawarkan oleh wisata leuwi di Garut yang satu ini.

Yang pertama adalah airnya yang jernih dengan warna kebiruan yang tentunya membuat banyak pengunjung terpana. Air tersebut juga cukup tenang sehingga cocok banget buat kamu yang ingin berlatih berenang.

Selain itu, kamu juga akan dimanjakan dengan pemandangan bebatuan indah yang tersusun rapi dan berbentuk layaknya kursi yang berjejer. Karena itu, leuwi ini diberi nama Leuwi Korsi yang dalam bahasa Sunda berarti kursi. Susunan bebatuan tersebut dalam geologi disebut columnar joint. Karena bentuknya yang unik tersebut, susunan batu tersebut juga dipercaya sebagai salah satu situs megalitikum.

Meskipun sudah dianggap sebagai tempat wisata, tempat ini belum dikelola secara maksimal. Karena itu, kamu tidak akan menemukan fasilitas seperti kamar ganti, WC atau warung makan di tempat ini. Aksesnya pun masih cukup sulit karena kamu harus melalui jalanan berbatu.

Setelah lelah menjajal wisata alam yang penuh perjuangan, kamu bisa memanjakan diri kamu dengan menginap di hotel yang penuh kemodernan. Contohnya hotel kapsul Bobobox yang sudah tersedia di beberapa kota besar Indonesia seperti Bandung, Jakarta, Semarang, Yogyakarta dan Solo.

Ada banyak fasilitas menarik dan terintegrasi dengan teknologi canggih sehingga memberi kamu kemudahan dan kenyamanan saat berada di Bobobox. Beberapa di antaranya adalah keyless access (akses pod dengan QR code), Bluetooth speaker, dan moodlamp yang memungkinkan kamu untuk mengganti warna cahaya lampu di dalam pod sesuai suasana hati kamu. Selain itu, Bobobox juga dilengkapi dengan Wi-Fi, communal area, musala, dan kamar mandi yang bersih nan estetik.

Tunggu apa lagi? Yuk unduh dulu aplikasi Boboboxnya dan rasakan kenyamanannya!

Bobobox

Bobobox

Sejak tahun 2018, Bobobox hadir menawarkan pengalaman yang berbeda bagi para traveler untuk menikmati perjalanan yang sempurna. Bobobox menghubungkan traveler, dari pod ke kota.

All Posts

Bobobox

Rasakan sensasi menginap di hotel kapsul Bobobox! Selain nyaman, hotel kapsul ini mengedepankan teknologi dan keamanan. Bobobox bisa menjadi salah satu cara terbaik untuk menikmati perjalanan dan beristirahat, dan cocok untuk perjalanan liburan atau bisnis.

Top Articles

Categories

Follow Us

Latest Articles